APLIKASI

CARA MENGATASI LUPA PASSWORD LOGIN APLIKASI BPJS [MOBILE JKN-KIS]

CREATIVE BY : KURKOM

Kursuskomputergratis.com – Pasca diluncurkannya aplikasi mobile JKN-KIS ke tengah-tengah lapisan masyarakat Indonesia kini metode informasi pelayanan BPJS kesehatan menjadi semakin mudah, ringkas dan cepat. Namun dibalik semua itu ada beberapa kendala yang cukup menghambat masyarakat, salah satunya yaitu sering lupa password login. Oleh karenanya penulis menerbitkan ulasan ini sebagai salah satu solusi untuk mengatasi lupa password login pada aplikasi tersebut.

Aplikasi yang sudah dikenal dengan nama “Mobile JKN-KIS” ini merupakan sebuah terminal informasi seputar BPJS Kesehatan yang dapat diakses kapanpun dan oleh siapapun yang berstatus sebagai peserta JKN-KIS dengan syarat memiliki akun pada aplikasi tersebut. Jadi mohon untuk selalu menyimpan username dan password yang digunakan pada buku catatan supaya bisa dilihat saat lupa password.

Mungkin untuk username tidaklah sulit karena ia bisa menggunakan nomor peserta yang tertera pada kartu BPJS Kesehatan. Penulis akan memberikan contoh kasus lupa password dan bagaimana cara mengatasinya. Bagi pengguna aplikasi ini harap selalu menjaga alamat email dan nomor telepon yang digunakan pada aplikasi jangan sampai lupa password email atau nomor teleponnya hilang karena ini akan sedikit rumit.

Langkah-Langkah Mengatasi Lupa Password

Beruntung pada aplikasi mobile JKN-KIS ini memiliki fitur untuk mengatasi masalah ini dengan menambahkan navigasi untuk mengatasi lupa password. Navigasi tersebut bisa ditemukan di halaman landing aplikasi. Ada yang tidak boleh lupa dalam hal ini yaitu email yang digunakan pada aplikasi, kita harus bisa mengakses email tersebut karena password baru akan dikirim oleh server aplikasi ke email.

Untuk mengganti password lama dengan password baru sesuai dengan yang kita inginkan maka harus melakukan Reset password dulu untuk mendapatkan password baru, setelah itu kita seting lagi password-nya sesuai selera. Perhatikan dengan cermat panduan reset password berikut ini :

Pertama

Klik Lupa Password yang ada pada halaman landing untuk memulai langkahnya, selanjutnya akan muncul jendela pop up seperti pada gambar di bawah ini.

Reset Pasword Mobile JKN-KIS.jpg

Gambar 1. Cara mereset password

Sesuai petunjuk gambar 1. Silahkan masukkan username/nomor BPJS dan email yang digunakan untuk mengakses aplikasi mobile JKN-KIS untuk mendapatkan password pengganti dari server. Jika username dan emailnya sudah benar silahkan tekan Reset .

Selanjutnya server aplikasi akan mengirimkan password baru, berikut adalah notifikasinya :

Notifikasi Reset Password JKN-KIS.jpg

Gambar 2. Notifikasi Reset Password Telah Berhasil

Setelah password berhasil di-reset, langkah selanjutnya silahkan cek email untuk mendapatkan password baru yang sudah dikirimkan oleh server aplikasi. Perhatikan gambar berikut ini :

Password baru mobile JKN-KIS.jpg

Gambar 3. Password pengganti dari server aplikasi

Password baru yang dikirimkan melalui email akan diterima sekitar 1 menit setelah menekan tombol Reset lihat pada gambar 1 yang ditunjukkan oleh panah nomor 4. Pastikan jaringan internet dalam keadaan stabil untuk mendapatkan koneksi yang cepat dan akurat antara aplikasi dengan server supaya tidak terkendala.

Kedua

Buat lagi password yang sesuai dengan selera, sebenarnya pada langkah Pertama sudah cukup namun BPJS menyarankan untuk mengganti password dengan sandi yang mudah kita hapal sehingga selalu ingat. Untuk memulainya perhatikan langkah berikut :

Navigasi Pengaturan Mobile JKN-KIS.jpg

Gambar 4. Atur ulang password

Tekan tombol Pengaturan seperti yang ditunjukkan oleh nomor 5 untuk manuju ke navigasi ubah password.

Ubah password MObile JKN-KIS.jpg

Gambar 5. Fitur Ubah Password

Tekan navigasi Ubah Password seperti yang ditunjukkan oleh panah nomor 6 untuk menuju ke pengaturan ganti password.

seting password MObile JKN-KIS.jpg

Gambar 6. Seting password baru

Pada bagian ini silahkan masukkan password lama yang didapat di langkah Pertama (lihat gambar 3) pada kolom Password Lama yang ditandai oleh nomor 7 kemudian masukkan password baru pada kolom nomor 8, ingat masukkan sandi yang mudah diingat. Setelah itu masukkan ulang sandi baru tersebut pada kolom nomor 9 dan setelahnya silahkan tekan Ubah yang ditandai dengan nomor 10. Jika tidak ada masalah maka aka nada notifikasi seperti ini :

Ubah Password Mobile JKN-KIS.jpg

Gambar 7. Notifikasi ubah password telah berhasil

Sampai dengan langkah ini perubahan password sudah berhasil dilakukan, selanjutnya silahkan login dengan password barunya.

