APLIKASI

KENAPA FITUR TAMBAH KARTU BPJSTK DI APLIKASI BPJSTKU TIDAK DITEMUKAN ?

fitur tambah kartu BPJSTK.jpg
Creative By Kurkom

Kursuskomputergratis.com – Bagi pemilik kartu BPJSTK yang menggunakan aplikasi BPJSTKU fitur tambah kartu BPJSTK pada aplikasi tersebut seakan menjadi misteri karena keberadaannya yang cukup mengherankan khususnya mereka pengguna baru karena tidak semua akun bisa melihat dan mengakses fitur tersebut.

Didorong rasa penasaran, penulispun akhirnya mencari tahu dengan serius untuk menemukan penyebabnya karena sepertinya banyak orang yang kebingungan ingin menambahkan kartunya pada akun mereka namun tidak dapat dilakukan karena terkendala dengan tombol navigasi tambah kartu yang tidak muncul.

Baca : Begini Cara Menambahkan Kartu JHT Di Aplikasi BPJSTKU [Tambah KPJ]

Ulasan ini sekaligus menjawab semua pertanyaan-pertanyaan yang sudah masuk via email, komentar di artikel dan pertanyaan yang datang dari karyawan di tempat saya bekerja semoga bisa memberikan kontribusi dalam penyelesaian kasus ini.

Permasalahan ini hanya dialami mereka yang memiliki kartu BPJSTK lebih dari satu dan keduanya masih aktif dikarenakan pindah tempat kerja atau alasan lainnya yang memungkinkan memiliki kartu lebih dari satu dan dengan nomor kepesertaan yang berbeda.

Perlu diketahui kalau menambahkan kartu pada aplikasi ini bukan berarti menggabungkan saldonya sehingga saldo kartu baru tergabung dengan saldo kartu lama tetapi hanya menampilkan kedua kartu tersebut beserta statusnya masih aktif atau tidak aktif, untuk saldonya ditampilkan terpisah berdasarkan nomor kepesertaan.

Baca : Panduan Daftar BPJS Ketenagakerjaan Dengan Menggunakan Aplikasi BPJSTKU [Peserta Mandiri]

Untuk penggabungan saldo JHT (Jaminan Hari Tua) saat ini belum bisa dilakukan via aplikasi BPJSTKU namun hanya bisa dilakukan di kantor cabang terdekat, jadi silahkan saja temui petugas BPJS Ketenagakerjaan dengan membawa kartu BPJSTK, KTP dan Pengalaman Kerja yang asli.

Penyebab Fitur Tambah Kartu BPJSTK Tidak Muncul

Setelah melakukan koordinasi langsung dengan petugas BPJS Ketenagakerjaan terkait masalah ini, penulis mulai mendapatkan jawaban yang relevan kenapa fitur tambah kartu BPJSTK pada aplikasi BPJSTKU tidak muncul dan penyebabnya adalah masalah data pribadi peserta yang tidak sama dengan data sebelumnya.

Berikut ini adalah bagian yang harus diperiksa sebelum melakukan penambahan kartu BPJSTK pada aplikasi BPJSTKU agar tidak bingung apabila terkendala masalah ini karena sudah tau penyebebnya :

Periksa NIK Kartu Tanda Penduduk (KTP)

NIK adalah nomor identitas penduduk yang merupakan kode unik berupa kumpulan angka sebanyak 16 digit yang dibuat khusus tanpa ada duplikasinya sehingga semua orang memiliki NIK yang berbeda. Dalam NIK tersebut biasanya berhubungan dengan kode wilayah dan kode lainnya termasuk tahun lahir pemilik KTP tersebut.

Periksa NIK pada KTP asli apakah ada perbedaan dengan NIK yang ditulis di semua kartu BPJSTK yang kalian miliki, pastikan tidak ada perbedaan angka sedikitpun karena jika ada maka jelas akan menjadi penyebab fitur tambah kartu BPJSTKU pada aplikasi tidak akan muncul.

Periksa Nama Kepesertaan

Nama peserta yang tertera pada kartu BPJSTK wajib sama dengan data KTP, baik itu data pada kartu lama maupun yang ada pada kartu baru. Pastikan tidak boleh ada perbedaan data sedikitpun karena jika berbeda hal ini juga bisa menyebabkan fitur tambah kartu BPJSTKU tidak akan muncul.

Biasanya nama yang tertera pada kartu BPJSTK untuk saat ini sudah mengikuti data KTP karena databasenya sudah terintegrasi dengan DISDUKCAPIL sehingga jika ada ketidak sesuaian nama pada kartu BPJSTK berarti ada yang ganjil dengan data KTP peserta tersebut maka segera perbaiki KTPnya.

Kesimpulan

Navigasi tambah kartu BPJSTK akan muncul apabila data pribadi dari semua kartu sesuai dengan data KTP peserta, jika beda maka navigasi tidak akan muncul.

Apabila ada permasalahan data nama atau NIK pada kartu BPJSTK yang tidak sesuai data di KTP maka sebaiknya segera menghubungi pihak BPJSTK di kantor terdekat.

Sebaiknya lakukan penggabungan saldo ke kantor cabang terdekat apabila memiliki kartu BPJSTK lebih dari 1 supaya ringkas dan kontrol saldo BPJSTK .

Nama dan NIK yang tertera pada kartu BPJSTK sangat penting sehingga apabila ditemukan kesalahan penulisan harap segera laporkan ke pihak BPJS Ketenagakerjaan.

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Paling diminati

To Top