ADSENSE

MENGAPA PENDAPATAN ADSENSE SEMAKIN KECIL ?

pendapatan AdSense semakin kecil.jpg

Mengapa Pendapatan AdSense Semakin Kecil ? – Indikator keberhasilan publisher AdSense adalah earning-nya yang besar, namun tidak berlaku bagi yang menggunakan teknik blackhat karena penganut teknik ini tidak cocok jika disejajarkan dengan para Google friendly yang sudah expert dan sudah terbiasa bekerja keras dengan cara yang halal menurut versi Google.

Dengan banyaknya keluhan yang masuk dari pembaca setia situs ini tentang pendapatan AdSense mereka yang semakin menurun, penulis akan mencoba memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan cara yang paling umum dan tentunya mudah untuk dilakukan oleh teman-teman terutama yang masih pemula.

Jangan bilang susah kalau belum pernah mencoba dan berusaha selagi masih diberi kesempatan berfikir maka teruslah berinovasi supaya bisa meraih target yang diimpikan karena diperlukan kreativitas untuk mendapatkan harga yang pantas sehingga bisa menjadi pemicu semangat yang tak pernah mati.

Seorang publisher AdSense yang berbakat selalu jeli dan cepat tanggap tanpa memandang setiap permasalahan teknis dengan sebelah mata, artinya tidak menganggap sepele karena ia tau setiap kemungkinan buruk yang terjadi jika dibiarkan terlalu lama maka akan berimbas kepada pendapatannya.

Fokus ke topik . . .

Penyabab Pendapatan AdSense Semakin Kecil

Ini adalah masalah yang paling umum terjadi setiap saat dimana value CPC/BPK Google AdSenses sangat kecil hingga turun ke level Rp.1 per klik, jelas kalau ini sangat mengagetkan bagi yang baru terjun ke bisnis PPC (Pay Per Click) sekelas Google Adsense bahkan seniorpun banyak yang resah dengan hal ini.

Perlu diketahui bahwa harga klik iklan itu fluktuatif, semua bergantung kepada iklan yang diklik oleh pengunjung. Mungkin sobat akan beruntung jika iklan yang diklik oleh mereka notabenenya adalah ber-BPK tinggi maka pendapatan bisa meningkat, tapi jika sebaliknya maka pendapatan bisa terjun bebas.

Baca : Cara Meningkatkan Performa Iklan Adsense [Earning Bisa Naik]

Analisa Teknik dan Masalah

Diantara beberapa faktor untuk mendorong pendapatan dari Iklan Google AdSense yang paling berpengaruh adalah readable content, lalulintas visitor dan relevansi iklan pada landing page, jika sobat tidak memiliki ketiganya maka siap-siap saja blognya menjadi lahan parkir gratis bagi iklan Google AdSense.

Jika blognya dibanjiri visitor maka tidak menutup kemungkinan kita memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan banyak klik iklan, tapi ingat ini hanya peluang yang artinya belum menjadi kenyataan karena bisa juga tidak ada yang mengklik iklan.

Apa Sih Readable Content ?

Secara bahasa Adalah konten yang enak dibaca, sedangkan secara teoritis adalah konten yang dapat memberikan kenyamanan kepada pembaca karena ada manfaat yang dapat mereka ambil sehingga bisa berdampak baik terhadap psikologinya.

Feedback-nya dari poin ini adalah benefit yang dapat meningkatkan kepercayaan mereka terhadap situs sekaligus pengelolanya. Dengan begitu situs akan memiliki reputasi bagus di search engine dan tidak menutup kemungkinan akan menjadi situs referensi yang diprioritaskan oleh para pengiklan di chanel lelang mereka.

Jika poin ini terabaikan, maka tidak ada hal produktif yang bisa berdampak kepada pengguna sehingga wajar kalau mereka tidak tertarik untuk melakukan surfing di halaman situs sobat.

Baca : Kupas Tuntas Cara Terbaru Membuat Konten Berkualitas [Update 2017]

Lalulintas Visitor

Jika situs memiliki riwayat lalulintas visitor yang baik maka hal ini akan sangat berpengaruh kepada latensi iklan, paling tidak frekwensi keterlihatannya tinggi sehingga bisa memicu bot Google Adsense untuk menampilkan iklan yang lebih baik.

Visitor yang baik adalah mereka yang sedang mencari referensi kemudian menemukan topik yang dicarinya pada situs kita, dikenal dengan istilah uv (unique visitor) atau visitor organik. Biasanya visitor organik ini bisa bertahan lama di halaman landing karena mereka benar-benar memperhatikan dan menikmati konten.

Visitor Bot atau dikenal dengan istilah jigling akan membawa dampak buruk terhadap reputasi situs bahkan iklan bisa diberhentikan tayang. Jangan nekad memanfaatkan jenis visitor ini karena tidak akan mendatangkan manfaat baik terhadap reputasi situs.

