APLIKASI

LANGKAH TEPAT MENGATASI PEMBAHARUAN APLIKASI SIWASLU 2019 [PLUS VIDEO]

Sudah memasang aplikasi SIWASLU 2019 namun masih terkendala karena ada notif pembaharuan aplikasi ? Yes, pada ulasan ini akan dikupas tuntas mengenai langkah-langkah yang tepat untuk mengatasi pembaharuan SIWASLU 2019 agar aplikasi bisa berfungsi secara optimal sehingga tidak membingungkan apabila mendapati beberapa bagian yang disfungsi.

Pada Bimtek (Bimbingan Teknis) Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) gelombang kedua yang di gelar serentak di seluruh Indonesia pada 12 April 2019 mulai dari pukul 13.00-18.00, Bawaslu mengenalkan aplikasi yang akan digunakan sebagai sarana informasi dalam pengawasan proses hasil pemungutan, perhitungan suara dan penetapan hasil Pemilu 2019 pada 17 April 2019 nanti.

Berbeda dengan pemilu sebelumnya, tahun 2019 ini adalah pertama kalinya laporan pengawasan menggunakan aplikasi SIWASLU secara online sehingga ada tantangan baru buat teman-teman pengawas pemilu 2019 ini. Dengan metode ini pastinya pekerjaan akan lebih mudah dan praktis karena sudah menggunakan sistem serba otomatis yang di manage oleh SIWASLU 2019.

Baca : Step By Step Panduan Aplikasi Siwaslu 2019 [Untuk Pengawas TPS]

Perlu diperhatikan saat akan menggunakan SIWASLU 2019 ini pastikan smartphone bisa terhubung ke internet, artinya wajib memiliki kuota data internet agar aplikasi bisa berfungsi dan terhubung ke server Bawaslu sebagai back-end-nya yang merupakan terminal data SIWASLU 2019.

Saat Bimtek, Pengawas TPS dibekali tips bagaimana menggunakan aplikasi SIWASLU 2019 secara benar dan tepat dengan melakukan trial aplikasi secara bersamaan yang dilakukan oleh semua Pengawas TPS yang hadir untuk memastikan dan mempelajari cara pengisian FORM-A, buku saku PTPS, serta simulasi yang digelar oleh PANWASCAM (Pengawas Kecamatan).

Ternyata sistem online Aplikasi SIWASLU 2019 mendapatkan beberapa kendala saat kami melakukan pengujian aplikasi tersebut, diantaranya Aplikasi yang harus diperbaharui setiap hari dan menyebabkan data pengawas hilang, kemudian susahnya login secara bersama diwaktu yang sama.

Lantas, bagaimana mengatasi pembaharuan SIWASLU 2019 agar data tidak hilang ? don’t worry, karena akan dikupas tuntas pada ulasan ini.

Urutan Melakukan Pembaharuan Aplikasi SIWASLU 2019

Pembaharuan harus dilakukan dengan cermat karena bisa berakibat lumayan fatal apabila salah langkahnya, perhatikan langkahh-langkah berikut ini secara berurutan agar tidak terjadi kesalahan.

Pertama

Ketika membuka SIWASLU akan muncul pembaharuan di halaman awal, maka SIWASLU tidak akan bisa di gunakan selain kita meng-klik pembaharuan tersebut seperti gambar di bawah ini maka klik PEMBAHARUAN/UPDATE.

Pembaharuan Siwaslu 2019.jpg

Gambar 1. Notifikasi Pembaharuan Aplikasi SIWASLU 2019

Kedua

Setelah memilih PEMBAHARUAN maka nanti kita akan masuk ke Google Playstore dan muncul plihan UPDATE/UNINSTAL. Silahkan klik UPDATE tunggu hingga proses selesai.

Update Aplikasi SIWASLU 2019.jpeg

Gambar 2. Update Aplikasi SIWASLU

Ketiga

Setelah proses UPDATE selesai maka selanjutnya akan muncul pilihan BUKA/UNINSTAL. Agar data SIWASLU kita tidak hilang, dan tetap utuh maka TUTUP KEMBALI PLAYSTORE. Jika kita memilih BUKA maka kita akan login dari awal kembali, kita akan di minta memasukan data kita, dan ID data kita yang sudah tersimpan akan terhapus. Jangan KLIK UNINSTAL karena nanti Apliskasi SIWASLU di HP kita akan hilang.

Tamppilan SIWASLU 2019 setelah menekan tombol UPDATE.jpg

Gambar 3. Tampilan SIWASLU Pasca UPDATE

Keempat

Setelah Playsotre tertutup buka kembali aplikasi SIWASLU 2019. Maka kita akan kembali ke halaman awal SIWASLU, tidak perlu login dan daftar kembali.

update siwaslu 2019

Gambar 4. Halaman Utama SIWASLU

Kelima

Cek Data kita, seharusnya data kita masih akan tetap sama/utuh apabila langkah-langkah pada ulasan ini dilakukan dengan benar dan tepat.

Contoh USE ID Siwaslu 2019.jpg

Gambar 5. Halaman Data USER

Setelah langkah-langkah pembaharuan (update) aplikasi selesai dilakukan tanpa ada kesalahan maka aplikasi akan berfungsi secara optimal karena proses ini adalah tahap penyempurnaan fitur aplikasi.

Salam awas, mudah-mudahan nanti pada hari H berjalan lancar tidak ada masalah dan kendala apapun. “Bersama rakyat awasi pemilu, bersama bawaslu kita tegakkan keadilan pemilu

Kesimpulan

Atas beberapa kendala tersebut maka sebaiknya kita mengantisipasi untuk melaporkan pengawasan secepat-cepatnya sebelum waktunya jika bisa, dan memakai kartu jaringan berkapasitas paling cepat. Untuk menghindari terjadinya login yang lama , karena nanti kita akan melaporkan pengawasan sejak Masa tenang sampai hari pemungutan dan perhitungan suara.

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google



To Top