Update:

Bila lupa lupa email dan passwordnya silahkan baca halaman ini>Mengatasi Lupa Email dan Lupa Password Aplikasi JKN-KIS BPJS

Kesimpulan

Mengatasi lupa password pada aplikasi BPJS Kesehatan memerlukan akses email yang digunakan saat mendaftar aplikasi mobile JKN-KIS, jadi apabila email tersebut lupa maka silahkan pergi ke kantor BPJS Kesehatan terdekat saja untuk me-reset databasenya atau hubungi call center BPJS Kesehatan di 1500400.

Gunakan password yang mudah dihapalkan agar tidak gampang lupa, saran penulis silahkan gunakan tanggal lahir saja agar gampang mengingatnya.

30 Comments

30 Comments

  1. Muhammad Rohman

    June 19, 2019 at 2:04 pm

    Jikalau tidak bisa reset password katanya sistem tidak bisa membaca gmn solusinya

    • Usman West Java

      June 20, 2019 at 8:10 am

      solusinya minta reset data ke operator melalui saluran telepon 1500400, nanti akan dipandu, siapkan KK+KTP+Kartu BPJS)

  2. Haryadi

    June 24, 2019 at 10:46 pm

    Sorry.. Saya mau tanya ,sebelumnya saya sudah terdaftar pada mobile jkn ini. Permasalahannya hp yg saya gunakan untuk mendaftar itu hilang. Gimana ya caranya supaya akun itu bisa balik lagi pada hp saya yg baru, sedangkan sandinya saya lupa. Mohon pencerahannya

    • Usman West Java

      June 25, 2019 at 7:11 am

      silahkan download lagi aplikasi tersebut di perangkat yang anda gunakan saat ini kemudian setelah memasangnya maka selanjutnya melakukan reset password seperti yang dilakukan pada tutorial ini.

  3. Ranni

    August 6, 2019 at 8:36 pm

    Maaf.. Saya mau tanya sblumnya saya sudah pernh pakai aplikasi ini trus sekarang mau dibuka lagi tapi lupa emailnya, mohon pencerahannya. 🙏🙏

    • Usman West Java

      August 7, 2019 at 8:24 pm

      kalau lupa email silahkan lakukan reset data dengan panduan operator di 1500400. setelah direset silahkan buat akun baru lagi di aplikasi JKN-KIS

  4. Malisa sumiat

    August 7, 2019 at 12:43 am

    Saya sesang mengalami nya.seingat saya,saya bnr memasukan password nya tp ternyata salah.alhasil saya masuk ke lupa password. Sdh ada bacaan cek email anda tp di email saya ga ada apa2 dari bpjs
    Padahal sy sedang butuh sekali
    Gimana solusi nya ya?apa saya tlp bpjs aja?

    • Usman West Java

      August 7, 2019 at 8:22 pm

      pastikan sinyal internet dalam keadaan optimal, kemudian bila masih terkendala sebaiknya telepon ke 1500400

  5. Hamja

    November 14, 2019 at 9:27 am

    Reset pasword tapi tak ada apa apa di email,,huuuffftttt….

    • Usman West Java

      November 14, 2019 at 10:34 am

      biasanya karena sinyal internet tidak optimal, silahkan diulangi saat jaringan internet lagi bagus.

  6. Nurul

    November 27, 2019 at 4:32 pm

    Saya ingin mengatur fakses bpjs pake apk jkn.. Dan itu udah terdaftar hanya saja ingin masuk lagi lupa email dan kata sandi .. Itu bagaimna ya pak/ibu??

    • Usman West Java

      November 27, 2019 at 4:55 pm

      untuk kasus lupa email dan kata sandi bisa ditangani di kantor cabang bu, saya pernah coba via 1500400 tapi tidak bisa bantu dan diarahkan ke kantor cabang BPJS Kesehatan membawa KK,KTP dan Kartu BPJS Kesehatan.

  7. Alfian

    November 29, 2019 at 8:50 pm

    Kalo pakek email fb tpi lupa password gmn pak….
    kan ini ada pakek nya gag gmail

    • Usman West Java

      November 30, 2019 at 7:38 am

      intinya kalau lupa password aplikasi JKN KIS masih bisa diatasi jika email yang digunakan pada aplikasi mobile JKN-KIS tersebut masih bisa diakses, jika tidak bisa diakses maka silahkan coba langsung betulin ke kantor cabang.

  8. Fahmi

    December 5, 2019 at 11:44 pm

    Kalau reset akun bisa tidak.. Karena email yang sudah terdaftar saya lupa juga paswordnya.. Jadi untuk untuk cek email nya saya tidak bisa.. Terpaksa saya ingin ganti yang baru. Itu gimana ya..

