TIPS

PENGALAMAN MEMBUAT PASPOR DI BATAM, PELAYANNYA MANTAP BANGET !

membuat paspor di Batam.jpg
Foto by : Imron Taufiq, Drh.

Kursuskomputergratis.com – Paspor merupakan dokumen negara yang jika dimiliki oleh seseorang maka ia bisa melakukan perjalanan ke berbagai negara secara legal. Di Indonesia paspor ada tiga jenis diantaranya paspor dinas, paspor diplomatik dan paspor umum yang biasa digunakan untuk jalan-jalan. Pada kesempatan ini penulis akan berbagi pengalaman membuat paspor di Batam karena kebetulan berdomisili di Kota Batam.

Kota dengan julukan Bandar Dunia Madani ini merupakan kota yang strategis karena terletak di jalur pelayaran internasional dan berdekatan dengan beberapa negara padat wisatawan diantaranya Malaysia dan Singapura yang hanya memakan waktu tidak lebih dari 90 menit jika ditempuh melalui perjalanan laut, nah jadi apabila sobat berdomisili di Kota Batam maka rasanya hampa jika tidak memiliki paspor, apalagi tidak memiliki kekasih hati….ops !

Membuat paspor di Batam tidaklah sulit apalagi ribet, sangat gampang sehingga tidak perlu menyuruh orang lain untuk membuatnya kecuali jika sobat seorang yang sangat sibuk bekerja dan tidak banyak memiliki waktu luang. Supaya sobat memiliki pengalaman, penulis sarankan untuk menyempatkan waktu membuat paspor sendiri sehingga bisa membantu teman atau kerabat yang akan membuat paspor di Batam.

Loket Resmi Pelayanan Paspor Di Batam

Ada beberapa tempat di Kota Batam yang akan penulis rekomendasikan untuk mengurus pembuatan atau perpanjangan paspor, mungkin ada tempat lainnya namun penulis hanya mengetahui tempat-tempat berikut ini berdasarkan informasi dan penelusuran langsung ke TKP. silahkan simak ulasan ini dengan cermat.

1. Mal Pelayanan Publik Kota Batam

Tempat ini disediakan secara khusus oleh pemerintah kota Batam, lokasinya berada di Gedung Sumatera Expo Lt.Dasar, JL.Engku Putri, Batam Center, Kepulauan Riau. Untuk menuju ke tempat ini tidak sulit karena mudah dijangkau yaitu tidak jauh dari Mega Mall Batam Center sobat tinggal tanyakan apabila sudah berada di sekitar Mega Mall pasti ketemu karena gedungnya besar sekali.

Terdapat beberapa institusi pemerintah yang membuka loket pelayanan masyarakat di Mal Pelayanan Publik Kota Batam ini, dianataranya yaitu Pemprov Kepri, Polda Kepri, Samsat Kepri, Pemko Batam, BP Batam, Polresta Barelang, Bea Cukai Kota Batam, Imigrasi Kota Batam, Badan Pertanahan Nasional Kota Batam, Kantor Pelayanan Pajak, BPJS Kesehatan, Notaris, BPJS Ketenagakerjaan, Kementrian Ketenagakerjaan, Kementrian Agama, dan Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Nah, silahkan kunjungi loket institusi yang berkaitan dengan kebutuhan sobat, untuk pelayanan paspor berada di loket Imigrasi Kota Batam namun disini kuotanya sangat terbatas dan sedikit yaitu hanya untuk 20 orang saja per hari dan nomor antrian diambil secara manual langsung dari loketnya.

2. Harbourbay Batuampar Batam

Unit Layanan Paspor (ULP) Harbourbay Batuampar Batam sudah beroperasi sejak tahun 2017, ULP ini didirikan oleh Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam. Berbeda dengan Mal Pelayanan Publik Kota Batam, ULP Harbourbay Batuampar Batam melayani pengurusan paspor dengan kuota yang lebih banyak yaitu maksimal 80 orang per hari (informasi bulan Desember 2017).

