ADSENSE

BAGAIMANA LANGKAH AWAL UNTUK MENINGKATKAN PENGHASILAN GOOGLE ADSENSE ?

Meningkatkan penghasilan Google AdSense

Bagaimana Langkah Awal Untuk Meningkatkan Penghasilan Google Adsense ? – Mendapatkan penghasilan dari Google AdSense merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan dalam blogging. Mungkin ada banyak cara lainnya agar sukses mendapatkan uang dari blog, namun yang paling nyaman adalah beriklan Google AdSense.

Google AdSense terbukti konsisten membayar kepada para publishernya. Banyak publisher Google AdSense yang sudah sukses mendapatkan penghasilan yang tergolong lumayan besar sehingga cukup untuk menafkahi keluarganya.

Sebetulnya ada banyak cara meningkatkan penghasilan Google AdSense, namun sebelum melangkah lebih jauh penulis akan memberikan tips yang paling mendasar. Penulis sarankan untuk selalu membudayakan tertib dalam mempelajari suatu bidang supaya mudah dicerna dengan baik dan hasilnya bisa maksimal.

Bagi penulis sudah biasa melihat penghasilan dari Google AdSense dan selalu bersyukur dengan penghasilan yang didapat. Rasanya perlu kerja keras untuk bisa gajian (Pay Out) dari Google AdSense setiap bulannya karena hal ini bukan cara yang mudah melainkan harus melewati tahapan yang rumit.

Suka dan duka penulis rasakan dari awal mendapatkan akun Google AdSense hingga saat ini dan Alhamdulillah bisa menutupi sebagian kebutuhan bulanan walaupun belum seberapa dibanding publisher lainnya yang sudah menadapatkan jutaan rupiah dari Google AdSense setiap bulannya.

Penulis akan membagikan (sharing) tips yang paling mendasar untuk meningkatkan penghasilan Google AdSense yang pernah diterapkan di awal kepemilikan akun. Silahkan sobat simak dan cermati untuk bisa sobat terapkan.

BACA : BAGAIMANA MEMULAI CARI UANG DI INTERNET DENGAN BERIKLAN GOOGLE ADSENSE ?

Buat konten unik dan memiliki nilai manfaat yang besar untuk pengguna

Setiap hari ada jutaan atau bahkan miliaran pengguna berselancar di mesin telusur dengan tujuan yang beragam seperti menyelesaikan tugas sekolah, rumah, mencari lowongan kerja, nonton film dan informasi lainnya.

Jika sobat seorang pemula yang baru memiliki akun Google AdSense, maka sebaiknya mengamati hal tersebut di atas untuk mengambil tindakan yang cerdas dan tepat. Dengan kata lain, sobat wajib membuat konten sesuai dengan kebutuhan pasar dan pilih yang sesuai dengan keahlian dan kesukaan (passion) sobat agar ide selalu mengalir tanpa henti.

Tidak sedikit pemula yang kebingungan harus menggunakan cara apa untuk meningkatkan penghasilan Google AdSense dengan blog yang dikelolanya. Disini sobat harus melatih kesabaran supaya tidak mudah pesimis jika melihat saldo AdSense yang tidak kunjung naik.

Penulis yakin bahwa kita pernah bernasib sama, melihat earning setiap saat dan melihat angka yang hanya sedikit pada kolom saldo kemudian merasa sedih karena angkanya hanya bertambah Rp. 2000/bulan. Diposisi inilah mental publisher sedang diuji.

Sabar menunggu dan teruslah berusaha, mungkin hanya itulah yang perlu dilakukan untuk bisa mendapatkan solusi terbaiknya. Penghasilan dari Google AdSense itu tidak besar sob, tapi untuk di awal masa kepemilikan akun hingga sekitar tahun kedua bahkan beberapa pemula ada yang baru bisa gajian (pay out) setelah tahun ke dua.

