INTERNET

CARA DAFTAR REKENING TRANSFER PADA APLIKASI BCA MOBILE BANKING [M-BCA]

Creative By Kurkom

Kursuskomputergratis.com – BCA Mobile Banking (m-BCA) merupakan salah satu teknologi perbankan besutan Bank BCA dalam bentuk aplikasi yang dapat diakses melalui smartphone dengan berbagai macam fitur di dalamnya sehingga kehadiran aplikasi keren ini bisa memudahkan nasabah ketika mereka bertransaksi non tunai secara online.

Bagi nasabah Bank BCA yang belum update ayok buruan install aplikasi BCA Mobile Banking (m-BCA) supaya semakin mudah dan praktis karena ada banyak transaksi perbankan baik antar rekekning ataupun antar Bank yang bisa dilakukan dalam satu genggaman tangan saja. Aplikasi ini bisa diunduh di Play Store atau App Store secara gratis.

Jika dibandingkan dengan aplikasi BCA i-Banking maka m-BCA sepertinya lebih menguntungkan karena proses transaksi bisa lebih cepat tanpa harus menekan token seperti pada i-Banking, hanya saja untuk nominalnya i-Banking lebih unggul karena limit transfer dana bisa sampai ratusan juta.

Baca : Cara Transfer Uang Menggunakan Internet Banking BCA

Untuk kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi antar rekening atau antar Bank maka nasabah wajib mendaftarkan rekening tujuan ke dalam aplikasi m-BCA tersebut. Cara daftar rekening tujuan transfer pada aplikasi m-BCA akan menjadi fokus pembahasan penulis pada bab ini, bagi yang belum faham silahkan simak baik-baik ya !

Mengapa Harus Daftar Rekening Transfer Sebelum Bertransaksi ?

Sistem pada aplikasi ini hanya mengenali rekening yang sudah ter-record dalam server databasenya sehingga pada saat akan melakukan transfer uang ke rekening tujuan maka rekening tersebut harus sudah ada pada list rekening aplikasi m-BCA, oleh karenanya perlu didaftarkan terlebih dahulu.

Apakah daftar rekening tujuan memerlukan waktu lama ?

Tentunya tidak. Pada aplikasi m-BCA daftar rekening tujuan transfer tidak memerlukan waktu yang lama karena cukup memasukan nama Bank dan Rekeningnya saja ke dalam sistem maka secara otomatis akun Bank tersebut akan terdeteksi lalu disimpan dalam query rekening aplikasi m-BCA.

Apabila dibandingkan dengan aplikasi i-Banking maka m-Banking lebih praktis karena tidak perlu memasukan token dan kantor cabang Bank tujuan transfer sehingga cukup mengetahui nomor rekening dan nama nama Banknya saja jika rekeningnya dari Bank lain, namun untuk sesame BCA cukup memasukan rekeningnya saja.

Baca : Cara Daftar Rekening Tujuan Di Aplikasi Internet Banking BCA

Untuk memulai mendaftarkan rekening tujuan transfer silahkan perhatikan langkah berikut ini dengan teliti !

Pertama

Pastikan koneksi internetnya dalam keadaan stabil dan nomor hp yang terintegrasi dengan aplikasi m-BCA wajib ada pulsanya minimal bisa untuk 1 kali SMS karena per transaksi dafar rekening akan dikenakan tarif SMS normal, selanjutnya silahkan login aplikasi m-BCA untuk memulai transaksi.

Navigasi m-BCA.png

Gambar 1. Navigasi BCA Mobile Banking

Pilih m-Transfer (ditunjukan oleh nomor 1) untuk menuju ke navigasi daftar rekening. Pada tahapan ini harap siapkan nomor rekening dan nama Banknya jangan sampai salah nomor atau salah nama Bank.

