BASIC

JURUS CEPAT BELAJAR MICROSOFT EXCEL 2010

Belajar Excel

Belajar Microsoft Excel 2010 tahapannya sama dengan belajar Microsoft word 2010, oleh karena itu sebelum sobat memulai belajar Microsoft excel 2010 silahkan baca dulu panduan dasar belajar Microsoft word 2010 yang pernah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Jika sobat sudah menguasai materinya maka sobat boleh melanjutkan belajar Microsoft Excel 2010 ini. Kenapa bisa begitu mas usman? Perlu sobat ketahui bahwa teknik dasar belajar Microsoft Excel 2010 ini sama dengan teknik dasar belajar Microsoft Word 2010 karena banyak toolbar pada Microsoft Excel 2010 memiliki ikon dan fungsi yang sama seperti pada Microsoft word 2010.

Apa itu Microsoft Excel? 

Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi lembar kerja spreadsheet keluaran Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini mempunyai fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang mumpuni sehingga Microsoft Excel menjadi salah satu aplikasi yang paling populer digunakan di dalam komputer mikro sampai dengan sekarang. Aplikasi ini juga merupakan aplikasi spreadsheet yang paling banyak digunakan oleh semua kalangan karena memiliki banyak fitur unggulan dan kompatibel dengan platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis OS.

Microsoft Excel fungsinya lebih banyak ke menghitung dan mengolah data itulah salah satu perbedaannya dengan Microsoft Word. Karena materi dasarnya hampir sama dengan materi dasar Microsoft Word, jadi dalam materi belajar Microsoft excel 2010 ini saya hanya akan menyampaikan Menu Bar tambahan yang harus diketahui pemula dalam belajar Microsoft Excel 2010. Pada Menu Bar Microsoft Excel 2010 tidak terdapat References dan Maillings seperti halnya yang ada pada Microsoft Word 2010, Kedua fitur ini dihilangkan dan diganti dengan Formulas dan Data. Pada materi ini Saya akan lebih banyak mengarahkan kepada fungsi untuk pembuatan tabel dan pengolahan data dalam tabel, untuk teknik lainnya insya Allah akan saya sampaikan pada artikel selanjutnya.

Sebelum lanjut ke materi inti, alangkah baiknya sobat mengetahui beberapa istilah yang familiar dalam Microsoft Excel seperti Row, Column, Cell, Worksheet dan Workbook. Row adalah baris dalam spreadsheet Microsoft Excel, pada Microsoft Excel 2010 jumlah Row ada 1048576. Row ini ditandai dengan angka 1-1048576 bisa dilihat di samping kiri spreadsheet. Column adalah kolom dalam spreadsheet Microsoft Excel yang ditandai dengan huruf A-XFD. Jumlah kolom dalam Microsoft excel 2010 jika dijumlahkan ada sekitar 16384 kolom. Cell atau sel adalah pertemuan antara baris dan kolom. Worksheet adalah lembar kerja yang terdiri dari kumpulan kolom dan baris. Workbook adalah kumpulan dari worksheet yang berjumlah 256 worksheet.

Berikut adalah toolbar tambahan masing-masing menu bar pada Microsoft Excel 2010 yang harus diketahui pemula :

A). Home

Fungsi menu Home adalah untuk memodifikasi penyajian data pada lembar kerja, seperti merubah tampilan tabel, teks, menentukan desimal dll. Sebagian toolbar yang harus diketahui pemula pada menu Home ini ada juga pada menu Home Microsoft Word 2010, jadi saya hanya akan menjelaskan beberapa toolbar tambahannya saja. Perhatikan gambar berikut ini :

fungsi di menu home
Ada 13 toolbar yang harus diketahui, berikut penjelasan fungsinya :

  1. Fungsi Wrap Text adalah untuk mengatur semua konten berupa teks dalam satu sel sehingga teks tetap dalam satu sel meskipun jumlahnya banyak.

  2. Fungsi Merge & Center adalah untuk menggabungkan beberapa sel yang dipilih menjadi satu sel.

  3. Fungsi Percent Style adalah untuk menampilkan nilai dalam sel menjadi bentuk nilai persen.

  4. Fungsi Comma style adalah untuk memisahkan nilai dalam sel dengan tanda koma setiap perseribu atau tiga digit angka, misal angka 9999 jika menekan fungsi ini tampilannya menjadi 9,999.

  5. Fungsi Increase Decimal adalah untuk menambahkan jumlah angka desimal dibelakang koma.

  6. Fungsi Decrease Decimal adalah untuk mengurangi jumlah angka desimal di belakang koma.

  7. Fungsi Number Format adalah untuk merubah nilai-nilai yang ada dalam sel menjadi format tertentu seperti fomat tangga, persen, mata uang dll.

  8. Fungsi Conditional Formatting adalah untuk menyorot atau menandai sebuah sel yang unik, menekankan nilai-nilai yang tidak biasa, memvisualisasikan data menggunakan bar, menandai nilai dalam sel dengan warna tertentu dan ikon set berdasarkan kriteria.

  9. Fungsi Format as Table adalah untuk mendesain tampilan tabel menjadi lebih menarik dengan dengan model tampilan yang sudah ditentukan.

