BLOGGING

KENALI YANG INI DULU SEBELUM MEMBELI HOSTING UNTUK WEBSITE

hosting untuk website.jpg

Kenali Yang Ini Dulu Sebelum Membeli Hosting Untuk Website – Menjadi seorang blogger yang sukses menginspirasi banyak orang di dunia maya merupakan ekspektasi dari sekian banyak para online mania. Semua itu bisa terwujud dengan menggunakan peralatan pendukung yang memadai, salah satunya yaitu memiliki situs dengan akses cepat sehingga bisa dengan mudah melakukan stretch di pasar konten.

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi blogging maka semakin diharuskannya kita sebagai blogger untuk dapat memahami dan mengenal teknologi tersebut supaya bisa mengikuti kebutuhan search engine yang merupakan salah satu media pemasaran konten yang paling efektif.

Pada bab ini penulis akan fokus memperkenalkan bagian-bagian terpenting yang harus diperhatikan sebelum membeli hosting agar nantinya bisa sesuai dengan kebutuhan operasional situs yang akan di bangun khususnya bagi yang menargetkan ribuan visitor setiap harinya.

Bagi sobat yang sedang mempersiapkan website dengan metode self hosting diharapkan untuk tidak memilih hosting yang kurang memenuhi standar operasional dari CMS (Content Management System) yang akan digunakan terutama WordPress sehingga performa websitenya tidak optimal dan sulit meraih posisi terbaik di indeks hasil pencarian mesin telusur.

Baca : Bagaimana Cara Memilih Hosting Berkualitas?

Ulasan ini juga berlaku bagi sobat yang tidak berprofesi sebagai blogger terutama para pebisnis online yang memanfaatkan situs web atau blog untuk meningkatkan personal branding dan promosi produk yang akan dipasarkan, mengingat saat ini blog merupakan alat yang sangat efektif dalam dunia pemasaran digital.

Apa itu Hosting ?

Hosting merupakan tempat penyimpanan file dari situs web yang digunakan, fungsinya sebagai storage (disk virtual) sama seperti sebuah hardisk dalam komputer yang dapat digunakan untuk menyimpan berbagai macam file di dalamnya.

Kualitas sebuah hosting sangat menentukan performa situs, jadi haruslah dipertimbangkan secara matang sebelum sobat menggunakannya. Penulis berharap setelah membaca ulasan singkat ini sobat memahami betapa pentingnya memiliki situs dengan hosting yang berkualitas.

Yang Perlu Diperhatikan Ketika Membeli Hosting Untuk Website

Untuk mendukung metode self hosting diperlukan sebuah hosting yang berkualitas supaya performanya bagus. Salah satu keuntungan self hosting adalah lebih leluasa dalam pengelolaan situs web, ibaratkan rumah tinggal maka self hosting adalah rumah milik sendiri bukan ngontrak atau nebeng di rumah orang lain. Hanya saja untuk menggunakan metode ini diperlukan biaya yang lumayan.

Baca : Biaya Membuat Blog [Tahun 2017]

Hosting untuk website tersedia dengan berbagai macam paket dan fitur, ada beberapa fitur hosting yang wajib diperhatikan sebelum memutuskan untuk memilih hosting tersebut, diantaranya bandwidth, storage (kapasitas penyimpanan), physical memory dan virtual memory. Jadi jangan asal-asalan memilih hosting karena sangat berpengaruh kepada kecepatan akses situs.

Bandwith

Merupakan nilai konsumsi pengiriman data yang biasa dihitung dalam bit per second (bps) antara server dengan client dalam interval waktu tertentu. Salah satu peranan bandwith adalah memberikan kenyamanan kepada visitor dengan akses data yang cepat, semakin besar kapasitasnya maka akan semakin bagus performanya.

Apabila sobat menargetkan ribuan visitor dalam sehari maka gunakan bandwith yang besar jika memungkinkan pilihlah yang unlimited. Jangan nekad memilih bandwith dengan kapasitas kecil karena akan menyebabkan lost koneksi antara situs dengan server sehingga pengunjung bisa kecewa.

Storage

Disini sobat bisa menyimpan berbagai file gambar, video, musik dan berbagai file lainnya. Mungkin apabila situsnya hanya berisi artikel saja maka tidak akan terlalu memakan tempat, namun apabila berisi video maka membutuhkan storage yang besar setidaknya di atas 100 GB supaya lebih leluasa.

Untuk mendapatkan storage yang besar diperlukan budget yang tidak sedikit, hal ini bisa disiasati dengan menyimpan file video tersebut di Youtube. Hal ini tidak berlaku untuk skala perusahaan, sebaiknya menggunakan hosting untuk semua file situs supaya terjamin kemanannya terutama pada saat membutuhkan file cadangan.

Physical Memory (RAM)

Kedudukan RAM dalam hosting sama halnya dengan RAM pada komputer yang kita gunakan. RAM merupakan sebuah hardware yang terpasang dalam device dan bertugas menampilkan data dari hardisk saat komputer menjalankan sebuah perintah.