Rajin melakukan riset pasar untuk dapat membuat konten yang berkualitas dan berguna buat pengunjung yang datang ke blog kita. Ingat jangan membuat konten yang berkualitas rendah supaya bisa menghasilkan uang dari blog tersebut. Saat ini konten yang paling banyak dilihat oleh pengunjung akan menduduki peringkat terbaik di mesin telusur, seiring dengan perkembangan alogaritma Google yang terbaru.

Temukan sesuatu yang sobat sukai dan dapat membuat orang lain bersemangat dengan hal tersebut. Mungkin bergabung dengan komunitas yang memiliki hobi yang sama itu merupakan salah satu solusinya. Jalin kerja sama dengan mereka supaya bisa menciptakan konten yang menarik untuk pengguna sehingga mereka semangat membacanya.

Usahakan blog agar selalu menjadi referensi pengguna

Jangan mengira bahwa pengunjung yang datang itu akan langsung mengklik iklan, karena itu belum tentu terjadi atau bahkan tidak sama sekali. Bisa saja pengunjung yang datang hanya karena salah klik di mesin telusur kemudian keluar lagi setelah melihat isi artikel yang tidak relevan dengan judul dan selanjutnya ia merasa tertipu dengan artikel sobat, ngenes kan ?

Perhatikan pergerakan pengunjung jika mereka hanya membuka satu halaman saja kemudian dalam waktu bebrerapa detik ia meninggalkan halaman blog sobat maka ini sangat jelas bahwa kualitas konten di blog sobat diragukan bahkan mesin telusur pun memberikan nilai yang jelek dengan angka bounce rate yang tinggi.

BACA : KUPAS TUNTAS CARA TERBARU MEMBUAT KONTEN BERKUALITAS [UPDATE 2017]

Jika hal di atas dibiarkan terus menerus maka dipastikan sobat akan kehilangan pengunjung dan pastinya kehilangan penghasilan juga. Itulah alasan yang paling masuk akal mengapa sobat perlu memperhatikan kualitas konten yang dibuat.

Sobat perlu memperhatikan dan memastikan setiap pengunjung yang datang ke situs sobat bahwa mereka betah dan ingin menggali lebih dalam mengenai konten yang ada disana. Rasa ingin tau mereka tidak berhenti sampai disitu, biasanya mereka mencari kontak yang bisa terhubung dengan sobat. Nah dari situ awal keberhasilan sobat jika mampu melayani mereka dengan baik.

Selain dengan melayani mereka secara langsung, sobat bisa membuat navigasi yang jelas pada blog agar mereka mampu menemukan dengan mudah konten terbaik yang relevan dan berguna buat mereka sehingga blog sobat menjadi pusat referensi bagi banyak pengguna.

Gunakan intenal link dalam artikel

Internal link dalam artikel sangat berguna untuk mengalihkan perhatian pengguna ke artikel terkait lainnya, sehingga penjelajahan mereka tidak hanya berhenti di satu halaman saja melainkan terus membuka halaman lainnya yang membuat mereka penasaran.

Pasang juga beberapa internal link di sidebar supaya lebih banyak lagi konten yang dapat dilihat pengunjung. Usahakan mereka tahu beberapa konten unggulan dalam blog sobat, seperti konten yang sedang populer, konten terbaru dan konten terunik sehingga halaman blog sobat memiliki potensi yang besar untuk tayang lebih banyak lagi dan tentunya hal ini akan meningkatkan penghasilan Google AdSense sobat karena semakin tinggi frekuensi tayang halaman maka frekuensi tayang iklan juga semakin tinggi.

Maksimalkan saluran jejaring sosial pada blog

Supaya pengunjung tidak lupa blog sobat maka pasanglah saluran jejaring sosial di beberapa bagian terpenting seperti pada header, sidebar, akhir artikel dan footer sehingga mereka dapat dengan mudah menenmukan blog sobat. Dengan cara itu, sobat bisa mengingatkan pengunjung ketika update konten sehingga mereka kembali berselancar di blog kita.

