ADSENSE

MINIMALNYA BEGINI KRITERIA KONTEN UNTUK GOOGLE ADSENSE [LEVEL NEWBIE]

Konten Untuk Google AdSense.jpg

Kursuskomputergratis.com – Membuat konten untuk Google AdSense haruslah komprehensip agar mendapatkan hasil yang bernilai ekonomi tinggi. Saat ini tidak sedikit publisher Google AdSense yang mandul sehingga ekspektasinya tidak sesuai dengan kenyataan lalu ending-nya miris yaitu akunnya diparkirkan begitu saja atau hingga dijual ke tetangga sebelah.

Teruntuk sobat yang sudah melewati challenge skill Google AdSense sehingga berhasil menjadi publishernya dalam tanda kutip baru memiliki akun, maka jangan memikirkan “akan mendapat sebuah keuntungan yang sangat besar dengan cepat”. Common guys, jangan terlalu dini berambisi seperti itu karena sobat bisa terjebak dengan keadaan yang sebaliknya.

Baca : Cara Dapat Gaji Dari Google Adsense Walau Tidak Punya Akun Adsense

Mungkin ratusan atau bahkan ribuan pembaca website tomboy ini heran dan bertanya-tanya Mengapa Penulisnya Begitu Bersemangat Membahas Google AdSense ? jawabannya cukup sederhana : “karena merasa nyaman ketika membuat ulasan tentang Google AdSense”. Inilah yang disebut menulis karena “passion” sehingga gagasan selalu mengalir tanpa henti.

Bagaimana Cara Memilih Konten Untuk Google AdSense ?

Usahakan setelah dinobatkan Google menjadi publishernya untuk selalu memproduksi konten yang sesuai dengan keinginan Google AdSense yaitu KONTEN UNIK (UNIQUE CONTENT) dan tentunya harus sesuai dengan Google Guidelines. Penulis tekankan agar sobat menjadi seorang yang intuitif sehingga bisa berimprovisasi dengan cepat untuk menghasilkan great content for Google AdSense.

Beruntung kita hidup di Indonesia karena ada banyak sumber daya alam yang bisa kita eksplorasi terutama sumber daya alam hayati untuk dapat kita jadikan konten yang menarik. Tidak sedikit blogger di Indonesia yang sukses dengan topik seputar sumber daya alam lokal, nah ini yang disebut konten unik yang memiliki magnet kuat untuk menyedot perhatian publik karena keunikan atau keindahannya.

Baca : Teknik Sedot Trafik Dengan Topik Yang Berpotensi [Saran Google]

Hal tersebut di atas merupakan sebagian kecil dari topik menarik, sebenarnya ada banyak topik yang bisa diangkat ke permukaan seperti informasi teknologi terkini, berbagai macam tips memasak, informasi karir, berita harian dan masih banyak lagi. Bagi sobat yang masih pemula silahkan sambungkan hobi sobat dengan topik-topik tadi.

Apa Saja Yang Harus Ada Dalam Konten Untuk Google AdSense ?

Sebuah konten untuk Google AdSense akan menarik perhatian publik jika memiliki formula yang pas, inilah yang jarang orang bisa lakukan. Tidak sedikit pemula yang kurang improvisasi ketika membuat sebuah konsep konten, sebagai buktinya ia memilih update konten serampangan daripada membuat konten yang terkonsep dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa komponen standar yang harus ada dalam sebuah konten untuk Google AdSense agar dapat terkonsep dengan baik sehingga tujuan mendapatkan konten yang bervisibilitas tinggi bisa tercapai :

Visualisasi Unik

Ini adalah berbicara soal konsep keterlihatan konten dan tentu ada kaitannya dengan human insting sang content creator, apabila ia mampu membuat konten menjadi terlihat menarik maka dipastikan ia akan berhasil karena biasanya pandangan pembaca pertama kali fokus di visualisasi seperti judul atau gambar.

visualisasi konten untuk adsense.jpg

Tentunya hal tersebut di atas menjadi bahan pertimbangan dalam memilih gambar apa yang bisa mencuri perhatian pembaca saat konten berada di hadapan mereka sehingga surfing-nya berhenti di landing page situs kita karena ada sesuatu yang membuat ia merasa ingin tahu lebih detail.
Saran penulis, gunakan gambar yang nyentrik tapi tidak berlebihan mungkin cara ini akan lebih baik daripada pakai gambar yang biasa-biasa saja tanpa dimodifikasi.

