BLOGGING

JANGAN MELUPAKAN HAL INI UNTUK MEMBANGUN BLOG BERKUALITAS

membangun blog berkualitas

Membangun blog berkualitas dan menjadi lebih baik sehingga memiliki nilai jual yang tinggi dan mampu menembus persaingan dalam kontes SEO di SERP itu adalah hal yang sangat sulit dan membutuhkan ketekunan, kesabaran dan kerja keras sang pemilik blog. Merupakan kewajiban bagi sang pemilik blog untuk menciptakan konten yang berkualitas dan bermanfaat bagi orang banyak khususnya bagi sang pengunjung agar kerja kerasnya bisa terbayar lunas. Lupakanlah pamrih dan teruslah membantu orang banyak yang membutuhkan ilmu dari kita sampai mereka tersenyum lebar karena merasa terbantu.

Beragam cara dilakukan oleh para pelaku internet marketing untuk membangun blognya agar mampu bersaing di SERP sehingga target mereka tercapai, bahkan tidak sedikit menggunakan cara yang dapat merusak moral orang banyak khususnya para penjelajah dunia maya. Menyadari akan hal ini penulis akan mencoba beberapa hal penting yang wajib diperhatikan dalam membangun blog berkualitas dengan cara yang sehat dan halal tentunya. Ingatlah sobat, siapapun anda baik itu pemula ataupun yang sudah professional dalam seni blogging harap selalu memperhatikan dampak lingkungan dari konten yang di-publish. Alangkah meruginya jika konten yang kita bagikan dapat merusak moral orang banyak karena selama konten tersebut tidak dihapus maka dosanya akan terus mengalir dan tentunya tidak akan mendatangkan manfaat.

Menurut penulis yang dimaksud blog berkualitas adalah yang mendatangkan manfaat dan pengaruh positif bagi masyarakat, berikut ini adalah hal yang harus diperhatikan dalam membangun blog berkualitas untuk sobat yang mau serius nge-blog :

1). Keramahan

Pembentukan karakter adalah hal terpenting untuk menjadi pelaku internet marketing agar disukai masyarakat khususnya di pasar konten, oleh karena itu hal pertama yang harus diperhatikan ketika membangun blog berkualitas adalah keramahan yang merupakan modal dasar untuk berkomunikasi dengan pengunjung. Pengunjung blog akan senang jika ada pelayanan yang ramah dari sang pemilik blog karena pada umumnya mereka akan sangat membutuhkan klarifikasi dari topik yang dibacanya, jika ada pertanyaan maka berilah jawaban yang terbaik agar mereka ketagihan dan kembali lagi berkunjung sehingga menjadi pengunjung setia. Sikap ramah ini sangat perlu agar selalu dihargai oleh pengunjung, jalin hubungan pertemanan sedekat mungkin dengan mereka.

2). Niche Blog

Upaya membangun blog berkualitas itu harus total jangan setengah-setengah karena hasilnya tidak akan maksimal. Pilihlah niche blog sesuai dengan skill yang dimiliki atau selera agar lebih mudah dalam menciptakan konten dan dapat menguasai topik secara menyeluruh sehingga mampu menjawab seluruh pertanyaan dari pengunjung dengan baik. Jika sobat memilih niche blog yang tidak sesuai dengan skill yang dimiliki atau tidak sesuai selera maka kemungkinan akan selalu kehabisan ide karena minimnya penguasaan materi, namun hal ini masih bisa diatasi dengan cara menggunakan jasa orang lain untuk membuat kontennya. Perlu diperhatikan bahwa membuat konten itu sama dengan menyampaikan pesan kepada pengunjung, maka jadilah diri sendiri agar terasa lebih nyaman dan kaya akan inspirasi.

3). Konten

Konten yang bermanfaat merupakan salah satu kunci sukses membagun blog berkualitas karena sangat menentukan hasil kompetisi di SERP (Search Engine Result Page), jadi buatlah konten yang original dan jangan pernah menduplikat konten yang dibuat orang lain di blognya karena sangat berbahaya bagi reputasi blog di SERP selain itu kita akan dikucilkan oleh mereka. Hargailah hak privasi orang lain dengan memberikan penghargaan jika mengambil referensi dari hasil karya mereka sebagai timbal baliknya. Pengunjung sangat menyukai konten yang kaya informasi dan bermanfaat, maka sesuaikanlah untuk menarik perhatian mereka, dengan begitu lalu lintas pengunjung dipastikan akan ramai. Lakukanlah riset sederhana terlebih dahulu dari topik yang dibahas sebelum disampaikan ke publik, jangan lupa analisa keyword density-nya dan periksa setiap kalimatnya untuk meminimalisir kesalahan pengetikkan kata.

