ADSENSE

EFEKTIVITAS MANFAAT PENGUNJUNG TERHADAP BLOG DAN PENDAPATAN ADSENSE

ilustrasi manfaat komentar

Efektivitas Manfaat Pengunjung Terhadap Blog Dan Pendapatan Adsense – Seorang content creator (Blogger) sekaligus publisher Google AdSense yang baik harus bisa mengelola situsnya agar selalu steril dari pelanggaran kebijakan konten Goolge, sehingga bisa bertahan lama di bursa konten dan pastinya memperoleh benefit yang sesuai dengan harapan.

Selain mengawasi perkembangan statistic blog, perlakuan mesin telusur, progress in dan out konten, ada hal lain yang tidak kalah pentingnya yaitu mengontrol sejauh mana manfaat pengunjung terhadap blog karena mereka memiliki peranan yang sangat penting bagi pertumbuhan blog di masa yang akan datang.

Terkadang keberadaan pengunjung sering diremehkan oleh pengelola blog (blogger) karena mereka dianggap biasa-biasa saja dan tidak efektif jika dilayani, disinilah letak kesalahan fatalnya karena sikap yang seperti ini bisa menurunkan visibility blog di mesin telusur bahkan bisa kandas di tengah perjalanan.

BACA : BLOG YANG KANDAS DI TENGAH JALAN

Untuk dapat memahami sejauh mana efektivitas manfaat pengunjung terhadap blog dan penghasilan AdSense maka lakukanlah beberapa trik ini :

Menciptakan komentar relevan

Sebagian besar dari pengunjung memiliki harapan mengembangkan talenta mereka dengan membaca konten yang ada di blog sebagai referensinya, sebaiknya seorang blogger harus memiliki pola fikir seperti itu untuk dapat memperlakukan pengunjung dengan sebaik-baiknya sehingga mereka memberikan rewards sebagai feedback-nya.

Sebagai blogger yang baik, sobat harus bisa mengarahkan pengunjung diskusi di artikel terkait untuk dapat meningkatkan keterlibatan mereka di blog. Komentar terbaik mereka memungkinkan pengunjung yang lainnya untuk dapat berbagi prespektif dan berbagi pengalaman antara satu dengan lainnya sehingga tercipta suasana yang dinamis dan manfaat pengunjung akan lebih terasa.

Pengunjung sangat menyukai pemilik blog yang proaktif terhadap mereka karena dengan begitu mereka akan meyakini bahwa artikel yang dibacanya layak untuk dijadikan referensi yang notabene artikel tersebut sangat berkualitas menurut mereka sehingga komentar yang relevan akan terukir di artikel sobat.

BACA : PENGARUH RELEVANSI KOMENTAR TERHADAP SEO

Apabila blog sobat memiliki lalulintas pengunjung yang baik dan dinamis maka akan tercipta sebuah komunitas percakapan seputar artikel sobat, pengunjung akan menjadi lebih terlibat dan menilai blog sobat lebih relevan dan bermanfaat. Disinilah poin pentingnya yang dapat membuat visibility blog sobat naik sehingga mudah ditemukan pengguna di mesin telusur.

Perhatikan dampak psikologi pengunjung

Kenali pengunjung dari segala arah dengan memanfaatkan fasilitas Google Analytics atau dengan cara manual yaitu menjalin hubungan pertemanan dengan mereka sedekat mungkin sehingga terjalin komunikasi yang intent.

Disini karakter sobat akan sangat berpengaruh terhadap psikologi pengunjung karena gaya publikasi sobat akan menentukan tingkat kedinamisan dengan mereka. Jika sobat berlaga sombong atau memperlihatkan sikap lainnya yang mereka tidak suka, maka sobat akan merasakan sanksi sosialnya.

Hati-hati dengan pengunjung yang kecewa terhadap sobat karena dia bisa saja melakukan sabotase terhadap blog atau iklan AdSense sobat sehingga stabilitas keamanan bisa terganggu yang unjung-ujungnya blog bisa di banned oleh Google. Percaya atau tidak kalau hal ini sering terjadi tanpa pandang bulu.

Filter komentar pengunjung

Perlu sobat ketahui bahwa komentar yang tidak relevan dapat menurunkan brand artikel di mesin telusur, oleh karena itu sobat harus mampu meminimalisir masalah ini yaitu dengan cara memperketat pengawasan komentar dari pengunjung .

Pastikan sobat memahami resiko dari sebuah komentar sebelum mem-publish-nya dengan cara menganalisa apakah komentar tersebut mematuhi kebijakan Google AdSense sehingga iklannya bisa terus berjalan dengan baik.

Moderasi kolom komentar dan publish komentar yang relevan, jika ada yang bertanya maka segera berikan jawaban terbaik sobat. Disinilah kesempatan berharga sobat dan jangan sampai terlewatkan, karena jawaban terbaik sobat akan menjadi parameter penilaian dari mereka.

Berikan informasi singkat terkait kebijakan sobat dalam menerima komentar dari pengunjung dan cantumkan di atas kolom komentar supaya mereka dapat membacanya dengan baik. Hal ini jika dilakukan akan sangat membantu meminimalisir komentar yang tidak relevan.

Jika sobat seorang publisher Google AdSense yang smart maka harus bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua komentar di blog itu mematuhi semua kebijakan programnya. Jangan sampai ada komentar yang melanggar kebijakan Google AdSense di halaman yang dipasang iklan Google AdSense yang dapat menyebabkan sobat tidak lagi dapat menayangkan iklannya.

