APLIKASI

CARA MERUBAH DATA KONTAK BPJSTKU [GANTI EMAIL DAN NOMOR HP]

cara merubah data kontak BPJSTKU.jpg

Kursuskomputergratis.com – Database kepesertaan merupakan hal yang sangat krusial dalam sebuah sistem komputerisasi yang berbasis teknologi mikrodata. Seperti pada aplikasi BPJSTKU besutan BPJS Ketenagakerjaan data peserta wajib selalu valid setiap waktu dan yang paling sering terlupakan adalah email dan nomor telepon tidak selalu update sehingga pada segmen ini Penulis memaparkan bagaimana cara merubah data kontak BPJSTKU agar akses aplikasi selalu terjaga dengan baik.

Email dan nomor telepon merupakan komponen penting dalam database kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan yang merupakan pendukung data akses aplikasi, jika keduanya lupa maka akan bermasalah. Biasanya email dan nomor telepon digunakan untuk verifikasi data peserta pada saat menjalankan fungsi tertentu pada aplikasi BPJSTKU sebagai pengontrol data kepesertaan atau bahkan untuk menerima data penting lainnya ketika melakukan perubahan data akses.

Sebelumnya mengganti email dan nomor telepon tidak tersedia di fitur aplikasi, namun setelah ada pembaruan pada tahun 2020 alhamdulillah navigasinya tersedia. Pastikan merubah data kontak BPJSTKU dengan komponen yang selalu aktif, baik email maupun nomor telepon agar keduanya selalu dapat terhubung setiap saat sebagai transmisi data akses kepesertaan. Catat pada selembar kertas jika sering lupa email dan password aksesnya agar ketika lupa bisa melihat catatan tersebut.

Baca: Lupa Password Aplikasi BPJSTKU? Ini Dua Cara Reset Akun BPJSTKU

Bagaimana Cara Merubah Data Kontak BPJSTKU?

Gampang. Tidak perlu menggunakan komputer untuk merubahnya cukup menggunakan aplikasi BPJSTKU. Jadi pastikan sudah memasang aplikasi BPJSTKU di HP karena ada banyak fitur pelayanan BPJS Ketenagakerjaan yang biasanya dilakukan di kantor cabang ternyata bisa lewat HP saja, tentunya hal ini bisa lebih efektif karena tidak perlu wara wiri ke kantor cabang jika bisa dilakukan secara daring sehingga peserta tidak kehilangan banyak waktu saat membutuhkan pelayanan. Berikut adalah langkah-langkah untuk merubah data kontak BPJSTKU, perhatikan dengan cermat!

Baca: Daftar akun BPJSTKU via website BPJS Ketenagakerjaan

Mengganti email

Dilakukan apabila email sudah tidak dapat diakses lagi karena berbagai hal, misalkan lupa password, nomor HP yang terkait email tersebut sudah tidak aktif sehingga tidak bisa dilakukan verifikasi data ketika login, dan berbagai alasan lainnya yang menjadi kendala akses. Implementasi ini akan memperlihatkan cara mengganti email via aplikasi BPJSTKU artinya akses aplikasi tidak boleh lupa termasuk username dan password-nya. Perhatikan langkah berikut!

Pertama

Membuka halaman pengaturan akun menjadi langkah paling awal untuk dapat merubah data kontak BPJSTKU. Di halaman pengaturan terdapat beberapa navigasi ke variable beberapa data penting untuk akses login aplikasi termasuk password, email dan nomor telepon.

Pengaturan akun aplikasi BPJSTKU.jpg

Gambar 1. Halaman Pengaturan Akun Aplikasi BPJSTKU

Setelah masuk ke aplikasi, klik Profil (1) kemudian klik tombol PENGATURAN (2) untuk membuka navigasi selanjutnya.

Kedua

Disini user dapat menemukan beberapa pengaturan data akses dan merubahnya sesuai dengan keinginan diantaranya merubah email, nomor telepon, password, foto profil dan tambah KPJ. Jadi halaman ini merupakan basis pengaturan akun secara menyeluruh.

navigasi untuk merubah data kontak BPJSTKU.jpg

Gambar 2. Navigasi pengaturan akses BPJSTKU

Klik Ganti Email (3) untuk merubah email aplikasi. Sebelumnya pastikan terlebih dahulu email yang akan digunakan sudah dapat diakses dan tidak bermasalah sehingga tidak menimbulkan kendala akses dikemudian hari.

