APLIKASI

MENGATASI “NETWORK ERROR” PADA APLIKASI BPJSTKU

Mengatasi Network Error BPJSTKU.jpg
Creative By Kurkom

Kursuskomputergratis.com – Aplikasi BPJSTKU merupakan terminal informasi jaminan sosial ketenagakerjaan yang ada di dalam dan luar negeri yang bisa diakses melalui smartphone. Performa aplikasi ini tidak perlu diragukan lagi, namun bagi pengguna aplikasi versi lama saat ini ada gangguan teknis yaitu ‘network error’ ketika aplikasi dijalankan, jangan khawatir karena penulis memiliki solusi untuk mengatasi “network error” tersebut.

Sampai Januari 2019, aplikasi BPJSTKU telah mengalami banyak perubahan menjadi lebih baik karena fiturnya lebih komplit dibanding versi sebelumnya. Untuk sobat pembaca kurkom yang mempelajari tutorial penggunaan aplikasi BPJSTKU dari tutorial kami mungkin saat ini akan menemukan beberapa ketidaksamaan tetapi jangan khawatir karena secara garis besarnya tutorial kurkom masih komprehensif.

Jangan kaget kalau aplikasi BPJSTKU di smartphone sobat tiba-tiba macet, hal tersebut bukan terjadi karena masalah spek di device tersebut di bawah standard yang dibutuhkan oleh aplikasi BPJSTKU atau aplikasi BPJSTKU telah dihapus dari Playstore itu sama sekali perkiraan yang salah, supaya memahami masalah tersebut dengan baik maka simaklah ulasan ini hingga tuntas.

Kenapa Bisa Terjadi “Network Error” dan Apa Solusinya ?

Selain karena masalah di paket data internet habis atau tidak ada jaringan internet, ada faktor lain yang mnyebabkan gangguan tidak terhubungnya front-end (aplikasi di smartphone) dengan back-end (database server) sehingga display aplikasi memberitahu kepada user interface bahwa “network error” dan aplikasi tidak bisa dijalankan.

Solusi untuk masalah ini adalah mengganti aplikasi versi lama menjadi versi terbaru. Untuk melakukannya silahkan uninstall saja aplikasi versi lama lalu kemudian download dan install aplikasi BPJSTKU seperti biasa di Playstore, sebelumnya pastikan penyimpan data di smartphone sobat tidak penuh.

Baca : Cara Download Dan Install Aplikasi BPJSTKU [Plus Video]

Setelah aplikasi versi baru terpasang tidak perlu registrasi ulang silahkan langsung saja login seperti biasa. Apabila tidak ada masalah lain maka seharusnya aplikasi sudah bisa dijalankan dan fitur-fitur baru pada aplikasi akan terbuka. Namun apabila masih bermasalah mungkin terkendala di jaringan internet dan peyimpan data di smartphone sobat telah penuh.

Apabila ada maslah di kapasitas penyimpan data maka harap hapus saja aplikasi atau file-file yang tidak terlalu penting atau sebaiknya segera pindahkan file tersebut ke external storage (flash disk, atau di cloud). Pastikan ada space sekitar 1 GB atau minimal 500 MB agar smartphone tidak error ketika dipasang aplikasi baru.

Terdapat beberapa tampilan baru pada aplikasi BPJSTKU versi sekarang, jadi perlu penyesuaian lagi namun pada dasarnya cara kerja aplikasi tidak jauh berbeda dengan versi lama yaitu menampilkan informasi saldo JHT, kartu digital, RSTC (Rumah Sakit Trauma Center), laporan kecelakaan kerja (fitur baru) dan simulasi JHT.

Kesimpulan

Mengatasi “Network Error” pada aplikasi BPJSTKU sangat mudah, tinggal uninstall aplikasi lama dan install aplikasi versi baru supaya bisa terhubung ke back-end (server data BPJS Ketenagakerjaan).

Selain belum meperbarui versi lama ke versi baru gangguan ini bisa muncul karena masalah gangguan jaringan internet sehingga perlu dipastikan tidak masalah di koneksi internet ketika menggunakan aplikasi tersebut.

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google



Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top