TIPS

INI YANG WAJIB KAMU KETAHUI SAAT AKAN MENARIK UANG DI ATM BCA DAN ATM BRI

Menarik uang di ATM.jpg
CREATIVE BY : KURKOM

Kursuskomputergratis.com – Menarik uang di ATM (Anjungan Tunai Mandiri) merupakan kebutuhan primer bagi sederet kalangan terutama para pelaku usaha dan pebisnis yang lebih banyak melakukan transaksi tunai daripada non tunai, contohnya para pedagang di pasar tradisional yang lebih banyak melakukan perputaran uang tunai sehingga mereka membutuhkan alat tempur yang memadai jika stock uang cash-nya tiba-tiba habis yaitu kartu ATM.

Well, untuk yang sering mondar-mandir ke ATM BCA dan ATM BRI sebaiknya mengetahui kapasitas transaksi tunai dari kartu ATM yang digunakan. Penulis memiliki pengalaman menarik saat hendak melakukan transaksi tunai di ATM BCA dan ATM BRI namun proses transaksi tersebut tidak dapat dilakukan dalam sehari padahal kebutuhannya sangat mendesak karena harus ada uang tunai saat itu juga.

Baca: Cara Membayar Tagihan Bpjs Kesehatan Menggunakan Internet Banking BCA

Penulis berharap masalah di atas tidak dialami oleh kalian sehingga aktivitas bisnisnya bisa terhambat akibat adanya delay transaksi pembayaran yang terlalu lama yaitu harus menunggu 1×24 jam lagi untuk melakukan transaksi kedua karena transaksi pertama melebihi batas transaksi harian pada kartu ATM tersebut.

Berapa Jumlah Maksimal Transaksi Tunai Dalam Sehari Jika Menarik Uang Di ATM BCA dan ATM BRI ?

Pastikan kalian tahu jumlah maksimal transaksi tunai dalam sehari pada kartu ATM yang digunakan supaya target pembayaran dengan konsumen bisa dilakukan lebih cepat sehingga aktivitas bisnisnya berjalan dengan lancar dan proses transaksi bisnis bisa terukur dengan baik dan tentunya kalian semakin dipercaya oleh mitra usaha yang terlibat dalam bisnis tersebut.

Setiap kartu ATM yang dikeluarkan oleh Bank BCA ataupun BRI memiliki kapasitas limit transaksi tunai harian sesuai dengan fitur pada kartu ATM tersebut namun sejauh ini penulis belum menemukan limit transaksi tunai di atas 10 juta rupiah. Penulis akan memberikan contoh dua jenis kartu ATM BCA dan BRI yang umumnya digunakan oleh kalangan masyarakat terutama kelas ekonomi menengah ke bawah.

Berikut adalah kartu ATM BCA dan BRI yang penulis gunakan sebagai penunjang kegiatan berbisnis dan biasanya kartu-kartu jenis ini paling umum di gunakan karena syarat untuk membuatnya tidak rumit cukup membuka rekening saja maka kartu ATM jenis ini bisa diterbitkan :

Kartu ATM BRI Classic dan ATM BCA Blue (2018) .jpg

Gambar 1. Kartu ATM BRI Classic dan ATM BCA Blue (2018)

Dalam proses pembuatannya kartu ATM BCA dan BRI jenis ini tidak begitu ketat seperti pada pembuatan kartu ATM jenis Gold atau Platinum yang hanya bisa dikeluarkan jika nasabah memiliki frekuensi transaksi harian yang cukup tinggi mungkin mencapai puluhan juta hingga ratusan juta dalam sehari.

Limit transaksi tunai harian kartu ATM BRI Classic yaitu 5 juta setiap harinya sedangkan untuk ATM BCA Blue mencapai 7 Juta. Jadi dengan mengetahui limit transaksi ini kalian bisa mengukur kebutuhan transaksi bisnis yang dilakukan secara tunai. Apabila ingin melakukan transaksi tunai di ATM dengan jumlah yang banyak misalkan 21 juta maka harus menggunakan beberapa ATM.

Usahakan menarik uang di ATM hanya untuk dalam keadaan darurat saja, untuk transaksi tunai dengan jumlah yang besar dan sekiranya tidak dikejar-kejar waktu maka sebaiknya melalui teller pada jam kerja bank walaupun harus rela ngantri.

Alternatif lain apabila ingin menyesuaikan dengan kebutuhan transaksi tunai dengan angka yang besar misalkan 10 juta silahkan update jenis kartu ATM yang digunakan dengan mengajukan permohonan ke pihak bank untuk dibuatkan kartu ATM jenis Gold atau Platinum yang limit transaksi tunai hariannya mencapai 10 juta.

Kartu ATM Paspor BCA Gold.jpg

Gambar 2. Kartu ATM Paspor BCA Gold

Gambar 2 adalah kartu ATM BCA jenis Gold, apabila kalian nasabah BCA dan sering melakukan transaksi tunai di ATM dalam jumlah yang cukup besar maka penulis sarankan untuk membuatnya dengan mengajukan permohonan update kartu ATM di CSO bank tersebut biasanya kalau disetujui bisa langsung dicetak hari itu juga.

Baca : Awas Salah Transfer !!! Cara Menghapus Nomor Rekening Di BCA Internet Banking

Kesimpulan

Menarik uang di ATM dilakukan hanya dalam keadaan darurat saja saat tidak memungkinkan kalau harus ngantri di teller karena dikejar waktu.

Pilih mesin ATM yang sesuai dengan kartu ATM, misalkan kalau kartu ATMnya BRI maka gunakan mesin ATM BRI karena jika menggunakan mesin ATM non BRI maka biaya administrasinya lumayan besar bisa mencapai Rp.5000 bahkan lebih per transaksi.

Untuk Transaksi yang besar di atas 5 juta hingga maksimal 10 juta maka gunakan kartu ATM jenis Gold atau Platinum.

Pilih transaksi dengan uang pecahan 100 ribu jika transaksinya besar karena biasanya bisa mencapai 2.5 juta sekali tarik sedangkan pecahan 50 ribu hanya bisa 1.25 juta sekali tarik, jadi kalau mau tarik 10 juta maka cukup 4 kali tarik saja jika menggunakan pecahan 100 ribu sehingga kartu ATM tidak cepat rusak.

Jangan sampai lupa PIN karena kesalahan memasukkan PIN sebanyak dua kali berturut-turut biasanya kartu ATM akan langsung terblokir.

Segera ambil kartu ATM apabila sudah dikeluarkan oleh mesin karena kalau dibiarkan maka kartu ATM bisa tertelan oleh mesin (masuk ke dalam mesin).

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top