RAM akan mengatur setiap perintah secara acak sehingga bisa menampilkan data dengan cepat. RAM juga bisa menampilkan data lebih cepat dibandingkan dengan hardisk, sehingga waktu tunggu (lag time-nya) tidak terlalu lama.

Semakin besar kapasitas RAM dalam sebuah hosting maka akses situsnya akan semakin bagus, untuk CMS WordPress minimalnya menggunakan 1 GB supaya stabil. Untuk mengetahui kapasitas RAM dalam paket hosting harus ditanyakan lasngsung ke penyedianya karena biasanya tidak tercantum dalam baner paket hosting.

Virtual Memory

Bagian ini berfungsi membantu RAM menyimpan berbagai perintah yang sedang berlangsung apabila cache sistem pada RAM utama penuh. Bedanya dengan physical memory adalah tidak terlihat dan tidak bisa dipegang, selain itu kapasitasnya yang bisa dikalibrasi dengan menggunakan software atau fitur dari sebuah sistem.

Sama seperti halnya physical Memory, semakin besar kapasitasnya maka akan semakin bagus karena bisa mengontrol akses situs dengan cepat.

Kesimpulan

Memilih hosting untuk website harus benar-benar memperhatikan spesifikasi yang dibutuhkan oleh CMS yang digunakan, jadi jangan sembarangan memilih.

Apabila menggunakan CMS WordPress maka perhatikan kapasitas RAM karena membutuhkan resource yang besar agar bisa bekerja stabil.

Untuk sobat yang masih pemula carilah penyedia hosting yang gampang diajak komunikasi dan cepat responnya terutama dalam menangani masalah koneksi ke server.

Apabila situs sering eror 500 maka permasalahannya ada di kapasitas yang dibahas pada ulasan ini, segera update kapasitas yang kurang memenuhi kriteria.

6 Comments

6 Comments

  1. Fadil Muhaimin

    September 16, 2017 at 2:03 pm

    Jadi tau bedanya bandwidth, storage , physical memory dan virtual memory. Jadi kalau ada yang nawarin hosting unlimited mau saya tanya dlu unlimitednya yg mana… biar nggak dibodoh bodohin

  2. Usman West Java

    September 16, 2017 at 2:18 pm

    betul mas, tanyakan saja RAMnya berapa, biasanya kalau RAMnya 1 GB yang lainnya pasti memenuhi standar CMS wordpress

  3. Arif punakawan

    September 17, 2017 at 12:40 am

    Terimakasih bang uzw, saya ada rencana antara migrasi atau bangun web baru pke self hosting. Tpi bngung beli hostimg dimana. Ini ada rencana sih beli hoating di niagahoster paket pelajar, mnrt bang uze cukup ndak?

  4. Usman West Java

    September 20, 2017 at 5:34 am

    masalah cukup atau tidaknya bergantung dari paket hosting itu sendiri mas, untuk CMS wordpress setidaknya harus pakai RAM 1 GB supaya stabil.

  5. mchamzah

    September 22, 2017 at 2:04 am

    kalau saya baca ulasannya kok malah sudah tidak cukup menggunakan shared hosting. tapi mesti pakai (minimal) vps sendiri, sebab kebanyakan hosting setting ram untuk per user cuma 64 sampai 128 Mb, tapi tetap ada toleransi. sebab namanya shared hosting tentu dipakai banyak user dalam satu server.
    sebab sepengatuan saya kalau user sudah menggunakan daya server katakanlah RAM 1 Gb secara terus2an maka saya yakin akan di suspend dan disarankan pakai vps/server sendiri. karena akan menggangu user lain. walau hostingnya berlabel unlimited, atau pakai cloud linux. kecuali kita pesan hosting enterprise yang tentu harganya juga lumayan

  6. Usman West Java

    September 22, 2017 at 4:28 am

    kalau RAM 64/128 itu paket pa ya mas?

    RAM Shared Hosting nyampe 2GB mas. memang itu sudah kelas corporate dengan harga sekitar 2-3 juta setahun.

    pengalaman saya pakai RAM 500 MB saja koneksi sering eror, tapi itu karena saya pakai spek yang tinggi terutama template mungkin bisa dilihat seperti apa bentuk templatenya web ini. untuk CMS wordpress setiap saat perlu update sesuai notifikasinya, kalau dibiarkan tentu akan mengganggu performa situs, hal tersebut jelas membutuhkan resource yang besar terutama RAM.

    Kalaupun mau pakai paket hosting dengan RAM yang kecil itu bisa saja, tetapi sangat sulit untuk bisa bersaing dengan kompetitor terutama di Google SERP karena pasti akses situs tidak bisa cepat mengingat tool wordpress makin hari makin membutuhkan spek yang tinggi.

    saya dah bertahun tahun pake shared hosting dengan RAM 1 GB lebih dikit aman tidak disuspend.

    kalau mau pakai RAM yang lebih dari 2 GB memang betul harus pakai VPS. karena shared hosting hanya sampai 2GB menurut keterangan dari beberapa shabat KKG yang kerja di penyedia hosting ternama.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 53 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top