ADSENSE

PEMULA PERLU MELAKUKAN INI JIKA MEMILIKI EARNING ADSENSE RENDAH

Earning adsense rendah.jpg

Pemula Perlu Melakukan Ini Jika Memiliki Earning Adsense Rendah – Mendapatkan otorisasi dari Google AdSense untuk menayangkan iklannya adalah suatu kebanggaan bagi blogger yang mengafiliasikan blognya kepada Google untuk mencari rezeki di dunia maya. Hingga saat ini akun Google AdSense masih menjadi buruan para pemula untuk dapat berbisnis menjadi penayang iklan online ala Google.

Tidak sedikit pemula memiliki impian besar untuk bisa kaya dengan beriklan Google AdSense sehingga antusiasme-nya sangat tinggi. Hal tersebut tidak salah, namun penulis rasa itu terlalu berlebihan karena belum tentu setelah beriklan Google AdSense bisa mendapatkan penghasilan yang besar malahan ada yang menyesal sudah memiliki akun AdSense dan ingin menghempaskannya ke laut karena bayarannya sangat murah.

Sebetulnya ada hasrat terpendam di balik rasa kecewa mereka, namun sayang karena ketidak tahuan jadinya merasa tidak yakin. Hal ini merupakan sekelumit tentang nasib para pemula yang baru memiliki akun AdSense dengan penghasilan minim dan kehabisan cara untuk optimasi, parahnya ada yang sudah 1 tahun punya akun tapi penghasilannya (earning) baru Rp. 5.000.

Baca : Cara Dapat Gaji Dari Google Adsense Walau Tidak Punya Akun Adsense

Percayalah sobat, jangan pasrah kepada nasib karena nasib bukanlah suatu takdir dan sobat harus berusaha untuk mendapakan yang lebih baik agar hasilnya sesuai harapan. Silahkan cari referensi yang mudah dimengerti menurut versi sobat dan pelajari dengan tekun, Insya Allah hasilnya akan baik.

Disini penulis tegaskan untuk bisa sukses mengelola akun AdSense itu bukan pekerjaan yang mudah, jangan berfikiran langsung bisa kaya karena itu pola pikir yang salah total. Perlu waktu dan strategi yang pas untuk bisa berpendapatan sesuai harapan.

Baca : Strategi Blogging Level Dasar

Jangan mudah percaya kalau ada yang mengatakan dengan AdSense bisa mendapatkan ratusan juta dalam sekejap, itu ungkapan yang kurang tepat bagi pemula dan jangan langsung ditelan mentah-mentah karena untuk bisa gajian 1.3 juta setiap bulan saja sangat sulit untuk level pemula bahkan level senior pun mengakuinya.

Bagaimana Cara Mengatasinya Jika Earning Adsense Rendah Banget ?

Penulis akan membagikan pengalaman selama beberapa bulan menangani kasus ini supaya menjadi bahan referensi bagi sobat yang tengah kebingungan karena pendapatannya tidak kunjung naik. Silahkan perhatikan poin berikut ini :

Gunakan High Paying Keywords

Mencari High Paying Keyword.jpg

High Paying Keywords (HPK) adalah kata kunci yang memiliki nilai BPK (Biaya Per Klik) tinggi berdasarkan penawaran dari pengiklan. Google menyediakan informasi ini di Google Adword Keyword Planner, sobat bisa mendapatkan secara gratis, silahkan login saja. Selain itu, sobat bisa mendapatkan HPK di SEMRush yang tidak kalah handalnya dan menjadi salah satu pilihan pavorit penulis untuk menunjang aktivitas blogging terutama riset pasar.

Pilih HPK yang relevan dengan topik atau passion sobat supaya tidak kesulitan membuatnya karena dengan begitu ide yang dimiliki akan tetap bisa dituangkan ke dalam konsep artikel. Apabila artikel mengandung HPK maka akan berpotensi menampilkan iklan dengan nilai BPK (CPC) tinggi sesuai dengan yang ditargetkan oleh HPK tersebut.

Tingkatkan Kecepatan Memuat Halaman Situs

Kecepatan loading situs.jpg

Poin ini mengharuskan server untuk selalu bisa bekerja dengan cepat, silahkan kurangi penggunaan widget, menyederhanakan tampilan situs dan menggunakan gambar berukuran kecil supaya akses situs tidak lambat. Apabila server tidak merespon dengan cepat, maka dikhawatirkan iklan tidak bisa tayang dengan sempurna dan yang pasti impressinya berkurang sehingga menyebabkan earning AdSense rendah.

