TIPS

SUDAH COBA MENJUAL KONTEN VIDEO DISINI ? GAMPANG KOK

menjual konten video.jpg
Creative By Kurkom

Kursuskomputergratis.com – Mendapatkan uang dengan menjual hasil karya sendiri merupakan suatu kebanggaan karena sudah pasti kalau laris manis berarti barang jualan tersebut memiliki kualitas yang bisa memikat pembeli. Pada ulasan ini penulis akan memaparkan teknik menjual konten video yang merupakan kelanjutan dari materi sebelumnya tentang tips membuat konten video dari Ir. Teguh Sudarisman.

Buat teman-teman yang hobi jeprat jepret atau membuat konten video pendek sebaiknya mampir ke beberapa tempat yang akan penulis paparkan disini untuk menjual konten video tersebut karena sayang banget kalau kontennya bagus tetapi tidak menghasilkan uang, jadi silahkan dicoba saja tawarkan ke buyer yang khusus menerima konten video ini.

Banyak orang yang tidak sadar kalau rekaman video dari smartpone mereka itu memiliki daya tarik dan nilai jual tinggi. Ketidak tahuannya membuat mereka kehilangan kesempatan untuk menghasilkan uang tambahan karena rekamannya cuma di share begitu saja ke media sosial atau ke teman dekatnya secara gratis.

Perlu diketahui saat ini sebuah konten video bisa menghasilkan pundi-pundi rezeki loh, sebagai contohnya facebook yang kini penggunanya telah mencapai milyaran orang dan mereka ramai-ramai membagikan (share) video unik secara gratis berupa kejadian sehari-hari atau sejenisnya sehingga menjadi tontonan jutaan pengguna facebook.

Baca : Pengalaman 3 Juta Pertama Saya Dari Bisnis Di Internet

Karena banyaknya pengguna facebook sehingga mengundang perhatian para pengiklan untuk memanfaatkan momen tersebut dan dari situlah sang pemilik situs jejaring sosial raksasa ini bisa mendadak kaya raya karena banyaknya pengiklan yang menggunakan media facebook untuk mempromosikan produk mereka.

Nah, jadi mulai sekarang kalau punya konten video menarik jangan di bagikan ke media sosial secara gratis kecuali video yang alur ceritanya biasa-biasa saja, mulailah rencanakan untuk menjual konten video tersebut kepada buyer yang menampungnya.

Well, sebelum teman-teman menjual konten video, jangan sampai lupa memperhatikan kualitasnya karena itulah yang menjadi syarat mutlak dari sebuah konten supaya laku dijual. Beberapa yang menjadi faktor kualitas diantaranya adalah berkaitan dengan keunikan konten, kredibilitas, kualitas gambar, suara dan alur cerita yang menarik perhatian.

Beberapa buyer yang akan penulis rekomendasikan pada ulasan ini adalah berdasarkan informasi dari teman-teman jurnalis dan videographer yang sudah memiliki pengalaman menjual konten video ke tempat tersebut dan kini mereka telah memiliki penghasilan yang cukup lumayan buat menambah uang belanja bulanannya.

So, jangan ragu lagi segera siapkan konten video terbaikmu dan mulailah mendulang rezeki dari hasil karyamu siapa tahu beruntung. Don’t forget, pastikan konten video yang akan dijual adalah buatan sendiri dan bukan hasil plagiat karena bisa berdampak kurang bagus bahkan ditolak buyer sehingga konten tersebut tidak menghasilkan uang bagi kalian.

Apa Yang Harus Diperhatikan Sebelum Menjual Konten Video ?

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa kualitas konten wajib diperhatikan, pastikan ia memiliki nilai jual layaknya sebuah barang dagangan yang nantinya akan menyita perhatian calon pembeli. Kualitas gambar tidak boleh ada blur akibat shaking dan kualitas suara jangan sampai ada noise sehingga mengganggu performa konten video tersebut.

Buatlah video yang menceritakan kisah pendek tetapi menarik sehingga durasinya tidak terlalu lama karena konsepnya disini adalah menjual video singkat, sebagai contoh video orang sedang berlari-lari di padang pasir atau video kecelakaan di jalan raya dan lain-lain.

Tawarkan kepada buyer lebih dari satu video supaya ada pilihan untuk mereka, buatlah deskripsi singkat mengenai video yang ditawarkan tersebut supaya buyer memahami isi ceritanya. Tentunya deskripsi tersebut harus sesuai dengan isi cerita video dan buatlah deskripsi yang menarik perhatian buyer.

Pilih buyer yang professional karena biasanya mereka memiliki rules yang bagus dalam sistem jual belinya supaya bisa bekerjasama dalam jangka panjang dan tentunya tidak merugikan pihak penjual karena adanya sabotase atau tindakan lainnya yang tidak menguntungkan.

Kemana Saja Kita Bisa Menjual Konten Video ?

Inilah inti dari ulasan ini, berikut ini ada dua cara yang penulis rekomendasikan untuk menjual konten video selain dengan teknik monetisasi yang melelahkan seperti di Youtube dan facebook yang sudah sangat dikenal masyarakat luas. Silahkan perhatikan dengan cermat !

1. Kirim Video Ke Citizen Journalism NET TV ( CJ NET)

Sebenarnya disini tempat untuk level jurnalis, tetapi jangan minder dulu karena siapa tahu karya teman-teman juga bisa ikut bersaing dengan karya mereka yang notabene sudah professional. Sekali lagi, berbicara tentang kualitas kadang bukan jurnalis pun bisa melakukannya dengan baik asalkan skill-nya mumpuni. Catet ya.