Apabila sobat ingin mengurus paspor di ULP Harborbay Batuampar Batam silahkan catet alamatnya yaitu di Komplek Harbour Bay, Jl.Duyung, Sungai Jodoh, Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau 29433. Untuk cara mendapatkan nomor antriannya sobat harus daftar via WhatsApp dengan format seperti contoh yang ada dalam ulasan ini.

Selain mendapatkan pelayanan yang ramah dan professional, juga didukung oleh sarana yang cukup baik seperti loket pelayanan ada empat counter, ruang tunggu fuel AC, ruangan untuk ibu menyusui dan MCK yang repsesentatif.

3. Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam

Ini dia tempat yang paling penulis rekomendasikan untuk membuat paspor di Batam, lokasinya tidak jauh dari masjid Raya Batam sekitar 100 meteran tepatnya di Jl.Engku Putri No.3 Batam Center atau sekitar 200 meter dari Mal Pelayanan Publik Kota Batam. Kantornya tepat di pinggir jalan sehingga mudah ditemukan.

Sama halnya dengan cara mendaftar di ULP Harbourbay Batuampar, di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam juga harus daftar via WhatsApp, untuk formatnya sama saja yang berbeda hanya nomor WhatsAppnya yaitu dikirim ke 0822 8886 2017. Pendafataran dilakukan pada jam 7:30 WIB s.d. 10:00 WIB.

Kuota pengurusan paspor disini maksimal 257 orang setiap harinya (informasi 30 Desember 2018). Nah, jadi lebih leluasa lagi sob, tapi walaupun kuotanya banyak tetap saja kita harus gerak cepat untuk mendapatkan nomor antrian karena setiap hari di Batam itu ada ratusan permohonan pembuatan paspor baru, bahkan kuota dari ketiga tempat yang penulis rekomendasikan hampir bisa dikatakan kurang banyak.

Untuk fasilitas disini tidak kalah menariknya, terdapat ruangan khusus untuk bermain anak-anak, ruang tunggu fuel AC, MCK, Mushola berkapasaitas kurang lebih bisa untuk 40 orang, dan ada sekitar 8 counter pelayanan sehingga proses administrasi bisa lebih cepat sehingga bisa lebih hemat waktu.

Format Daftar Antrian Pembuatan Paspor

Berikut ini adalah format daftar nomor antrian untuk di Harbourbay dan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam, silahkan kirimkan ke nomor WhatsApp ULP Harbourbay (0855 656 2017) atau Kantor Imigrasi Batam (0822 8886 2017). Ada 3 Format penulisan pesan untuk permohonan nomor antrian via WhatsApp, perhatikan dengan cermat :

a.Daftar Antrian Permohonan Paspor Biasa (Perorangan)

Format ini digunakan untuk mendaftar nomor antrian permohonan paspor biasa dan diajukan oleh perorangan tidak bersama dengan anggota keluarga lain yang ada dalam satu kartu keluarga. Perhatikan !

NAMA#TGL.LAHIR (DDMMYYYY)#ALAMAT
Contoh : USMAN#07021989#KEL.SAMBAU KEC.NONGSA, BATAM

b. Daftar Antrian Permohonan E-Paspor

Format ini digunanakan untuk permohonan antrian pembuatan E-Paspor perorangan, dalam format pesan silahkan awali dengan E-PASROR, perhatikan!

E-PASPOR#NAMA#TGL.LAHIR (DDMMYYYY)#ALAMAT
Contoh : E-PASPOR#USMAN#07021989#KEL.SAMBAU KEC.NONGSA, BATAM

c. Daftar Antrian Paspor di dalam satu Kartu Keluarga (KK)

Format ini digunakan untuk permohonan antrian pembuatan paspor rame-rame berikut anggota keluarga yang ada dalam satu kartu keluarga, dalam format ini perhatikan jumlah anggota keluarga yang ada dalam kartu keluargamu. Perhatikan !

