APLIKASI

BEGINI CARA MENAMBAHKAN KARTU JHT DI APLIKASI BPJSTKU [TAMBAH KPJ]

menambahkan kartu JHT.png
CREATIVE BY : KURKOM

Kursuskomputergratis.com – BPJSTKU yang merupakan salah satu aplikasi besutan BPJS Ketenagakerjaan kini dapat memberikan informasi seputar layanan jaminan sosial tenaga kerja lokal maupun asing yang bekerja di Indonesia termasuk informasi saldo JHT (Jaminan Hari Tua) langsung melalui smartphone dengan cara menambahkan kartu JHT ke dalam aplikasi tersebut.

Untuk peserta yang memiliki kartu JHT aktif lebih dari satu maka bisa melihat informasi saldo dari masing-masing kartu. Manfaatkan fitur tambah kartu JHT dalam aplikasi BPJSTKU untuk mendapatkan informasi saldo JHT. Supaya dapat memperkuat wawasan sobat, penulis akan memaparkan cara menambahkan kartu JHT di aplikasi BPJSTKU.

Sepertinya fitur tambah kartu JHT dalam aplikasi ini hanya bisa diakses dalam keadaan tertentu yaitu bagi peserta yang memiliki kartu JHT aktif lebih dari satu saja sehingga apabila hanya memiliki satu kartu JHT maka tidak akan menemukan fitur tambah kartu ini.

Penulis pernah membandingkan dengan cara login menggunakan akun peserta yang memiliki dua kartu JHT aktif dan akun peserta yang hanya memiliki satu kartu JHT aktif, hasilnya pada akun peserta yang memiliki dua kartu JHT tersebut bisa menemukan fitur tambah kartu JHT sedangkan untuk akun peserta yang hanya memiliki satu kartu JHT aktif ternyata fitur tambah kartu tidak tersedia.

Saran penulis apabila sobat memiliki dua kartu JHT maka segera saja lakukan penggabungan saldo, hal ini bisa dilakukan sendiri dengan mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan atau melapor ke perusahan tempat bekerja yang sekarang sedang dijalani (khusus bagi karyawan perusahaan/PBU).

Baca : Panduan Daftar BPJS Ketenagakerjaan Dengan Menggunakan Aplikasi BPJSTKU [Peserta Mandiri]

Langkah-Langkah Menambahkan Kartu JHT

Pastikan dua kartu JHT tersebut masih aktif dan pemiliknya sama, karena dalam satu account BPJSTKU hanya untuk satu peserta saja sehingga jika menambahkan kartu JHT orang lain maka akan ditolak oleh sistem tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan simak langkah-langkah berikut ini !

Pertama

Silahkan login aplikasi, pastikan sebelumnya sudah melakukan registrasi di aplikasi BPJSTKU karena kalau belum registrasi maka tidak akan bisa menjalankan metode ini.

Aplikasi Jamsostek.png

Gambar 1. Landing page aplikasi BPJSTKU

Silahkan klik Lihat Kartu & Saldo JHT (2) untuk dapat menuju ke navigasi tambah KPJ dalam aplikasi ini.

Kedua

Selanjutnya akan muncul popup untuk memasukkan PIN aplikasi yang kalian miliki. Perhatikan gambar berikut !

input PIN aplikasi BPJSTKU.png

Gambar 2. Popup permintaan PIN aplikasi

Pada halaman ini silahkan masukkan password aplikasi ke kolom nomor (2), pastikan password tersebut tidak salah. Jika password sudah benar maka selanjutnya tekan KIRIM (3).

Ketiga

Bagian ini sangat confidential jadi usahakan ketika membuka halaman ini tidak ada orang lain yang melihatnya kecuali jika diperbolehkan oleh sobat, karena disini terdapat beberapa data penting terkait mengenai upah peserta dan jumlah saldo JHT.

penampil data kartu JHT.png

Gambar 3. Penampil data kartu JHT

Seperti yang terlihat pada gambar 3 ini ada beberapa informasi penting dan bersifat rahasia yaitu upah terakhir, iuran terakhir dan saldo terakhir jadi harap tidak terlalu membebaskan orang lain bisa melhat bagian ini.