Semakin senang pengunjung terhadap blog kita maka potensi klik iklan akan semakin besar dan penghasilan Google AdSense sobat perlahan terus bertambah. Jangan lupa perhatikan teknik memasang saluran jejaring sosial dengan baik supaya tidak mengganggu kecepatan loading blog sobat.

BACA : CARA MEMPERCEPAT LOADING BLOG

Optimalkan performa blog di mesin telusur secara rutin

Hal menyedihkan yang sering dialami oleh pemilik blog adalah tidak menyadari adanya perlakuan buruk di mesin telusur terhadap blog kesayangannya sehingga banyak konten yang tidak terindeks dengan baik akibat kurang optimalnya struktur blog tersebut dan menimbulkan crawl error pada mesin telusur sehingga akhirnya pengguna yang mengklik tautan blog sobat di mesin telur menjadi kecewa dan iklan akan kehilangan kesempatan frekuensi tayang.

Itulah mengapa perlu melakukan optimasi blog di mesin telusur secara rutin supaya tidak terlalu banyak kesalahan pada struktur blog yang menyebabkan mesin telusur tidak merayapi konten dengan baik. Beberapa langkah yang harus dilakukan supaya blog sobat bekerja dengan baik di mesin telusur adalah dengan selalu memperhatikan analisa dari Google search console dan Google Analytics.

BACA : CARA GRATIS MENINGKATKAN PERFORMA WEBSITE DI MESIN TEULUSUR

Google search console memiliki banyak tools yang dapat membantu sobat dalam memastikan apakah blog bekerja dengan baik dan loading-nya cepat untuk berbagai device sedangkan untuk melihat lalu lintas pengunjung ke blog sobat maka gunakan Google Analytics.

Perhatikan kedua tools di atas memberikan informasi yang baik tentang kinerja blog sobat di mesin telusur untuk dapat memastikan tidak ada masalah dengan pengunjung atau properti blog sehingga mereka dapat dengan mudah menemukan konten sobat dan kesempatan frekuensi tayang iklan akan lebih besar.

Kesimpulan

Meningkatkan penghasilan Google AdSense bukan pekerjaan gampang dan membutuhkan waktu yang panjang terutama bagi seorang pemula.

Semakin banyak konten unik terindeks di mesin telusur maka akan semakin besar potensi penghasilan Google AdSense sobat.

Konten yang banyak belum tentu dapat meningkatkan penghasilan AdSense apabila konten tersebut tidak memberikan manfaat buat pengunjung.

Jalin pertemanan sedekat mungkin dengan pengunjung agar mereka kemabali lagi ke blog kita .

Gunakan internal link yang relevan dengan topik artikel, supaya keingin tahuan pengunjung terjawab dengan baik.

Jangan membuat konten yang terlalu panjang karena akan membosankan mereka, jika konten tersebut lebih dari 2500 kata maka usahakan bagi dua bagian.

Perhatikan selalu kesehatan blog dan lalu lintas pengunjung supaya bisa melakukan maintenance secara berkala.

Semoga bermanfaat
Salam sukses

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Goolge



4 Comments

4 Comments

  1. Agus Saputra Asad

    April 17, 2017 at 1:28 am

    Duh blog saya masih gantung persetujuan Google Adsense nya, muncul halaman google adsense tapi duitnya masi 0 Rupiah hehe dan iklan tidak tampil artinya masih blom diterima ya mas hehe

  2. Wilson

    April 17, 2017 at 5:43 am

    Bro, gimana cara membuat blog seperti ini saya punya hanya hitam dan putih

  3. Usman West Java

    April 18, 2017 at 2:15 am

    pilih template yang bagus, dan responsive. saya rasa itu solusinya mas

  4. Pingback: PREDIKSI UKURAN IKLAN ADSENSE TERLARIS YANG PALING SERING MENGHASILKAN UANG | Blog Mas Usman

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 54 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top