NAMA#TGL.LAHIR (DDMMYYYY)#ALAMAT#JUMLAH ANGGOTA KELUARGA
Contoh : USMAN#07021989#KEL.SAMBAU KEC.NONGSA, BATAM#6

Harap kirim pesan pada jam pelayanan permohonan antrian yaitu 07:30 WIB s.d. 10:00 WIB. Pelayanan maksimal sampai jam 16:30 WIB, untuk di ULP Harbourbay sampai jam 16:00 WIB.

Proses Pembuatan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam

Saatnya penulis berbagi pengalaman menarik saat membuat paspor di Batam khusus buat sobat yang berencana membuat paspor di kota Batam maka silahkan simak ulasan ini sampai tuntas dan penulis berharap semoga sobat bisa mengalami kendala terutama saat mempersiapkan administrasi untuk persyaratan pemohonan pembuatan paspor.

Apakah ini khusus untuk warga Batam ?

Tentu saja bukan, hanya saja bagi sobat yang kebetulan beromisili di Batam karena sedang bekerja atau sedang singgah maka bisa dicoba mengajukan permohonan pembuatan paspor disini. Pelayanannya sangat baik dan professional, pastikan semua persyaratan administrasinya lengkap dan tidak ada masalah dengan data KTP maka Insya Allah paspor bisa dibuat.

Tahap Persiapan Administrasi

Ini penting banget, sobat harus teliti mempersiapkannya. Langkah awalnya adalah daftar melalui WhatsApp dengan format dan nomor yang sudah disebutkan tadi di atas untuk mendapatkan nomor antrian supaya permohonan paspor bisa diproses karena disana hanya melayani yang sudah mendapatkan nomor antrian via WhatsApp kecuali untuk kondisi-kondisi tertentu mungkin bisa dilayani.

Ada beberapa persyaratan administrasi yang wajib disiapkan untuk dapat menempuh proses pembuatan paspor, berikut rinciannya :

1. Foto Copy E-KTP (Diperbesar menjadi ukuran A4)
2. Foto Copy Kartu Keluarga
3. Foto Copy Akte Lahir/Ijazah/Buku Nikah/Akte Perkawinan (memuat, TTL dan nama orang tua)
4. Foto Copy Dokumen orang tua bagi permohonan untuk anak dan paspor orang tua
5. Foto Copy Paspor lama untuk penggantian
6. Surat Domisili dari kelurahan untuk KTP luar Batam
7. Materai 6000 (2 buah)
8. Surat keterangan kerja (bagi yang sedang bekerja)
9. Dokumen tambahan bila diperlukan

Untuk persyaratan nomor 3 apabila menggunakan Ijazah maka jangan menggunakan Ijazah kuliahan/Ijazah Sarjana karena biasanya tidak mencantumkan nama oarang tua, jadi gunakan saja Ijazah SLTA/SMP/SD karena pada Ijazah SLTA ke bawah pasti ada dicantumkan nama orang tua. Pengalaman penulis sewaktu menggunakan Ijazah Sarjana ternyata ditolak karena pada Ijazah tersebut tidak ada nama orang tuanya.

Berangkat Ke Kantor Imigrasi

Pastikan semua persyaratan administrasi sudah lengkap dan dokumen aslinya jangan lupa dibawa karena nantinya akan ada verifikasi dokumen, selain itu pesan balasan WhatsApp yang berupa informasi nomor antrian jangan sampai dihapus karena nantinya akan ditanyakan oleh petugas imigrasi sewaktu masuk ke ruangan pembuatan paspor dan pemberkasan dokumen di loket.

Berikut ini adalah contoh informasi nomor antrian yang dikirim via WhatsApp oleh Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam :

Nomor antrian pembuatan paspor di Batam yang dikirim via WhatsApp.jpg

Gambar 1. Informasi nomor antrian via WhatsApp

Selanjutnya silahkan berangkat ke Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam dengan waktu dan tanggal sesuai dengan petunjuk dari informasi antrian via WhatsApp tersebut. Sobat harus datang di tanggal yang telah ditentukan oleh system, jika tidak maka harus daftar ulang lagi.

