BLOGGING

BERBAGAI MACAM KESALAHAN BLOGGER PEMULA YANG MESTI KAMU HINDARI

Kesalahan blogger pemula

Berbagai Macam Kesalahan Blogger Pemula Yang Mesti Kamu Hindari – Menjadi seorang Pro Blogger merupakan suatu kebanggaan tersendiri karena selain bisa menyalurkan hobi juga bisa menginspirasi orang banyak dengan kemampuan yang dimiliki sehingga bisa ikut serta membangun bangsa walaupun tidak secara langsung.

Pada prinsipnya ilmu itu ringan dibawanya tapi akan menjadi berat jika tidak diamalkan. Jadi, carilah peluang yang bagus untuk bisa mengamalkan ilmu dimanapun dan kapanpun supaya semakin mateng. Salah satu cara yang flexible untuk bisa mengamalkan ilmu yaitu menjadi blogger, karena bisa mengamalkan ilmu kapan saja tanpa harus bertemu dengan orang banyak.

Dari masa ke masa pertumbuhan dunia blogging terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu dan kecanggihan teknologi era digital, kini dunia blogging telah menghipnotis banyak orang terutama para remaja karena hadirnya beberapa tokoh utama inspirasi mereka yang notabene adalah aktor sukses peraih pundi-pundi dari aktivitas ngeblognya.

Dibalik kesuksesan para aktor seni blogging ternyata mengundang perhatian para pendatang baru (newbi) untuk melakukan hal yang sama agar sukses seperti para aktor tersebut. Namun sayang tidak sedikit dari mereka yang kandas di tengah perjalanan karena ada beberapa faktor yang menghambat perjalanan mereka.

BACA : BLOG YANG KANDAS DI TENGAH JALAN

Berikut ini adalah kesalahan blogger pemula yang harus hindari karena berpotensi menimbulkan kegagalan sehingga berujung kecewa :

Ngeblog bisa menghasilkan uang dengan cepat

Pola pikir seperti ini tidak salah, tetapi bisa menjebak kalau menjadi prioritas utama karena dapat mematikan motivasi ketika tujuannya tidak tercapai. Biasanya blogger pemula yang berfikiran seperti ini akan mudah merasa jenuh dan kurang kreatif karena tujuannya mencari uang bukan berkarya.

Jangan berfikir bahwa sukses itu bisa didapat dengan cara instant karena kesuksesan adalah buah dari kerja keras. Sudah waktunya menyingkirkan budaya berfikir serba instant supaya bisa memaknai arti dari sebuah kesuksesan dengan cerdas. Yakinlah kalau kerja keras itu akan terbayar dengan sendirinya jika dilakukan dengan penuh ketulusan.

Lupakan kata “nyerah” jika ingin meraih pencapaian dan ingatlah selalu kalau jalan menuju roma itu tidak sedikit. Biasakan memulai sesuatu dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab supaya mendatangkan banyak manfaat yang baik dan bisa merubah segalanya menjadi lebih mudah sehingga tidak akan pernah kehilangan senyuman setiap harinya.

Tidak memiliki skill ngeblog tapi memaksakan diri membuat blog

Skill ngeblog merupakan tolak ukur keberhasilan seorang blogger dalam menjalani aktivitasnya sehingga tidak merasa terbebani ketika harus menjalankan kewajibannya yaitu membuat konten atau memanage sebuah blog dengan baik.

Mengapa seorang blogger harus bisa ngeblog ?

Lihatlah supir taxi apakah ada yang tidak bisa mengendarai mobilnya? Kan jadi lucu andai ada supir taxi tapi tidak bisa nyetir, soalnya ini masalah tugas dan tanggung jawab. Tugas seorang blogger yaitu
membuat konten atau menyediakan konten dan bertanggung jawab penuh terhadap konten tersebut.

Kenapa harus bertanggung jawab padahal tinggal upload konten lalu sudah biarin ?