Perhatikan isi artikel dan kualitasnya

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa Google AdSense sangat memprioritaskan kualitas artikel, jadi harap diperhatikan sejauh mana manfaat artikel bagi pembaca. Belum tentu yang menurut sobat bermanfaat itu bisa bermanfaat juga buat mereka.

Jangan membuat artikel yang menyinggung perasaan orang lain, ras, atau golongan tertentu karena ini akan memicu terjadinya pelanggaran kebijakan konten. Hal ini banyak terjadi di beberapa blog yang kurang memperhatikan kualitas kontennya dan akhirnya menurunkan reputasi blog karena pengguna membuat pengaduan ke pihak Goolge.

BACA : KUPAS TUNTAS CARA TERBARU MEMBUAT KONTEN BERKUALITAS [UPDATE 2017]

Pastikan artikel sobat terbebas dari unsur plagiat yang dapat menyebabkan terjadinya pelanggaran hak cipta orang lain sehingga sobat akan diserang oleh pemiliknya yang sah dan berbadan hukum. Nah, kalau sudah begitu jelas blog sobat akan dilempar ke laut dan tenggelam ke dasar samudra yang dalam dan tidak akan bisa muncul lagi ke permukaan.

Kesimpulan

Penulis yakin kalau di Google itu sangat apik dalam membina lingkungannya dimana antara pengguna, pengiklan dan blogger dapat berkembang dengan cara yang sehat. Dengan adanya suasana yang dinamis maka akan terjadi kerjasama yang harmonis.

Manfaat pengunjung yang aktif akan sangat berdampak kepada peringkat blog di mesin telusur. Pengunjung yang rutin dan aktif juga akan berdampak baik kepada penghasilan AdSense sobat karena akan meningkatkan kalibrasi pembayaran.

Sebuah blog bisa merasakan manfaat pengunjung jika memiliki konten yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan banyak orang.

Waspada terhadap kualitas konten dan tetap jaga keaslian konten sobat untuk bisa tetap menayangkan iklan Google AdSense.

Jangan terlalu exsibisionis terhadap pengunjung dengan memperlihatkan hal-hal yang bersifat rahasia yang tidak pantas untuk dipublikasikan.

Kepercayaan pengguna akan berdampak baik terhadap visibilitas blog di mesin telusur menjadi semakin menjanjikan dan tentunya semakin dekat dengan pengunjung.

Sampai disini ulasan mengenai efektivitas manfaat pengunjung terhadap blog dan pendapatan AdSense ini, semoga dapat menciptakan hubungan kerjasama yang harmonis bagi semua pihak yang memanfaatkan blog sebagai media penghasil rezeki dan sumber referensi ilmu pengetahuan.

Semoga bermanfaat
Salam sukses

7 Comments

7 Comments

  1. Utomo yoga

    April 2, 2017 at 11:44 pm

    Jadi bila kita salalu mereply komenan pengunjung dengan ramah itu akan memberi keistimewaan tersendiri di mata pengunjung ya? Salah satunya betah diblog kita? Misal kita mereply dengan kata-kata kita apakah kata2 ini nantinya bisa masuk kepencarian juga mas ?😓 btw artikelnya keren

  2. Usman West Java

    April 2, 2017 at 11:52 pm

    betul mas, sebagaimana di ulasan saya ini bahwa pentingnya pembinaan karakter untuk sebuah keberhasilan. disini kita berposisi sebagai pedagang dan pengunjung adalah pembeli. jadi pembeli mana yang mau balik lagi kalau dia sudah terlanjur kecewa. seorang pro blogger harus mampu memanage blognya dengan baik dan sebaik-baiknya supaya mendapat tempat di mata pembaca setianya.

  3. M. Syahri

    April 2, 2017 at 11:52 pm

    Keaktifan pengunjung memang sangat penting dalam blogging, terlebih lagi untuk hal yang berkaitan dengan peringkat Google dan Adsense.Namun tak semua blogger memahami poin” penting untuk menjangkau semua itu (mungkin trmasuk saya). Terima kasih artikelnya. Semoga bisa membantu paea blogger

  4. Kadek Ariasa

    April 3, 2017 at 1:31 am

    Komentar yang relevan itu bisa berupa pertanyaan gak mas?
    Dan saya perhatikan banyak blogger yang minta bw dan coment di blog mereka namun setelah saya cek banyak komentar seperti nice info, makasi infonya, dll, apakah berdampak bagi blog dan visitor?

  5. bincang santri

    April 3, 2017 at 4:24 am

    Selama ini saya tidak pernah memfilter pengunjung, selama tidak nyepam dengan menautkan link atau apalah, komentar tersebut tak akan saya hapus, dan selama ada komentar yang perlu di jawab saya akan menjawabnya.

    Jadi memfilter komentar itu apakah wajib ? Lalu bagaimana dampak dari penghapusan komentar terhadap mesin telusur ?

  6. Usman West Java

    April 3, 2017 at 8:55 am

    memfilter komentar akan menghindari spam mas, kemudian menghindari komentar yang berlawanan dengan kebijakan google karena hal ini bisa memungkinkan terkena banned, makanya saya sarankan sebelum di publish wajib dicek dulu apakah komentar tersebut layak atau tidak. terlalu bahaya rasanya kalau menghapus komentar yang sudah dipublish karena nantinya akan jadi broken link di mesin telusur dan bisa menurunkan visibilitas blog

  7. Usman West Java

    April 3, 2017 at 8:56 am

    pertanyaan yang berkaitan dengan topik artikel termasuk komentar yang relevan, intinya hindari komentar yang tidak relevan baik berupa kalimat panjang dan kalimat pendek

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 34 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top