Gunakan template yang responsive agar sesuai dengan selera google sehingga tampilan situs bisa optimal. Saat ini pengguna lebih banyak menggunakan perangkat mobile daripada desktop ketika mereka surfing, jadi harap maksimalkan tampilan situs di perangkat mobile.

Di beberapa kasus yang ditemukan tidak sedikit pemula yang belum paham mengenai respon server, artinya dia banyak menggunakan widget yang kurang efektif tanpa memikirkan bagaimana dampaknya terhadap akses server. Usahakan sekurang-kurangnya ada 3 unit iklan yang tampil di halaman landing terutama di dalam artikel yang merupakan pusat fokus pengunjung.

Baca : Cara Mempercepat Loading Blog

Gunakan Unit Iklan Secara Tunggal

sistem unit iklan tunggal.jpg

Hal ini perlu dilakukan agar penempatan iklan dapat teroptimasi dengan baik sehingga berpotensi memperoleh harga iklan yang mahal. Selama beberapa bulan ini penulis melakukan pengamatan terhadap latensi iklan ternyata penggunaan unit iklan tunggal bisa membantu kita memonitor latensi iklan tersebut sehingga kita bisa mengetahui berapa pendapatannya.

Apabila sobat mengaitkan Google AdSense ke beberapa situs maka sebaiknya menggunakan satu unit iklan untuk satu titik, inilah yang dimaksud metode penempatan tunggal supaya mudah melacak keberadaan iklan dan mengetahui latensinya.

Buat Saluran Khusus

saluran khusus.jpg

Sebelum melakukan lelang, pengiklan menggunakan chanel saluran khusus untuk mencari kategori yang diinginkan berdasarkan produk yang akan dipasarkannya sehingga mereka mau membayar dengan harga yang tinggi karena iklannya dapat tertarget dengan baik.

Dalam satu Akun Google AdSense bisa dibuat untuk 500 saluran, silahkan dioptimalkan dengan baik supaya situs memiliki potensi untuk menayangkan iklan yang tertarget sehinga bayarannya tinggi. Penulis akui kalau optimasi iklan memang sangat melelahkan, kita harus menguasai secara detail karakteristik dari iklan tersebut sehingga bisa menyesuaikan dengan topik ulasan.

Mungkin untuk blog dengan niche tertentu akan lebih berpotensi menayangkan iklan dengan BPK yang tinggi dan membuat saluran khususnya pun tidak begitu rumit, namun berbeda dengan blog gado-gado yang harus membuat list kategorinya kemudian baru membuat saluran khusus sebanyak kategori tersebut karena idealnya satu saluran untuk satu kategori.

Pasang Iklan Tingkat Laman (Page Level Ads)

Page Level Ads terbaru.jpg

Google sangat menyarankan untuk memasang Page Level Ads dan kini mereka sepertinya sangat serius ingin membantu meningkatkan pendapatan penayangnya dengan menawarkan cara baru dan inovatif untuk memonetisasi konten dengan optimal sehingga bisa mendorong pendapatan menjadi lebih baik.

Page Level AdS bukan termasuk iklan namun bisa mendorong iklan yang telah dioptimalkan oleh Google sehingga bisa tampil di halaman versi mobile yang sedang dimuat dalam keadaan optimal. Iklan tersebut tentunya bukan iklan yang murah melainkan iklan dengan BPK yang lumayan. Bagi yang tidak paham Page Level AdS nanti akan dibahas secara khusus di ulasan selanjutnya.

Blokir Iklan Yang Tidak Relevan

Blokir iklan tidak berkualitas.jpg

Seringkali penulis menjumpai halaman situs yang menayangkan iklan dengan format bahasa yang sulit dimengerti oleh pengguna pada umumnya, seperti bahasa korea, jepang dan yang lainnya apabila penargetannya dalam negeri maka sebaiknya iklan tersebut segera dihentikan penayangannya karena bisa menjadi pemicu earning AdSense rendah. Logikanya, akan sangat kecil kemungkinan diklik oleh pengguna karena bahasanya saja sulit dipahami.

