BLOGGING

CARA MEMINDAHKAN RIBUAN ARTIKEL BLOGSPOT KE WORDPRESS, PRAKTIS!

memindahkan ribuan artikel Blogspot.jpg

Kursuskomputergratis.com – Migrasi ke WordPress bukanlah hal mudah jika pada blog tersebut sudah terdapat ribuan artikel dan memiliki posisi terbaik di hasil pencarian mesin telusur, akan tetapi berdasarkan pengalaman penulis hal ini merupakan win solution untuk pengembangan SDM seorang Pro Blogger agar lebih siap dalam menghadapi competitor di zona pergualatan global, segmen ini akan memaparkan bagaimana teknik terbaik memindahkan ribuan artikel Bloggspot ke WordPress.

Ini adalah bagian yang paling mendasar dalam teknik migrasi ke WordPress namun dalam implementasinya tidak sedikit yang kebingungan lalu gagal melakukan import file XML ke database karena apabila sebuah blog telah memiliki ribuan artikel itu pasti ukuran file XMLnya akan sangat besar, hal itulah yang akan menyebabkan server kelebihan kapasitas dan tidak dapat berfungsi secara optimal ketika melakukan transfer file ke dalam database.

Penulis tidak merekomendasikan upload non partial langsung di server jika file XMLnya berukuran besar karena percuma saja pasti tingkat keberhasilannya sangat rendah. Banyak praktisi merekomendasikan teknik upload file XML secara partial yang artinya file tersebut harus di-split (dipisah pisah) menjadi beberapa bagian sampai ukurannya sesuai dengan kapasitas server. Lagi-lagi cara ini terlalu rumit untuk level pemula, penulis sendiri tidak menemukan tool split XML yang menjanjikan untuk memecahkan masalah ini.

Baca: Kenali Yang Ini Dulu Sebelum Membeli Hosting Untuk Website

Apa Solusi Paling Mudah Untuk Memindahkan Ribuan Artikel Blogspot ke WordPress?

Cara terbaik yang penulis rekomendasikan untuk memboyong ribuan artikel ke WordPress adalah menggunakan plugin Blogger Importer Extended. Plugin ini keren banget karena memberikan hasil yang cukup memuaskan dan bisa diandalkan untuk memindahkan file dari Blogspot yang ukurannya sudah besar dan hebatnya hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja untuk menyulap seluruh artikel ke WordPress tanpa ada error sedikitpun.

Plugin untuk memindahkan ribuan artikel blogspot ke WordPress.jpg

Gambar 1. Plugin Blogger Importer Extended

User yang belum memiliki skill coding pun bisa mengoperasikan plugin ini dengan sangat mudah seperti halnya plugin import bawaan WordPress itu sendiri, hanya saja jika menggunakan plugin import bawaan sering terkendala di ukuran filenya yang harus menyesuaikan dengan kapasitas server sehingga tidak sedikit pemula kebingungan dengan hal tersebut dan memilih tidak jadi migrasi ke WordPress karena file XMLnya terlalu besar.

Saat ini plugin Blogger Importer Extended tersedia juga dalam versi free namun kapasitasnya terbatas yang hanya bisa memindahkan 20 artikel saja. Untuk memindahkan ribuan artikel Blogspot tersebut harus menggunakan versi premium yang tersedia dengan harga 15 USD untuk 1 minggu pemakaian dan 20 USD untuk 1 bulan pemakaian dan kabar baiknya plugin ini bisa gunakan di banyak website sepanjang masa aktivasi lisensinya belum kadaluarsa.

Step by Step Memindahkan Ribuan Artikel Blogspot Menggunakan Plugin Blogger Importer Extended

Mengawali proses pemindahan artikel, pastikan sudah mengetahui ID Blogspotnya terlebih dahulu untuk dimasukkan ke dalam navigasi Blogger Importer Extended setelah itu barulah plugin tersebut dijalankan dan tunggu beberapa saat hingga proses migrasi artikel mencapai 100 persen. Lebih jelasnya silahkan simak detail langkahnya!

