ADSENSE

MENJAWAB PREDIKSI LIBURNYA REVIEW GOOGLE ADSENSE KARENA COVID-19

Review Google AdSense Zaman Corona.jpg

Kursuskomputergratis.com – Masa tanggap darurat Covid-19 menjadi kisah yang paling kelam bagi seluruh lapisan masyarakat di penjuru dunia saat ini, berbagai sektor usaha banyak yang terkena dampak dari wabah pandemi global tersebut tidak terkecuali publisher Google AdSense yang mulai resah karena cepat atau lambat dipredikasikan bakal menurunkan kapasitas lelang iklan bahkan di grup-grup AdSense tersebar isu bahwa review Google AdSense diliburkan.

Penasaran dengan isu tersebut, akhirnya penulis mencoba menelusuri ke beberapa sumber yang dapat dipercaya dan beberapa expert Google AdSense dari kalangan publisher senior, dari merekalah jawaban yang meyakinkan didapatkan bahwa isu tersebut tidaklah benar karena Google belum pernah mengeluarkan pernyataan bahwa review permohonan akun baru diliburkan sepanjang masa tanggap darurat pandemi Covid-19, jadi review akun tetap berjalan seperti biasanya.

Untuk meyakinkan bahwa benar review Google AdSense tidak diliburkan, penulis memutuskan melakukan riset langsung dengan membuka slot baru di program kemitraan Kakage JV AdSense yang sudah berjalan selama bertahun-tahun. Dari hasil seleksi didapat 10 blogger yang siap bergabung dengan Kakage JV AdSense dan seperti biasa penulis melakukan review manual terlebih dahulu untuk memastikan kelayakan blog tersebut sebelum di-review oleh tim Google AdSense.

Baca: Tindakan Preventif Jika Penayangan Iklan Dibatasi Google Adsense

Bukti Reviev Google AdSense Tidak Libur Pada Masa Pandemi Covid-19

Dalam riset yang dilakukan selama satu minggu dengan melibatkan 10 blog pilihan yang dianggap memenuhi kriteria Google AdSense, penulis mulai mendapatkan jawaban pada hari kedua yaitu ada blog yang ditolak Google AdSense. Penolakan tersebut menandakan bahwa ada aktivitas review Google AdSense walaupun hasilnya ditolak berarti ada feedback dari tim Google AdSense, itu adalah bukti kuat bahwa tim review Google AdSense tetap bekerja.

Pada hari keempat, Google mematahkan isu yang tengah ramai diperbincangkan tersebut akhirnya ada satu blog yang diterima Google AdSense. Blog keren milik mas Wahyu seorang Guru Honorer asal Jogjakarta ini resmi dikabulkan permintaannya oleh Google sehingga dapat bergabung bersama Kakage JV AdSense setelah melewati masa review selama empat hari, terjawab sudah rasa penasaran penulis bahwa sepanjang masa tanggap darurat Covid-19 permohonan pengaitan akun tetap direspon oleh tim Google AdSense.

akhir dari proses review google adsense di masa pandemi covid-19.jpg

Gambar 1. Email Persetujuan Permohonan Pengaitan Blog dengan Google AdSense

Penulis berharap tidak ada lagi yang patah semangat dengan isu-isu yang tidak dapat dipercaya kebenarannya, ulasan ini merupakan bukti yang cukup kuat kalau pengaitan blog ke akun Google AdSense tetap masih direspon dengan baik oleh tim Google meski sedang masa tanggap darurat covid-19. Yang pelu dilakukan sekarang adalah mempersiapkan blog dengan sebaik-baiknya apabila ingin dimonetisasi oleh Google AdSense supaya permohonannya tidak ditolak karena blog dianggap belum layak dimonetisasi Google AdSense.

Baca: Tips Sukses Mendapatkan Uang Jutaan Dari JV Adsense [Detail]

Apakah Ada Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pelayanan Google AdSense?

Ya pasti ada. Penulis tidak menemukan sumber yang membahas dampak pandemi Global Covid-19 terhadap operasional Google AdSense secara komprehensif namun pada tanggal 13 April 2020 ada email masuk dari tim Google AdSense yang isinya menyampaikan keprihatinan atas wabah virus covid-19 yang tengah melanda dunia saat ini dan Google akan terus berkomitmen untuk memaksimalkan pelayanan dalam keadaan yang terbatas. Berikut kutipan email dari tim Google AdSense yang mengarah kepada implikasi keterbatasan pelayanan Google AdSense karena wabah Covid-19:

“Sehubungan dengan langkah yang kami ambil untuk melindungi kesehatan anggota tim kami, dukungan mungkin mengalami keterbatasan dan keterlambatan untuk sementara. Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin ditimbulkan dan berterima kasih atas kesabaran Anda. Kami akan terus memprioritaskan alur kerja yang penting, termasuk keamanan dan pemulihan akun serta peninjauan terkait iklan tertentu (misalnya, mencegah scam COVID-19 atau penempatan iklan yang tidak sesuai). Jika membutuhkan dukungan terkait akun, Anda dapat terus mengunjungi Pusat Bantuan (Google AdMob, AdSense, Ad Manager) yang juga mencakup Komunitas Bantuan, forum untuk mendapatkan jawaban dari pakar produk.”

