APLIKASI

MENGATASI EMAIL TIDAK SESUAI PADA APLIKASI JKN MOBILE

tutorial mengatasi email tidak sesuai pada aplikasi JKN mobile.jpg

Mengatasi Email Tidak Sesuai Pada JKN Mobile – JKN Mobile merupakan aplikasi sejuta umat besutan BPJS Kesehatan untuk digunakan oleh seluruh peserta baik penerima upah, mandiri atau PBI untuk mengontrol data kepesertaan tanpa harus pergi ke kantor BPJS Kesehatan seperti pindah klinik, cek pembayaran, skrining kesehatan, cek ketersediaan ruang rawat dan masih banyak lagi fungsi JKN Mobile lainnya yang sangat membantu dalam penyelesaian masalah administrasi penanganan medis dengan menggunakan prosedur BPJS Kesehatan.

Walaupun JKN Mobile sudah lama diluncurkan oleh pemerintah namun masih banyak penggunanya yang terkendala saat akan mengoperasikan aplikasi tersebut seperti lupa kata sandi dan lupa email sehingga mereka kesulitan mendapatkan manfaat aplikasi JKN Mobile seutuhnya. Penulis menyoroti dua masalah tersebut karena sebagian besar pembaca ulasan aplikasi JKN Mobile mencari solusi untuk mengatasi email tidak sesuai pada saat mereka mengatur ulang kata sandi sehingga kesulitan mendapatkan kembali akses akunnya.

Sebaiknya menyimpan kata sandi aplikasi, email dan kata sandi email pada secarik kertas lalu simpan di tempat yang aman agar nanti pada saat lupa akses akun tidak kesulitan menemukan kembali data aksesnya. Namun jika sudah terlanjur lupa akses dan tidak menyimpan data akses secara manual maka perlu sedikit usaha extra untuk mendapatkan kembali hak akses pada aplikasi JKN Mobile yang melibatkan petugas BPJS Kesehatan. Silahkan kaji ulasan ini secara maksimal karena Penulis akan memaparkan solusi terbaik untuk pemecahan masalah lupa akses akun.

Baca: Cara Mengatasi Lupa Password Login Aplikasi Bpjs [Mobile JKN-KIS]

Bagaiamana Mengatasi Email Tidak Sesuai Ketika Reset Password?

Permasalahan ini pasti membuat banyak pengguna kebingungan, mau login lupa password, reset password malah lupa email atau sudah memasukkan email yang dianggapnya benar tapi sistem menolak email tersebut, pusing tujuh keliling bukan? Berdasarkan pengalaman penulis jika sistem menolak email pada saat reset password maka dipastikan email tersebut memang benar-benar salah, coba periksa kembali emailnya pasti salah ketik atau perhatikan solusi berikut:

Solusi Pertama

Hubungi operator pusat bantuan BPJS Kesehatan di saluran 1500400 (telepon berbayar) silahkan bicara langsung dengan mereka dan jelaskan permasalahan lupa email tersebut lalu mintalah kepada mereka email yang benar sesuai dengan database. Untuk melakukan hal ini sepertinya tidak dapat diwakilkan oleh orang lain melainkan wajib oleh user pemegang aplikasi sesuai ID BPJS Kesehatan karena ada verifikasi data kepesertaan.

Solusi Kedua

Bila peserta sudah memiliki tanggungan dalam kepesertaannya seperti istri dan anak maka cara terbaiknya adalah dengan membuat akun baru menggunakan identitas tanggungannya yang belum pernah melakukan aktivasi aplikasi JKN Mobile, bisa dengan data istri atau anak tentunya yang sudah memiki NIK (Nomor Induk Kependudukan). Untuk lebih jelasnya silahkan klik tombol panduan membuat akun dengan tanggungan di bawah ini:

panduan mengatasi email tidak sesuaipada JKN Mobile.jpg



Bila sudah selesai registrasi dan berhasil login akun menggunakan database tanggungan maka data peserta secara lengkap akan ditemukan dalam akun tersebut termasuk email yang digunakan oleh masing-masing peserta dalam satu akun dan langkah selanjutnya silahkan ganti email tersebut jika sudah tidak dapat diakses sama sekali karena lupa password setelah sebelumnya membuat email baru sebagai pengganti.

Untuk peserta yang belum memiliki tanggungan atau belum menikah maka tidak dapat menggunakan solusi kedua di atas, melainkan hanya dapat menggunakan solusi pertama saja karena dalam akun JKN Mobilenya tidak terdapat peserta lain seperti halnya peserta yang sudah memiliki tanggunngan (sudah menikah).

Sampai disini Penulis berharap semua pengguna yang membaca ulasan ini dapat memiliki solusi dalam mengatasi email tidak sesuai ketika melakukan reset password karena apapun kondisinya aplikasi JKN Mobile wajib selalu dapat digunakan setiap saat manakala membutuhkan informasi atau kontrol data administrasi penanganan medis yang menggunakan prosedur BPJS Kesehatan.

Bila ada yang masih belum dimengerti terkait mengenai topik ini silahkan ajukan pertanyaan via kolom komentar maka dengan senang hati Penulis akan berusaha memberikan jawaban terbaik. Pertanyaan yang tidak relevan tidak menjadi prioritas untuk dijawab, jadi mohon bertanya sesuai pembahasan.

Kesimpulan

Untuk mengatasi email tidak sesuai ketika reset password hanya dapat menggunakan dua solusi yang dibahas pada artikel ini, bagi yang belum menikah hanya dapat menggunakan solusi pertama saja.

Email yang lupa dapat ditemukan atau diganti setelah pengguna berhasil login menggunakan tanggungannya dalam hal ini istri atau anak dari peserta tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top