BLOGGING

KESALAHAN NGEBLOG YANG SERING DIKACANGIN

kesalahan ngeblog

Kesalahan Ngeblog Yang Sering Dikacangin – Keindahan dalam blog merupakan totalitas dari hasil usaha dan kerja keras nyata sang blogger tersebut. Nyaris bisa dikatakan sempurna jika dalam suatu blog terdapat nol persen kesalahan (zero mistakes) sehingga akan terlihat indah dan elegan.

Well, tidak semua blogger mampu menganalisa kesalahan secara detail terhadap konten yang dibuatnya, hal ini disebabkan karena faktor sumber daya manusianya yang kurang maksimal dan mungkin karena konten tersebut tidak dibuat secara natural atau bisa dibilang hasil plagiat.

Menurut pandangan penulis kesalahan ngeblog sekecil apapun harus dihindari supaya tidak menimbulkan citra yang buruk. Mungkin bagi seorang blogger hal ini perlu dipertimbangkan supaya kontennya selalu mendapat feedback yang baik.

Adanya faktor kesalahan dapat menurunkan kredibilitas blog sebagai imbasnya. Mungkin sobat pernah mendengar istilah : “satu keburukan bisa menggugurkan seribu kebaikan” , kalimat ini sebetulnya memiliki sebuah pesan bahwa kita harus teliti dalam melakukan suatu tindakan dan jangan sampai ada kesalahan supaya hasilnya optimal.

Jika kita merasa kurang teliti maka sebaiknya bertemanlah dengan orang yang lebih teliti dari kita supaya ada yang mau membantu dalam menganalisa kesalahan. Penulis mengakui kalau mencari kesalahan hingga detail itu adalah hal yang cukup sulit, namun ini harus dilakukan.

Berikut ini adalah kesalahan ngeblog yang sering terjadi dan sepertinya banyak blogger yang tidak terlalu memperhatikannya sehingga menimbulkan citra yang buruk terhadap mereka :

Mengabaikan kesalahan penulisan

Salah ketik (akrab disebut typo) merupakan hal yang sering terjadi ketika membuat sebuah konten. Penulis sering menemukan kesalahan ini pada artikel yang panjang dengan jumlah kata lebih dari 700. Tidak tanggung-tanggung kesalahan ini bisa terjadi hingga berulang-ulang di setiap paragrafnya.

Kesalahan jenis ini bisa memberikan kesan kurang teliti dan terlalu terburu-buru sehingga bisa dinilai tidak professional oleh pembaca. Bayangkan jika kita membeli makanan kemudian makanan tersebut kurang enak, maka setidaknya kita memberikan score yang kecil terhadap kualitas makanan tersebut sehingga citra pedagangnya jadi tidak bagus.

Beberapa blogger memberikan pandangan bahwa hal ini tidak perlu dibahas, namun menurut penulis ini adalah hal penting yang harus dijadikan prioritas untuk dikoreksi karena imbasnnya kepada reputasi pembuat konten.

Berkomentar tidak relevan

Kesalahan jenis ini adalah murni human error karena sumbernya berasal dari alam kesadaran manusia secara langsung dengan adanya reaksi yang timbul setelah membaca konten. Googgle AdSense sendiri memberikan sanksi yang tegas terhadap kesalahan ini, dari warning hingga sampai banned akun. jika komentar tersebut bertentangan dengan kebijakannya.

Komentar itu tidak perlu dibuat-buat karena kemungkinan besar akan menjadi tidak relevan. Penulis cukup kaget dibuatnya ketika menemukan banyak sekali komentar yang tidak relevan terutama pada blog para newbi yang masih polos dan kurang memahami arti dari sebuah komentar.

BACA : PENGARUH RELEVANSI KOMENTAR TERHADAP SEO

Mengabaikan pertanyaan visitor

Penulis menilai bahwa poin ini termasuk kesalahan ngeblog yang cukup membahayakan karena bisa berdampak kepada psikologi visitor. Mungkin mereka bisa kecewa jika pertanyaannya tidak dijawab dan hal ini jelas akan menimbulkan citra yang buruk.

Mengabaikan visitor juga akan memberikan kesan sombong sehingga mereka tidak mau lagi bersahabat dengan kita dan pastinya tidak mau berkunjung untuk yang kedua kalinya. Dari sini kita bisa melihat betapa ruginya jika mengalami hal ini.

BACA : PENYEBAB VISITOR MENJADI KAPOK DAN OGAH KEMBALI LAGI

Sebagai blogger, sebaiknya kita harus welcome terhadap semua visitor yang datang tanpa pandang bulu supaya mereka merasa nyaman ketika berada di blog kita. Mungkin sobat belum tahu kenapa Google begitu memprioritaskan kenyamanan pengguna, karena itu merupakan cara terbaik supaya tidak kehilangan mereka.