Pesan inilah yang nantinya diperlihatkan kepada petugas imigrasi karena akan menjadi acuan mereka dalam memproses permohonan paspor. Pesan ini bisa di print atau bisa di HP langsung saat diperlihatkan ke petugas imigrasi.

Tahap Pemberkasan

Sambil menunggu nomor antrian kita dipanggil oleh petugas loket harap menyiapkan seluruh dokumen persyaratan yang dibutuhkan baik yang fotocopi ataupun dokumen aslinya serta jangan lupa materai 6000 untuk ditempel di formulir pernyataan yang akan kita isi nanti dan jangan lupa pesan balasan saat mendaftar melalui WhatsApp juga harus disiapkan (lihat gambar 1).

Setelah dipanggil nanti akan dikasih map warna kuning dan nomor antrian untuk ke tahap pemotretan dan wawancara. Berkas kita dimasukan ke dalam map tersebut dan ada dua formulir isian yang harus diisi dengan dengan pena tinta hitam, jangan khawatir kalau tidak membawa pena tinta hitam di ruang tunggu sudah disiapkan penanya dan meja khusus berikut dengan petunjuk pengisian formulirnya.

Pada tahap ini data tambahan yang harus diketahui adalah tempat dan tanggal lahir kedua orang tua, kalau kartu keluarganya masih gabung bersama orang tua bisa dilihat disana. Apabila sudah selesai mengisi semua form, melekatkan materai di form tersebut dan menandatangani formnya maka selanjutnya silahkan tunggu nomor antrian tahap pemotretan dan wawancara dipanggil, ada dua layar yang memperlihatkan nomor antrian yang sedang diproses sehingga kita bisa tahu kapan giliran kita dipanggil.

Tahap Pemotretan dan Wawancara

Pada tahap ini sobat mesti berpenampilan rapi karena ada sesi pemotretan untuk di paspor, jangan sampai rambutmu acak-acakan ya sob biar keren photo di paspornya. Selain dipotret juga ada sedikit wawancara seputar tujuan membuat paspor untuk apa, silahkan saja jawab seadanya apakah untuk piknik, kerja ataupun urusan lainnya.

Jangan lupa siapkan juga dokumen asli yang dibutuhkan sesuai persyaratan administrasi karena kesinilah dokumen tersebut diserahkan termasuk formulir isian data diri dan surat pernyataan bermaterai, apabila tidak ada masalah dengan data kependudukan yang terekam di Disdukcapil maka proses disini tidak akan terkendala, kurang lebih 10-15 menit proses sudah selesai.

Selanjutnya petugas loket akan memberikan resi untuk pengambilan paspor. Pada resi tersebut akan tertera informasi nominal pembayaran biaya administrasi pembuatan paspor sesuai dengan jenis paspor dan ada semacam barcode, berikut ini adalah resinya :

resi pengambilan paspor di Imigrasi Batam.jpg

Gambar 2 Resi Pengambilan Paspor

Silahkan perhatikan ketentuan-ketentuan proses pembayaran, pembuatan dan pengambilan paspor seperti yang tertera pada informasi yang ada pada resi (lihat bagian Catatan). Resi ini jangan sampai hilang karena nantinya akan digunakan untuk pengambilan paspor.

Untuk pembayaran biaya administrasi pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam telah disiapkan petugas POS dengan loket khusus. Berikut adalah loket kantor POSnya :

loket pembayaran biaya pembuatan paspor di Imigrasi Batam.jpg

Gambar 3. Mobil loket kantor POS yang disiapkan khusus untuk pembayaran biaya administrasi pembuatan paspor.

Silahkan selesaikan biaya administrasi melalui loket POS tersebut supaya paspor bisa terbit dengan nominal pembayaran sesuai yang tertera pada resi pengambilan paspor. Apabila pembayaran sudah dilakukan maka sampai disini tahap permohonan paspor telah selesai dan sobat boleh pulang.