Misal kita seorang suami kemudian menghamili istri kita, setelah hamil lalu melahirkan dan kita tidak berbuat apa-apa terhadap istri dan anak tersebut, pantas tidak ? pastinya itu merupakan perilaku yang buruk. Artinya jika kita berbuat berarti kita harus berani bertanggung jawab menanggung resikonya.

Konten yang telah kita buat itu biasanya mengundang reaksi dari pengunjung, entah itu berupa pertanyaan seputar topik tersebut atau tanggapan. Disinilah letak tanggung jawabnya yaitu melayani pengunjung yang bertanya atau memberikan tanggapan dengan reaksi yang positif supaya mereka percaya bahwa kita benar-benar pembuat konten tersebut.

Jika sobat tidak memiliki skill ngeblog bukan berarti tidak boleh ngeblog tetapi belajar dulu hingga bisa dan paham kemudian rencanakan dengan baik jika sudah memiliki skill yang bagus maka mulailah berkarya. Dengan begitu karir sobat dalam seni blogging bisa cemerlang.

Copy paste artikel orang lain

Salah satu kesalahan blogger pemula adalah copas artikel orang lain yang merupakan kegiatan membodohi diri sendiri dan lebih dikenal dengan istilah plagiat. Selain itu aksi copas artikel merupakan usaha yang sia-sia karena hal tersebut bisa menyebabkan artikel terkubur di mesin telusur.

Saat ini Google tengah gencar-gencarnya memberantas plagiator sehingga karya mereka tidak memiliki ruang gerak sedikitpun di mesin telusur. Jadi mulai saat ini berhentilah menjadi palgiator dan mulailah menggunakan cara yang valid supaya konten bisa nangkring di mesin telusur dengan baik.

Biasanya si plagiator akan kebingungan sendiri kenapa artikelnya tidak terindeks di mesin telusur sehingga lebih banyak terkuras waktunya hanya untuk mencari cara supaya kontennya cepat terindeks dengan baik di mesin telusur daripada membuat konten berkualitas.

Konten hasil plagiat juga bisa menurunkan reputasi blog dan sekaligus reputasi pemilik blog tersebut sehingga besar kemungkinan untuk dikucilkan oleh blogger lainnya, disinilah letak kesalahan blogger pemula yang cukup fatal.

BACA : SIKAP BLOGGER YANG GAGAL PAHAM

Mengomentari blog orang lain dengan komentar tidak relevan

Sepertinya ini kesalahan blogger pemula paling banyak sepanjang penelitian yang penulis lakukan untuk membuat artikel ini. Menurut pendapat penulis bahwa gaya bicara kita dalam mengeluarkan pendapat di hadapan orang lain akan sangat mempengaruhi reputasi kita. Apabila gaya bicara kita kaku dan kurang etis maka turunlah reputasi kita.

Mengomentari blog orang lain dapat menciptakan hubungan kerjasama yang harmonis apabila komentar sobat relevan maka kita akan dieri penghargaan balik sama mereka minimalnya perlakuan yang sama. Nah disinilah orang lain akan mulai percaya terhadap kredibilitas kita, jadi berkomentarlah yang relevan.

Berkomentarlah se-natural mungkin supaya tidak terkesan dibuat-buat supaya blog yang kita komentari mendapat penilaian bagus dari Google dan jangan berkomentar dengan kalimat atau kata-kata yang bertentangan dengan kebijakan Google karena akan menurunkan reputasi blog tersebut.

BACA : PENGARUH RELEVANSI KOMENTAR TERHADAP SEO

Bingung mikirin trafik yang sedikit

Sebaiknya sobat menyadari kalau mengalami poin ini karena ini benar-benar indikator yang paling masuk akal kalau konten sobat itu kurang berkualitas. Walaupun sudah share sana-sini tapi kalau trafiknya masih nihil berarti kualitas konten perlu dipertanyakan walaupun ada potensi kesalahan lainnya tapi hal ini lebih cenderung kepada kualitas konten.

