ADPER

DOWNLOAD SURAT TRAUMA CENTER UNTUK PENGANTAR KECELAKAAN KERJA

Surat trauma center.jpg

Kursuskomputergratis.com – Surat trauma center merupakan pengantar dari badan usaha yang ditujukan kepada Rumah Sakit Trauma Center (Rumah Sakit yang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan) untuk penanganan medis peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami kecelakaan kerja di dalam atau di luar lokasi kerja, surat ini biasanya diterbitkan oleh HRD setelah ada laporan resmi dari pimpinan unit kerja yang bersangkutan (korban).

Baca:Download Surat Non Aktif Karyawan Untuk Syarat Pencairan JHT BPJS

Surat ini harus diterbitkan dengan segera apabila sudah mendapat laporan resmi bahwa ada kecelakaan kerja dan diberikan kepada pihak Rumah Sakit Trauma Center (RSTC) bersamaan dengan korban atau sebelum korban tiba di RSTC itu lebih baik, apabila pihak korban tidak membawa surat ini ketika masuk UGD RSTC biasanya terkendala bahkan bisa ditolak menggunakan prosedur BPJS Ketenagakerjaan tetapi hal tersebut bisa diatasi dengan kartu identitas dan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan korban sebagai jaminannya setelah ada negosiasi dengan pihak perwakilan badan usaha.

Baca: Download Surat Pernyataan Saksi Kecelakaan [BPJS Ketenagakerjaan]

Jika peserta yang mengalami JKK di rujuk ke Rumah Sakit lain maka biasanya diperlukan Surat Trauma Center baru untuk menyesuaikan dengan Rumah Sakit yang menangani korban. Diperlukan biodata korban untuk dapat menerbitkan surat TC ini, diantaranya nomor kepesertaan korban (nomor KPJ), nama lengkap korban sesuai data kependudukan dan RSTC tujuan. Data tersebut harus sesuai dengan data korban untuk menghindari masalah administrasi di UGD RSTC.

Bisakah Surat Trauma Center Diarahkan Ke Rumah Sakit Yang Tidak Bekerjasama Dengan BPJS Ketenagakerjaan?

Tidak bisa. Untuk menghindari segala macam kendala saat korban tiba di Rumah Sakit maka usahakan menempuh prosedur yang telah ditetapkan oleh BPJS Ketenagakerjaan sehingga peserta yang mengalami JKK tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan pelayanan medis sehingga tidak mebahayakan keselamatan nyawa si korban tersebut. Dalam hal ini tidak luput dari peranan pihak perusahaan dengan RSTC yang harus memiliki loyalitas tinggi untuk memudahkan birokrasi.

Baca: Download Tampilan Belakang Kartu BPJS Ketenagakerjaan Terbaru

Pastikan surat trauma center telah difotokopi sebelum surat aslinya diserahkan kepada pihak RSTC untuk arsip supaya nanti pada saat diperlukan salinannya tidak repot. Gunakan kop surat perusahaan dan bila ada amplop khusus perusahaan, surat ditutup rapat dalam amplop ketika diserahkan ke petugas administrasi RSTC. Surat TC ini bisa diserahkan langsung oleh HRD atau oleh pendamping yang membawa korban.

contoh surat pengantar layanan trauma center.jpg

Gambar 1. Contoh surat layanan pengantar trauma center

download surat.pnd

Harap menyesuaikan data surat beserta kopnya, silahkan lihat data korban dan rumah sakit mana yang akan ditunjuk untuk merawat korban tersebut.

Kesimpulan

Surat Trauma Center diterbitkan oleh badan usaha dilengkapi dengan kop surat dan dimasukkan ke dalam amplop surat agar terbungkus rapi.

Bisa diserahkan kepada pihak RSTC oleh staff perusahaan tempat korban bekerja atau yang mendampingi korban.

Badan usaha harus segera menerbitkan surat ini setelah mengetahui ada kecelakaan kerja berdasarkan informasi dan data yang valid.

Surat hanya bisa digunakan untuk Rumah Sakit yang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan sehingga pada saat membuat surat TC pastikan ke Rumah Sakit mana korban diarahkan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

88 − = 79

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top