APLIKASI

CARA ISI ULANG GOPAY MENGGUNAKAN VIRTUAL ACCOUNT BCA MOBILE [PLUS VIDEO]

Kursuskomputergratis.com – GoPay merupakan dompet digital besutan GoJek yang bisa digunakan untuk transaksi pembayaran ke seluruh layanan GoJek bahkan bisa membayar iuran BPJS Kesehatan dan pembelian pulsa, GoPay telah disupport oleh berbagai Bank besar yang ada di Indonesia sehingga proses isi ulang GoPay kini sangat mudah dan bisa dilakukan dari aplikasi mobile banking yang dapat melakukan transaksi dengan cepat dan pastinya aman.

Jika sebelumnya sering membawa uang cash di dompet yang cukup beresiko bahkan cukup berbahaya buat keselamatan, maka di tahun 2020 ini saatnya beralih ke layanan dompet digital yang bisa melakukan pembayaran layaknya transaksi tunai dengan tarif biasanya lebih murah jika dibandingkan dengan transaksi menggunakan uang cash, selain murah pastinya lebih aman karena sudah menggunakan sistem security perbankan yang sangat canggih.

Bagi squad Kurkom yang sering menggunakan layanan GoJek maka sebaiknya menjadi member GoPay supaya semua pembayaran produk GoJek bisa dilakukan dengan praktis dan ekonomis juga berpeluang mendapatkan reward dari setiap transaksinya sehingga untungnya banyak dan lebihnya banyak. Nah jadi tunggu apa lagi cepetan jadi member GoPay, mau beli makanan favorit? Bayar BPJS? Jalan-jalan? Beli Pulsa? Atau pergi ke rumah calon istri? Semuanya bisa dilibas pakai GoPay.

Baca: Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Dengan Aplikasi Mobile JKN-KIS

Apakah Nominal Isi Ulang GoPay dibatasi?

Mengisi ulang saldo GoPay tidak sama seperti halnya mengisi saldo rekening tabungan di Bank walaupun sekilas prosesnya hampir sama yaitu memasukkan sejumlah uang ke dalam buku tabungan digital, GoPay membatasi nominal isi ulang sesuai dengan kategori akun yaitu akun terverifikasi dan akun yang tidak terverifikasi dengan minimal transfer (Top Up) Rp10.000 (sepuluh ribu rupiah).

Pada akun yang tidak terverifikasi (unverivied) member bisa melakukan isi ulang saldo setiap bulannya hingga maksimal Rp1.000.000 (satu juta rupiah) sedangkan pada akun terverifikasi (verified) bisa isi ulang hingga maksimal Rp10.000.000 (sepuluh juta rupiah) dengan masa berlaku yang tidak terbatas sehingga member bisa lebih leluasa menyimpan saldo diakunnya tanpa takut hangus.

Baca: Cara Isi Ulang OVO Mengguanakan BCA Virtual Account Mobile Banking [Plus Video]

Bank Apa Saja yang Support Isi Ulang GoPay?

GoPay bukan aplikasi dompet digital abal-abal, hampir semua Bank besar di Indonesia sudah support GoPay dengan menyediakan fitur isi ulang GoPay baik pada aplikasi mobile banking maupun di mesin ATM sehingga member tidak perlu kebingungan untuk melakukan top up saldo karena bisa melakukannya kapanpun dan dimanapun ia berada tentunya asalkan ada koneksi internet pasti beres.

Berikut adalah nama-nama Bank yang bisa melakukan transaksi isi ulang GoPay: BCA, Mandiri, BRI, BNI, Bank Permata, CIMB Niaga, BTN, BRI Syariah, Danamon, Panin Bank, OCPC NISP, Sinarmas, Rabobank, Mybank, Bukopin, Bank BJB, Digibank DBS, Bank Mega, ATM Bersama dan ATM Prima. Untuk Bank lain yang belum disebutkan disini silahkan dicoba saja via aplikasi mobile banking atau via mesin ATM.

Baca: Cara Kirim Uang 50 Juta Via Internet Banking BCA [Plus Video]

Untuk lebih jelasnya perhatikan tutorial cara isi ulang GoPay di bawah ini dengan cermat, penulis akan mencontohkan menggunakan metode transfer pada fitur Virtual Account BCA Mobile!

Pertama

Masuk ke akun aplikasi BCA Mobile untuk memulai transaksi menggunakan BCA mobile banking. Pastikan koneksi internet tidak sedang bermasalah untuk menghindari kegagalan transaksi atau error pada saat melakukan pembayaran.

Aplikasi BCA Mobile.jpg

Gambar 1. Aplikasi BCA Mobile

Kita akan menggunakan fitur m-Transfer (1) untuk melakukan transaksi ini. Perhatikan lampu indikator aplikasi (2) apabila warnanya hijau berarti sistem siap melakukan transaksi, jangan memproses transaksi jika lampu tersebut tidak berwarna hijau karena itu menandakan bahwa sistem belum siap melakukan transaksi, klik m-Transfer (1) untuk memulai transaksi.

