ADSENSE

BEGINI CARA MENCEGAH AGAR ADSENSE TIDAK TERKENA BOM KLIK

Bom Klik

Begini Cara Mencegah Agar Adsense Tidak Terkena Bom Klik – Salah satu hal paling utama yang dapat mendongkrak totalitas kita dalam menjaga eksistensi seni blogging seutuhnya adalah memiliki akun AdSense dan menjalankannya untuk mengkomersialisasikan situs atau blog yang kita miliki demi mendapatkan rezeki tambahan sehingga lelah kita terbayar tuntas.

Di tengah keharmonisan bermitra dengan Google AdSense, ada sebuah fenomena yang tidak jarang terjadi dan ini dapat menjadi perontok semangat sang blogger, hal tersebut adalah Bom Klik. Yess, mungkin ini terdengar sedikit aneh bagi sobat yang baru berbulan madu dengan AdSense.

Perlu sobat ketahui bahwa dalam dunia bisnis Ads online sekelas Google AdSense, terkena bom klik itu hal yang biasa terjadi. Jika hal ini menimpa akun AdSense yang baru maka kemungkinan besar akun tersebut di-suspend oleh Google sehingga tidak lagi dapat menayangkan iklannya untuk sementara waktu atau bahkan selamanya.

Bagaimana ? ngeri-ngeri sedap ya mendengarnya ?? 😀

Betapa merananya seorang blogger yang baru saja menikmati kebersamaan dengan AdSense kemuadian harus terpisah karena akun tersebut telah diambil lagi oleh Yang Maha Kuasa akibat dari perbuatan seseorang yang tidak bertanggung jawab. Sebaiknya sobat jangan terlalu bersedih hati, mari kita ambil sisi positifnya dari kejadian ini karena segala yang kita alami itu pasti ada hikmah-nya.

Apa sih bom klik ?

Bom klik adalah klik yang sangat banyak dengan jumlah puluhan atau bahkan ribuan klik dari 1 IP komputer pengguna atau lebih dan terjadi dalam waktu yang sangat singkat sehingga melebihi rasio klik tayang iklan yang telah diperhitungkan oleh Google AdSense. Jika hal ini terjadi maka AdSense akan menganggap telah terjadi klik yang tidak sah (klik fraud) dan akun rentan terkena suspend atau bahkan banned permanen.

Gambar berikut ini adalah perubahan yang terjadi pasca bom klik yang menimpa AdSense situs ini pada Rabu dini hari tepatnya taggal 12 Juli 2017 :

bom klik

Gambar 1. Indikasi terkena bom klik

Pada Gambar 1. memperlihatkan variable yang tidak wajar terutama pada RPM dan RKT sehingga melebihi perhitungan wajar AdSense dan inilah salah satu pertimbangan AdSense mem-banned akun tersebut.

Baca : Mengenal Rkt Google Adsense Dan Cara Meningkatkannya

Untuk mengetahui bahwa itu bom klik, bisa sobat perhatikan perbandingan antara jumlah Tayangan, Tampilan laman dan Klik yang tidak wajar. Sangat tidak mungkin terjadi 65 klik dalam 6 kali tampilan halaman dan 11 kali tayangan iklan. Mungkin kalau 1 atau 2 klik itu masih wajar karena masih dalam batas normal perhitungan standard AdSense. Itulah sekilas mengenai bom klik yang merupakan perbuatan yang tidak terpuji.

Mengapa Terjadi Bom Klik ?

Bom klik pada umumnya terjadi apabila ada orang yang tidak suka dengan eksistensi kita, atau karena kita telah melakukan kesalahan yang membuat pelaku dendam atau malah sebaliknya ada orang yang simpati terhadap kita lalu mengklik iklan yang kita tayangkan pada situs dengan maksud agar kita memiliki untung yang besar.

Contoh kasus awal mula terjadinya bom klik (klik fraud) : Setelah sobat mendapat persetujuan dari AdSense kemudian mengabari emak di kampung bahwa sobat telah resmi menjadi karyawan Google karena telah berhasil menayangkan iklannya dan menyuruh emak untuk merubah data di KTP sobat dari statusnya “ Karyawan Swasta” menjadi “Karyawan Google”, selanjutnya si emak mengajak warga sekampung melalui pak RT untuk ramai-ramai mengklik iklan pada halaman situs sobat dengan maksud agar si emak bisa mendapatkan ongkos tambahan dari sobat untuk bisa naik haji karena jualan buburnya kurang laris. Alhasil jumlah klik pun melimpah namun melebihi dari perhitungan normal dari standard Google AdSense.

Dari cuplikan cerita yang berjudul “Emak Karyawan Google Naik Haji” di atas, dapat kita pastikan bahwa perolehan klik yang melimpah dengan cara yang tidak wajar tersebut akan menjadi petaka karena kemungkinan besar malah akan bangkrut karena akun terancam di-suspend hingga banned permanen oleh Goolge sehingga kita tidak berpenghasilan lagi.

