APLIKASI

CARA DOWNLOAD DAN INSTALL APLIKASI BPJSTKU [PLUS VIDEO]

Kursuskomputergratis.com – Aplikasi BPJSTKU memiliki peranaan yang sangat penting bagi masyarakat yang berstatus sebagai pekerja aktif baik itu yang berwiraswasta (pekerja mandiri) ataupun karyawan yang bekerja di institusi swasta dan pemerintahan dengan istilah PPU (Pesesrta Penerima Upah) sehingga hal tersebut mendorong penulis untuk mengulas bagaimana cara men-download aplikasi BPJSTKU yang benar.

Supaya tidak salah download karena banyaknya aplikasi yang hampir serupa sehingga teman-teman yang masih awam pada kebingungan maka silahkan perhatikan ulasan ini dengan cermat dan baca sampai tuntas agar bisa mengimplementasikannya dengan benar dan tepat. Perhatikan logo dan nama aplikasi secara detail untuk menghindari kesalahan.

Untuk saat ini aplikasi BPJSTKU hanya baru bisa digunakan oleh pengguna android saja, untuk pengguna IOS harap sabar menunggu karena belum tersedia versi IOS mungkin masih dalam tahap pembuatan. Fitur aplikasi ini sangat lengkap dan mudah difahami, jadi setelah men-download dan memasangnya pada smartphone pastikan bisa menemukan fitur-fitur unggulan yang tersedia disana.

Baca : Panduan Menggunakan Aplikasi BPJSTKU [Update Oktober 2018]

Fitur-fitur unggulan yang tersedia dalam aplikasi ini diantaranya adalah cek saldo JHT, claim saldo JHT, Kartu peserta digital, informasi seputar program BPJS Ketenagakerjaan dan masih banyak lagi fitur keren yang bisa teman-teman nikmati disini. Yuk, jangan dilama-lamain kita install rame-rame agar tidak ketinggalan informasi.

Baca : Cara Cek Saldo JHT Menggunakan Aplikasi BPJSTKU Dan SMS

Dimana Saya Bisa Mendownload Aplikasi BPJSTKU ? Apakah Berbayar ?

Aplikasi BPJSTKU ini bisa ditemukan di Google Play Store dan itu tersedia secara gratis selamanya karena cukup sekali download maka langsung bisa digunakan sampai kapanpun tidak perlu mengeluarkan biaya perpanjangan aplikasi atau biaya lainnya.

Untuk lebih jelasnya bagaimana cara mendapatkan aplikasi tersebut simak langkah langkah berikut ini :

Pertama

Buka Google Play Store untuk menemukan aplikasi ini. Apabila pada smartphone kalian belum mengaktifkan Google Play Store maka silahkan registrasi dulu.

Downoad Aplikasi BPJSTKU.png

Gambar 1. Halaman Landing Google Play Store

Lakukan pencarian aplikasi dengan mengetikkan nama aplikasi tersebut pada kolom pencarian Google Play Store yang ditunjukkan oleh nomor (1), ketik BPJSTKU untuk menemukan aplikasinya.

Kedua

Ini adalah halaman hasil pencarian aplikasi sesuai dengan keyword yang diketik pada langkah pertama tadi maka Google Play Store akan menampilkan hasil pencarian yang relevan dengan keyword pencarian tersebut.

downoad BJSTKU.png

Gambar 2. Penampakan aplikasi BPJSTKU di Google Play Store

Gambar ini adalah tampilan aplikasi BPJSTKU di Google Play Store. Selanjutnya silahkan klik INSTAL (3) untuk memasang aplikasi pada smartphone kalian, tunggu hingga proses pemasangan selesai sekitar 1 menitan.

Ketiga

Jika proses pemasangan aplikasi sudah berhasil maka indikatornya akan terlihat pada bagian ini, perhatikan gambar berikut !

install aplikasi bpstku 2018.png

Gambar 3. Tampilan yang menunjukkan aplikasi BPJSTKU sudah terpasang

Tombol navigasi INSTAL seperti yang terlihat pada gambar 2, akan berubah tulisannya menjadi BUKA seperti yang terlihat pada gambar 3. Apabila sudah seperti itu maka dipastikan aplikasi telah terpasang pada smartphone. Selanjutnya silahkan buka aplikasi dan mulailah menggunakannya.

Kesalahan-Kesalahan Yang Sering Terjadi Ketika Mendownload Aplikasi BPJSTKU

Tidak sedikit teman-teman yang salah mendownload aplikasi BPJSTKU ini berikut kejadian yang sudah pernah terjadi dan sekaligus penulis berikan solusinya.

Salah Download

Banyak yang gagal fokus saat men-download aplikasi ini, bukannya aplikasi BPJS Ketenagakerjaan yang didapatkan tetapi malah aplikasi BPJS Kesehatan (Mobile JKN KIS). Hal ini terjadi karena salah ketik pada kolom pencarian aplikasi seperti yang disebutkan pada langkah pertama di atas.

Pada kolom pencarian aplikasi jangan ngetik BPJS karena kemungkinan akan keluar juga aplikasi BPJS Kesehatan, tetapi ketik BPJSTKU agar hasil pencariannya relevan sehingga keluar aplikasi BPJSTKU yang dimaksud pada ulasan ini.

Baca : Panduan Daftar BPJS Ketenagakerjaan Dengan Menggunakan Aplikasi BPJSTKU [Peserta Mandiri]

Google Play Store Belum Aktif

Kemungkinan ini sebenarnya jarang terjadi, namun ada saja permasalah ini menimpa teman-teman yang memang sangat awam menggunakan android. Sebaiknya mintalah ke konter atau sahabat kalian yang bias mengaktifkan Google Play Store ini.

Siapkan e-mail dan jangan sampai lupa password-nya lalu tambahkan akun Google pada smartphone kalian, Insya Allah kalau akun Google sudah berhasil ditambahkan maka Google Play Store akan bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Paket Internet Habis

Ops, jangan sewot dulu teman kalau kalian tidak bisa men-download aplikasi BPJSTKU yang sangat canggih ini. Mungkin kesalahan ini tidak menutup kemungkinan bisa terjadi, periksa paket data kalian apakah masih ada atau sudah abis, so what gitu looh… 😀

Pastikan paket internet HP kalian tidak ada masalah sehingga koneksinya tidak mengalami hambatan supaya bisa men-download dengan lancar.

Tidak Punya Android

Wadoooh, ini sih parah banget. Yaiyalah gak bakal bisa download aplikasi BPJSTKU kalau tidak punya android… 😀

Tapi jangan berkecil hati dulu teman, pinjem saja android tetangga atau punya pak RT. Seriusan ini, penulis tidak main-main memberikan solusi karena memang satu aplikasi BPJSTKU ini bisa digunakan rame-rame tapi bergantian ya please jangan maunya bareng-bareng, cukup nikah aja yang bareng-bareng mah.

Kesimpulan

Men-download aplikasi BPJSTKU harus dilakukan dengan teliti saat melakukan pencarian aplikasi di Google Play Store harus mengetik nama aplikasi yang tepat yaitu BPJSTKU karena jika tidak demikian maka kemungkinan akan salah download.

Pastikan smartphone bisa berfungsi dengan baik dan terkoneksi ke jaringan internet sehingga proses download tidak terkendala.

Satu aplikasi bisa digunakan oleh banyak akun, apabila tidak memiliki smartphone maka bisa pinjam ke orang lain dan login dengan akun yang sesuai dan jangan lupa logout (keluar aplikasi) supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan karena menggunakan smartphone punya orang lain.

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Paling diminati

To Top