Pertama

Silahkan install plugin Blogger Importer Extended terlebih dahulu kemudian aktifkan untuk mendapatkan aksesnya. Pastikan WordPress yang digunakan sudah menggunakan versi terbaru untuk menghidndari adanya kemungkinan error saat memasang plugin karena versi WordPressnya mungkin sudah terlalu jadul.

menjalankan pengimport artikel blogspot;jpg

Gambar 2. Menjalankan Plugin

Pilih navigasi Plugin (1) pada dashboard WordPress. Selanjutnya klik Jalankan Pengimpor (2) untuk mengawali eksekusi program pada plugin cerdas ini.

Kedua

Plugin ini sangat simpel karena tidak menyulitkan pengguna. Pada Langkah ini plugin akan menampilkan navigasi siap pacu untuk memboyong artikel dengan jumlah yang tidak terbatas. Semakin banyak jumlah artikel maka waktu yang dibutuhkan akan semakin lama saat proses transfer data ke server, namun tidak memerlukan waktu hingga berjam-jam apabila koneksi internetnya stabil.

Run import artikel blogspot ke WordPress dengan mudah.jpg

Gambar 3. Run Plugin

Klik Run Importer (3) untuk menuju ke navigasi pengimport artikel. Sampai langkah ini harap mempersiapkan ID blogspot yang artikelnya akan dimigrasikan ke WordPress.

Ketiga

Step ini menawarkan kepada pengguna tentang fasilitas yang disediakan plugin Blogger Importer Extended yang terdiri dari dua versi yaitu layanan Gratisan dan Premium. Pada layanan gratisan, jumlah artikel yang dapat dimigrasikan dibatasi hanya 20 artikel saja. Jadi apabila ingin memindahkan ribuan artikel Blogspot maka harus menggunakan layanan premium seharga 15 USD untuk penggunaan 1 minggu dan 20 USD untuk penggunaan 1 bulan.

cara memilih layanan import artikel tercepat.jpg

Gambar 4. Cara memilih layanan Free dan Premium

Klik Unlimited license (5) untuk menjalankan fitur premium lalu masukkan kode lisensinya dan untuk fitur Free silahkan klik nomor (4). Jika akan menggunakan layanan premium maka pastikan sudah membayar paket layanan premium untuk mendapatkan kode lisensinya. Perlu diketahui saat ini pembayaran paket premium hanya support menggunakan kartu kredit atau sejenisnya dan tidak support Paypal.

Baca: Cara Transfer Saldo Paypal Via Mobile [Plus Video]

Keempat

Sebelum menjalankan langkah ini pastikan sudah menyiapkan ID Blogspot yang ditargetkan. Bila belum disiapakn silahkan lihat ID Blogspot dengan cara membuka dasbor blog tersebut. Masih bingung bagaimana melihat ID Blogspot? Silahkan klik link ini untuk mendapatkan tutorial melihat ID Blogspot. Mungkin pemula juga tidak akan bingung kemana memasukkan ID Blogspot tersebut karena dalam tool ini navigasinya didesain dengan semudah mungkin.

cara memasukkan ID Blogspot untuk mengimport artikel ribuan.jpg

Gambar 5. Cara Memasukkan ID Blogspot

Perhatikan kolom yang bertuliskan Blog ID should be number (6), silahkan masukkan ID Blogspot target ke kolom tersebut. Untuk melakukan eksekusi program maka klik Kirim (7). Sampai disini proses transfer artikel belum berjalan karena masih ada navigasi lanjutan.

Kelima

Finaly. Ini adalah step terakhir dan tool siap dipacu untuk memindahkan ribuan artikel Blogspot target ke WordPress hanya dengan 1 klik saja maka dalam waktu sekejap seluruh artikel akan berpindah ke WordPress. Halaman ini akan menampilkan informasi nama domain Blogspot target sehingga pengguna tidak akan salah dalam menentukan Blog mana yang artikelnya akan dimigrasikan ke WordPress.

import ribuan artikel blogspot ke WordPress.jpg

Gambar 6. Mulai Import Artikel

Klik Start Import (8) untuk mulai mengirim artikel ke WordPress, selanjutnya nanti akan ada list checkbox kosongkan saja lalu klik lagi navigasi eksekusi program untuk memulai import artikel yang ada di halaman tersebut. Sampai disini pengguna hanya tinggal menunggu proses transfer artikel hingga mencapai 100 persen. Perhatikan koneksi internet jangan sampai terputus.

Keenam

Tidak ada action dalam langkah ini. Pengguna hanya akan mendapatkan informasi bahwa proses import konten telah selesai. Jangan menutup tool kalau belum ada notifikasi ini supaya eksekusi program tidak corrupt sehingga hasilnya maksimal, jadi walau pada langkah kelima sudah selesai tetap pengguna harus menunggu halaman ini muncul.

Informasi Proses import artikel blogpsot.jpg

Gambar 7. Notifikasi Proses Import Telah Selesai

Klik Return to dashboard (9) untuk mengakhiri program dan Kembali ke dasbor WordPress. Selanjutnya silahkan periksa artikel secara menyeluruh, dari pengalaman penulis menggunakan tool ini hasilnya cukup lumayan namun masih harus mengecek artikel secara menyeluruh karena akan ada format tulisan yang kurang pas.

Kekurangan dan Kelebihan Memindahkan Ribuan Artikel Blogspot Ke WordPress Menggunakan Plugin Blogger Importer Extended

Penulis berharap semoga poin ini dapat membantu untuk dijadikan referensi tambahan apabila ingin menggunakan produk tersebut. Walau secara keseluruhan hasilnya cukup memuaskan namun ada beberapa hal penting yang harus diketahui.

Kekurangan

Plugin ini tidak dapat memindahkan artikel yang belum diposting, misalkan katika dimigrasikan ada 100 artikel yang masih di draft atau dalam proses postingan terjadwal maka artikel-artikel tersebut tidak akan dapat terpindahkan ke WordPress karena hanya merender artikel yang sudah diposting.

Kelebihan

Plugin ini sangat praktis dan cocok digunakan oleh semua kalangan terutama para pemula karena navigasinya yang mudah. Selain itu, lisensinya bisa digunakan oleh domain lain sehingga cukup membeli 1 lisensi maka bisa digunakan di semua website yang dikehendaki pengguna.

Masih Bingung dan Tidak Bisa Memindahkan Ribuan Artikel Blogspot?

Penulis sangat aktif memberikan respon terbaik untuk pembaca situs ini, jadi silahkan tuliskan di kolom komentar pertanyaan seputar teknik migrasi artikel menggunakan plugin Blogger Importer Extended atau jika tidak memiliki banyak waktu dan tidak yakin bisa melakukannya silahkan boleh menggunakan jasa penulis Insya Alloh dibantu dengan biaya yang tidak memberatkan tentunya. Untuk pelayanan servis dari penulis bisa menghubungi WA 0813-9100-3001, telepon/sms 0852-0888-8881, email: usman.leskomputer@gmail.com.

Siap bermigrasi? Lets go…

Kesimpulan

Memindahkan ribuan artikel Blogspot lebih mudah menggunakan plugin Blogger Importer Extended dibanding dengan menggunakan plugin import bawaan wordpress karena pengguna tidak perlu memodifikasi kapasitas upload data pada server yang tentunya tidak mudah.

Tidak perlu mem-backup data Blogspot kemudian menguploadnya ke server, cukup mengetahui ID Blogspot yang akan dimigrasikan lalu memasukkannya ke navigasi plugin untuk dapat memboyong seluruh artikel yang ada di blogspot tersebut.

Sebelum menajalankan plugin untuk mengimport seluruh artikel harap memastikan seluruh artikel sudah terposting karena yang masih di draft tidak akan dapat diproses oleh sistem pengimport file.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

− 1 = 1

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top