INTERNET

CARA DAFTAR REKENING TUJUAN DI APLIKASI INTERNET BANKING BCA

daftar rekening tujuan.png
CREATIVE BY : KURKOM

Kursuskomputergratis.com – Daftar rekening tujuan menjadi langkah awal untuk berinternet banking dengan mudah dan aman sehingga dapat melakukan transaksi non tunai antar rekening bank yang sama dan antar bank yang berbeda dengan menggunakan aplikasi perbankan yang telah disediakan secara resmi oleh masing-masing Bank di Indonesia.

Di zaman sekarang ini semakin canggih sehingga tidak perlu takut lagi melakukan transaksi non tunai di aplikasi smartphone atau perangkat desktop. Tanpa harus pergi ke ATM atau ke bank pun kini transaksi non tunai bisa dilakukan dengan mudah dan pastinya aman karena transaksi diproteksi oleh teknologi enkripsi data yang mutakhir sehingga sangat kecil kemungkinan adanya kebocoran data transaksi tersebut.

Pastikan telah menggunakan aplikasi resmi dari bank tempat sobat menabung karena untuk dapat menggunakan aplikasi internet banking maka wajib memiliki rekening di bank yang bersangkutan kemudian melakukan registrasi terlebih dahulu sebagai salah satu ketentuannya. Setelah itu baru bisa mengoperasikan aplikasi internet banking tersebut.

Untuk dapat memulai transaksi non tunai di aplikasi internet banking maka nasabah diwajibkan mendapftarkan rekening tujuan melalui aplikasi tersebut. Apabila transaksi antar rekening (misalkan BCA ke BCA) maka hanya perlu memasukkan nomor rekeningnya saja saat mendaftar rekening tujuan, namun apabila antar Bank (misal BCA ke BRI) maka harus diperlukan beberapa data pemilik rekening.

Langkah-Langkah Daftar Rekening Tujuan Transaksi Non Tunai

Penulis akan memberikan tutorial daftar rekening tujuan pada aplikasi BCA internet banking, pada dasarnya langkahnya tidak jauh berbeda dengan seluruh aplikasi internet banking dari semua bank di Indonesia. Aplikasi internet banking menggunakan sistem token sebagai verifikasi kepemilikan rekening, sehingga pada saat transaksi wajib memasukkan kode unik pada dari token tersebut, perhatikan langkahnya dengan cermat !

Pertama

Silahkan login ke aplikasi BCA intrnet banking, apabila mengunakan desktop bisa diakses di sini.

Login Aplikasi Internet Banking BCA.png

Gambar 1. Login Aplikasi Internet Banking BCA

Setelah login maka selanjutnya silahkan pilih Transfer Dana seperti yang ditunjukkan oleh nomor (1) untuk menuju ke navigasi daftar rekening tujuan.

Kedua

Pilih jenis rekening yang akan didaftarkan, disini ditawarkan dua opsi yaitu Rekening BCA dan Rekening Bank Lain. Pada tutorial ini penulis hanya akan membahas pendaftaran rekening BCA harap disimak dengan baik !

Daftar rekening tujuan transfer.png

Gambar 2 . Memilih jenis rekening yang akan didaftarkan di APlikasi

Klik Daftar Rekening Tujuan (2) untuk memulainya, selanjutnya silahkan klik REKENING BCA (3). Tekan tombol Kirim untuk menuju ke tahap selanjutnya.

Ketiga

Pada tahapan ini silahkan nyalakan token internet banking BCA (KeyBCA) kemudian masukkan 8 digit angka unik yang tertera pada aplikasi ke dalam keyBCA tersebut. Perhatikan !

daftar rekening tujuan.png

Gambar 3. Proses daftar rekening tujuan transfer

Pada gambar 3. Disebelah kiri terlihat token Internet Banking BCA (KeyBCA), tekan tombol (C) agak lama untuk menghidupkannya hingga keluar tulisan APPLI. Lihat pada halaman aplikasi, silahkan masukkan nomor rekening tujuan transfer pada kolom nomor (4). Tekan tombol nomor 2 (B) pada keyBCA lalu masukkan 8 angka yang tertera pada aplikasi (lihat yang ditunjukkan oleh nomor 5), setelah itu masukkan respon keBCA APPLI 2 pada kolom nomor (6). Tekan Lanjutkan (7), pastikan sobat tidak salah memasukkan respon KeyBCA APPLI 2 karena kesalahan sebanyak 2 kali sangat memungkinkan aplikasi bisa terblokir.

Keempat

Pada tahapan ini sistem akan mengidentifikasi nomor rekening yang didaftarkan dan akan menampilkan nama pemilik rekening tersebut. Perhatikan !

identifikasi nomor rekening.png

Gambar 4. Identifikasi nomor rekening

Jika nomor rekening dan nama pemiliknya sudah benar maka selanjutnya tekan tombol Kirim (8), namun apabila namanya tidak sesuai maka tekan Batal kemudian tinjau kembali nomor rekening BCAnya mungkin salah nomor.

Kelima

Apabila langkah pertama – keempat tidak mengalami kendala maka sobat akan mendapat informasi transaksi sukses pada halaman ini.

notifikasi transaksi sukses.png

Gambar 5. Notifikasi transaksi sukses

Melalui notifikasi ini sistem akan memberitahukan bahwa nomor rekening yang didaftarkan telah berhasil di record oleh aplikasi internet banking BCA. Nomor rekening yang sudah didaftarkan bisa dihapus kembali apabila sudah tidak diperlukan lagi tetapi untuk dapat menghapusnya harus menggunakan komputer karena tidak bisa dilakukan di aplikasi internet banking BCA yang ada di perangkat mobile.

Baca : Awas Salah Transfer !!! Cara Menghapus Nomor Rekening Di Bca Internet Banking

Kesimpulan

Mendaftar rekening tujuan transfer dengan nomor rekening yang sama bisa dilakukan pada aplikasi perangkat mobile dan desktop, namun untuk menghapusnya hanya bisa di perangkat desktop.

Salah memasukkan angka respon KeyBCA sebanyak 2 kali bisa menyebabkan akun internet banking BCA terblokir, jadi harap teliti saat memasukkan angka tersebut.

Daftar rekening tujuan transfer antar rekening BCA hanya memasukkan nama pemilik rekening saja sedangkan untuk rekening non BCA (antar Bank) perlu memasukkan beberapa data termasuk alamat kantor cabang di Bank mana rekening tersebut dibuat.

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 157 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top