TUTORIAL

MEMBUAT DAFTAR ISI UNTUK MENINGKATKAN SEO [WORDPRESS]

Sitemap Blog

Membuat Daftar Isi Untuk Meningkatkan Seo – Salah satu jalan pintas untuk mencari topik yang dibutuhkan adalah melalui sitemap atau sering disebut daftar isi yang merupakan informasi ringkas dari seluruh konten yang ada dalam situs tersebut. Biasanya daftar isi terdiri dari judul, kategori dan tanggal terbit, dengan tujuan mempermudah navigasi pengunjung untuk bisa surfing dengan cepat dan nyaman.

Daftar isi juga bisa meningkatkan SEO, selain itu bisa menjadi faktor yang sangat berpengaruh ketika situs didaftarkan ke Google AdSense. Dalam beberapa kasus sering terjadi penolakan karena masalah daftar isi yang tidak ada dalam situs sehingga pengunjung sedikit mengalami kesulitan navigasi.

Baca : Pengaturan Navigasi Situs Agar Sesuai Kriteria Google Adsense [Template Evomagz]

Poin Penting

Fungsi Daftar isi

Secara teoritis, daftar isi merupakan sistematika dari sebuah karya ilmiah, kalau dalam seni blogging daftar isi digunakan untuk mencantumkan seluruh judul artikel yang ada dalam situs berdasarkan kategori tertentu. Jadi fungsinya untuk mempercepat pencarian pengunjung terhadap konten yang mereka butuhkan.

Pengunjung yang cerdik pasti akan tau dimana dia bisa mendapatkan informasi yang ia cari ketika sedang bertamu ke sebuah situs dan pastinya pencarian mereka kebanyakan mendarat di daftar isi situs. Minimalnya untuk membuat sebuah daftar isi wajib mencantumkan judul artikel dan kategori supaya tersistematika dengan baik.

Baca : Mengenal Header Tags Dan Fungsinya Pada Artikel Seo

Di wordpress, ada banyak komponen yang disediakan oleh pihak ketiga dalam bentuk plugin, baik itu yang gratisan atau pun berbayar. Jika sobat memiliki kantong yang tipis, maka jangan khawatir karena banyak versi gratisannya juga dan kinerjanya pun lumayan bisa diandalkan.

Penulis akan menggunakan plugin WP Sitemap Page untuk membuat sebuah daftar isi. Plugin ini sangat mudah cara memasangnya, sobat tidak perlu menyisipkan script yang sangat rumit seperti pada platform blogspot. Dalam langkah ini kita hanya perlu menginstalnya saja, silahkan cari pada direktori plugin di dasbor wordpress yang digunakan.

WP Sitemap Page plugin

Gambar 1. Plugin WP Sitemap Page

Kurang lebih penampakannya seperti yang ditunjukan gambar 1, untuk lebih jelasnya silahkan sobat ikuti langkah pemasangannya secara berurutan sesuai pada gambar berikut ini :

Membuat daftar isi

Gambar 2. Membuat daftar isi


Pada stage 1 ini, buatlah Laman Baru dan beri judul sesuai keinginan, disini penulis memberinya judul DAFTAR ISI ditandai dengan nomor 2. Nomor 3 adalah permalink yang muncul secara otomatis dan bisa diedit sesuai kebutuhan. Ketik script seperti yang ditunjukan oleh nomor 4, jangan sampai ada yang salah huruf. Selanjutnya, seting atribut halaman seperti yang ditunjukan oleh nomor 5 dan 6 lalu yang terakhir klik Terbitkan yang ditandai nomor 7.

Selanjutnya kita akan menampilkan navigasi daftar isi pada landing page supaya bisa lebih dekat dengan pengunjung saat mereka mendarat di halaman pertama situs kita. Silahkan Ikuti langkahnya pada gambar berikut ini secara berurutan :

Pengaturan Navigasi Landing Page

Gambar 3. Pengaturan navigasi daftar isi pada landing page

Pada stage 2 ini, kita akan memasukan navigasi daftar isi yang telah kita buat ke dalam struktur menu yang ada di landing page. Dimulai dari klik Tampilan>Menu>ceklis Daftar Isi>Tambahkan ke Menu Lalu klik Simpan Menu yang ditandai dengan nomor 5. Sampai disini sobat telah selesai membuat daftar isi dan menempelkan navigasinya pada landing page dan jangan lupa akhiri dengan ucapan Alhamdulillah.

Untuk melihat hasil akhirnya, sobat juga bisa melihat daftar isi yang digunakan pada situs ini, hingga saat ini masih work.

Kesimpulan

Plugin ini bisa menampilkan daftar isi dengan berbagai mode, silahkan pilih saja scriptnya sesuai dengan keinginan untuk merubahnya.

Jangan lupa untuk selalu meng-update plugin ini jika ada permintaan update dari server, supaya plugin tetap bisa berfungsi dengan baik.

Daftar isi merupakan komponen yang wajib ada dalam halaman situs untuk memudahkan pengunjung mengenali seluruh konten yang ada dalam situs.

Daftar isi ini mensortir berdasarkan kategori artikel, jadi kalau dalam satu artikel ada dua kategori maka akan tampil dua feed, jadi disarankan untuk kategori artikel ditulis satu saja.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 55 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top