APLIKASI

CARA MENGGANTI NOMOR HP DAN EMAIL BPJSTKU [BPJS KETENAGAKERJAAN]

mengganti nomor HP dan email BPJSTKU.jpg
Creative By Kurkom

Kursuskomputergratis.com – Aplikasi BPJSTKU merupakan sumber informasi pelayanan BPJS Ketenagakerjaan yang bisa menggantikan beberapa jenis pelayanan di kantor cabang sehingga peserta tidak perlu lagi wara-wiri ke kantor BPJS Ketenagakerjaan karena sudah dilayani secara online melalui aplikasi BPJSTKU termasuk mengganti email, nomor HP dan data lainnya.

Selain pelayanan dengan mesin pada perangkat lunak aplikasi, ada juga pelayanan manual yang langsung dipandu oleh customer service melalui panggilan telepon 1500910 (berbayar). Setiap peserta wajib memiliki akun BPJS Ketenagakerjaan yang nantinya bisa mengakses informasi yang dibutuhkan baik melalui smartphone atau pun website resmi BPJS Ketenagakerjaan.

Baca : Cara Download dan Install Aplikasi BPJSTKU [Plus Video]

Dalam hal ini, email memiliki peranan penting untuk mendapat hak akses ke berbagai informasi pelayanan BPJS Ketenagakerjaan dan jangan sampai ada pihak lain yang bisa mengakses email tersebut untuk menghindari adanya penyalahgunaan dari oknum yang tidak bertanggung jawab seperti peretasan akun, fishing atau permasalahan lainnya yang menyebabkan peserta kehilangan hak akses.

Baca : Cara Cek Saldo JHT Menggunakan Aplikasi BPJSTKU dan SMS

Apa Bisa Mengganti Nomor HP dan Email BPJSTKU ?

Mengganti email dan nomor HP pada aplikasi ini sedikit berbeda dengan aplikasi pada umumnya yang bisa diedit melalui navigasi pengaturan aplikasi. Sepertinya pihak BPJS Ketenagakerjaan tidak menyediakan navigasi untuk recovery database peserta melalui aplikasi BPJSTKU sebagai front end dari server mereka sehingga harus ada akses khusus yang dipandu secara manual untuk melakukan perubahan data peserta.

Untuk dapat mengganti nomor HP dan email BPJSTKU harus melakukan reset data terlebih dahulu baru kemudian mendaftar lagi dengan nomor HP dan email yang berbeda, bila diperlukan sekalian saja rubah data yang lainnya. Silahkan hubungi customer service BPJS Ketenagakerjaan 1500910 untuk melakukan reset database, ini tidak boleh diwakilkan dan nanti operator akan melakukan verifikasi data peserta untuk memastikan kalau ia adalah pemilik akun yang sah.

Baca : Cara Mencetak Kartu BPJSTK Menggunakan Aplikasi BPJSTKU

Proses Setelah Reset Data Akun BPSJTKU

Database pada server aplikasi akan hilang setelah melakukan reset data sehingga tidak bisa lagi login aplikasi, jangan panik karena memang itu yang akan terjadi. Langkah selanjutnya silahkan melakukan registrasi ulang lagi di halaman aplikasi BPJSTKU tentunya dengan email dan nomor HP yang sesuai dengan keinginan. Pastikan nomor HP adalah nomor pribadi yang selalu aktif.

Bila data peserta telah direset maka bukan berarti data kepesertaan di BPJS Ketenagakerjaan akan terhapus melainkan hanya data pada server aplikasi saja, jadi data peserta tetap aman dan masih terindeks di BPJS Ketenagakerjaan. Pastikan semua data yang dirubah benar-benar terjaga kerahasiaannya termasuk e-mail dan password login aplikasi supaya tidak terjadi hal yang tidak diharapkan.

Untuk email, harap gunakan email khusus untuk akun BPJSTKU dan tidak digunakan pada akun lain seperti facebook, twitter dan aplikasi lainnya untuk menghindari terlalu banyaknya pesan masuk ke email sehingga tidak kesulitan menemukan informasi dari BPJS Ketenagakerjaan yang masuk melalui email karena telah dikhususkan untuk akses aplikasi BPJSTKU.