    • Usman West Java

      December 6, 2019 at 4:09 am

      informasi terbaru yang saya dapatkan via 1500400 tidak dapat melakukan reset data, silahkan coba datang ke kantor cabang bpjs kesehatan terdekat untuk mengatasi hal tersebut. atau emailnya diingat-ingat lagi.

  9. Marisa

    December 11, 2019 at 3:26 pm

    Lupa imel dan paswor

    • Usman West Java

      December 11, 2019 at 9:58 pm

      ini tidak ada solusi, pernah saya ke kantor BPJS dan menanyakan ke 1500400 tetapi tidak ada jalan keluar, artinya aplikasi tidak bisa lagi diakses kecuali emailnya bisa diakses, kalau lupa email dan lupa password sepertinya buntu dan kontrol data kepesertaan hanya bisa dilakukan di kantor cabang.

  10. Rika rahma

    December 14, 2019 at 11:31 pm

    Kk saya mau tanya saya lupa password sama email saya tp kmrn”saya sudah ktemu email saya & saya mau bikinin email saya itu jadi akun saya tapi saya gg tau paswordnya kira”gmn y caranya biar emai saya bisa jd akun saya lg kk mohon bantuannya

    • Usman West Java

      December 15, 2019 at 7:59 am

      ini masih bisa diatasi, keculai lupa email dan lupa pasword pasti gak bisa dibetulin lagi karena saya sudah mencoba via 1500400 dan ke kantor BPJS Kesehatan ternyata aplikasi lasngsung terkunci dan gak ada solusi. Tapi kalau email masih bisa diakses silahkan ikuti panduan ini :https://kursuskomputergratis.com/mengatasi-lupa-password-mobile-jkn-kis/, screenshotnya sedikit berbeda karena itu versi jadul, tapi pada dasarnya sama kalau lupa password silahkan klik link lupa password pas login aplikasi JKN KIS itu, kemudian password baru akan dikirim ke email anda.

      Bagaimana kalau lupa password email?

      Lupa pasword email bisa diatasi kalau nomor HP yang teintegrasi pada email tersebut masih aktif, silahkan cari panduannya di google kalau lupa password email.

  11. Jejen zaenal aripin

    December 16, 2019 at 1:19 pm

    Maf saya sudah coba restart faswood, tp g ada masuk di email saya padahal smua petunjuk di atas sudah saya ikuti, ni bagai mana solusinya, trima kash.

    • Usman West Java

      December 16, 2019 at 9:52 pm

      ada dua kemungkinan:

      1. Email yang anda guanakan untuk mereset password bukan email yang teregistrasi pada aplikasi JKN kIS, periksa kembali email tersebut karena harus sama dengan email pada saat anda daftar aplikasi.

      2. Gangguan koneksi, pastikan koneksi internet sedang tidak terkendala saat anda melakukan akses.

  12. nurhayati

    December 17, 2019 at 11:41 am

    ka aku sudah coba reset pasword tapi gak bisa2 login sllu salah padahal saya sudah ikutib cara ganti password nya .. tapi ttp gak bisa bisa ini gmn ya ?

    • Usman West Java

      December 17, 2019 at 11:50 am

      Perhatikan notifikasinya, disitu ada info kesalahannya apa, ada 3 kesalahan yang umumnya terjadi yaitu : salah password, salah capcha, salah esername, jenis kesalahan pas login itu dicek lagi.

  13. Yunita Ambar Umari

    December 28, 2019 at 8:35 pm

    saya mau reset ulang password kok selalu tidak bisa ya..”transaksi belum dapat diproses,tunggu beberapa saat lagi”,dari kemarin saya coba selalu begitu, mohon solusinya dong…🙏

    • Usman West Java

      December 28, 2019 at 8:49 pm

      coba cek aplikasi apakah sudah terupdate atau belum, pastikan koneksi internet tidak ada masalah. solusi lain coba menggunakan HP yang berbeda.

  14. Zahro

    January 7, 2020 at 11:29 am

    Knpa y aku dah ikuti petunjuk kya di atas tpi g bisa.. yg keluar tulisan ini terus email:tidak sesuai dengan referensi sistem.. kya gtu terus itu kira” knpa y ap’y yg salah

    • Usman West Java

      January 7, 2020 at 11:43 am

      kesalahannya adalah anda memasukkan email yang salah sehingga ditolak oleh sistem, pastikan email yang anda masukkan adalah email yang benar dan sama dengan email yang anda daftarkan saat melakukan registrasi aplikasi mobile JKN-KIS, apabila lupa email anda bisa melakukan registrasi yang baru menggunakan identitas tanggunan anda (bisa anak, bisa istri), kunjungi https://kursuskomputergratis.com/atasi-lupa-email-dan-pasword-jkn-kis/ jika anda masih lajang maka silahkan datang ke pusat pengaduan BPJS Kesehatan di kantor cabang.

  15. Firdis

    January 14, 2020 at 5:51 pm

    Mas bantu saya sbb saya lupa password JKN KIS

    • Usman West Java

      January 14, 2020 at 10:44 pm

      silahkan lakukan sesuai petunjuk di artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

94 − 89 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
%d bloggers like this: