SEO

MENGENAL FUNGSI SITEMAP LEBIH DALAM

Mengenal Fungsi Sitemap Lebih Dalam – Merupakan suatu keharusan bagi sebuah website memiliki peta situs (sitemap). Layaknya sebuah wilayah yang harus memiliki pemetaan yang benar agar wilayah tersebut mudah dikenali dan ditelusuri maka begitu juga dengan website yang harus memiliki peta situs agar dapat dikenali mesin pencari dengan mudah.

Sebagian besar orang jika ditanya mengenai sitemap maka dia hanya sebatas mendefinisikan secara bahasa saja yaitu peta situs. Pemahaman mereka terhenti sampai disitu tanpa bisa mengenal fungsi sitemap seutuhnya sehingga implementasinya sangat minim.

Menurut penulis hal ini adalah awal yang buruk untuk menjadi seorang webmaster apabila tidak mengenal fungsi sitemap lebih dalam sehingga websitenya kurang optimal di mesin telusur.

Sitemap adalah salah satu media penghubung antara website dengan mesin telusur yang dapat memudahkan para webmaster memberitahu mesin telusur tentang konten yang tersedia di websitenya untuk dirayapi.

Sampai disini faham ? ok next …

Sitemap yang paling sederhana berbentuk file XML yang berisi daftar URL website dan metadata tambahan tentang activity URL seperti informasi kapan terakhir kali URL tersebut diperbarui dan seberapa sering sehingga mesin telusur dapat lebih cerdas menjelajahi website.

Kapasitas sitemap dalam sebuah website maksimal 50 MB dan dapat berisi maksimal 50.000 URL bisa untuk sekitar 50.000 artikel. Jika sitemap melebihi kapasitas 50 MB maka harus dikompres supaya sitemap dapat berfungsi dengan baik.

50 MB merupakan kapasitas yang sangat besar untuk ukuran sebuah sitemap karena bisa menampung 50.000 URL. Sobat bayangkan kalau dalam 1 tahun bisa membuat 1000 artikel berarti satu sitemap bisa digunakan untuk 50 tahun. Apabila sitemap melebihi kapasitas maka silahkan gunakan gzip untuk kompres sitemapnya.

Ada dua sitemap yang umumnya kita kenali yaitu sitemap di website yang lebih dikenal dengan sebutan daftar isi dan sitemap di mesin telusur yang kita submit melalui alat webmaster seperti di Google dan Bing. Kedua sitemap ini tidak boleh kita lewatkan dan wajib dibuat pada saat kita membangun sebuah website.

Mengapa sebuah website membutuhkan sitemap ?

Sitemap membawa pengaruh yang besar terhadap visibilitas website di mesin telusur karena dijadikan rujukan oleh robot txt untuk merayapi website. Jadi apabila ingin memiliki sebuah website yang diakui oleh mesin pencari maka membutuhkan sitemap.

Jadi jelas apabila sobat sedang membangun sebuah website maka wajib mengenal fungsi sitemap dan menggunakannya. Sebuah website yang tidak memiliki sitemap akan beresiko tinggi yaitu tidak ter-index dengan baik di mesin telusur.

Kelola sitemap dengan baik karena hal ini dapat meningkatkan performa website di mesin telusur. Rajin update secara rutin merupakan solusi terbaik agar website sobat semakin bersahabat dengan mesin telusur dan visibilitasnya meningkat.

BACA : CARA GRATIS MENINGKATKAN PERFORMA WEBSITE DI MESIN TEULUSUR

Pastikan sitemap website sobat memiliki banyak URL yang relevan dengan pencarian mesin telusur sehingga website dapat dipromosikan dengan baik dan kegiatan pemasaran pun meningkat karena mudah ditemukan pengguna.



Apa yang harus dihindari agar sitemap tetap optimal ?

Tidak jarang para pemilik website menghapus konten mereka dengan berbagai alasan termasuk saat bersih-bersih konten ketika mendaftar AdSense dan lupa tidak menghapus link-nya di mesin telusur. Hal ini akan berdampak buruk terhadap perayapan mesin telusur ke websitenya.

BACA : KUPAS TUNTAS CARA TERBARU MEMBUAT KONTEN BERKUALITAS [UPDATE 2017]

Segera hapus link mati yang ter-index di mesin telusur dengan cara menghapusnya melalui alat webmaster sehingga link tersebut tidak membawa dampak buruk karena kalau dibiarkan terlalu lama akan mengganggu proses perayapan mesin telusur ke website.

Kesimpulan :

Untuk menjadi seorang praktisi SEO terbaik maka sobat harus mengetahui teknik dasar terlebih dahulu dan jangan menganggap hal yang membawa perubahan bagi website itu sepele, salah satunya dengan mengenal fungsi sitemap secara detail. Pelajari dan ketahui fungsi dan kegunaan setiap alat yang dapat membawa pengaruh baik terhadap visibilitas blog di mesin telusur.

Pastikan setiap URL di sitemap website sobat adalah link yang valid, jangan ada link mati karena dapat mengubur website di mesin telusur. Lakukan update sitemap secara rutin dengan konten terbaru minimal satu kali dalam sehari karena dengan begitu posisi website akan semakin baik di mesin telusur.

Dapatkan informasi terbaru dan data tentang website sobat dengan mengunjungi alat webmaster secara rutin sehingga sobat mengetahui dan mengontrol penuh website di mesin telusur.

Tidak perlu submit sitemap berkali-kali dan cukup sekali saja ketika pertama kalinya sobat membuat website dan segera hapus link yang tidak berfungsi di mesin telusur agar kinerjanya optimal.

5 Comments

5 Comments

  1. Bos Informasi

    Februari 21, 2017 at 12:55 am

    Jadi kesimpulannya kalau ada url yang mati didalam sitemap harus segara dihapus. Tapi yang saya temui, di webmaster google ketika url yang mati di hapus. Statusnya hanya di sembunyikan sementara dari mesin telusur. Jika hendak mau menghapus secara permanen gimana caranya?

    • Usman West Java

      Februari 21, 2017 at 2:12 pm

      pakai fungsi remove URL pak untuk menghilangkan url dari index mesin telusur. pengalaman saya url nya setelah beberapa hari gak ada lagi di index pencarian…

  2. Faisol Abrori

    Maret 10, 2017 at 11:18 pm

    Misal aku buat sitemap otomatis, trus didalamnya ada link yg error, itu otomatis dihapus juga atau gimana mas ? TRIms. Kunjungi blog saya juga ya,,, hehehehe. Seneng bgt klo saling mampir

    • Usman West Java

      Maret 11, 2017 at 2:48 am

      tidak mas, ini menurut saya cukup bahaya bagi blog itu sendiri karena bisa menurunkan peringkatnya di mesin telusur. broken link (link rusak) harus dihapus secara manual di webmaster tools.

  3. Pingback: CARA BUAT BLOG BARU [LANGKAH PENTING] | Blog Mas Usman

Tinggalkan Balasan

To Top