Kedua

Di Tahap ini sistem memberikan dua pilihan untuk mendaftarkan rekening tujuan transfer yaitu antar Bank dan antar rekening. Pilihan Antar Bank apabila nomor rekening tujuan transfernya ke Bank lain selain BCA kemudian pilihan Antar Rekening apabila nomot rekening tujuan transsfernya ke sesame BCA.

cara memilih nomor rekening tujuan transfer.png

Gambar 2. Menentukan jenis rekening tujuan transfer

Silahkan pilih daftar transfer Antar Rekening (2) untuk sesama rekening BCA, pilih Antar Bank untuk rekening Non BCA (3).

Ketiga

Tahap ini adalah proses pengiriman informasi nomor rekening dan sekaligus nama Bank dari rekening tersebut.

input rekening bank transfer.png

Gambar 3. Memasukan informasi rekenig Bank tujuan transfer

Masukan nomor rekening pada kolom No.Rekening Tujuan (4) dan nama Bank pada kolom Bank (5), perhatikan indikator aplikasi (6) transaksi bisa dilakukan ketika indikator tersebut berwarna hijau lalu tekan Send (7) apabila semua data rekening sudah benar.

Keempat

Setelah data rekening disubmit seperti pada langkah ketiga di atas maka pada langkah keempat ini adalah verifikasi PIN, disini sistem akan meminta PIN sebagai bukti otoritas kepemilikan akun m-BCA.

verifikasi PIN dalam transaksi m-BCA.png

Gambar 4. Verifikasi PIN

Ketika menjalankan aplikasi m-BCA ada dua permintaan PIN yaitu PIN login aplikasi dan PIN ATM. Untuk PIN ATM digunakan pada setiap transaksi m-BCA. Pada langkah ini silahkan masukan PIN ATM pada kolom nomor (8) dan tekan OK (9) apabila PIN sudah terisi dengan benar.

Kelima

Pada halaman popup ini sistem akan memberikan informasi mengenai data rekening tujuan transfer, apabila ada ketidak sesuaian sebaiknya dikomunikasikan segera kepada pemilik rekening karena dikhawatirkan salah angka.

Tampilan popup informasi rekening Bank.png

Gambar 5. Sistem m-BCA menampilkan informasi rekening

Untuk melanjutkan pada tahap berikutnya disini hanya perlu menekan tombol OK (10) kalaupun ada ketidak sesuaian data rekening maka tidak bisa diedit melainkan harus kembali ke langkah pertama.

Keenam

Pada langkah terakhir ini sistem akan menampilkan informasi status transaksi yang telah dikakukan tadi.

daftar rekening transfer telah selesai.png

Gambar 6. Informasi Status Transaksi

Sistem akan menampilkan informasi transaksi daftar rekening tujuan telah selesai diproses. Apabila tidak terkendala maka tampilannya akan seperti pada gambar 6. Tekan OK (11) untuk mengakhiri langkah ini.

Kesimpulan

Sistem tidak dapat melakukan transaksi ke rekening yang belum terdaftar pada list rekening yang sudah tersimpan dalam database server aplikasi m-BCA.

Khusus untuk mendaftar rekening transfer melalui m-BCA dikenakan tarif SMS normal sehingga nomor HP yang digunakan pada aplikasi wajib ada pulsanya minimal bisa untuk sekali SMS .

Untuk transaksi lainnya diluar daftar rekening tidak dikenakan tarif SMS sehingga walaupun pulsanya nol (0) transaksi tetap bisa dilakukan.

Transaksi menggunakan aplikasi m-BCA lebih praktis daripada menggunakan i-Banking BCA karena tidak memerlukan kode dari token.

Tarif transaksi antar Bank yang berlaku saat ini di BCA adalah Rp. 6500 sedangkan untuk antar rekening BCA tidak dikenakan biaya transfer.

Apabila perangkat mobile yang digunakan untuk mengakses aplikasi m-BCA adalah dual sim card maka gunakan sim 1 sebagai sebagai setingan default-nya.

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top