Bagaimana Solusinya Agar Bom Klik Tidak Menimpa diri Kita ?

Bom klik pada umumnya dipicu oleh faktor psikologi dari kedua belah pihak yang saling bersikap reaktif. Untuk menanggulangi hal ini sebaiknya dimulai dari diri kita terlebih dahulu. Karena hampir sepenuhnya penyebab bom klik itu akibat ulah dari perbuatan kita sendiri, namun ada juga karena perbuatan seseorang yang iri terhadap keberhasilan kita.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mencegah agar tidak terjadi bom klik :

Bersikap baik terhadap semua orang khususnya sesama blogger

Kebaikan pasti akan membawa kebaikan karena itu merupakan ketentuan yang sudah pasti terjadi. Bersikap baiklah terhadap semua orang yang ada di sekitar kita sehingga mereka menghormati dan menghargai kita. Dengan begitu kedinamisan akan selalu terjaga dan pastinya akan jauh dari rasa benci yang dapat memicu dendam.

Sembunyikan Visibilitas AdSense Yang Dimiliki

Jangan menjadi blogger yang eksibisionis dengan memperlihatkan visibilitas AdSense yang dimiliki dengan maksud pamer atau tujuan lainnya. Tidak dibenarkan jika sobat memperlihatkan hal-hal yang bersifat confidential sehingga mengundang iri hati orang lain, seperti memperlihatkan jumlah klik yang diperoleh apalagi sampai memperlihatkan gaji dari AdSense.

Baca : Tips Mendapatkan Gaji Dari Google Adsense Setiap Bulan

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Kita Mengetahui Akun Sedang Dibom Klik ?

Apabila memergoki akun sedang dibom klik, maka tindakan yang paling tepat adalah mencopot situs dari akun AdSense, dengan begitu pihak Google akan mengetahui usaha sobat untuk menghindari aksi tersebut sehingga kemungkinan akun tidak di-suspend oleh Google dan selain itu jumlah klik yang bertubi-tubi tidak akan mempengaruhi akun.

Ciri-ciri akun terkena bom klik yaitu earning naik secara tiba-tiba dengan jumlah yang besar, RPM dan BPK juga naik, selain itu perolehan klik lebih banyak daripada tampilan halaman seperti yang diperlihatkan pada Gambar 1 di atas.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mencopot situs dari akun AdSense saat terjadi bom klik :

Masuk ke dasbor AdSense>Settings>My Sites>Pilih situs yang akan di copot untuk sementara karena masalah adanya bom klik. Lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini :

Cara mencopot situs

Gambar 2. Cara mencopot situs dari AdSense

Untuk mencopot situs yang disinyalir bermasalah dengan adanya bom klik maka silahkan sobat ikuti langkah di atas secara berurutan, geser toggle yang ditandai dengan nomor 3 ke arah kiri. Dengan begitu akun akan tetap aman karena situs sudah tidak lagi terhubung dengan AdSense.

Langkah di atas dilakukan apabila sobat mengetahui iklan di halaman situs yang terkena bom klik, apabila memiliki banyak situs yang terhubung dengan AdSense sobat seperti pada gambar di atas, maka sebaiknya copot saja semua situs yang terhubung ke AdSense tersebut untuk sementara waktu hingga situasinya sudah benar-benar kondusif.

Apa ada keuntungan Jika Terkena Bom Klik ?

Secara financial tidak ada untungnya jika terkena bom klik, yang ada kita malah akan bangkrut karena tidak bisa lagi menayangkan iklan sehingga tidak ada pemasukan tambahan lagi dari Google AdSense.

Namun secara spiritual, kita memiliki keutungan yaitu sebagai orang yang terdzolimi dan di hari perhitungan kelak (di akhirat) kita bisa menuntut kepada orang tersebut untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya :D.

Kesimpulan

Jika situs memiliki trafik yang tinggi, maka kemungkinan akan selamat dari banned sehingga akun tetap eksis seperti biasanya walau terjadi bom klik.

Jika bom klik terjadi pada akun baru maka kemungkinan Google akan segera men-suspend akun tersebut.

Detik-detik terjadinya bom klik yaitu saldo akan naik secara tiba-tiba kemiudian akan turun lagi setelah beberapa saat hingga ke angka normal.

Sikap yang baik dan ramah terhadap siapapun terutama di dunia maya merupakan proteksi yang kuat dari tindakan kejahatan.

Segera copot situs yang terhubung dengan AdSense jika mengetahui sedang terjadi bom klik, karena dengan begitu iklan di halaman situs tidak akan memiliki pengaruh sama sekali walau diklik hingga ratusan atau bahkan ribuan kali.

2 Comments

2 Comments

  1. Saipul Muiz

    Agustus 15, 2017 at 2:11 am

    Wah kudu ngajieun sinetron Emak Karyawan Google Pengen Naik Haji

  2. faisal alamsyah

    Oktober 21, 2017 at 6:03 am

    Anjir ngakak gue bacanya suruh emak ganti KTP wkwkwkwkwk

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 55 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top