Sampai disini sudah jelas ya, jadi pelayanannya tidak diliburkan malahan Google terus berusaha mengoptimalkan pelayanan ditengah keterbatasan sehingga partnernya tetap bisa mendapatkan benefit seperti biasanya. Mari kita doakan semoga wabah ini segera berakhir sehingga perekonomian dunia dapat pulih kembali dan kita berikan apresiasi kepada Google yang sudah menciptakan peluang berharga bagi masyarakat luas, baik peluang bisnis, informasi, hiburan, edukasi dan hal lainnya yang bermanfaat.

Yang Harus Kita Lakukan Sebagai Publisher

Tetap bersyukur dengan apa yang didapat hari ini, lakukanlah yang terbaik dengan menciptakan konten yang berkualitas untuk membantu Google meningkatkan mutu pelayanan terhadap penggunanya dalam hal ini advertiser, audiens dan tidak terkecuali kita sebagai publisher. Hindari hal-hal yang dapat merusak ekosistem periklanan Google AdSense demi kebaikan kita semua sehingga jaringan periklanan raksasa nomor wahid di Dunia ini bisa tetap berdiri kokoh.

Google sangat menyukai konten yang paling dibutuhkan oleh banyak orang, tugas kita adalah menjadi publisher yang intuitif sehingga tidak mandul dalam melakukan hal yang improvement untuk mendukung Google dalam menyajikan pelayanan yang pantas dan pas bagi pelanggannya sehingga mereka tetap bekerjasama sepanjang masa, dengan begitu kita semua bisa berpeluang mendapatkan benefit dalam jangka panjang.

Baca: Blog Yang Begini Tidak Menghasilakan Uang Jika Dikaitkan Dengan Google Adsense

Agar Bisa Lolos Review Google AdSense

Topik yang paling sering diperbincangkan, ada banyak prediksi bermunculan tentang bagaimana formula blog yang tepat agar bisa diterima oleh Google AdSense termasuk di situs ini yang mengupasnya secara komprehensif sehingga begitu mudah difahami. Sederhananya, membuat blog agar bisa diterima Google AdSense itu harus sarat dengan informasi dan steril dari pelanggaran kebijakan konten sehingga hal tersebut akan sangat mudah mendapat persetujuan dari Google AdSene.

Perhatikan dan pelajari kebijakan konten dengan cermat, pertimbangkan dengan matang topik apa saja yang dapat dipublikasikan di blog dan perhatikan juga topik yang dikategorikan sebagai pelanggaran, sorot setiap suku kata dalam artikel karena bot Google AdSense sangat cerdas bisa mendeteksi kesalahan secara detail sehingga setiap konten yang dimonetisasi oleh Google AdSense harus benar-benar diperhitungkan agar tidak terkena punishment dari Google AdSense.

Pada saat blog sedang direview oleh Goolge usahakan update konten secara rutin agar bisa cepat disetujui karena berdasarkan dari pengalaman bahwa proses review bisa lebih cepat direspon apabila situs tersebut aktif dikunjungi oleh user setiap saat. Ingat, jangan terburu-buru membuat konten jika hasilnya tidak berkualitas karena bisa mengganggu performa web page yang kita gunakan.

Selain harus update konten, hindari merubah properti blog seperti membuat widget, edit navigasi dan perlakuan lainnya yang dapat merubah property blog karena tim review Google AdSense akan menilai bahwa blog belum selesai dibuat sehingga permohonannya tidak disetujui. Dua poin ini harus dicermati dengan baik agar pada saat implementasi hanya sedikit saja kesalahan yang dilakukan.

Baca: Minimalnya Begini Kriteria Konten Untuk Google Adsense [Level Newbie]

Kesimpulan

Permohona akun atau review Google AdSense tetap berjalan sepanjang tidak ada pengumuman resmi dari pihak Google yang menyatakan bahwa proses review akun ditunda.

Untuk mendapatkan persetujuan dari Google Adsense wajib memperhatikan dua aspek penting yaitu properti blog dan konten yang steril dari pelanggaran kebijakan Google AdSense.

8 Comments

8 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

88 + = 90

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top