Baca : Teknik Dasar Mendatangkan Visitor

Relevansi Iklan

Hal ini sangat berpengaruh terhadap psikologi pembaca, mereka bisa senang, biasa-biasa saja atau malah jengkel ketika berhadapan dengan iklan. Ketiga sikap ini bisa menimbulkan interaksi antara mereka dengan iklan dan akan memperlakukannya sesuai mood mereka.

Mungkin sobat akan beruntung kalau pembaca senang dengan iklan yang ada di hadapan mereka dan menjadikannya sebagai bagian dari refernsi topik yang sedang dicarinya, namun jika keberadaan iklan tersebut menjengkelkan pembaca, maka siap-siap saja dicuekin oleh mereka bahkan langsung ditinggalkan begitu saja.

Solusi

Dari tiga poin penting pada analisa di atas, ada beberapa langkah yang harus ditempuh agar tidak kehilangan pendapatan setiap harinya. Sebenarnya langkah tersebut tidak sulit, bergantung kepada totalitas sobat dalam berusaha mewujudkan sesuatu yang belum tercapai.

Cara Membuat Readable content

Buatlah dalam keadaan tenang, sehingga bisa fokus untuk mengeluarkan ide yang produktif untuk pembaca, jangan membuat konten dalam keadaan yang sebaliknya karena kemungkinan besar ide akan tersumbat.

Pikirkan hal apa yang banyak dibutuhkan oleh banyak orang, dalam hal ini harus membidik kelompok yang lebih besar supaya peluangnya juga besar. Sebagai contohnya ulasan tutorial, mungkin jika membuat tutorial “cara berbisnis” itu akan lebih banyak peminatnya daripada tutorial “cara melupakan mantan” karena lebih produktif untuk pengguna.

Buat list trending topic kemudian gabungkan menjadi satu ulasan, dengan catatan saling keterkaitan. Contoh :

Cara bisnis, info harga cabai termurah, tempat jualan sayuran segar di Ciamis.

Penggabungan trending topic merupakan salah satu strategi jitu dalam pemasaran konten, hal ini akan lebih memudahkan pengguna menemukan konten tersebut di mesin pencarian. Manfaatkan money phrase untuk menambah daya tarik pembaca dan jangan lupa beri mereka solusi.

Cara Mendapatkan Lalulintas Visitor

Sebelum ke poin ini penulis anggap sobat sudah mempersiapkan konten dengan sebaik-baiknya sebagaimana ulasan di atas. Sepi pengunjung bisa menjadi pemicu pendapatan adsense semakin kecil, jangan membiarkan hal ini terlalu lama atau iklan sobat hanya sebatas hiasan di blog saja tanpa menghasilkan apapun.

Promosikan konten secara langsung ke hadapan pengguna dengan memanfaatkan media sosial yang dijadikan tongkrongan mereka. Contoh : Grup-grup di Facebook, Google+, Tweeter atau Youtube. Penulis sudah mempraktekan ini dan hasilnya cukup membahagiakan.

Cara Memunculkan Iklan Yang Relevan

Penulis sangat optimis bahwa masalah pendapatan AdSense semakin kecil bisa teratasi dengan poin ini. Jika pada ulasan sobat bisa menampilkan iklan yang relevan maka daya tarik pengguna terhadap iklan tersebut akan lebih besar sehingga mereka mencari referensi tambahan dari iklan tersebut, dan inilah yang diinginkan Google AdSense.

Memang sangat sulit untuk bisa mendapatkan iklan yang relevan dengan topik, namun setidaknya kita melakukan usaha untuk mendapatkannya. Menggunakan lebih banyak HPK (High Paying Keyword) dan memperhatikan struktur metadata pada konten bisa menjadi solusinya. Asah kemampuan menulis dengan menggunakan HPK dan lebih banyak pelajari pengaturan metadata dalam artikel.

Pelajari cara membuat saluran khusus di akun AdSense dan segera terapkan pada baner iklan sobat untuk mendapatkan iklan yang sesuai dengan topik bahasan. Usahakan di sekitar banner iklan dikelilingi oleh text terutama HPK supaya memudahkan bot AdSense untuk menampilkan iklan yang relevan.

Baca : Tips Memasang Iklan Adsense Terbaru, Insya Alloh Paten [Hasil Riset]

Kesimpulan

Konten paling berperan, jadi buatlah dengan sebaik-baiknya dan perhatikan isi yang disampaikan supaya berdampak bagi pembaca.

Readable content akan membuat pembaca percaya bahwa penulisnya benar-benar memiliki intelektual yang tinggi dan produktif, sehingga tidak menutup kemungkinan mereka mau kembali lagi untuk membaca.

Trending topic merupakan magnet yang paling ampuh untuk mengatasi masalah lalulintas visitor, sehingga jika menggabungkan beberapa topik maka konten akan powerful di mesin pencari.

Iklan yang relevan akan sangat memberikan peluang besar untuk dijadikan referensi tambahan oleh pembaca, sehingga pendapatan akan semakin membaik.

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 53 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top