4). Template

Faktor pendukung yang tidak kalah pentingnya untuk membangun blog berkualitas adalah template, gunakan template yang SEO friendly dan responsive agar kompatibel dengan perangkat mobile dan cepat responnya sehingga tidak menyulitkan pengunjung ketika sedang berselancar di web. Penulis sering menjumpai pengaturan template yang berantakan khususnya di blog teman-teman yang masih pemula, tentunya itu sangat menganggu kenyamanan pengunjung dan bukan tidak mungkin kalau mereka enggan berkunjung lagi. Gunakan template yang memiliki tampilan menarik dan unik supaya blog terlihat elegan dan terkesan tidak biasa-biasa saja karena jika desain template tidak menarik maka sang pemilik blog akan dinilai kurang professional oleh pengunjung. Apabila tidak bisa membuat sendiri maka sangat disarankan untuk menggunakan template dari penyedia jasa template yang berbayar dan ada layanan servisnya untuk memudahkan maintenance jika ada error pada sistemnya, selain itu layanan servis penyedia template sangat dibutuhkan untuk memodifikasi template tersebut.

5). Promosi

Pengunjung merupakan salah satu asset yang sangat berharga untuk membangun blog berkualitas, karena merekalah yang dapat membawa revolusi besar terhadap visibilitas blog di SERP. Cara yang paling efektif untuk mendatangkan pengunjung adalah dengan melakukan promosi baik secara offline ataupun online. Banyak cara untuk melakukan promosi secara online baik berbayar maupun yang gratisan silahkan pilih sesuai dengan kemampuan. Untuk promosi secara gratis dapat memanfaatkan situs jejaring sosial terutama facebook, twitter, google plus dan email berlangganan. Bergabunglah dengan grup-grup di jejaring sosial yang berhubungan dengan niche blog yang dibuat kemudian jalin kedekatan dengan mereka dan mulailah promosi. Rajin-rajinlah blog walking dan jangan lupa tinggalkan komentar yang benar di blognya kemudian ajukan permintaan kepada mereka untuk berkunjung balik dan melakukan review terhadap konten yang sedang di promosikan.

Setiap saat teknologi internet selalu melakukan perubahan baik itu di sistem maupun kebijakan privasinya, untuk dapat membangun blog berkualitas harus selalu kaya akan informasi dan jangan malas untuk belajar memperluas ilmu pengetahuan yang dimiliki karena dunia seni blogging sangat membutuhkan orang-orang yang kreatif dan inovatif dalam menciptakan hasil karya sehingga mendatangkan manfaat dan nilai positif bagi masyarakat. Jangan merasa bangga jika konten menjadi viral tetapi tidak membawa manfaat baik sama sekali dan berdampak buruk terhadap lingkungan. Kembali penulis tegaskan bahwa jangan membuat konten yang merusak moral orang lain karena itu perbuatan yang sia-sia dan akan mendapat laknat dari Yang Maha Kuasa.

Semoga dunia seni blogging di negeri ini dapat membawa perubahan yang signifikan sehingga masyarakat tidak miskin informasi dan kaya akan SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkualitas dan memiliki nilai jual yang mampu menembus persaingan di kancah internasional khususnya.

Dalam tulisan sederhana ini penulis menyadari masih terdapat banyak kekurangannya, penulis sangat mengucapkan terima kasih bagi sobat yang mau melengkapi kekurangan tulisan ini, silahkan lengkapi di kolom komentar apabila sobat mau menambahkan atau menanggapi. Njeh !

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Goolge



23 Comments

23 Comments

  1. Rino Susanto

    Oktober 17, 2016 at 1:12 pm

    Blog walking pilihan ane gan , ini aku juga ngembangin aplikasi blog walking kompetition , yaitu dapat uang jika komentar relevan , ini tahap uji coba , semoga berhasil , agar para pemula seperti saya dapat jaminan komentar yang masuk relevan .

  2. Usman West Java

    Oktober 17, 2016 at 1:22 pm

    Sependapat gan, Blog walking memang saat ini menjadi pilihan pavorit, ada juga ya blog walking kompetition… berminat dong …

  3. Luis Aditya

    Oktober 17, 2016 at 2:08 pm

    Konten yang berkualitas akan mengundang para visitor

  4. Usman West Java

    Oktober 17, 2016 at 2:10 pm

    setuju gan,,, 🙂

  5. Ridho Fikri

    Oktober 17, 2016 at 2:45 pm

    sip gan, banyak belajar ane dari sini.