Jika teman-teman memiliki video unik yang informatif dan berpotensi bisa menyita perhatian banyak orang maka penulis sangat merekomendasikan untuk mengirimkannya ke CJ NET dijamin pasti dapat honor kalau videonya sesuai kualifikasi tim redaksi CJ NET dan nantinya akan ditayangkan di NET CJ, wooow keren kan…!

Menjual video ke CJ NET.jpg

Gambar 1. Situs CJ NET

Di CJ NET semua proses editing dilakukan oleh redaksi sehingga tidak perlu repot-repot melakukannya sendiri, cukup menggabungkan beberapa syut saja yang skuensial dari yang paling umum hingga paling khusus dan bubuhkan narasi yang sesuai saat mengunggah video tersebut untuk memudahkan tim redaksi CJ NET saat mereka melakukan editing.

Untuk dapat kerjasama dengan CJ NET ada persyaratan administrasi yang harus disiapkan yaitu scan buku rekening Bank, KTP dan NPWP. Dokumen tersebut akan digunakan nanti saat CJ NET melakukan pembayaran kalau video sobat berhasil ditayangkan. Interval waktu pembayarannya kurang lebih 4 minggu setelah penayangan video.

Durasi video tidak perlu panjang-panjang cukup satu menit saja, sebagai gambarannya seperti video berita yang sering kita lihat di TV itu. Jadi jelas kalau durasinya sangat pendek namun berkualitas dari sisi gambar dan informasinya. Silahkan teman-teman kondisikan video apa yang cocok untuk sekelas CJ NET, pastinya bukan video abal-abal karena akan ditayangkan di NET CJ dan honornya juga lumayan dari ratusan ribu hingga jutaan sesuai kualitas kontennya.

Silahkan unduh aplikasi CJ NET yang sudah tersedia di App Store dan Play Store, untuk menjadi membernya silahkan buat akun pada aplikasi tersebut. Teman-teman juga bisa langsung submit videonya melalui aplikasi atau ke situsnya (http://sg.netcj.co.id/) namun karena basisnya CJ adalah perangkat mobile maka lebih nyaman langsung upload saja di aplikasinya.

2. Jual Video Ke Shutterstock.com

Shutterstock merupakan agency microstock yang berbasis di New York dengan jangkauan marketplace terbesar dan tentunya sudah dikenal dunia yang merupakan tempat meraup dollar dengan menjual kreativitas dan hingga saat ini mereka konsisten membayar kontributornya dengan harga yang variatif.

Agency yang sejak tahun 2003 berdiri ini telah menjadi lahan bisnis bagi para content creator khususnya fotograper, videographer atau desainer. Mereka semua berkumpul di agency yang bisa dikatakan nomor wahid ini dan menjual hasil karya terbaik mereka.

Menual Video Ke shutrterstock.jpg

Gambar 2. Situs Shutterstock

Nah, sekarang penulis akan mengajak teman-teman untuk piknik ke Shutterstock, disini kalian bisa menjual dan membeli konten music, gambar, vector dan juga video dengan beragam konsep sehingga akan sangat cocok dengan content creator karena ada banyak sekali komponen untuk kelengkapan sebuah konten dijual di agency ini.

Apabila teman-teman ingin menjual konten video di Shutterstock maka perhatikan durasinya jangan sampai kepanjangan. Sama halnya dengan CJ NET, durasi konten video pada umumnya tidak kurang dari 60 detik, mungkin bedanya kalau disini konten harus sudah diedit secara maksimal supaya memiliki daya tarik dan kualitas yang sangat bagus.

Untuk mendapatkan dollar dari Shutterstock hingga saat ini bisa menggunakan tiga metode pembayaran yaitu Paypall, Moneyskrill dan Bank Check. Saran penulis sebaiknya gunakan paypall saja yang mungkin saat ini lebih fames untuk melakukan transaksi internasional.

Sistem pembayaran yang bersifat free royalty membuat para kontributor agency ini semakin diuntungkan dan berpotensi memiliki passive income karena royalty secara keseluruhan manjadi hak pembuat konten sehingga apabila konten dibeli oleh konsumen berkali-kali maka kontributornya juga dibayar berkali-kali.

Itulah teman-teman dua tempat yang menurut penulis istimewa untuk mendulang rezeki dari hasil karya kita. Selain dengan menjualnya, apabila teman-teman memiliki skill membuat konten video maka sebaiknya ikut lomba video supaya lebih menantang karena akan bertemu dan bersaing dengan para kompetitor yang hebat.

Kesimpulan

Jangan mengunggah konten ke Youtube atau medsos apabila konten video tersebut akan dijual dan jangan sampai lupa perhatikan kualitas gambar, suara dan alur ceritanya.

Menjual konten video ke CJ NET pada umumnya bertema berita atau liputan menarik yang layak untuk ditonton, jadi video harus kredibel dan pastikan memiliki kualitas gambar yang baik karena akan ditayangkan di TV.

Baik di CJ NET ataupun di Shutterstock keduanya konsisten membayar dengan metode pembayaran yang tidak sulit karena bisa menggunakan rekening Bank (untuk CJ NET) dan Paypall ( untuk Shutterstock).

Untuk dapat bermitra dengan CJ NET dan Shutterstock maka wajib menjadi membernya dengan membuat akun di website mereka, silahkan ikuti petunjuknya disana.

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top