Tunggu konfirmasi dari pihak Imigrasi untuk memastikan paspor sudah selesai dibuat, mereka akan menyampaikannya melalui pesan singkat (SMS) ke nomor HP yang kita gunakan di dokumen permohonan paspor.

Proses Pengambilan Paspor

Pada tahap ini pastikan sudah mendapat konfirmasi dari pihak Imigrasi Batam bahwa paspor sudah selesai,namun apabila dalam 7 hari tidak mendapat SMS konfirmasi maka datang saja ke loket pengambilan paspor. Siapkan resi pengambilan paspor dan struk pembayaran biaya administrasinya jangan sampai ketinggalan.

Berikut ini adalah jam pelayanan yang berkaitan dengan pengambilan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam yang harus diketahui, jadwal sewaktu-waktu bisa berubah sesuai dengan kebijakan yang berlaku di kantor tersebut :

07:30 WIB – 14:00 WIB Pengambilan nomor antrian
10:00 WIB – 16:00 WIB Pengambilan Paspor untuk hari Senin – Kamis
10:00 WIB – 16:30 WIB Pengambilan Paspor untuk hari Jumat
12:00 WIB – 13:00 WIB Jam istirahat hari Senin – Kamis
11:30 WIB – 13:30 WIB Jam istirahat untuk hari Jumat
Sabtu – Minggu libur

Untuk pengambilan nomor antrian dilakukan secara manual melalui mesin barcode khusus untuk nomor antrian yang sudah disiapkan di ruangan pengambilan paspor, silahkan scan barcode yang ada pada resi pengambilan paspor untuk mendapatkan nomor antrian tersebut. Berikut ini contoh nomor antriannya :

nomor antrian pengambilan paspor di Imigrasi Batam.jpg

Gambar 4. Resi dan nomor antrian pengambilan paspor

Apabila sudah mendapatkan nomor antrian silahkan tunggu saja nanti nomor tersebut akan dipanggil oleh petugas loket. Sampai disini proses pembuatan paspor sudah selesai dan paspor bisa diambil, sebelum pulang harap periksa terlebih dahulu isi paspor termasuk data pemilik paspor tersebut untuk memastikan tidak ada data yang keliru karena bisa berakibat lumayan fatal.

Itulah pengalaman penulis selama memproses pembuatan paspor di Batam, prosesnya mudah, pelayanannya professional dan cepat. Ulasan ini sebagai wujud terimakasih penulis sebagai warga batam yang sudah merasakan kepuasan terhadap pelayanan publik di kota Batam khususnya di Imigrasi Kelas I Khusus Batam dan akhir kata penulis mengucapkan SELAMAT HARI JADI IMIGRASI YANG KE-68 TAHUN semoga semakin maju dalam membangun bangsa.

Kesimpulan

Seluruh data pribadi pemohon yang ada pada berkas wajib sama dengan data KTP terutama Nama, Tempat dan Tanggal Lahirnya tidak boleh berbeda. Apabila berbeda biasanya permohonan paspor tidak bisa diproses.

Biaya administrasi pembuatan paspor paling mahal hingga saat ini adalah untuk pembuatan E-Paspor yang mencapai 650 ribu rupiah, untuk pembaran biaya administrasinya langsung bayar saja di loket kantor POS yang sudah tersedia di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam.

Paspor akan diproses setelah biaya administrasinya dilunasi, biasanya apabila tidak ada gangguan sistem maka dalam 3 hari paspor sudah bisa diambil, resi pengambilan dan struk pembayaran biaya administrasi jangan sampai hilang dan wajib dibawa saat pengambilan paspor.

Apabila pengambilan paspor dilakukan oleh orang lain yang bukan pemohon maka silahkan membuat surat kuasa untuk pengambilan paspor.

43 Comments

43 Comments

  1. sofyan

    January 20, 2019 at 1:44 pm

    Mantap yo…kebetulan saya tinggal batam, biasanya saya urus online untuk mempersingkat waktu

    • Usman West Java

      January 21, 2019 at 2:51 am

      keren banget mas, awalnya saya bingung pengin buat paspor gimana caranya tetapi diajak teman ternyata mudah banget prosesnya.

