APLIKASI

CARA MENCETAK KARTU BPJSTK MENGGUNAKAN APLIKASI BPJSTKU

Creative By Kurkom

Kursuskomputergratis.com – Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan kini semakin prima dalam memanjakan pesertanya yaitu dengan menambahkan fitur untuk mencetak kartu BPJSTK (BPJS Ketenagakerjaan) pada aplikasi BPJSTKU sebagai aplikasi pintar andalan mereka yang sudah bisa digunakan di smartphone dengan ukuran file hanya sekitar 21 MB sehingga tidak terlalu memakan space memory.

Dengan aplikasi BPJSTKU masyarakat sepertinya tidak perlu lagi mengurus surat kehilangan ke kantor polisi jika kartu mereka hilang atau rusak karena cukup buka aplikasi BPJSTKU di smartphone lalu kartu bisa langsung dicetak saat itu juga karena bentuk kartu asli sudah tersedia di aplikasi tersebut.

Bagi peserta yang belum menggunakan aplikasi BPJSTKU silahkan segera unduh aplikasi tersebut di Google Play Store. Waspada jangan sampai salah unduh karena terdapat aplikasi yang serupa sehingga bisa membingungkan peserta.

Baca : Panduan Lengkap Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan [BPJSTK Mobile]

Berikut penulis tampilkan logo aplikasi BPJSTKU asli yang dapat diunduh di Playstore, ingat hanya aplikasi dengan logo seperti berikut inilah yang asli. Mohon diperhatikan !

Aplikasi BPJSTKU yang asli.png

Gambar 1. Thumbnail Aplikasi BPJSTKU yang asli pada Google Playstore

Tampilan aplikasi BPJSTKU yang asli sesuai dengan gambar 1, silahkan langsung saja unduh dan pasang di smartphone kalian.

Berdasarkan informasi yang penulis dapatkan via wawancara exclusive dengan staff BPJS Ketenagakerjaan, peserta dapat mengunduh kartu BPJSTK di aplikasi BPJSTKU apabila kartu aslinya hilang atau rusak. Jika tombol download kartu tidak dapat diakses maka silahkan di screenshoot saja lalu print.

Kartu BPJSTK yang ada di aplikasi BPJSTKU hanya bagian depannya saja, tetapi walau pun demikian kartu tersebut bisa menjadi kartu pengganti yang sah. Nah, sayang banget kan bila sampai saat ini belum memasang aplikasi BPJSTKU di smartphone kesayangan kalian, jadi buruan download aplikasinya ya…

Baca : Begini Cara Menambahkan Kartu Jht Di Aplikasi BPJSTKU [Tambah KPJ]

Langkah-Langkah Mencetak Kartu BPJSTKU Via Aplikasi BPJSTKU Mobile

Navigasi pada aplikasi BPJSTKU sangat mudah difahami bahkan kalangan awam sekalipun karena desainnya yang sederhana dan semua navigasi terlihat di front panel sehingga pengguna bisa langsung melihatnya ketika landing di home page aplikasi.

Pertama

Silahkan login dengan menggunakan akun yang sudah teregistrasi sebelumnya, untuk login bisa menggunakan email atau nomor
kepesertaan yang sudah terdaftar.

Home Page Aplikasi BPJSTKU.png

Gambar 2. Home page aplikasi BPJSTKU

Pilih menu Profile diujung paling kanan layar seperti yang ditunjukan oleh nomor 1 untuk menuju ke navigasi informasi kartu BPJS Ketenagakerjaan .

Kedua

Pada langkah ini sistem akan menampilkan halaman informasi tentang biodata pribadi peserta yang sifatnya rahasia, jadi usahakan tidak terlihat oleh orang lain saat kalian membuka navigasi ini. Ada 3 navigasi yang ditampilkan oleh sistem yaitu PROFIL, PENGATURAN dan KARTU.

halaman profile BPJSTKU.png

Gambar 3. Halaman Profil peserta pada aplikasi BPJSTKU

Pilih KARTU yang ditunjukan oleh nomor (2) untuk menuju ke fitur penampil kartu BPJS Ketenagakerjaan.

Ketiga

Pada halaman ini sistem akan menampilkan navigasi yang langsung mengarah kepada bentuk fisik kartu BPJS Ketenagakerjaan yang valid.

Navigasi untuk melihat kartu BPJSTK.png

Gambar 4. Navigasi lihat kartu pada aplikasi BPJSTKU

Pilih LIHAT seperti yang ditunjukan oleh nomor (3) untuk mendapati kartu BPJS Ketenagakerjaan yang kalian miliki, sistem nantinya akan menampilkan kartu BPJS Ketenagakerjaan yang dapat dicetak untuk menggantikan kartu yang hilang atau pun rusak.