  10. Fungsi Cell Styles adalah untuk mendesain tampilan sel dengan model tampilan yang sudah disediakan.

  11. Fungsi Insert adalah untuk memasukkan kolom atau baris ke dalam lembar kerja atau tabel yang dipilih.

  12. Fungsi Delete adalah untuk menghapus sheet (lembar kerja), cell atau column yang dipilih.

  13. Fungsi Format adalah untuk mengatur tinggi dan lebarnya baris atau kolom dalam sebuah tabel atau sheet (lembar kerja) , memodifikasi sheet (lembar kerja), memproteksi dan menyembunyikan sel.

Jika kita perhatikan dengan teliti maka dapat kita simpulkan bahwa untuk membuat tabel ternyata hampir semua tombol navigasinya ada pada menu Home ini. Membuat sebuah tabel merupakan pekerjaan yang paling banyak dilakukan oleh Microsoft excel, begitu juga dengan pengaturan nilai-nilai dalam sel ada di menu Home ini.

B). Formulas

Secara umum Formulas adalah kumpulan fungsi-fungsi rumus tertentu pada Microsoft excel , seperti penjumlahan dasar, perkalian, pengurangan dll. Dalam menu ini fungsi-fungsi dikelompokkan berdasarkan kriteria. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar berikut ini :

fitur dalam menu Formulas

Ada 10 toolbar dasar pada menu ini yang wajib dipelajari oleh pemula dan hampir semuanya memiliki fungsi untuk meng-eksekusi sebuah fungsi. Berikut penjelasannya sesuai dengan nomor urut pada gambar diatas :

  1. Insert Function adalah untuk mengedit formula dalam sel dengan memilih fungsi dan mengedit argument.

  2. Auto Sum adalah untuk menampilkan hasil perhitungan sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, rata-rata dll.

  3. Recently Used adalah untuk menggunakan formula yang pernah atau sering digunakan, rumus-rumus yang sering digunakan akan tersimpan di sini.

  4. Financial adalah untuk melakukan perhitungan dengan rumus-rumus financial, seperti menghitung nilai konversi mata uang asing dan perhitungan yang berhubungan dengan finance.

  5. Logical adalah untuk melakukan perhitungan dengan rumus-rumus logika, seperti AND, OR, IF dll.

  6. Text adalah untuk memodifikasi format teks pada sel, seperti membuat huruf kecil menjadi capital, menghilangkan teks dalam sel dll.

  7. Date & Time adalah untuk memodifikasi nilai dalam sel menjadi format waktu, seperti tanggal, bulan, tahun, jam, menit dan detik.

  8. Lookup & Reference adalah untuk memasukkan formula yang berkaitan dengan referensi atau menyorot suatu file dalam sel.

  9. Math & Trig adalah untuk melakukan perhitungan dengan rumus-rumus trigonometri, seperti menghitung sinus, cosinus dll.

  10. More Function adalah untuk melakukan perhitungan dengan fungsi lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Jika kita perhatikan pada menu ini banyak terdapat fungsi-fungsi penting untuk melakukan perhitungan dengan formula tertentu dari tingkat dasar sampai tingkat professional. Perlu waktu untuk dapat menguasai semua fungsi dalam Microsoft excel 2010 ini karena ada puluhan bahkan ratusan rumus, sering-seringlah praktek biar cepat bisa.

C). Data

Menu Data berfungsi untuk memodifikasi data, seperti memasukkan external data ke dalam worksheet, mensortir data dalam kolom, merefresh data, dll. Ada 6 toolbar yang harus diperhatikan oleh sobat yang masih pemula, silahkan perhatikan gambar berikut :

Fitur dalam menu data

  1. Refresh All berfungsi untuk menyegarkan halaman atau lembar kerja yang sedang aktif dan meng-update semua informasi yang dimasukkan ke lembar kerja.

  2. Sort Z to A berfungsi untuk menyusun nilai yang dipilih dari yang tertinggi ke terendah.

  3. Sort A to Z berfungsi untuk menyusun nilai yang dipilih dari yang terendah ke tertinggi.

  4. Sort berfungsi untuk menunjukan kotak dialog sort pada sel yang diplih untuk mengurutkan data berdasarkan beberapa kriteria sekaligus.

  5. Filter berfungsi untuk mengaktifkan fungsi filter pada sel yang dipilih.

  6. Clear berfungsi untuk menghapus fungsi filter yang sedang aktif.

Itulah enam toolbar pada menu Data yang harus sobat pelajari, untuk toolbar yang lainnya silahkan sobat pelajari setelah fitur-fitur dasarnya sudah semuanya dikuasai. Semoga panduan dasar belajar Microsoft excel 2010 ini menjadi modal dasar untuk belajar ke tahap berikutnya. Sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

2 Comments

2 Comments

  1. Pingback: APLIKASI KOMPUTER INI DAPAT MENDATANGKAN UANG

  2. Area Tips

    Februari 1, 2017 at 12:11 am

    Ini akan menjadi sebuah teori bagaimana belajar Excel lebih cepat gan asal disertai dengan video atau dengan contoh soalnya. Jika ada interaksi disini mungkin dengan alat bantu seperti wondershare quiz creator atau dengan model yang lain. Belajar Excel makin menyenangkan. Kadang kala anak yang pintar dalam bahasa belum bentuk pandai dalam hal matematika. Jadi kalau ditambah dengan strateginya akan bagus untuk dipelajari oleh siapa saja. Tidak pandang dia pandai atau tidak

Tinggalkan Balasan

To Top