BLOGGING

MANFAAT KEYWORD DENSITY DALAM KONTES SEO DI SERP

Manfaat Keyword Density Dalam Kontes SEO Di SERP – Selamat berjumpa lagi sobat, semoga selalu diberi kemudahan dalam menjalankan aktifitasnya. Pada pertemuan kali ini penulis akan memberikan ulasan tentang pentingnya keyword density dalam sebuah artikel blog yang dapat membawa manfaat dan berpengaruh yang besar terhadap keberhasilan kontes SEO (Search Engine Optimization) di SERP (Search Engine Result Page). SEO adalah teknik untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman website agar mendapatkan peringkat yang lebih baik di SERP. SERP adalah index hasil pencarian yang ditampilkan oleh mesin pencari (search engine) berdasarkan kata kunci tertentu. Penulis blog yang masih pemula wajib memahami pengetahuan tentang manfaat keyword density supaya dapat menggunakannya secara optimal.

Secara teoritis keyword density adalah kepadatan kata kunci dalam sebuah artikel blog berbanding dengan jumlah seluruh kata dalam artikel tersebut dengan satuan persen (%). Salah satu manfaat keyword density adalah agar artikel dapat dikenali oleh mesin pencari (search engine). Keyword density terdiri dari sekumpulan kata kunci yang sama dalam sebuah artikel blog, sedangkan yang dimaksud kata kunci itu sendiri adalah kata yang digunakan untuk mewakili sebuah artikel atau konten. Sebagai contoh jika kita mengetik kata “bisnis” di Google maka index hasil pencariannya akan menampilkan semua artikel yang memiliki kata kunci “bisnis”. Artikel yang memiliki nilai keyword density yang ideal akan ditampilkan di halaman pertama index mesin pencari (search engine). Kata kunci yang dibidik harus digunakan secara berulang-ulang dan teratur pada bagian tertentu agar artikel semakin mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Perlunya pengetahuan tentang manfaat keyword density ini sangat penting bagi seorang penulis blog karena akan sangat berpengaruh dalam hal optimasi SEO dan juga berpengaruh terhadap index Google di mesin pencari (search engine) sehingga tidak menutup kemungkinan lalu lintas pengunjung semakin ramai karena konten yang memiliki nilai SEO tinggi akan sangat mudah ditemukan oleh pengguna. Menurut para praktisi SEO yang sudah berpengalaman jumlah keyword density dalam sebuah artikel blog adalah sekitar 1% sampai 3% jika menggunakan kata kunci yang tingkat kompetitornya menengah ke bawah, namun untuk kata kunci yang tingkat kompetitornya tinggi disarankan harus mencapai 5% jangan sampai lebih dari itu karena berdampak buruk terhadap index Google di mesin pencari.

Penempatan kata kunci yang benar dapat mempengaruhi nilai SEO sehingga menjadi faktor keberhasilan kompetisi blog di SERP, semakin tinggi nilai SEO-nya maka semakin bagus peringkatnya pada index hasil pencarian. Sebaliknya penempatan kata kunci yang salah dan berlebihan dapat menyebabkan blog tidak terindex di mesin pencari karena tidak menutup kemungkinan blog akan dianggap mengandung spam, itulah pentingnya mengetahui manfaat keyword density karena sangat menentukan prestasi blog di mesin pencari. Penempatan kata kunci yang paling disarankan adalah di bagian judul artikel dan paragraf pertama karena mesin pencari mengawali perayapannya dari bagian ini, jadi silahkan manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Khusus untuk pengulangan kata kunci di bagian judul maksimal dua kali, sedangkan untuk di bagian paragraf bisa lebih dari dua kali silahkan sesuaikan tetapi jangan terlalu berlebihan.

Untuk dapat merasakan manfaat keyword density maka harus tahu cara menghitungnya baik secara manual ataupun dengan menggunakan tool penghitung keyword density. Rumus sederhana untuk dapat mengetahui persentase keyword density dalam sebuah artikel adalah jumlah pengulangan kata kunci dibagi dengan jumlah kata dikali 100 persen ((jumlah pengulangan kata kunci/jumlah kata) x 100%). Misalkan dalam sebuah artikel yang terdiri dari 500 kata terdapat pengulangan kata kunci sebanyak 15 kali, maka keyword density-nya adalah ((15/500)x100%) hasilnya 3%. Dalam sebuah artikel usahakan memiliki lebih dari satu kata kunci tetapi masih satu topik.

Biasakan menghitung keyword density sebelum artikel di-publish, penulis memiliki trik khusus untuk dapat mengetahui berapa kali pengulangan kata kunci dalam sebuah artikel, sehingga untuk dapat mengetahui jumlah keyword density tidak membutuhkan waktu yang lama. Trik ini sangat sederhana dan bisa dilakukan pada saat menulis offline di Microsoft Word sebelum artikel dipindahkan ke Blog apabila dirasa jumlahnya kurang ideal maka bisa langsung diperbaiki. Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

  1. Tekan Ctrl+F pada keyboard
  2. Ketik kata kunci pada kolom Navigation kemudian tekan Enter, hasilnya dapat dilihat pada gambar berikut ini :

mencari keyword density

Terlihat kata kunci yang dibidik pada gambar di atas yaitu “keyword density” yang ditandai dengan lingkaran warna merah, untuk jumlah pengulangan kata kunci ditandai dengan panah merah no.1, sedangkan yang ditandai dengan panah merah no.2 adalah jumlah seluruh kata dalam artikel. Dengan demikian jumlah keyword density dapat diketahui yaitu : (13/599)x100% = 2.17%.

Perlu diperhatikan bahwa tidak selamanya alogaritma Google menggunakan sistem yang sama, sepanjang waktu Google terus melakukan perubahan, maka kita harus selalu update informasi untuk penyesuaian jumlah ideal keyword density yang tepat supaya bisa menembus persaingan di SERP yang begitu ketat dan sukses dalam kegiatan promosi blog. Perbanyak komunikasi dengan Blogger yang lain agar tidak ketinggalan informasi terkait hal ini. Dari ulasan ini dapat ditarik kesimpulan bahwa manfaat keyword density sangat berpengaruh terhadap prestasi blog di SERP apabila mengetahui jumlah idealnya atau setidaknya tidak melebihi batas maksimal yang disarankan.

20 Comments

20 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top