Keempat

Ini adalah halaman terakhir yang menampilkan bentuk fisik kartu BPJS Ketenagakerjaan yang masih aktif, pada halaman ini peserta dapat mengunduh kartu tersebut .

penampil kartu BPJSTK Mobile.png

Gambar 5. Halaman penampil kartu BPJS Ketenagakerjaan

Ada tiga navigasi yang ditampilkan pada halaman ini yaitu unduh kartu yang ditunjukan oleh nomor (4) apabila kalian ingin mendapatkan soft copy kartu. Sistem secara otomatis akan mengunduh dan menyimpannya dalam storage smartphone.

Apabila ingin mengirimkan kartu peserta tersebut via email maka silahkan pilih navigasi Kirim via email yang ditunjukan oleh nomor (5) maka sistem akan mengirimkan kartu peserta aktif ke email yang ditunjuk oleh peserta tersebut.

Selanjutnya navigasi yang ditunjukan oleh nomor (6) merupakan fitur untuk melihat (preview) kartu BPJS Ketenagakerjaan yang masih aktif. Disini juga memungkinkan peserta untuk membuat screenshoot kartu tersebut selain dengan mengunduhnya.

Kesimpulan

Untuk dapat mencetak kartu BPJSTK (BPJS Ketenagakerjaan) yang terdapat dalam aplikasi BPJSTKU maka peserta harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Apabila pengunduhan gagal maka peserta dapat menggunakan navigasi preview kartu kemudian screenshoot saja dan cetak kartunya sesuai ukuran yang sebenarnya.

Walaupun fitur cetak kartu peserta sudah tersedia pada aplikasi BPJSTKU namun peserta tetap masih bisa mencetak kartu di kantor BPJS Ketenagakerjaan tentunya dengan blanko asli yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Kartu dengan menggunakan blanko asli atau pun kertas biasa tidak ada perbedaan status karena semuanya bisa digunakan sebagai kartu peserta yang sah.

Sampai dengan bulan September 2018 ini, aplikasi BPJSTKU baru tersedia di Google Play Store sedangkan di App Store belum tersedia sehingga pengguna IOS belum dapat menikmati aplikasi BPJSTKU ini.

Untuk badan usaha apabila ingin mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan karywannya maka bisa mengunakan fitur cetak kartu yang terdapat pada aplikasi SIPP, namun apabila ingin mencetak kartu dengan blako kartu yang asli silahkan isi formulir permohonan kartu yang disediakan oleh R.O. nya masing-masing.

25 Comments

25 Comments

  1. Ihya

    November 15, 2018 at 5:36 am

    Bagian belakangnya ga ditampilin ya di app nya.. Masa nyetak depannya doang kan aneh. Mohon infonya.

    • Usman West Java

      November 15, 2018 at 5:41 am

      tidak masalah, yang penting kartu tersebut valid dan diakui pihak BPJSTK…:)

  2. ruliyana

    December 13, 2018 at 3:34 am

    apa bisa buat di jadikan syarat klaim pencairan JHT?

    • Usman West Java

      December 14, 2018 at 9:13 pm

      bisa, sesuai dengan peraturan BPJS Ketenagakerjaan No.1 Tahun 2018 di pasal 2 tentang kartu fisik dan digital, maka dengan kartu BPJS Ketenagakerjaan digital yang ada pada aplikasi BPJSTKU bisa menjadi kartu pengganti yang sah dengan syarat sesuai ketentuan yang berlaku. Silahkan install saja aplikasi BPJSTKU-nya.

  3. ifah

    December 17, 2018 at 10:01 am

    Itu kalo sudah di download yang nomer 4 kan kesimpen ke driver yak lah nyetaknya dimana bang

    • Usman West Java

      December 17, 2018 at 10:46 pm

      halo ifah, untuk mencetak kartu tersebut silahkan buka folder downloadmu di komputer lalu print/cetak.

  4. Siska

    January 26, 2019 at 1:22 am

    Saya baru download aplikasi nya. Tapi gak yg warna biru. Versi terbaru kah itu? Terus saya mau cetak kartu ikuti prosedur yg mas bilang, profile-kartu (tombol kartu nya ga ada)
    Mohon info nya karna saya perlu sekali 🙏

    • Usman West Java

      January 27, 2019 at 1:01 am

      iya, betul sekali untuk aplikasi BPJSTKU sekaraang sudah update, insya allah nanti kami siapkan artikel terbarunya. :)..untuk fitur cetak kartu silahkan cari navigasi LIHAT KARTU lalu kalau sudah muncul kan ada pilihan kirim ke-email, nah klik aja tombolnya nanti kartu akan terkirim ke e-mail yang sesuai dengan aplikasi BPJSTKU.

