SEO

MASIH BELUM MENGGUNAKAN HTTPS ? INI YANG AKAN DILAKUKAN GOOGLE

wajib menggunakan HTTPS.jpg
CREATIVE BY : KURKOM

Kursuskomputergratis.com – Memiliki situs web atau blog yang dapat menciptakan rasa aman bagi pengguna merupakan keharusan bagi para pengembang situs web besar higga blog personal supaya visibilitasnya bisa semakin meningkat di zona pergulatan SEO yaitu mesin telusur. Terdapat banyak cara untuk meningkatkan SEO yang diantaranya adalah menggunakan HTTPS.

Melalui pengumuman yang diposting oleh Emily Schechter (Chrome Security Product Manager), Google telah mengeluarkan pernyataan secara eksplisit (tegas) memperingatkan pengguna jika sebuah situs yang mereka akses masih belum menggunakan HTTPS maka akan berstatus “tidak aman”. Kabarnya hal tersebut efektif pada bulan juli 2018 mendatang.

Dari informasi tersebut sangat jealas ditegaskan oleh Google bagaimana peranan HTTPS dalam sebuah situs sehingga bisa mendapatkan kepercayaan dari pengguna dan menjadi prioritas Google dalam memperlakukan situs tersebut di mesin telusur yang dapat berpengaruh kepada kompetisi indeks hasil pencarian teratas.

menggunakan HTTPS.jpg

Gambar 1. Perbedaan Tampilan omnibox Chrome 68 Antara Yang Menggunakan HTTPS dan HTTP

Pada gambar 1 di atas memperlihatkan perbedaan perlakuan situs HTTP dan HTTPS pada omnibox Chrome versi 68. Terlihat situs yang tidak menggunakan HTTPS akan ada informasi mengenai keamanan situs tersebut sehingga pengguna dapat melihat dengan jelas keamanan situs yang mereka akses.

Baca : Cara Memasang HTTPS Terbaru [2018] Di Blogspot Dan WordPress

Hal Yang Mengharuskan Penayang Untuk Segera Menggunakan HTTPS

Berdasarkan data yang didapat bahwa pengguna Chrome di seluruh dunia mencapai diatas 50 persen, hal ini berarti jika perubahan ini dilakukan oleh Google maka akan memiliki dampak yang signifikan pada penayang situs web .

Walaupun Google tidak terlihat seperti mewajibkan penayang untuk menggunakan HTTPS tetapi dilihat dari dampaknya saja maka sudah sangat jelas bahwa hal tersebut wajib dihindari oleh penayang yaitu dengan cara menggunakan HTTPS pada situsnya.

Pengguna akan lari terbirit-birit jika mendapati situs yang mereka akses dinyatakan “tidak aman” oleh Google dan tentunya ini akan berdampak kepada penurunan visibilitas situs terutama bagi yang sudah menayangkan iklan Google AdSense maka pendapatan pasti akan berkurang karena trafiknya kecil dan kualitas iklanpun pastinya rendah.

Baca : Ingin Tahu Kenapa Harus Menggunakan HTTPS (SSL)? Baca Ini Sampai Tuntas

Apakah Menggunakan HTTPS Biayanya Mahal ?

Penulis berharap persoalan biaya tidak menjadi kendala terbesar untuk dapat menggunakan HTTPS karena untuk mendapatkan HTTPS tidaklah mahal, Google sendiri telah merekomendasikan Let’s Encrypt secara gratis pada platform blogspot miliknya sehingga penayang hanya tinggal merubah setingannya saja tanpa harus mengeluarkan biaya.

Selain itu hampir seluruh penyedia hosting sudah menyediakan sertifikat SSL gratisan untuk menerapkan HTTPS di halaman situs. Khusus untuk yang menggunakan WordPress self hosting, bisa memilih jenis SSL dengan teknologi enkripsi yang beragam dan tentunya bisa lebih mendorong SEO kalau dibanding dengan Let’s Encrypt.

Sebaiknya jangan menunggu terjadi masalah dulu baru bertindak, namun dari sekarang segera menerapkan HTTPS sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Google sebagai peramban dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia.

Kesimpulan

Diantara pertimbangan untuk meningkatkan versi ke HTTPS yaitu mengenai masalah teknis dimana halaman situs web yang aman tertaut ke aset halaman web seperti JavaScript atau CSS yang menggunakan URL yang tidak aman (HTTP). Sebaiknya memeriksa bagian tersebut dengan teliti karena itu bisa mempengaruhi lalu lintas situs web dan pendapatan.

Untuk situs e-commerce sebaiknya menggunakan HTTPS dengan tingkat enkripsi yang lebih baik dengan menggunakan SSL premium yang disediakan oleh provider ternama dan terpercaya sehingga setiap transaksi data bisa benar-benar terjamin kemanannya.

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google



2 Comments

2 Comments

  1. Juli

    April 13, 2018 at 9:30 am

    Beberapa waktu lalu teman-teman heboh membicarakan ini. Syukurnya saya sudah ganti url jadi https sekarang. Thanks infonya, Mas.

  2. Usman West Java

    April 14, 2018 at 12:29 am

    sama-sama, sebaiknya implementasi dari sekarang karena ini sifatnya wajib.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 157 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top