APLIKASI

CARA MENGATASI LUPA PASSWORD LOGIN APLIKASI BPJS [MOBILE JKN-KIS]

CREATIVE BY : KURKOM

Kursuskomputergratis.com – Pasca diluncurkannya aplikasi mobile JKN-KIS ke tengah-tengah lapisan masyarakat Indonesia kini metode informasi pelayanan BPJS kesehatan menjadi semakin mudah, ringkas dan cepat. Namun dibalik semua itu ada beberapa kendala yang cukup menghambat masyarakat, salah satunya yaitu sering lupa password login. Oleh karenanya penulis menerbitkan ulasan ini sebagai salah satu solusi untuk mengatasi lupa password login pada aplikasi tersebut.

Aplikasi yang sudah dikenal dengan nama “Mobile JKN-KIS” ini merupakan sebuah terminal informasi seputar BPJS Kesehatan yang dapat diakses kapanpun dan oleh siapapun yang berstatus sebagai peserta JKN-KIS dengan syarat memiliki akun pada aplikasi tersebut. Jadi mohon untuk selalu menyimpan username dan password yang digunakan pada buku catatan supaya bisa dilihat saat lupa password.

Mungkin untuk username tidaklah sulit karena ia bisa menggunakan nomor peserta yang tertera pada kartu BPJS Kesehatan. Penulis akan memberikan contoh kasus lupa password dan bagaimana cara mengatasinya. Bagi pengguna aplikasi ini harap selalu menjaga alamat email dan nomor telepon yang digunakan pada aplikasi jangan sampai lupa password email atau nomor teleponnya hilang karena ini akan sedikit rumit.

Langkah-Langkah Mengatasi Lupa Password

Beruntung pada aplikasi mobile JKN-KIS ini memiliki fitur untuk mengatasi masalah ini dengan menambahkan navigasi untuk mengatasi lupa password. Navigasi tersebut bisa ditemukan di halaman landing aplikasi. Ada yang tidak boleh lupa dalam hal ini yaitu email yang digunakan pada aplikasi, kita harus bisa mengakses email tersebut karena password baru akan dikirim oleh server aplikasi ke email.

Untuk mengganti password lama dengan password baru sesuai dengan yang kita inginkan maka harus melakukan Reset password dulu untuk mendapatkan password baru, setelah itu kita seting lagi password-nya sesuai selera. Perhatikan dengan cermat panduan reset password berikut ini :

Pertama

Klik Lupa Password yang ada pada halaman landing untuk memulai langkahnya, selanjutnya akan muncul jendela pop up seperti pada gambar di bawah ini.

Reset Pasword Mobile JKN-KIS.jpg

Gambar 1. Cara mereset password

Sesuai petunjuk gambar 1. Silahkan masukkan username/nomor BPJS dan email yang digunakan untuk mengakses aplikasi mobile JKN-KIS untuk mendapatkan password pengganti dari server. Jika username dan emailnya sudah benar silahkan tekan Reset .

Selanjutnya server aplikasi akan mengirimkan password baru, berikut adalah notifikasinya :

Notifikasi Reset Password JKN-KIS.jpg

Gambar 2. Notifikasi Reset Password Telah Berhasil

Setelah password berhasil di-reset, langkah selanjutnya silahkan cek email untuk mendapatkan password baru yang sudah dikirimkan oleh server aplikasi. Perhatikan gambar berikut ini :

Password baru mobile JKN-KIS.jpg

Gambar 3. Password pengganti dari server aplikasi

Password baru yang dikirimkan melalui email akan diterima sekitar 1 menit setelah menekan tombol Reset lihat pada gambar 1 yang ditunjukkan oleh panah nomor 4. Pastikan jaringan internet dalam keadaan stabil untuk mendapatkan koneksi yang cepat dan akurat antara aplikasi dengan server supaya tidak terkendala.

Kedua

Buat lagi password yang sesuai dengan selera, sebenarnya pada langkah Pertama sudah cukup namun BPJS menyarankan untuk mengganti password dengan sandi yang mudah kita hapal sehingga selalu ingat. Untuk memulainya perhatikan langkah berikut :

Navigasi Pengaturan Mobile JKN-KIS.jpg

Gambar 4. Atur ulang password

Tekan tombol Pengaturan seperti yang ditunjukkan oleh nomor 5 untuk manuju ke navigasi ubah password.

Ubah password MObile JKN-KIS.jpg

Gambar 5. Fitur Ubah Password


Tekan navigasi Ubah Password seperti yang ditunjukkan oleh panah nomor 6 untuk menuju ke pengaturan ganti password.

seting password MObile JKN-KIS.jpg

Gambar 6. Seting password baru

Pada bagian ini silahkan masukkan password lama yang didapat di langkah Pertama (lihat gambar 3) pada kolom Password Lama yang ditandai oleh nomor 7 kemudian masukkan password baru pada kolom nomor 8, ingat masukkan sandi yang mudah diingat. Setelah itu masukkan ulang sandi baru tersebut pada kolom nomor 9 dan setelahnya silahkan tekan Ubah yang ditandai dengan nomor 10. Jika tidak ada masalah maka aka nada notifikasi seperti ini :

Ubah Password Mobile JKN-KIS.jpg

Gambar 7. Notifikasi ubah password telah berhasil

Sampai dengan langkah ini perubahan password sudah berhasil dilakukan, selanjutnya silahkan login dengan password barunya.

Kesimpulan

Mengatasi lupa password pada aplikasi BPJS Kesehatan memerlukan akses email yang digunakan saat mendaftar aplikasi mobile JKN-KIS, jadi apabila email tersebut lupa maka silahkan pergi ke kantor BPJS Kesehatan terdekat saja untuk me-reset databasenya atau hubungi call center BPJS Kesehatan di 1500400.

Gunakan password yang mudah dihapalkan agar tidak gampang lupa, saran penulis silahkan gunakan tanggal lahir saja agar gampang mengingatnya.

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 154 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top