Untuk menambahkan kartu JHT ke dalam aplikasi BPJSTKU ini silahkan perhatikan bagian yang ditandai dengan panah nomor (4) di pojok sebelah kanan atas layar. Di sana terlihat ada tanda plus (+), nah silahkan klik saja untuk memulai menambahkan kartu JHT, ingat nama peserta wajib sama dengan yang sudah ada di akun tersebut.

Keempat

Ini adalah popup untuk memasukkan nomor JHT, silahkan tambahkan kartu JHT kalian yang masih aktif pada kolom yang disediakan di halaman ini.

tambah KPJ di aplikasi BPJSTKU.png

Gambar 4. Input nomor JHT

Masukkan nomor kartu JHT pada kolom nomor (5) dan selanjutnya tekan tombol SIMPAN (6) apabila nomor JHT yang dimasukkan sudah benar sesuai dengan yang tertera pada kartu tersebut.

Kelima

Ini adalah notifikasi yang ditampilkan oleh aplikasi apabila penambahan KPJ berhasil dilakukan.

notifikasi tambah KPJ.png

Gambar 5. Notifikasi tambah KPJ telah sukses

Tekan OK untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Keenam

Apabila penambahan kartu JHT berhasil dilakukan maka data kartu tersebut akan ditampilkan pada halaman ini. Perlu diketahui kalau di bagian ini seluruh kartu JHT yang telah ditambahkan akan di tampilkan dalam hal ini kartu JHT dengan nama peserta yang sama.

penampil kartu JHT di aplikasi BPJSTKU.png

Gambar 6. Data seluruh kartu JHT

Apabila kartu JHT yang dimasukkan ke dalam aplikasi lebih dari satu maka pada layar penampil kartu akan ada tanda slide, perhatikan bagian yang ada dalam kotak berwarna biru yang ditunjukkan oleh nomor (7). Usap layar ke arah kanan atau kiri untuk melihat kartu JHT secara bergantian.

Pada setiap kartu yang ditampilkan layar maka di bawahnya akan ada rincian saldo, iuran terakhir, upah terakhir, tempat bekerja. Apabila ada ketidak sesuaian data maka harap segera menghubungi pihak perusahaan tempat sobat bekerja atau langsung tanyakan ke kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Kesimpulan

Tidak semua peserta bisa menemukan fitur tambah kartu JHT dalam aplikasi BPJSTKU kecuali mereka yang memiliki kartu JHT aktif lebih dari satu.

Dengan menggunakan aplikasi BPJSTKU peserta dapat mengetahui saldo JHT mereka kapanpun dan dimanapun karena bisa dilakukan dalam satu genggaman tangan.

Setiap akun di aplikasi BPJSTKU hanya bisa digunakan oleh satu peserta, sehingga apabila akan menambahkan kartu JHT seperti pada tutorial ini maka identitas pemilik kartu tersebut wajib sama dengan kartu yang sudah ter-input sebelumnya.

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google



16 Comments

16 Comments

  1. noval

    Juli 7, 2018 at 3:56 am

    selamat siang kak ,

    artikel nya sangat membantu ka ,

    tetapi ad yang mau saya tanyakan , pada saat cek saldo JHT terakhr, pada kolom atas tidak terdapat logo ( + ) tambahkan yang seperti di jelaskan oleh artikel kk ,

    apakah ada solusi lain kak ? mohon petunjuk , kamsyah 🙂

  2. Usman West Java

    Juli 7, 2018 at 5:49 am

    tanda (+) tersebut akan muncul di kondisi tertentu saja dan sepertinya khusus bagi yang memiliki kartu BPJSTK lebih dari 1 dan itu tercatat di server BPJSTK. apabila tidak menemukan tanda tersebut silahkan datang langsung ke kantor BPJSTK untuk dilakukan penggabungan saldo JHT tersebut.

  3. Nita

    Juli 7, 2018 at 2:27 pm

    Sangat bermanfaat pak, saya sendiri merasa terbantu dengan artikel ini. Terimakasih

  4. Usman West Java

    Juli 8, 2018 at 1:01 am

    sama sama mbak Nita. Terimakasih sudah membaca referensi dari sini.