    • Aprilian dewanti

      April 10, 2019 at 4:59 am

      Mas Usman saya mau tanya kl saya mau bikin paspor untuk sekeluarga berarti semua hrs DTG ke kantor imigrasi ya?

      • Usman West Java

        April 10, 2019 at 5:31 am

        iya betul, ada sesi pemotretan untuk photo di paspor, jangan lupa bawa materai ,khusus anak pakai materai 2 buah. saran saya buat e-paspor saja supaya lebih banyak fiturnya. tapi kalau sudah daftar via online yo gak apa-apa.

  2. Crew Koeb

    January 21, 2019 at 1:41 am

    Terimakasih mas Usman, sangat membantu.

    • Usman West Java

      January 21, 2019 at 2:50 am

      sama-sama mas, selamat jalan-jalan kalau sudah selesai paspornya

  3. Ari

    March 15, 2019 at 12:59 pm

    Di Solo renew passport cukup photocopy KTP & Passport lama, antrean cukup dengan download Di PlayStore & Applestore proses kurang dari 1 jam, pembayaran via Kantor Pos atau bank yang ditunjuk. Dalam 3 hari passport baru sudah bisa diambil, jadi pergantian/perpanjangan/renew passport tidak perlu supporting documents seperti pengajuan passport baru.

    • Usman West Java

      March 16, 2019 at 1:49 am

      keren banget mas ari, memang sekarang beruntung sudah banyak teknologi pendukung untuk mempermudah pekerjaan.

  4. Raihanda Dipa

    April 14, 2019 at 3:28 pm

    Mas.kalo ngurus secara manual gk bisa lagi y?

    • Usman West Java

      April 14, 2019 at 11:30 pm

      coba langsung saja datang ke sana, tapi saran saya supaya lebih mudah tinggal daftar di whatsapp saja. Kalau sulit selalu saja gagal silahkan coba daftarnya antara jam 7:30 – 7:32 jangan lebih dan jangan kurang soalnya yang daftar ratusan jadi rebutan di servernya.

  5. Cani

    May 3, 2019 at 8:57 pm

    Malam,sy mw tny cara urus paspor online lwt aplikasi itu gmn ya?kuota nya masih tersedia sdh sy klik tgl ny ttpi aplikasi mengatakan pilih tgl dan waktu yg kuota masih ada.sedangkan sy pilihny sdh sesuai,jd sy hrus bgaimana ya? Trims

    • Usman West Java

      May 4, 2019 at 9:52 am

      untuk pembuatan paspor di batam, lebih cepat via whatsapp, saya belum mencoba via aplikasi mbak. Biasanya memang selalu terkendala di kuota kareana server sibuk jadi responnya telat, bisa dicoba lagi di jam lengang.

  6. Rudi

    May 5, 2019 at 2:29 am

    Bang info nya bg…klu gk ada ijasah sama akte.bisa gak di ganti dengan buku nikah..1.ektp 2.kk 3.buku nikah..gimana

    • Usman West Java

      May 5, 2019 at 9:06 am

      sepertinya bisa mas, di buku nikah kalau tidak salah ada nama orangtua kita .

  7. Fikarah Aldina Panggabean

    May 21, 2019 at 3:15 am

    Mas Usman, saya mau tanya. .
    Kalau kami KTP bukan Batam, suami ditugaskan ke Batam, jadi kami sekeluarga (anak dan istri) ikut pindah. Saya, suami dan anak pertama sudah punya passport dan sudah mati lebih dr 1 tahun. Anak yg lain belum pernah buat. Apakah untuk pengurusan baru anggota keluarga (KTP non Batam) dan juga perpanjangan passport nati (KTP non Batam) juga bisa di urus di Batam? Untuk anggota keluarga berarti juga pakai surat keterangan kerja punya suami ya? Kalau via WA itu termasuk e-passport kah? Terima kasih πŸ™‚