  6. eris rahmat

    Oktober 17, 2016 at 2:45 pm

    Mantep gan

  7. Usman West Java

    Oktober 17, 2016 at 2:48 pm

    ayo belajar bareng bareng… 🙂

  8. Usman West Java

    Oktober 17, 2016 at 2:49 pm

    arigato gan… 🙂

  9. Muhammad Danu Kurniadi

    Oktober 18, 2016 at 1:12 am

    Ohh yayaya, bisa dicoba. Thanks infonya kang

  10. Usman West Java

    Oktober 18, 2016 at 1:14 am

    sama-sama gan, selamat berkarya dan berikan manfaat buat orang banyak ..

  11. Kang Ilmi

    Oktober 18, 2016 at 3:00 pm

    kalo saya sih biasanya yang sering kelupaan sih promosinya gan… makasih gan sukses teeeeus

  12. Usman West Java

    Oktober 18, 2016 at 3:04 pm

    amiin,
    kalau konten sudah ratusan itu tidak menjadi masalah gan mengesampingkan promosi,yang penting SEO nya selalu di optimalkan . . . 😀

  13. mohamad maes fauzi

    Oktober 19, 2016 at 3:05 pm

    Tulisan yg menarik, thanks for sharing

  14. Usman West Java

    Oktober 19, 2016 at 4:36 pm

    sama-sama gan,, smangat .. 🙂

  15. Heri Assidiqi

    Oktober 22, 2016 at 7:43 am

    Wah blog nya udah keren uy….
    Smangat kang, terus berbagi ilmu bermanfaat bagi dunia.��

  16. Usman West Java

    Oktober 22, 2016 at 12:43 pm

    terimakasih kang heri, siip mari ngeblog untuk cari pahala…

  17. Kang Ilmi

    November 8, 2016 at 11:24 pm

    kalo saya sih biasanya yang sering kelupaan sih promosinya gan… makasih gan sukses teeeeus

  18. Kang Ilmi

    November 8, 2016 at 11:25 pm

    kalo saya sih biasanya yang sering kelupaan sih promosinya gan… makasih gan sukses teeeeus

  19. Bos informasi

    Desember 6, 2016 at 9:32 am

    Kesemua tips yang dipaparkan di atas sangatlah benar. Saya sendiri senada dengan pendapat agan. Jika salah satu diantaranya tidak dilakukan tentu Bagian lainnya juga tidak berjalan dengan maksimal. Si, menekuni cara-cara demikian dari bawah itu justru lebih baik.

  20. Usman West Java

    Desember 6, 2016 at 3:49 pm

    iya gan, beberapa hal di atas itu hanya sebagian kecil saja, sebetulnya masih ada lagi hal lain tapi saya prioritaskan yang paling berpengaruh saja. Konten harus informatif supaya pembacanya senang.

  21. Area Tips

    Februari 6, 2017 at 8:25 am

    Keramahan, sesuatu yang diluar hal dibawahnya. Ramah memang jarang dimiliki oleh orang. Kadang-kadang author blog lupa harus menjawab setiap pertanyaan yang pengunjung ajukan dengan ramah. Keramahan yang terjadi antara penulis dan pembaca yang baik akan menimbulkan sebuah interaksi sosial yang baik pula. Ibarat kata kalau dalam islam ialah menyambung silaturahmi. Semakin baik tali silaturahmi yang dijaga maka rejeki yang didapatkan juga semakin banyak pula. Tidak percaya…? Silahkan siapa saja perbanyaklah tali silaturahmi dengan siapapun dengan niatan yang baik tanpa mengharapkan imbalan apapun. Maka percaya atau tidak Allah akan memudahkan semua jalan dari mana saja tanpa manusia itu sendiri duga-duga. Jadi nomor 1 ini meskipun diluar dari topik blogging tapi dampaknya pada profesionalisme blog juga sangat baik

  22. Pingback: BIAYA MEMBUAT BLOG [TAHUN 2017] | Blog Mas Usman

  23. Pingback: CARA CEK VISIBILITAS BLOG [ALEXA RANK, HARGA, DETAIL ESTIMASI PENDAPATAN DAN VISITOR] | Blog Mas Usman

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 54 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top