  5. Rony

    April 25, 2019 at 2:47 pm

    Bagai mna klau no hp kita blum terdaftar pak

    • Usman West Java

      April 28, 2019 at 11:51 am

      bisa, buat akun BPJSTKU via website BPJSTK…nanti kalau sudah terdaftar silahkan masukkan nomor kpj anda

    • Usman West Java

      April 28, 2019 at 11:59 am

      wajib didaftarkan

  6. Susan Queen

    May 16, 2019 at 8:01 pm

    Kak.. saya mau tanya.. saya bru dpt surat brhti krja.. hr ini rencana bsk saya mau cairin. Tp kawan saya blg. Skrng surat brhti krj gak brlaku lg. Hrs kirim lqt email
    Ap bnr bg ??? Mksi
    Di tunggu jwbN ya bg.

    • Usman West Java

      May 17, 2019 at 9:24 am

      kalau mau claim sekarang harus daftar online via web atau aplikasi BPJSTKU. Jadi memungkinkan semua berkas dikirim via e-mail. Siapkan saja surat pengalaman kerjanya yg asli.

  7. Agus suryana

    May 29, 2019 at 5:51 am

    Berarti klo krtu kita hilang. Bsa pke yg d aplikasi trus dprint ya bang. Mslahnya krtu sya hlg. Dan sya udh berhenti krja

    • Usman West Java

      May 29, 2019 at 8:05 am

      Betul sekali…kartu digital yang ada di aplikasi bisa diprint dan bisa digunakan sebagai pengganti kartu yang sah sesuai dengan peraturan BPJS Ketenagakerjaan.

  8. Lamtio

    June 14, 2019 at 10:17 pm

    Bang, ngeprint kartunya hrs di kantor bpjs ya?

    • Usman West Java

      June 15, 2019 at 7:07 am

      di mana saja juga bisa karena bisa menggunakan kertas printer biasa. Download kartunya di aplikasi BPJSTKU .

  9. Aldi

    June 17, 2019 at 6:41 pm

    Ass.bang kirimn dong blkng Krtu bpjs ketenagakerjaan. Mksh

    • Usman West Java

      June 18, 2019 at 11:07 am

      wslm..silahkan di download, filenya sudah tersedia di folder tersebut.

  10. KADI

    June 20, 2019 at 7:02 pm

    Dari perusahaan tempat kerja saya tidak membantu dalam penyediaan bentuk fisik kartu BPJS ketenagakerjaan dalam artian suruh cetak sendiri…
    Saya mau tanya kalau cetak sendiri kekantor bpjs ketenaga kerjaan syaratnya apa aja ?
    Trimakasih

    • Usman West Java

      June 21, 2019 at 7:24 am

      Bila anda sebagai peserta aktif silahkan datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan dan langsung saja minta dicetak kartunya. Alternative yang lain anda bisa mencetak kartu BPJS Ketenagakerjaan via aplikasi, silahkan saja di download kartunya lalu buka di e-mail anda dan cetak dari sana, mencetaknya bisa di warnet atau pinjam printer teman karena bisa menggunakan kertas biasa tidak harus dengan blanko kartu asli.

  11. May

    July 5, 2019 at 8:13 pm

    Kak mau tanya..krtu saya kan hilang.kalau mau nyairin dananya pake kartu bpjs ngeprint sendiri bsa ndak??pke kertas biasa n cuma tampilan depannya saja??

    • Usman West Java

      July 6, 2019 at 6:49 am

      Hallo may, sangat bisa. Sesuai pada ulasan ini bahwa kartu digital sudah sesuai peraturan perundangan dan artinya bisa dicetak sesuai dengan data pada aplikasi, bisa menggunakan kertas A4 dan bisa digunakan untuk claim karena itu kartu asli.

  12. Lia

    July 10, 2019 at 2:41 pm

    Kak kalau kita hilang kartu dan lupa no kartunya ttp bs pakai aplikasi di atas?

    • Usman West Java

      July 10, 2019 at 3:36 pm

      Kalau hilang kartu silahkan minta nomornya via operator di saluran tlp 1500910 (telepon berbayay) kemudian setelah itu baru instal aplikasi BPJSTKU dan cetak kartu yang ada di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top