ADSENSE

MENGENAL RKT GOOGLE ADSENSE DAN CARA MENINGKATKANNYA

Mengenal RKT Google AdSense

Mengenal RKT Google Adsense dan Cara Meningkatkannya – Dalam dunia bisnis AdS Online yang berbasis PPC (Pay Per Click) sekelas Google AdSense, RKT (Rasio Klik Tayang) merupakan salah satu hal terpenting yang dapat menjadi parameter untuk mengukur tingkat keberhasilan sebuah iklan, karena apabila nilainya tinggi maka kemungkinan besar peminat iklan tersebut tidak sedikit.

Nilai RKT adalah persentase dari perolehan klik yang didapat dari jumlah klik dibagi dengan jumlah tayang. Contoh : jika iklan sobat menerima 5 klik dari 1.000 tayangan iklan, maka RKT iklan tersebut adalah 0,5 persen.

Apa pengaruh RKT terhadap Earning ?

Dilihat dari rumus penghitungannya, semakin tinggi nilai RKT maka kemungkinan akan semakin besar potensi pendapatannya, dengan catatan apabila BPK (Biaya Per Klik) iklan yang dikliknya tinggi maka dipastikan pendapatannya akan lumayan tinggi. Namun, beberapa praktisi menyebutkan prediksi nilai yang aman untuk RKT yaitu hingga 10 persen.

Beberapa praktisi AdSense meragukan nilai RKT yang melebihi 10 persen dengan berbagai alasan, salah satunya adalah akan menimbulkan dampak kurang bagus terhadap penilaian dari Google AdSense yang kemungkinan akan dianggap memanipulasi klik iklan. Menurut penulis sendiri hal ini tidak menjadi masalah apabila RKT tersebut didapat dari hasil yang valid, jadi sah-sah saja jika RKT-nya melebihi 10 persen.

Bagaimana Google AdSense menghitung RKT ?

Prediksi penulis, Google AdSense tahu persis berapa lama pengunjung datang ke halaman situs dan mereka memiliki hitungan yang sangat rasional terhadap RKT ini. Apabila pengunjung yang datang ke situs hanya menghabiskan waktu beberapa detik saja namun mereka meng-klik iklan, maka ini jelas awal dari penurunan kredibilitas situs.

Google AdSense kemungkinan akan menilai click fraud (klik tidak disengaja) yang tidak dapat menghasilkan value yang berpengaruh kepada kalibrasi earning apabila ada pengunjung yang datang hanya untuk mengklik iklan saja tanpa menikmati konten yang ada dalam halaman situs dan jika ini terjadi secara terus menerus maka akun AdSense bisa di-banned.

Click fraud akan menyebabkan terjadinya count down pada dasbor penghasilan AdSense tersebut. Jadi jangan heran kalau saldo penghasilan tiba-tiba menurun hanya dalam waktu beberapa detik, tidak salah lagi itu karena telah terjadi klik tidak disengaja/tidak sah dan inilah hal yang kurang menguntungkan bagi reputasi situs di mata Goolge AdSense.

Click fraud tidak akan menambah nilai RKT karena yang akan dihitung adalah klik yang didapat dengan cara yang valid berdasarkan analisa Google AdSense. Sobat akan mengetahui value RKT yang sah dari aktivitas yang valid pada daily report Google AdSense di dasbor masing-masing.

Bagaimana cara meningkatkan RKT ?

Untuk mendapatkan value yang tinggi pada kalibrasi RKT, penayang harus pandai memperhatikan beberapa hal yang dapat meningkatkan RKT tentunya dengan cara valid. Berikut ini sedikit gambaran bagaimana menghasilkan RKT yang tinggi dan ideal :

Perhatikan kualitas Artikel dan topiknya

Kualitas artikel harus diperjuangkan supaya bisa lebih bernilai jual tinggi, namun selain itu ada yang harus lebih di fokuskan lagi yaitu soal topik artikel. Perbanyaklah topik yang seolah mempromosikan apa yang di iklankan oleh Google AdSense.

Misalkan artikel membahas tentang mobil, kemudian iklan yang muncul adalah iklan kredit mobil, maka hal ini akan menarik minat pembaca karena iklan yang dilihatnya sesuai dengan bacaan mereka. Dengan kata lain, apabila iklan yang tampil sesuai dengan topik artikel maka potensi klik akan besar yang akan berdampak kepada value RKT.

Untuk mendapatkan topik artikel agar sesuai dengan iklan, maka silahkan riset di Google Adwords karena disana ada banyak kata kunci yang relevan dengan iklan yang bayarannya tinggi atau banyak yang menyebutnya high paying keywords.

Perhatikan Posisi Iklan

Penempatan iklan yang tepat dapat meningkatkan frekuensi keterlihatan oleh pengunjung sehingga memiliki potensi yang besar untuk diklik. Dalam hal ini, ukuran iklan juga sangat berpengaruh karena jika ukurannya tidak sesuai maka akan mengganggu kenyamanan pengunjung.

Baca : Prediksi Ukuran Iklan Adsense Terlaris Yang Paling Sering Menghasilkan Uang



Jangan menempatkan iklan yang menghalangi konten atau navigasi situs karena ini akan membuat banyak orang kecewa dan mereka segera meninggalkan situs, selain itu juga dapat memicu adanya pelanggaran kebijakan Google AdSense yang berkaitan dengan penempatan iklan.

Baca : Kebijakan Google Adsense Diperketat, Penayang Bisa Makin Cerdas [Pengumuman 2017]

Perhatikan terus weekly report pada dasbor Google AdSense, cabut iklan yang memberikan kontribusi kecil terhadap pendapatan sobat dan pertahankan iklan yang memberikan kontribusi besar. Iklan yang memberikan kontribusi kecil terhadap pendapatan pastinya tidak diklik oleh pengunjung, maka tidak ada salahnya kalau iklan tersebut dicabut atau pindahkan ke posisi yang dianggap berpotensi.

Kesimpulan

Jangan pernah mencoba memanipulasi iklan Adsense, misalkan dengan menyuruh orang lain untuk mengklik iklan atau sobat sendiri yang mengklik iklan tersebut apabila ingin beriklan AdSense dalam jangka panjang.

Buatlah konten yang sesuai dengan periklanan AdSense, untuk mendapatkan random iklan yang bernilai klik tinggi.

Menurut pendapat beberapa praktisi AdSense, apabila iklan yang diklik adalah iklan yang sesuai dengan artikel maka bayaran per kliknya kemungkinan bisa besar.

Keterlibatan pengunjung, jumlah frekuensi tayang iklan dan penempatan iklan yang tepat akan meningkatkan RKT yang berdampak pada penghasilan.

Baca : Cara Membuat Konten Yang Menarik Agar Pengunjung Kepelet [Kriteria Adsense]

Nilai RKT yang tercatat pada report Google AdSense adalah nilai yang sah, karena nilai RKT yang tidak valid tidak akan dicatat dan tidak berpengaruh kepada kalibrasi earning.

To Top