Trafik tidak bisa datang tiba-tiba karena butuh waktu yang sangat panjang untuk bisa maksimal dan harus selalu konsisten dengan karya yang berkualitas. Buatlah artikel sebanyak-banyaknya dan jangan terlalu fokus dulu ke trafik kalau jumlah artikel masih tergolong sedikit.

Biasanya trafik bisa meningkat setelah artikel kita banyak dan blog sudah berumur. Jadi jangan terlalu memikirkan trafik tetapi pikirkan kualitas konten dan lakukan optimasi yang benar agar trafik bisa stabil.

Pengen cepet-cepet daftar Google AdSense supaya berpenghasilan

Jangan terlalu serius memikirkan bahwa bisa iklan Google AdSense itu bakal cepat dapat duitnya karena kalau sudah tau yang sebenarnya pasti bakal melongo kaget campur aduk bahkan bisa kecewa dibuatnya kalau sobat tidak memahaminya dengan benar.

Tidak sedikit yang sudah memiliki akun AdSense itu megeluh kemudian menjual akunnya karena butuh duit. Jika skill sobat biasa-biasa saja maka hal ini akan menimpamu karena sangat sulit jika kita sudah punya akun AdSense tapi tidak bisa menciptakan inovasi baru yang tepat guna maka hasilnya nihil.

Perlu sobat ketahui jika sudah beriklan AdSense maka harus lebih hebat dan mulailah berfikir kencang untuk mendapatkan ide kreatif. Nah sudah jelaskan kenapa kita harus kreatif ? kalau tidak kreatif ya percuma saja karena tidak bakal mendapat penghasilan.

Mendapat persetujuan dari AdSense dengan hasil usaha sendiri merupakan tolak ukur bahwa konten yang kita buat sudah bisa dikatakan berkualitas karena tim AdSense sangat selektif dalam memilih publishernya.

Demikian ulasan mengenai kesalahan blogger pemula yang mesti dihindari semoga bisa semakin menambah wawasan kita untuk lebih paham mengenai prosedur ngeblog yang valid sehingga dapat meningkatkan kredibilitas kita .

Kesimpulan

Ngeblog bisa menghasilkan uang jika kita memiliki kreativitas yang bernilai jual tinggi, kalau biasa-biasa saja ya percuma kecuali hanya utuk menyalurkan hobi tanpa bermaksud mencari uang di blog.

Kesalahan blogger pemula yang paling menonjol yaitu menjadi plagiat, padahal ngeblog itu harus bisa menjadi diri sendiri dan jangan sampai membohongi diri sendiri karena hanya akan membuat kita tersiksa.

Jangan terlalu memaksakan diri jika belum memiliki skill yang mumpuni, sebaiknya ikuti pelatihan dasarnya dulu baru Go Head.

Jangan terlalu sering melihat trafik kalau artikel masih tergolong sedikit, karena bisa berdampak kepada psikologi sobat.

Kita akan sukses meraih pendapatan dari Google AdSense kalau kreatif dan usahakan mendapat akun AdSense dari hasil usaha sendiri untuk mengukur kemampuan kita.

Semoga bermanfaat
salam sukses

2 Comments

2 Comments

  1. Habib

    April 5, 2017 at 4:19 am

    Alhamdulillah. Akhirnya saya mendapatkan ilmu yg menurut saya bermanfaat. Alasan saya mengatakan bermanfaat karena isi artikel yang ditulis mas Usman itu sering aku lakukan. Semenjak baca artikel ini , saya lebih paham apa saja kesalahan yang dilakukan oleh para blogger pemula. Dengan artikel ini, saya akan mengoreksi diri saya. Terima kasih atas penjelasannya. Salam sukses mas Usman.

  2. Pingback: Pakai Cara Ini Untuk Meningkatkan Trafik Blog Dengan Segera

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 34 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top