Deskripsi Menarik

Ketika pengguna landing di halaman konten karena visualisasinya yang unik maka selanjutnya sambut dengan deskripsi yang menarik. Jangan kecewakan mereka dengan ulasan yang abal-abal sehingga mereka segera meninggalkan situs dengan rasa kapok, wah jelas ini sangat merugikan jika jumlahnya banyak karena bisa terjadi pembengkakan bounce rate sehingga menurunkan reputasi situs di SERP.

deskripsi konten untuk AdSense.jpg

Deskripsi yang menarik bisa diawali dengan sebuah lelucon, money phrase, kata-kata indah yang enak dibaca dan masih banyak lagi. Selanjutnya tuliskan maksud yang ingin disampaikan dengan teliti dan bijak sehingga tidak berlebihan dan ada manfaat yang bisa diambil oleh pembaca.

High Paying Keyword

Poin ini seringkali terlupakan karena untuk mengkalibrasinya cukup membutuhkan ketelatenan sehingga tidak kebagian random iklan yang memiliki CPC tinggi. Percayalah ini bukan mitos, jika penempatannya tepat maka akan memudahkan bot Google untuk menampilkan iklan yang relevan sesuai dengan penargetan High Paying Keyword.

HPK untuk konten yang terkait adsense.jpg

Penulis tidak akan membahas secara definitif tentang apa itu High Paying Keyword (HPK) karena sudah banyak tutorial untuk mencari HPK ini, jadi silahkan surfing saja di Google, namun penulis menyarankan untuk membuat daftar HPK ke dalam konsep yang akan dibuat supaya konten benar-benar tertarget dengan baik.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan HPK jangan lupa untuk melihat kompetitornya, pastikan visibilitas website kompetitor HPK tidak jauh lebih hebat dari website kita atau minimalnya seimbang supaya bisa tampil di halaman pertama pencarian (Search Engine Result Page).

Problem solving

Solusi merupakan salah satu pencarian dengan angka terbesar setiap harinya karena banyak orang melakukan surfing untuk mendapatkan solusi dari permasalahan yang ia hadapi. Karena Google sudah dikenal banyak orang, jadi pencarian solusi semakin beragam dari anak kecil hingga dewasa dan inilah peluang terbesar untuk para blogger.

Problem Solving.jpg

Perbanyaklah ulasan yang membahas pemecahan masalah (problem solving) supaya memiliki potensi yang besar untuk jangka panjang. Tapi ingat jangan sampai melupakan HPK supaya iklan yang tampil tidak lost target.

baca : cara optimasi artikel seo agar sukses di halaman pertama google

Personal Branding

Selain kualitas konten, masih ada yang wajib difikirkan yaitu personal branding karena akan sangat mempengaruhi lingkungan sehingga menjadi lebih mudah menyita perhatian banyak orang jika ia sudah memiliki citra yang sangat baik.

Personal Branding.jpg

Logikanya, konten yang dibuat oleh seorang artis terkenal jika dibandingkan dengan konten yang dibuat oleh orang biasa itu sangat jauh berbeda, mungkin orang akan lebih cepat melirik konten yang dibuat oleh sang artis karena ia memiliki aura yang lebih kuat.

Jangan sesekali membuat pengguna kecewa terhadap sobat terutama dengan konten yang dibuat sehingga tidak kehilangan reputasi, selain itu apabila kontennya sangat relevan dan bermanfaat maka mereka akan dengan sendirinya mempromosikan konten sobat ke komunitasnya.

Mungkin ini poin terakhir yang harus sobat miliki supaya pemasaran konten bisa mendapatkan target yang maksimal.

Kesimpulan

Konten untuk Google AdSense harus dikonsep dengan sebaik-baiknya agar target bisa tercapai sehingga penerima manfaatnya akan lebih banyak.

Apabila visibilitas situs masih rendah maka usahakan membuat konten yang sangat informatif agar lebih cepat dikenal oleh pengguna.

Hindari budaya 100 persen copy paste supaya sobat tidak kehilangan reputasi di hadapan pengguna.

Selalu hubungkan HPK dengan topik yang akan dibahas, agar penargetan iklan yang relevan bisa tercapai.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 55 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top