BLOGGING

MANFAAT KEYWORD DENSITY DALAM KONTES SEO DI SERP

Manfaat Keyword Density Dalam Kontes SEO Di SERP – Selamat berjumpa lagi sobat, semoga selalu diberi kemudahan dalam menjalankan aktifitasnya. Pada pertemuan kali ini penulis akan memberikan ulasan tentang pentingnya keyword density dalam sebuah artikel blog yang dapat membawa manfaat dan berpengaruh yang besar terhadap keberhasilan kontes SEO (Search Engine Optimization) di SERP (Search Engine Result Page). SEO adalah teknik untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman website agar mendapatkan peringkat yang lebih baik di SERP. SERP adalah index hasil pencarian yang ditampilkan oleh mesin pencari (search engine) berdasarkan kata kunci tertentu. Penulis blog yang masih pemula wajib memahami pengetahuan tentang manfaat keyword density supaya dapat menggunakannya secara optimal.

Secara teoritis keyword density adalah kepadatan kata kunci dalam sebuah artikel blog berbanding dengan jumlah seluruh kata dalam artikel tersebut dengan satuan persen (%). Salah satu manfaat keyword density adalah agar artikel dapat dikenali oleh mesin pencari (search engine). Keyword density terdiri dari sekumpulan kata kunci yang sama dalam sebuah artikel blog, sedangkan yang dimaksud kata kunci itu sendiri adalah kata yang digunakan untuk mewakili sebuah artikel atau konten. Sebagai contoh jika kita mengetik kata “bisnis” di Google maka index hasil pencariannya akan menampilkan semua artikel yang memiliki kata kunci “bisnis”. Artikel yang memiliki nilai keyword density yang ideal akan ditampilkan di halaman pertama index mesin pencari (search engine). Kata kunci yang dibidik harus digunakan secara berulang-ulang dan teratur pada bagian tertentu agar artikel semakin mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Perlunya pengetahuan tentang manfaat keyword density ini sangat penting bagi seorang penulis blog karena akan sangat berpengaruh dalam hal optimasi SEO dan juga berpengaruh terhadap index Google di mesin pencari (search engine) sehingga tidak menutup kemungkinan lalu lintas pengunjung semakin ramai karena konten yang memiliki nilai SEO tinggi akan sangat mudah ditemukan oleh pengguna. Menurut para praktisi SEO yang sudah berpengalaman jumlah keyword density dalam sebuah artikel blog adalah sekitar 1% sampai 3% jika menggunakan kata kunci yang tingkat kompetitornya menengah ke bawah, namun untuk kata kunci yang tingkat kompetitornya tinggi disarankan harus mencapai 5% jangan sampai lebih dari itu karena berdampak buruk terhadap index Google di mesin pencari.

Penempatan kata kunci yang benar dapat mempengaruhi nilai SEO sehingga menjadi faktor keberhasilan kompetisi blog di SERP, semakin tinggi nilai SEO-nya maka semakin bagus peringkatnya pada index hasil pencarian. Sebaliknya penempatan kata kunci yang salah dan berlebihan dapat menyebabkan blog tidak terindex di mesin pencari karena tidak menutup kemungkinan blog akan dianggap mengandung spam, itulah pentingnya mengetahui manfaat keyword density karena sangat menentukan prestasi blog di mesin pencari. Penempatan kata kunci yang paling disarankan adalah di bagian judul artikel dan paragraf pertama karena mesin pencari mengawali perayapannya dari bagian ini, jadi silahkan manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Khusus untuk pengulangan kata kunci di bagian judul maksimal dua kali, sedangkan untuk di bagian paragraf bisa lebih dari dua kali silahkan sesuaikan tetapi jangan terlalu berlebihan.