    • Usman West Java

      May 21, 2019 at 10:51 am

      Untuk pengurusan pasport di Batam bisa juga untuk yang menggunakan KTP luar Batam karena pengalaman saya kemaren pada saat mendaftar bersama teman saya yang dari jawa dan KTPnya luar Batam alhahamdulillah berhasil. silahkan mendaftar dengan format pendaftaran DAFTAR SEKELUARGA ada petunjuknya di WhatsApp yang melayani pendaftaran online tersebut. kemudian untuk surat keterangan kerja silahkan dibuat semua yang telah bekerja, misal suami bekerja, istri bekerja maka buat saja keduanya untuk jaga-jaga manatau ditanyakan.

  8. Nea ajah

    May 22, 2019 at 4:42 pm

    No wasap imigrasi yg di batam center berapa bang?

  9. mega

    May 23, 2019 at 5:03 pm

    mas itu berapa lama ya selesainya dari daftar di wa sampai ambil paspornya

    • Usman West Java

      May 24, 2019 at 6:46 am

      Rata-rata 4 hari kalau tidak ada masalah, nanti kalau sudah selesai ada pemberitahuan via sms.

  10. Murni

    July 2, 2019 at 12:10 am

    Sy dr jogja mau upgrade paspor biasa ganti e passport berhubung masa berlaku tinggal 6 bulan. Sy mau urus dibatam krn anak saya disana .bisa ga sy daftar seminggu sebelum saya berangkat..pilih tanggal . Misalkan sy mau urus tgl 25 juli 2019 .gmn caranya

    Terimakasih

    • Usman West Java

      July 2, 2019 at 12:20 am

      untuk metode pendaftaran seperti yang diulas pada tutorial ini tidak bisa dilakukan seperti itu bu, jadi begitu kita direspon oleh sistem ketika daftar via whatsapp maka kita harus menyesuaikan dengan jadwal yang mereka berikan. Pengurusannya cepat kok bu, saya ndak nyampe 6 hari sudah siap. Coba anak ibu suruh survey dulu mungkin bisa dilakukan secara manual untuk pendaftannya yaitu langsung datang ke kantor imigrasi kota Batam.

  11. Loly

    July 2, 2019 at 7:12 am

    Mf pak kalau ktpnya luar Batam, itu penulisannya alamatnya pakai alamat KTP atau domisili ya pak ?

  12. Mike

    July 2, 2019 at 1:47 pm

    Mas saya udah coba via WA tapi dari WAnya bilang sedang ada perbaikan dan saya malah disarankan menggunakan aplikasi paspor online yang kuotanya itu penuh terus,saya butuh pas buat nyebrang tapi kok malah dipersulit gini yaa,saya udah dateng langsung keimigrasi untuk mengurus langsung tapi orang imigrasi menyarankan saya untuk lewat aplikasi tersebut

    • Usman West Java

      July 3, 2019 at 9:39 am

      Silakan dicoba datang ke Mal Pelayanan Publik kalau mau daftar manual, dulu waktu saya ngurus disana bisa langsung daftar antrian.

      Tips daftar online vi WA :
      Kirim pendaftaran tepat jam 7.30-7-31 wib. Kuota batam selalu penuh tiap harinya jadi harap bersabar, telat sedikit pasti gak kebagian.

  13. Win

    July 18, 2019 at 6:03 pm

    Untuk format WA bagi anak yang belum ada KTP gimana bang?

    • Usman West Java

      July 19, 2019 at 7:08 am

      silahkan mendaftar dg format satu keluarga. lihat pembahasan poin C

  14. Iansyah

    July 22, 2019 at 7:20 am

    Pak Usman, untuk format wa 1 keluarga. saya ingin bikin passport beserta istri dan 2 anak, pada format WA jumlah keluarga apakah 4 (termasuk saya) atau 3 (hanya istri dan 2 anak).
    Contoh.
    – NAMA#TGLLAHIR(DDMMYYYY)#ALAMAT SESUAI EKTP#4
    Atau
    – NAMA#TGLLAHIR(DDMMYYYY)#ALAMAT SESUAI EKTP#3
    Itu yang ingin saya tanyakan. Dan terimakasih sebelumnya

    • Usman West Java

      July 23, 2019 at 6:56 am

      Jumlah keluarga yang belum memiliki paspor. Kalaupun salah jumlahnya nanti di kantor imigrasi akan disesuaikan, intinya dapat nomor antrian dulu sesuai jenis keperluannya.

