INTERNET

MENGATASI TAG SEMBARANGAN PADA AKUN FACEBOOK

agar fb tidak ditag sembarangan.jpg

Mengatasi Tag Sembarangan Pada Akun Facebook – Para pengguna Facebook di tanah air dewasa ini telah digegerkan dengan penandaan (tag) secara massal pada sebuah link video yang tidak pantas untuk dilihat (video p***no) dari seseorang yang tidak dikenal. Hal tersebut sangat meresahkan dan memalukan karena seolah-olah terkesan saling membutuhkan link tersebut padahal tidak sama sekali.

Beberapa sumber pengamat keamanan siber menyebutkan bahwa aksi seperti itu merupakan upaya phising yang dapat mencuri akun Facebook korban jika ia melakukan action dengan mengklik link tersebut kemudian memasukkan username dan password akun Facebooknya seperti melakukan registrasi untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan link video itu. Nah, bahaya kan?

Jika akun Facebook ditandai (ditag) sembarangan oleh pengguna lain maka cara mengatasinya cukup mudah yaitu hanya tinggal mengubah beberapa pengaturan privasi saja. Pada ulasan ini Penulis akan mencoba memaparkan solusi untuk mengatasi masalah tersebut secara detail dilengkapi dengan gambar screenshot setiap langkahnya agar mudah diimplementasikan.

Step By Step Mengatasi Tag Sembarangan Pada akun Facebook

Ada lima (5) langkah cerdas yang bisa dilakukan untuk menghalau tag sembarangan dari pihak yang tidak dikenali atau dalam hal ini adalah oknum yang akan melakukan tindakan yang tidak terpuji terhadap akun facebook kesayangan kita sehingga akun tersebut berpindah tangan ke pelaku dan celakanya digunakan untuk keburukan yang sama sekali tidak mendatangkan manfaat.

Penulis menyediakan gambar screenshot facebook versi web (sebelah kiri) dan versi mobile (sebelah kanan) jadi bisa melihat tutrorial secara bersaaan disaat sedang implementasi panduan ini. Silahkan sesuaikan saja dengan perangkat yang digunakan. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan langkah-langkah berikut dengan cermat agar tidak keliru saat implementasi!

Pertama

Membuka navigasi pengaturan.jpg

Gambar 1. Membuka navigasi pengaturan

Cari navigasi Pengaturan & Privasi untuk mengawali langkah ini, untuk membukanya klik tab yang ditunjukkan oleh nomor (1) pada masing-masing versi lalu setelah kebuka drop down beberapa navigasi silahkan klik Pengaturan & Privasi yang ditunjukkan oleh nomor (2).

Kedua

mengatasi tag sembarangan pada akun faebook.jpg

Gambar 2. Membuka navigasi Pengaturan & Privasi

Pada pilihan menu Pengaturan & Privasi silahkan klik navigasi Pengaturan yang ditunjukkan oleh nomor (3) nantinya akan membuka lagi beberapa perintah untuk pengaturan privasi. Terdapat beberapa pintasan navigasi untuk melakukan pengaturan personalisasi akun, pilih jika diperlukan.

Ketiga

Navigasi profile dan penandaan pada akun facebook.jpg

Gambar 3. Pintasan navigasi Profil dan Penandaan

Saatnya melakukan pengaturan penandaan (tag) personalisasi sesuai dengan kebutuhan. Pilih navigasi Profil dan Penandaan (4) untuk membuka seluruh basis pengaturan penandaan (tag) yang ada. Silahkan diolah lagi secara bijak bagaimana cara mempersilahkan pengguna lain menandai akun kita.

Keempat

menepis tag sembarangan di facebook.jpg

Gambar 4. Pilihan pengaturan penandaan (tag personalisasi)

Ada tiga (3) pertanyaan yang harus diubah value nya untuk menyesuaikan aktivitas penandaan dari pengguna lain agar tidak ngetag sembarangan. Isi pertanyaan yang ditunjukkan oleh nomor (5) & (6) dengan jawaban Hanya Saya silahkan klik Edit yang ada di sebelah kanan pertanyaan untuk mengisinya dan yang terakhir jawab pertanyaan nomor (7) menjadi Nonaktif.

Kelima

Pengaturan notifikasi pada akun facebook.jpg

Gambar 5. Pengaturan Notifikasi

Langkah selanjutnya adalah melakukan pengaturan notifikasi menjadi lebih khusus. Silahkan masuk ke tab Notifikasi (8) pada menu navigasi pengaturan kemudian pilih Teman (9) pada pertanyaan : “Dapatkan pemberitahuan jika Anda ditandai oleh:” hal tersebut bertujuan untuk membatasi notifikasi hanya jika teman saja yang menandai kita.

Nah itulah cara terbaik mengatasi tag sembarangan dari seseorang yang bukan teman facebook kita. Biasanya fitur mention atau tag bawaan facebook selalu terbuka untuk publik sehingga untuk membatasinya diperlukan langkah seperti pada tutorial ini. Adapun kerugiannya yaitu akun kita tidak dapat lagi dimention oleh publik untuk tujuan positif terutama kalau kita seorang penjual produk.

Apabila merasa tidak terganggu dengan mention dari orang lain teruatama yang bukan teman facebook maka tidak perlu melakukan pengaturan ini, cukup mengabaikan mention tersebut dan usahakan untuk tidak sembarangan mengklik tautan yang terlihat aneh seperti link video yang tidak layak ditonton apalagi kalau diminta registrasi mesti berpikir dua kali.

Kesimpulan

Cara lain untuk mengatasi tag sembarangan pada facebook adalah dengan membiarkan konten yang dibagikan tersebut, jangan pernah mengklik tautannya untuk menghindari kemungkinan adanya phising.

Rutin ubah kata sandi facebook setidaknya dalam 3 bulan satu kali, atau setelah mengklik tautan yang dibagikan jika dianggap mencurigakan mala segeralah ganti kata sandi akun tersebut.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Postingan Terbaru

To Top