Untuk dapat merasakan manfaat keyword density maka harus tahu cara menghitungnya baik secara manual ataupun dengan menggunakan tool penghitung keyword density. Rumus sederhana untuk dapat mengetahui persentase keyword density dalam sebuah artikel adalah jumlah pengulangan kata kunci dibagi dengan jumlah kata dikali 100 persen ((jumlah pengulangan kata kunci/jumlah kata) x 100%). Misalkan dalam sebuah artikel yang terdiri dari 500 kata terdapat pengulangan kata kunci sebanyak 15 kali, maka keyword density-nya adalah ((15/500)x100%) hasilnya 3%. Dalam sebuah artikel usahakan memiliki lebih dari satu kata kunci tetapi masih satu topik.

Biasakan menghitung keyword density sebelum artikel di-publish, penulis memiliki trik khusus untuk dapat mengetahui berapa kali pengulangan kata kunci dalam sebuah artikel, sehingga untuk dapat mengetahui jumlah keyword density tidak membutuhkan waktu yang lama. Trik ini sangat sederhana dan bisa dilakukan pada saat menulis offline di Microsoft Word sebelum artikel dipindahkan ke Blog apabila dirasa jumlahnya kurang ideal maka bisa langsung diperbaiki. Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

  1. Tekan Ctrl+F pada keyboard
  2. Ketik kata kunci pada kolom Navigation kemudian tekan Enter, hasilnya dapat dilihat pada gambar berikut ini :

mencari keyword density

Terlihat kata kunci yang dibidik pada gambar di atas yaitu “keyword density” yang ditandai dengan lingkaran warna merah, untuk jumlah pengulangan kata kunci ditandai dengan panah merah no.1, sedangkan yang ditandai dengan panah merah no.2 adalah jumlah seluruh kata dalam artikel. Dengan demikian jumlah keyword density dapat diketahui yaitu : (13/599)x100% = 2.17%.

Perlu diperhatikan bahwa tidak selamanya alogaritma Google menggunakan sistem yang sama, sepanjang waktu Google terus melakukan perubahan, maka kita harus selalu update informasi untuk penyesuaian jumlah ideal keyword density yang tepat supaya bisa menembus persaingan di SERP yang begitu ketat dan sukses dalam kegiatan promosi blog. Perbanyak komunikasi dengan Blogger yang lain agar tidak ketinggalan informasi terkait hal ini. Dari ulasan ini dapat ditarik kesimpulan bahwa manfaat keyword density sangat berpengaruh terhadap prestasi blog di SERP apabila mengetahui jumlah idealnya atau setidaknya tidak melebihi batas maksimal yang disarankan.

18 Comments

18 Comments

  1. Rough Chaser

    Oktober 16, 2016 at 12:20 am

    makasih info nya :g keyword dalam sebuah artikel memang perlu diperhitungkan

  2. Usman West Java

    Oktober 16, 2016 at 12:21 am

    sama-sama gan, bener banget agar konten dikenali mesin pencari ..

  3. Muhammad harish Abdurrahim

    Oktober 16, 2016 at 12:38 am

    penjelasannya lengkap banget, dulu ane juga pernah ikut kontes seo tapi gagal terus, ternyata ini toh triknya.. artikel yang bagus 🙂

  4. Usman West Java

    Oktober 16, 2016 at 12:40 am

    iya gan, keyword density merupakan faktor penting optimasi SEO, selalu perhatikan jumlah idealnya… 🙂

  5. Ridho Fikri

    Oktober 18, 2016 at 3:31 pm

    oh ini juga bisa buat promosi blog ya gan. thx info nya

  6. Usman West Java

    Oktober 18, 2016 at 3:35 pm

    yup, ideal keyword density sangat bermanfaat untuk keberhasilan kompetisi di SERP

  7. Tasim Pwd

    Oktober 18, 2016 at 3:36 pm

    Sebekumnya saya Ucapkan Terima Kasih atas Kunjungan nya Tadi 🙂

    Untuk Artikel ini Bagus juga nih buat nambah wawasan Blogger buat ane yang masih Newbie 😀

