TIPS

CARA MENGATASI SALDO PAYPAL DITAHAN 21 HARI

Kursuskomputergratis.com – Paypal merupakan media transaksi pembayaran digital yang sedang populer saat ini, banyak praktisi bisnis yang menggunakan Paypal dalam optimalisasi pelayanan transaksi dengan pelanggan mereka dari berbagai Negara. Untuk kemudahan bertransaksi pastikan memiliki akun Paypal yang sudah terverifikasi supaya saldonya tidak tertahan, bagi yang sudah terlanjur saldonya tertahan penulis akan memberikan win solution bagaimana mengatasi saldo paypal ditahan 21 hari.

Selain akun yang belum terverifikasi, penyebab utama saldo paypal tertahan adalah karena akun tersebut belum pernah bertransaksi sebelumnya, dengan kata lain akun tersebut masih dalam tahap orientasi sehingga diperlukan beberapa kali transaksi untuk mendapatkan benefitnya. Seperti yang dialami penulis waktu pertama kalinya menggunakan Paypal pernah mengalami kasus dana ditahan 21 hari sebanyak dua kali, tetapi tidak sampai 21 hari dana akhirnya bisa digunakan.

Dari pengalaman penulis, kasus dana ditahan 21 hari disebabkan karena waktu itu akun masih sangat baru dan untuk pertama kalinya bertransaksi. Setelah mencari solusi dari teman yang lebih paham hingga menghubungi pihak Paypal via telepon ternyata penyebabnya karena memang akun masih baru, walaupun sudah terverifikasi namun memerlukan lima kali transaksi terlebih dahulu untuk mendapatkan benefit yang sempurna dari Paypal. Sekarang akun Paypal penulis sudah tidak pernah mengalami kasus tersebut ketika menerima pembayaran.

Baca: Pengalaman Menangani Saldo Paypal Tertahan 21 Hari, Ini Solusi Dari Paypal

Sebenarnya Kapan Bisa Transaksi Menggunakan Paypal dengan Sempurna?

Ini hanya masalah waktu. Berawal dari sekelompok novelis salah satu media Singapura yang menanyakan kepada penulis mengapa ribuan USD saldo Paypal mereka tertahan sehingga mereka sangat cemas kalau uangnya tidak dapat ditarik ke rekening Bank miliknya, kemudian setelah ditelisik terbukti bahwa akun mereka memang benar-benar baru dibuat dan belum terverifikasi tetapi sudah mereka gunakan untuk menerima pembayaran. Dari hal tersebutlah alasan terkuat didapatkan bahwa akun Paypal harus terverifikasi sebelum digunakan.

Logikanya bila akun sudah terverifikasi oleh Paypal maka sudah dipastikan memenuhi standar keamanan mereka yang sangat canggih sehingga nyaman dan aman untuk digunakan bertransaksi di berbagai sektor bisnis apapun yang jangkauannya sangat luas hingga ke berbagai Negara. Jadi, bila ingin menggunkan Paypal dalam memenuhi kebutuhan transaksi digital maka gunakanlah akun yang sudah layak bertransaksi (terverifikasi).

Membuat akun Paypal layaknya seperti membuat rekening Bank, harus menggunakan identitas asli sesuai dengan rekening Bank yang dimiliki. Siapkan KTP, rekening Bank yang masih aktif dan kartu Kredit atau sejenisnya untuk proses verifikasi. Ada banyak tutorial verifikasi akun paypal di goolge , silahkan pelajari dengan cermat, intinya proses verfikasi wajib dilakukan sebelum akun Paypal digunakan untuk membayar atau dibayar.

Baca: Cara Transfer Saldo Paypal Via Mobile [Plus Video]

Berapa Lama Paypal Bisa Menerima Pembayaran?

Sama halnya dengan transaksi pengiriman uang antar rekening Bank, Paypal juga bisa bekerja dengan sangat cepat hingga dalam hitungan detik dana sudah bisa diterima. Oleh karena itu wajar jika Paypal menjadi salah satu media transaksi pembayaran digital yang sangat diminati oleh para pebisnis dari berbagai kalangan karena benefitnya sangat menjanjikan untuk management transaksi mulai dari bisnis perorangan hingga berbadan usaha.

Apabila akan digunakan untuk penerimaan dana berskala besar, misalkan dalam satu hari bisa sampai diatas 1000 USD maka penulis sarankan untuk menggunakan akun bisnis supaya lebih worth it karena jumlah pembayaran yang diterima cukup besar sehingga diperlukan fitur extra untuk memperlancar proses transaksi bisnis tersebut. Jangan memanipulsi data kepemilikan Paypal, misalkan menggunakan nama yang berbeda dengan data KTP karena akan bermasalah nantinya pada saat menarik ke Rekening Bank.

Sampai disini penulis berharap untuk semua pembaca setia Kurkom tidak ada lagi yang kebingungan kapan mulai menggunakan Paypal untuk menerima pembayaran atau melakukan pembayaran karena diatas sudah dijelaskan secara explisit bahwa proses verifikasi akun sangat penting sebelum menggunakan Paypal untuk dapat bertransaksi ke seluruh Negara yang support Paypal. Jika sudah mengerti, segeralah untuk memperbaiki standar keamanan akun hingga memenuhi syarat yang sesuai dengan kebijakan Paypal.

