INTERNET

CARA MEMBAYAR CICILAN FIF MENGGUNAKAN BCA INTERNET BANKING

bayar FIF memakai ibanking.jpeg
CREATIVE BY : KURKOM

www.kursuskomputergratis.com – Repot harus membayar cicilan FIF ke loket pembayaran ? saatnya melakukan revolusi terhadap segala hal yang berkaitan dengan transaksi perbankan atau angsuran cicilan perabot rumah tangga tanpa ribet dan tanpa harus melangkahkan kaki dari rumah karena cukup dengan menekan tombol pada smartphone maka semua itu bisa teratasi.

Penasaran bagaimana caranya ? Ayok simak rame-rame dan jangan lupa ajak warga satu kampung untuk membaca ulasan ini … 😊

Jika di rumah sobat memiliki komputer, laptop atau smartphone maka sepertinya wajib untuk menghubungkannya ke jaringan internet karena ada banyak hal yang bisa membantu pekerjaan yang ribet manjadi super mudah. So, pastikan kondisi alat tempur tersebut masih dalam keadaan baik supaya bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Pada bab ini penulis akan memaparkan cara membayar cicilan FIF (Federal international Finance) milik ASTRA yang merupakan perusahaan jasa pembiayaan konvensional dan Syariah yang pada awalnya hanya untuk mendukung penjualan ritel sepeda motor Honda.

Seiring perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat semakin kompleks, kini FIF telah berkembang pesat karena selain membiayai kredit sepeda motor honda juga membiayai kredit barang konsumsi umum seperti perabotan rumah tangga dan sejenisnya. Nah, bagi sobat yang mempunyai angsuran kredit ke FIF silahkan disimak ulasan ini.

Tidak sedikit nasabah FIF atau sejenisnya yang memiliki waktu luang sehingga bisa hilir mudik ke loket pembayaran online untuk membayar cicilannya, hal ini bisa jadi menimbulkan keterlambatan pembayaran yang berpotensi terkena denda sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh FIF.

Atas dasar hal tersebut, penulis memberikan hal yang solutif yaitu dengan menggunakan Internet Banking. Salahsatu Bank yang ditunjuk oleh FIF untuk mengatasi hal ini adalah Bank BCA. Dengan Internet Banking banyak hal yang berkaitan dengan transaksi perbankan menjadi lebih cepat karena bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Baca : Cara Transfer Uang Menggunakan Internet Banking BCA

Langkah-Langkah Membayar Cicilan FIF Menggunakan BCA Internet Banking

Sekarang perhatikan dengan cermat setiap urutan pada langkah berikut ini, karena ini menyangkut transaksi perbankan maka sobat harus benar-benar teliti dalam melakukannya.
 
Pertama

Silahkan login menggunakan akun masing-masing ke BCA internet banking dan pastikan koneksi internet pada device yang digunakan tidak sedang mengalami gangguan.

BCA Internet Banking.png

Gambar 1. Aplikasi BCA Internet Banking

Selanjutnya silahkan pilih menu Pembayaran seperti yang ditunjukkan oleh nomor (1) untuk memulai transaksi dengan FIF.

Kedua

Ini adalah halaman transaksi yang harus diperhatikan dengan teliti karena terdapat semua data transaksi yang berhubungan dengan uang.

seting pembayaran FIF di BCA ibanking.png

Gambar 2. Halaman Transaksi Pembayaran Angsuran FIF

Pada kolom JENIS PINJAMAN silahkan pilih Federal Intl Finance (2), Kemudian ceklis NOMOR PELANGGAN/KONTRAK (3) lalu masukkan nomor perjanjian kontrak pada kolom nomor (4). Nomor perjanjian kontrak didapatkan saat akad kredit, tanyakan saja ke petugas administrasinya. Setelah kolom (4) terisi maka selanjutnya silahkan ceklis Simpan Ke Daftar Pembayaran yang ditunjukkan oleh nomor (5) supaya pada transaksi selanjutnya tidak perlu memasukkan nomor perjanjian kontrak tersebut. Tekan LANJUTKAN (8) jika sudah selesai mengisi data transaksi.

Apabila nomor perjanjian kontrak sudah tersimpan dalam aplikasi maka langkah nomor (3, 4 dan 5) tidak perlu dilakukan, cukup ceklis navigasi DARI DAFTAR PEMBAYARAN (6) lalu pilih nomor perjanjian yang sudah di list oleh aplikasi (perhatikan nomor 7) selanjutnya silahkan tekan LANJUTKAN (8).

Ketiga

Tahap akhir transaksi ada di halaman ini, disini akan ditampilkan informasi jumlah cicilan, nomor kontrak dan nama nasabah mohon diperhatikan pada saat memasukkan data nasabah, apabila ada ketidaksesuaian maka silahkan batalkan transaksi dan periksa kembali data nasabah tersebut.

otorisasi angsuran FIF menggunakan ibanking BCA.png


Gambar 3. Otorisasi transaksi pembayaran angsuran FIF pada aplikasi BCA Internet Banking

Silahkan nyalakan token BCA (KeyBCA), untuk mendapatkan kode unik maka tekan tombol nomor (9) yang terdapat pada keyBCA. Selanjutnya masukkan angka unik yang muncul di layar keyBCA ke dalam kolom RESPON KEYBCA APPLI 1 (Nomor 10). Tekan Kirim (11) jika semua data transaksi sudah benar.

Apabila tombol Kirim sudah ditekan maka transaksi tidak bisa dibatalkan, oleh karena itu harap berhati-hati ketika mengisi data agar tidak terjadi kesalahan yang dapat berpotensi menimbulkan kerugian.

Keempat

Ini adalah halaman informasi yang sudah selesai diproses, sistem akan menampilkan riwayat transaksi pembayaran yang telah dilakukan apakah berhasil atau gagal.

history transaaksi BCA Ibanking.png


Gambar 4. Riwayat Transaksi Pembayaran Angsuran Menggunakan Internet Banking BCA

Di bagian ini hanya terdapat informasi riwayat transaksi secara detail seperti yang terlihat pada gambar di atas. Jadi tidak ada action apapun pada langkah ini karena proses transaksi terakhir yaitu pada langkah Ketiga.

Kesimpulan

Membayar Cicilan FIF menggunakan fitur dalam aplikasi BCA Internet Banking bisa lebih menghemat waktu daripada harus setor ke loket pembayaran karena bisa menggunakan smarphone, komputer atau laptop .

Masukkan respon KeyBCA dengan benar karena jika salah maka bisa menyebabkan akun BCA Internet Banking kita terblokir.

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top