Kedua

Transaksi isi ulang GoPay ini akan diproses oleh fitur BCA Virtual Account yang ada pada fitur m-Transfer pada BCA Mobile.

Virtual Account BCA Mobile.jpg

Gambar 2. Fitur Virtual Transfer pada BCA Mobile

Klik BCA Virtual Account (3) untuk memulai transaksi, pastikan sudah menyiapkan nomor Virtual Account tujuan transfer untuk pengisian saldo GoPay yang terdiri dari kode perusahaan GoJek khusus untuk transaksi di BCA yaitu 70001 dilanjutkan dengan nomor HP GoPay yang ingin diisi ulang saldonya.

Ketiga

Nomor Virtual Account tujuan transfer dimasukkan pada tahap ini yang terdiri dari kode perusahaan untuk GoJek yaitu 70001, kode tersebut khusus digunakan untuk transaksi menggunakan BCA Virtual Account tidak bisa dipakai untuk transaksi di Bank lainnya.

cara Memasukkan nomor Virtual Account tujuan transfer.jpg

Gambar 3. Memasukkan nomor Virtual Account tujuan transfer

Perhatikan kolom isian Input No. Virtual Account (4), masukkan dengan benar nomornya pada kolom tersebut. Misal nomor GoPaynya 081391003001 maka nomor yang dimasukkan menjadi 70001081391003001. Tekan OK (5) jika nomor sudah benar. Perhatikan lampu indikator (7) harus berwarna hijau, tekan Send (6) untuk melanjutkan proses.

Keempat

Pada bagian ini sistem akan menampilkan nama customer pemilik nomor Virtual Account tujuan transfer yang telah dimasukkan pada langkah ketiga tadi, selain itu juga akan ditampilkan biaya administrasi untuk transaksi tersebut.

Informasi customer GoPay dan biaya transfer pada transaksi m-BCA.jpg

Gambar 4. Informasi customer GoPay dan biaya transfer

Perhatikan nama customer yang ditampilkan wajib sesusuai dengan data yang dikehendaki, jika data sudah sesuai maka tekan OK (10) untuk menuju ke proses selanjutnya.

Kelima

Pada tahap ini silahkan masukkan nominal top up saldo GoPay yang dikehendaki, minimal Rp10.000 (sepuluh ribu rupiah). Untuk maksimal saldonya silahkan sesuaikan dengan kebutuhan dan kapasitas akun untuk menampung saldo.

cara memasukka nominal isi ulang GoPay pada Virtual Account BCA.jpg

Gambar 5. Cara memasukkan nominal transfer top up saldo GoPay

Masukkan nominal saldo pada kolom Masukkan jumlah transfer (8), perhatikan angka nominal transfer dengan teliti. Jika angka sudah dimasukkan dengan benar selanjutnya tekan OK (9) untuk menuju ke proses selanjutnya silahkan masukkan PIN m-BCA dengan benar. Kesalahan memasukkan PIN lebih dari dua kali bisa menyebabkan akun BCA mobile terblokir.

Keenam

Pada tahap ini tidak ada proses lagi, sistem akan menampilkan billing transaksi yang bisa digunakan sebagai bukti transaksi telah berhasil karena tahap ini tidak akan tampil apabila transaksi yang dilakukan gagal.

Bukti transaksi isi ulang GoPay pada BCA Mobile.jpg

Gambar 6. Informasi transaksi telah berhasil

Apabila ingin menjadikan halaman ini bukti transaksi maka silahkan di-screenshot karena tidak ada navigasi share-nya. Jika aplikasi telah ditutup dan ingin melihat bukti transaksi ini lagi maka silahkan akses di Inbox pada menu Transfer, tekan OK (11) untuk mengakhiri transaksi.

Kesimpulan

Nominal saldo untuk isi ulang GoPay dibatasi setiap bulannya berdasarkan jenis akun tetapi tidak ada batas kadaluwarsanya sehingga pengguna tidak perlu takut saldo hangus jika disimpan dalam waktu yang lama.

Pengisian saldo menggunakan Virtual Account BCA mobile dikenakan tarif biaya administrasi sebesar Rp1.000 (seribu rupiah) setiap kali transaksi dengan nominal berapapun.

Pembayaran produk GoJek menggunakan GoPay lebih hemat dibandingkan dengan pembayaran uang tunai karena bisa lebih murah, selain itu bisa menapatkan reward yang bisa dibelanjakan kembali.

Transfer menggunakan Virtual Account pada BCA mobile tidak perlu mendaftarkan nomor tujuan transfer seperti pada fitur Transfer antar Bank dalam negeri atau Transfer antar rekening.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top