Baca: Cara Menghentikan Pembayaran Otomatis Paypal [Plus Video]

Mengatasi Saldo Paypal Ditahan 21 Hari

Mari kita fokus ke topik pembahasan. Bagi yang sudah terlanjur bertransaksi dan mengalami masalah saldo ditahan 21 hari silahkan ikuti step by step mengatasinya pada poin ini. Langkah ini dilakukan oleh pengirim dana, jadi apabila saldo Paypal yang diterima statusnya “DANA DITAHAN” atau “HOLD” maka mintalah kepada pengirim (pembayar) untuk melakukan konfirmasi transaksi pada akun Paypalnya untuk memastikan kepada Paypal bahwa tidak ada masalah/sengketa pada transaksi tersebut. Gunakan website Paypal versi desktop untuk menjalankan tutorial ini.

Pertama

Melihat transaksi terakhir. Halaman ini bisa ditemukan pada saat pertama kalinya membuka akun Paypal baik menggunakan versi desktop ataupun via aplikasi smartphone sehingga sangat mudah ditemukan. Terdapat list transaksi yang hingga lebih dari 5 transaksi yang dapat dilihat langsung tanpa membuka halaman berikutnya, jadi bisa dengan mudah menemukan transaksi yang paling baru.

cara melihat transaksi terakhir paypla.jpg

cara melihat transaksi terakhir di akun Paypal

Cari identitas transaksi mana yang akan dipilih untuk dikonfirmasi, pada contoh ini adalah ditunjukkan oleh panah nomor 2. Biasanya transaksi pembayaran Barang atau Jasa harus ada konfirmasi dari pembeli untuk memastikan kepada Paypal bahwa itu adalah transaksi valid atau legal yang aman dari sengketa.

Kedua

Detail transaksi ada disini. Bila membutuhkan data transaksi secara rinci maka membuka halaman ini adalah langkah yang tepat, karena informasi transaksi terecord disini. Pengguna bisa membaca status pembayaran, alamat penerima dana dalam hal ini adalah penjual serta jumlah seluruh biaya pembayaran dalam transaksi tersebut. Selain itu juga terdapat link navigasi konfirmasi transaksi penerimaan barang untuk memberikan feedback kepada Paypal bahwa transaksi tersebut adalah valid.

mengatasi saldo paypal ditahan 21 hari.jpg

Link konfirmasi transaksi Paypal

Untuk membuka halaman kofirmasi pembeli, silahkan klik link Confirm shipment received yang ditunjukkan oleh panah nomor 3. Setelah dklik maka sistem akan membuka halaman konfirmasi pembeli. Perlu diketahui apabila tidak menemukan link navigasi konfirmasi pembeli maka penjual hanya bisa menunggu dana terkirim sempurna dari Paypal sehingga bisa ditarik ke rekening Bank.

Ketiga

Ini adalah halaman konfirmasi. Hanya dibutuhkan satu kali tekan untuk mengkonfimasi transaksi pembelian kepada Paypal. Dengan menekan tombol konfirmasi berarti status transaksi akan dianggap selesai dan sempurna oleh pihak Paypal sehingga dana pembayaran akan segera diteruskan kepada penjual. Perhatikan, halaman ini sepertinya hanya bisa diakses di versi desktop, jadi bila menggunakan versi mobile (aplikasi) maka kemungkinan tidak akan menemukannya.

cara konfirmasi transaksi Paypal.jpg

Konfirmasi transaksi pada akun Paypal

Klik tombol konfirmasi yang ditunjukkan oleh panah nomor 4, biasanya setelah tombol tersebut diklik dalam beberapa menit status dana pembayaran di akun Paypal penjual tidak ditahan lagi. Sampai langkah ini konfirmasi pembeli sudah selesai dilakukan, seharusnya dana Paypal penjual sudah bisa dicairkan via rekening Bank yang terintegrasi dengan akun Paypalnya.

Apabila membutuhkan akun Paypal untuk media transaksi bisnis anda maka jangan sungkan untuk menghubungi penulis di 081391003001 karena penulis membuka jasa belanja/pembayaran dengan Paypal, insya Allah aman dan amanah. Mau belanja produk digital, bayar hosting, beli e-book atau menerima pembayaran dari klien pasti semuanya bisa dibantu dengan fee yang relative kecil. Penulis sudah melayani banyak klien untuk urusan belanja produk digital hingga menerima pembayaran antar Negara via akun Paypal.

Kesimpulan

Cara mengatasi saldo paypal ditahan seperti pada tutorial ini hanya bisa dilakukan jika bisa terhubung pembeli dan memintanya untuk melakukan konfirmasi transaksi pada akun Paypalnya sesuai petunjuk pada tutorial ini.

Apabila tidak dapat terhubung dengan pembeli maka penjual harus menunggu sampai status saldonya tidak ditahan lagi, mungkin dalam beberapa hari. Penulis pernah mengalami hal tersebut dan tidak kurang dari 3 hari dana sudah bisa digunakan.

Jangan menggunakan akun Paypal yang belum terverifikasi. Silahkan lakukan verifikasi akun kemudian integrasikan akun dengan rekening Bank yang dimiliki, pastikan nama profile pada akun paypal sesuai dengan nama pada KTP.

2 Comments

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

65 − = 56

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top