  8. Usman West Java

    Oktober 18, 2016 at 3:40 pm

    sama-sama gan, selalu update informasi aja gan tentang alogaritma google biar konten kita mampu berburu posisi di SERP.. smangattt

  9. Irwin Andriyanto

    Oktober 23, 2016 at 2:58 am

    Cocok nih untuk yang suka ikut kontes SEO …

  10. Usman West Java

    November 7, 2016 at 10:15 pm

    Happy Blogging Gan…. 😀

  11. Bos Informasi

    November 19, 2016 at 3:16 am

    Secara teoritis saya sendiri masih bingung bagaimana Google bisa menilai kerapatan kata kunci yang dipakai. Tidak ada yang tahu bagaimana sistem Google bekerja. Tetapi dengan rumus yang ada kira-kira itu dapat digali bahwa kepadatan kata kunci tidak boleh lebih dari 10% atau bahkan seluruh Artikel hanya kata kunci

  12. Usman West Java

    November 19, 2016 at 3:24 am

    hingga saat ini ideal keyword density dalam sebuah artikel masih jadi perdebatan yang tak berujung. para praktisi SEO memiliki rumus masing-masing untuk menentukan berapa kisaran yang pas. Mengenai alogaritma google setiap waktu terus melakukan perubahan. Saya pernah belajar dari seorang blogger yang sudah sukses mewujudkan impiannya menjadi Publisher GA dengan penghasilan yang funtastic dan dia menyebutkan kalau keyword density yang ia gunakan tidak lebih dari 5% untuk konten yang tingkat kompetitornya tinggi seperti yang saya bahas di topik ini.

    Sebenarnya sangat simple, ada dua hal yang saya pertimbangkan sebelum pada akhirnya mempublish konten yaitu keyword density dan dampak lingkungan dari konten tersebut.

  13. Kadek Ariasa

    Januari 14, 2017 at 2:15 pm

    Sangat membantu , tapi saya masih bingung apakah dengan memperbanyak keyword desity kita bisa dapat 10 besar di pencarian google untuk keyword yang diincar ?
    Terima kasih infonya mas

    • Usman West Java

      Januari 14, 2017 at 3:32 pm

      asal formulanya benar pasti bisa bli, jangan kebanyakan nanti malah jadi keyword stuffing dan dianggap spam

  14. Budi

    Januari 23, 2017 at 6:24 am

    Memperhatikan Keyword density dalam menulis memang penting, tapi sepertinya untuk saat ini tidak begitu berpengaruh terhadap posisi blog di SERP.

    Untuk membuktikannya saya pernah cek salah satu web yang jadi pesaing berat keyword yang saya bidik, web tersebut memiliki keyword density 11%. Setelah kata kuncinya saya bolak balik tetap saja blog tersebut bertenger di nomor satu, sedangkan blog saya yang memiliki keyword density standar kurang dari 4% naik turun.

    • Usman West Java

      Januari 23, 2017 at 11:44 pm

      untuk dapat bersaing dengan kompetitor itu backlink sangat berpengaruh mas, mungkin saingan mas itu visibility-nya lebih bagus di mata search engine termasuk backlink. ada banyak faktor penentu supaya konten nangkring di pageone tidak terkecuali penerapan kata kunci walaupun pengaruhnya tidak lebih besar karena perubahan alogaritma search engine tetapi hal ini harus dilakukan untuk memudahkan googlebot merayapi konten kita. saran, agar konten mas bisa pageone optimasi seo-nya dengan melakukan link building. seperti guest blogging di blog yang bereputasi dan menanamkan backlink di sana, dijamin mas ada pengaruh yang cukup signifikan untuk bersaing dengan blog kompetitor kata kunci yang mas bidik.

  15. dakwahsyariah

    Mei 24, 2017 at 3:24 pm

    mas, ijin share ya. makasih, cukup membantu saya dalam menentukan keyword

Tinggalkan Balasan

To Top