Kesimpulan

Mengganti nomor HP dan email BPJSTKU tidak dapat direcover via pengaturan aplikasi melainkan harus melakukan reset data terlebih dahulu dengan dibantu operator BPJS Ketenagakerjaan via 1500910.

Hindari penggunaan email secara multiuser/tidak digunakan untuk aplikasi lain sehingga memudahkan pencarian informasi dari BPJS Ketenagakerjaan pada pesan masuknya.

Apabila terkendala mendaftar via aplikasi maka silahkan mendaftar via situs resmi BPJS Ketenagakerjaan (https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id).

Siapkan kartu keluarga apabila ada verifikasi data peserta yang dilakukan oleh customer service BPJS ketenagakerjaan.

15 Comments

15 Comments

  1. Riarahmawati

    September 27, 2019 at 11:02 pm

    Lupa imel.

    • Usman West Java

      September 28, 2019 at 1:44 pm

      silahkan lakukan reset data dengan panduan operator di 1500910, nanti ada verifikasi data peserta siapkan kartu JHT dan Kartu Keluarga. Setelah direset silahkan instal ulang.

  2. Prawisuda dwiyono

    October 14, 2019 at 9:26 pm

    Kalo pengen pake email baru apakah bisa

  3. Anwar herdi

    October 17, 2019 at 3:00 pm

    Saya udah tlpon ,tpi plsa saya slalu habis ketika masalah nya belum kelar ,ga bisa tlpon balik

  4. moh. wasul As Ari

    October 23, 2019 at 9:19 pm

    .. Belum zelezai data yang di minta pulza abiz, telpon lagi, pertanyaannya balik lagi dari awal, abiz lagi pulzanya. abiz pulza mazalah belom kelar. ada zoluzi lain gak zelalin telpon ke no itu???

    • Usman West Java

      October 24, 2019 at 5:08 am

      tidak ada cara lain untuk mengganti nomor telepon atau email harus direset databasenya, biar cepat siapkan kartu keluarga dan nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan anda sebelum nelepon, setelah diangkat langsung saja minta reset data.

  5. Fathkulmubarok

    October 29, 2019 at 10:33 pm

    Gak bisa bukak bpjstku karna lupa gmail dan sandi

    • Usman West Java

      October 30, 2019 at 7:00 am

      silakan reset data melalui panduan operator BPJS Ketenagakerjaan di saluran telepon 1500910. siapkan kartu keluara dan nomor kartu BPJS (KPJ) anda untuk verifikasi.

  6. Abdul ghofur

    October 31, 2019 at 7:28 am

    Mau ganti no.hp dan email bpjs

    • Usman West Java

      November 1, 2019 at 4:59 am

      silahkan reset data, siapkan nomor KPJ dan Kartu keluarga sebelum neghubungi 1500910 karena nanti ada verifikasi data.

  7. Deni

    November 4, 2019 at 11:37 am

    Saya tlp beberapa kali gak bisa ,,,terus aja sedang melayani pelanggan lain,, malah cape

    • Usman West Java

      November 5, 2019 at 6:49 am

      telepon saat jam kerja tidak sibuk, coba jam 8 pagi.

  8. Arif hasugian samosir

    November 12, 2019 at 10:09 pm

    Bebaskan pulsa kenapa nelfonnya, kan ini pelayanan publik,, yg mau Kalim BPJS sebagian besar udah berhenti kerja pak, abis pulsa nelpon gak kelar kelar.
    Sudah abis pulsa 20000 nelfon belum selesai udah abis pulsanya. Kesel banget rasanya.

    • Usman West Java

      November 13, 2019 at 11:02 am

      semoga saja kedepannya bisa free, apabila masalahnya mau reset akun sebaiknya langsung saja minta ke admin untuk reset akun supaya tidak terlalu lama neleponnya dan siapkan nomor KPJ dan KArtu keluarga untuk verifikasi.Pengalaman saya proses ini hanya butuh waktu 3 menitan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top