  15. Zatin nor fitri

    July 22, 2019 at 11:31 am

    Saya coba bikin d kalimantan
    Persyaratan lengkap dan asli semua tapi d tolak orang imigrasi.
    Padahal. Saya cuman mau liburan k singapore -+ satu minggu pulang pergi.

    Tapi orang imigrasi minta surat jaminan dari penjamin saya, sudah saya kasih, tapi orang imigrasi minta tiket pulang pergi dari Banjarmasin ke singapore.
    Sedangkan saya tidak bisa booking tiket pulang pergi karna ga punya no paspor.

    Maaf pak apa ada solusi buat saya harao di balas.

    Terimakasih

    • Usman West Java

      July 23, 2019 at 10:13 pm

      untuk pembelian tiket ke singapoore melalui jalur laut setahu saya tidak perlu menggunakan nomor paspor, nomor paspor di gunakan pada saat boarding. Jadi beli tiket dulu saja di agen yang bisa ngeluarin tiket tanpa paspor.

  16. Zuliyu Nazar

    July 23, 2019 at 1:29 pm

    Pak mau nanya, saya mau buat paspor tapi KTP saya ikut Karti Keluarga orang tua angkat sedangkan di Ijazah saya nama org tua kandung apakah nnti nya akan jadi Masalah ?

    Mohon pencerahan πŸ™‚

    • Usman West Java

      July 23, 2019 at 10:02 pm

      coba cek nama ayah di kartu keluargamu, biasanya kalau nama orang tua di kartu keluarga itu nama orang tua kandung kita walaupun nama kita ada di kartu keluarga yang lain. Tetapi kalau berbeda di bawa saja ke kantor imnigrasi kemudian nanti jelaskan kepada petugas administrasi disana.

  17. eka andriyanti

    July 29, 2019 at 5:48 pm

    bg usman, brp kira2 biaya bikin paspor utk kerja??

    • Usman West Java

      July 30, 2019 at 5:42 am

      sama saja biayanya…paling mahal E-Paspor sekitar 700 ribu,

  18. bestni

    August 6, 2019 at 6:15 pm

    sangat disyang kan terlalu lama untuk nunggu 1 bln baru bisa daftar ulang lagi hanya karna kurang 1 persaratan..kalau bisa jngn 1 bulan pak.. misalnya 2hari atau 3 hari …

    • Usman West Java

      August 7, 2019 at 8:26 pm

      Biasanya kalau kurang persyaratan saat itu juga diberitahu dan disuruh melengkapi, semoga saja tidak terjadi kepada yang lainnya.

  19. bestni

    August 6, 2019 at 6:16 pm

    sangat disyang kan terlalu lama untuk nunggu 1 bln baru bisa daftar ulang lagi hanya karna kurang 1 persaratan..kalau bisa jngn 1 bulan pak.. misalnya 2hari …

    terama kasih

  20. Neo

    August 8, 2019 at 7:46 am

    Boleh tau format sms untuk pengambilan paspor nya kayak gimana ?

    • Usman West Java

      August 8, 2019 at 9:41 am

      untuk pengambilan paspor isi smsnya hanya jam dan tanggal pengambilan paspor.

  21. Laurentio

    August 9, 2019 at 10:15 am

    Kalaw pembuatan passport baru untuk yang pernah di bleklist berapa biayanya ?

    • Usman West Java

      August 10, 2019 at 9:11 am

      untuk pembuatan paspor di bawah 1 juta, namun apabila ada kasus semacam di blacklist saya kurang tahu .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top