Tidak memperhatikan kata kunci

Kata kunci (akrab disebut keyword) merupakan salah satu bagian yang terpenting dalam sebuah artikel sebagai basis perayapan mesin telusur. Sebuah artikel yang memliki kata kunci paling relevan dengan pencarian pengguna akan menjadi prioritas perayapan mesin telusur.

Kata kunci mungkin bisa di ibaratkan sebuah nama, untuk memanggil seseorang maka akan lebih mudah jika orang tersebut memiliki nama. Dari sini sudah jelas terlihat betapa pentingnya penerapan kata kunci dalam sebuah artikel.

Menggunakan kata kunci yang paling banyak dicari pengguna merupakan cara yang paling efektif untuk dapat meningkatkan trafik vsitor dengan catatan artikel yang dibuat harus lebih bagus dari artikel kompetitor.

Backlink yang tidak relevan

Salah satu hal yang paling diburu oleh blogger adalah backlink. Banyak yang menggunakan berbagai macam cara untuk mendapatkan backlink termasuk cara yang tidak valid. Disinilah letak kesalahannya, padahal Google menginginkan backlink yang natural alias tidak dibuat-buat.

Google memiliki alogaritma yang sangat canggih untuk menilai kualitas backlink. Jadi jangan langsung menyimpulkan semua backlink itu bisa meningkatkan visibility blog terutama di mesin telusur karena kalau backlink-nya tidak berkualitas maka akan berdampak buruk terhadap blog.

Mungkin nyaris bisa dikatakan tidak ada cara lain untuk bisa mendapatkan backlink yang berkualitas selain dengan menulis artikel yang berkualitas pula. Dengan demikian maka pengguna akan semakin merekomendasikan blog kita dan dari situlah kita memiliki peluang besar untuk mendapatkan backlink yang berkualitas.

Ingin cepat mendapatkan trafik yang tinggi

Memiliki trafik yang tinggi merupakan impian para blogger karena bisa berimbas kepada penghasilan dan hal positif lainnya. Selain itu juga bisa memicu semangat kita untuk semakin eksis bersolo karir dalam seni blogging.

Butuh waktu dan kesabaran untuk mendapatkan trafik yang tinggi karena ini bukan pekerjaan mudah bagi seorang blogger. Selain harus memperhatikan kualitas artikel juga harus memperhatikan kecepatan loading blog supaya disukai visitor.

BACA : CARA MEMPERCEPAT LOADING BLOG

Banyak blogger yang melakukan aktivitas tidak valid untuk mendapatkan trafik tinggi seperti menyebarkan link secara bertubi-tubi di berbagai grup jejaring sosial sehingga bukannya berdampak bagus malah bisa mengancam keberlangsungan blog dalam jangka panjang.

Kesimpulan

Dalam kehidupan sehari-hari kita butuh cermin untuk berkaca, begitu juga dalam seni blogging kita butuh teman untuk membantu melihat kesalahan kita.

Berharaplah untuk mendapat kritikan dari orang lain tentang bagaimana blog kita, jangan berharap dipuji oleh mereka karena bisa membuatmu terjatuh.

Maksimalkan kemampuan meminimalisir kesalahan ngeblog supaya memiliki citra yang baik di mata pengunjung atau blogger lain.

Jangan menganggap sepele permasalahan kecil karena bisa saja berdampak besar terhadap visibility blog .

Lakukan cross check untuk menyisir kesalahan sebelum konten dipublikasikan, pastikan seluruh format penulisan menggunakan EYD yang benar.

Backlink harus relevan dengan topik artikel, jika tidak maka akan menjadi tidak efektif bagi blog karena menurunkan peringkat di mesin pencari.

semoga bermanfaat
salam sukses

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Goolge



2 Comments

2 Comments

  1. Ivan

    April 14, 2017 at 2:57 am

    Setuju banget sama poin poin yang dijabarkan di Posting kang Usman ini. Untuk poin nomor satu memang tidak lepas dari ketelitian kita.

    Masalahnya…

    Sering menerima pesan wa kan.. ynag megnatakan bhawa oatk mansuia bsia tetap mebmaca kata kata ini walaupun susunan hurufnya kacau.

    Itu karena otak itu sudah bisa menebak kata hanya dengan melihat huruf pertama dan terakhirnya. Sehingga kita juga bisa luput ketika melakukan proofreading.

    Solusinya, baca terbalik dari belakang. Dari kata terakhir sampai kata pertama. Dengan cara itu lebih mudah untuk menemukan kesalahan penulisan.

    Terima kasih kang Usman.

  2. Usman West Java

    April 14, 2017 at 3:07 am

    semoga saja mas ivan bisa menjadi penulis blog yang semakin teliti, sehingga karyanya bisa dinikmati orang banyak. Intinya jangan biarkan ada kesalahan sedikitpun dalam sebuah kreativitas yang kita buat supaya hasilnya maksimal. terima kasih mas ivan sudah sering berkunjung .

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 54 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top