  5. Gugun

    Juli 26, 2018 at 10:31 am

    Kenapa di app bpjstk saya tidak ada simbol plus(tambah) ya? Pdhl app sudah terupdate.. terima kasih

  6. Usman West Java

    Juli 27, 2018 at 1:25 am

    ada dua kemungkinan, pertama sebagaimana yg saya jelaskan di ulasan. jadi fitur ini akan muncul kalau kita punya 2 KPJ aktif dan tercatat di server BPJSTK. Punya saya sendiri tidak ada tanda (+) nya tetapi punya teman saya malah ada karena dia punya 2 KPJ aktif. Kmungkinan kedua, mungkin dari pihak developernya belum menyempurnakan aplikasi tersebut, bila anda mau menambahkan KPJ baru silahkan ke kantor BPJSTK saja apabila di aplikasi tidak terdapat fitur tambah KPJ.

  7. windy

    Agustus 10, 2018 at 6:33 am

    maw tnya sya kok gak bisa nambahin ya.. balasanya setelah saya masukkan pin tp balasnya data saldo tidak tersedia.. knpa ya mas? soalnya kartu saya yg lama dana nya sdah saya cairkan.. ada cara lain kah buat nambah no d aplikasinya?

  8. Usman West Java

    Agustus 15, 2018 at 1:27 am

    silahkan cek kepesertaan anda ke kantor jamsostek (BPJS Ketenagakerjaan), biasanya kalau saldonya sudah dicairkan maka status kepesertaannya menjadi tidak aktif sehingga tidak dapat digunakan lagi pada aplikasi BPJSTK mobile.

  9. Noname

    Agustus 19, 2018 at 6:23 am

    Makasi Bro, bermanfaat sekali..temen gw sampe bingung kpj yg satunya ga bs di cek saldo.y.. eh ternyata cm gitu aja. Hehehhe. Makasih lhoo

  10. Usman West Java

    Agustus 19, 2018 at 3:56 pm

    sip, keren banget sudah belajar disini. 🙂

  11. fajrian ade nugraha

    Agustus 27, 2018 at 6:05 am

    mau tanya mas, akun saya yg lama bpjsnya sudah dicairkan. nah skrg sudah dikntor baru. mesti bkin akun baru atau bsa pke akun yg lama ya? soalnya pas saya coba buka akun lama. untuk tmbah kartu ga bsa. karna pas masukin pin aplikasi, nongol pop up saldo tidak tersedia. mohon dibalas ya

  12. Usman West Java

    Agustus 27, 2018 at 7:03 am

    pada tutorial ini sama persis kasusnya seperti mas fajri, namun apabila fitur tambah KPJ tidak dapat diakses sebaiknya membuat akun baru saja. Apabila membuat akun baru masih juga tidak bisa sebaiknya melakukan refresh database ke kantor BPJSTK terdekat atau menghubungi customer service yang ada di aplikasi tersebut.

  13. Claudius Sugi

    September 4, 2018 at 8:22 am

    Kenapa setelah saya upgrade app saya tidak bisa login ke akun saya melalui aplikasi tersebut, dengan keterangan akun email tidak terdaftar. mohon pencerahannya manteman

  14. Usman West Java

    September 7, 2018 at 12:55 am

    sebaiknya registrasi ulang, mungkin ada data lama anda tidak lagi terecord di servernya

  15. Iyarchan

    September 21, 2018 at 11:53 am

    Malam kak, mau tanya. Saya punya 2 kartu BPJSTK.
    Awalnya saya tidak tau kalau aplikasi tsb dpt memasukkan 2 nomor. Nomor yg pertama sudah saya klaim karena saya sudah resign, dan saya mau coba daftarin nomor yg ke 2 tp aplikasi ga sudah tdk bisa mengecek semua menu yg ada (hanya bisa cek profil) karena saldo nya yg pertama sudah kosong. Apa ada solusi?

  16. Usman West Java

    September 22, 2018 at 4:34 am

    pada tutorial ini juga kasusnya seperti itu, kartu pertama udah di claim dan mendaftarkan kartu kedua tidak ada masalah. Sebaiknya periksa status kartu yang anda miliki apakah tidak aktif atau data pribadi kartu tersebut berbeda dengan data pada KTP anda. Sebagai alternatif saran saya dicoba saja daftar akun baru, namun apabila masih ditolak karena masalah data maka mintalah kepada customer service untuk mereset database anda supaya bisa daftar ulang.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top