Untuk poin ini harap berhati-hati, sebaiknya memblokir URLnya saja jangan memblokir langsung di kategori iklan supaya iklan yang lainnya bisa tampil. Metode ini cukup melelahkan karena kita harus sering-sering mengamati iklan yang tampil.

Hindari Pelanggran Kebijakan Google

Kebijakan Google AdSense.jpg

Jangan jadi penayang iklan AdSense kalau tidak memahami secara detail kebijakannya, mungkin ini istilah yang tepat dan tegas. Tidak sedikit penayang yang ceroboh dengan mengaitkan iklan AdSensenya di halaman yang melanggar kebijakan, alhasil iklan pun tidak tayang sehingga mengurangi pendapatan. Selain mengurangi pendapatan, jika terus menerus dibiarkan maka akun kemungkinan akan dibanned permanen oleh Google.

Setiap saat Google selalu memperbarui kebijakannya, jadi sobat harus selalu rajin update informasinya agar bisa membuat konten yang terbebas dari kebijakan Google sehingga iklan bisa tayang secara optimal dan pendapatanpun bisa bertambah.

Baca : Kebijakan Google Adsense Diperketat, Penayang Bisa Makin Cerdas [Pengumuman 2017]

Tingkatkan Visibilitas Situs

cara meningkatkan visibilitas situs.jpg

Setelah mempersiapkan konten yang unik dan optimasi iklan, maka selanjutnya yang harus diperhatikan adalah frekuensi keterlihatan situs atau akrab disebut visibilitas. Situs yang memiliki frekuensi tayang yang tinggi maka akan berpotensi memperoleh penghasilan yang besar, tidak salah lagi ini ada kaitannya dengan SEO. Bergabunglah dengan grup-grup blogger lainnya di jejaring sosial supaya bisa mempromosikan situs dengan mudah.

Walaupun promosi itu hal yang mudah, namun untuk mendapatkan visitor kemudian mereka mengklik iklan dengan sendirinya bukan perkara gampang, konten haruslah berkualitas dan tentunya didukung dengan SDM sang bloger itu sendiri sehingga situs yang dikelolanya bisa memberikan benefit sebagai feedback-nya.

Baca : Cara Gratis Meningkatkan Performa Website Di Mesin Teulusur

Kesimpulan

Yang sangat mempengaruhi earnig AdSense rendah adalah kualitas tulisan, mau seperti apapun optimasinya jika tulisannya memiliki kualitas yang rendah maka sulit untuk berpotensi menghasilkan pendapatan yang tinggi.

Menggunakan unit iklan secara tunggal dapat membantu memonitor latensi iklannya setiap saat secara detail sehingga kita bisa tahu angka pendapatannya untuk menargetkan iklan dalam jangka panjang.

Page Level AdS akan tampil pada saat performa halaman yang dimuat dalam keadaan optimal dan menampilkan 1 unit iklan yang telah dioptimalkan Google sehingga memiliki daya tarik yang lebih di hadapan pengguna.

Iklan tidak bisa tayang di situs yang melanggar kebijakan Google, jadi harap periksa kembali konten yang sekiranya bisa memicu pelanggaran kebijakan dan jangan bingung kalau iklan tidak bisa tampil di situs segera saja periksa konten.

6 Comments

6 Comments

  1. rahayu asda

    August 20, 2017 at 6:18 am

    Thank infonya mas uze. Itu sy banget yg setahun baru dpt 5000 rupiah

    • Usman West Java

      August 20, 2017 at 7:36 am

      sama-sama mbak,,semangat dan terus gali potensi yang ada.

  2. Wahjoe

    August 20, 2017 at 10:59 am

    Terima kasih … baru pasang adsense jadi ada referensi lebih banyak ….

    • Usman West Java

      August 21, 2017 at 12:28 am

      semoga sukses mas, disini tempatnya pemula mendapatkan gambaran singkat mengenai adsense. semoga sukses

  3. Nuqman Rifai

    November 10, 2017 at 11:58 am

    Terima kasih mas usman, sangat membantu sekali, memang semuanya itu berproses.

    • Usman West Java

      November 10, 2017 at 12:22 pm

      sama-sama mas Nuqman. setiap usaha pasti akan membuahkan hasil, begitu juga di adsense kalau ditekuni cukup lumayan buat nambah uang saku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top