Ketiga

Halaman ini menyediakan kolom input email dan sebuah tombol action. Jangan sampai salah memasukkan email agar kode verifikasi yang nantinya dikirim ke email bisa ditemukan. Terdapat beberapa kasus salah ketik email sehingga prosesnya tidak dapat dilanjutkan karena tidak mendapatkan kode verifikasi yang dikirim via email.

kolom input email pada aplikasi BPJSTKU.jpg

Gambar 3. Kolom input email baru BPJSTKU

Silahkan masukkan email pada kolom Alamat Email (5). Perhatikan sekali lagi, harap teliti dan periksa kembali email yang akan digunakan, jika sudah yakin tidak ada yang salah maka lanjutkan dengan menekan tombol KIRIM (6).

Keempat

Akses email yang telah dimasukkan pada langkah ketiga di atas dan cari kode verifikasi di pesan masuk yang dikirim dari BPJS Ketenagakerjaan. Kode verifikasi tersebut dikirim secara otomatis beberapa detik setelah menekan tombol KIRIM pada langkah ketiga tersebut

verifikasi perubahan email akun BPJSTKU.jpg

Gambar 4. Navigasi verifikasi perubahan data email

Jika kode verifikasi yang dikirim ke email sudah ditemukan silahkan masukkan pada kolom Kode Verifikasi (7) kemudian tekan KIRIM (8). User memiliki waktu selama kurang lebih 3 menit untuk melakukan verifikasi, durasi waktunya ditunjukkan oleh nomor (9). Kirim ulang permintaan kode verifikasi jika kehabisan waktu sehingga gagal verifikasi.

Kelima

Jika semua langkah telah diselesaikan dengan baik, maka hasilnya bisa terlihat pada sesi ini karena sistem akan menampilkan notifikasi status transaksi data apakah berhasil atau tidak berhasil. Tidak ada input data apapun dalam langkah kelima ini karena merupakan step terakhir.

notifikasi perubahan email aplikasi BPJSTKU.jpg

Gambar 5. Notifikasi ganti email telah berhasil

Jika pada notifkasi statusnya seperti gambar di atas maka artinya perubahan telah berhasil dilakukan, silahkan tekan OK untuk menutup sesi.

Mengganti Nomor Telepon

Langkah preventif lainnya yang tidak kalah penting dalam pembaruan data akses aplikasi BPJSTKU adalah mengganti nomor telepon. Sistem kerap melakukan verifikasi data dengan mengirimkan kode OTP via SMS sehingga hal ini mewajibkan pengguna untuk selalu menjaga nomor telepon yang digunakan pada aplikasi BPJSTKU tersebut agar tetap aktif untuk menghindari kendala akses. Saran Penulis harap menggunakan nomor telepon pribadi yang setiap hari digunakan untuk berkomunikasi. Peratikan langkahnya!

Pertama

Perhatikan Gambar 2 di atas. Klik Ganti Nomor Handphone (4) untuk membuka langkah ini. Gambar 2 merupakan basis halaman pengaturan akses atau pengaturan akun sebagaimana dijelaskan pada deskripsi poin tersebut.

Ganti nomor HP aplikasi BPJSTKU.jpg

Gambar 6. Navigasi input nomor telepon

Silahkan ketik nomor telepon yang ingin dimasukkan ke dalam aplikasi. Pastikan tidak salah ketik karena bakal ada kode verifikasi yang dikirim secara otomatis via SMS ke nomor tersebut dan pastikan juga nomor telepon tersebut belum pernah digunakan pada aplikasi BPJSTKU karena akan ditolak oleh sistem jika nomor tersebut pernah terdaftar. Tekan KIRIM (11) jika nomor telepon sudah yakin benar.

Kedua

Cari kode verifikasi yang dikirim via sms ke nomor telepon yang dimasukkan pada langkah Pertama. Kode akan dikirim oleh sistem beberapa detik setelah menekan tombol KIRIM (11) seperti yang terlihat pada Gambar 6

verifikasi ganti nomor telepon aplikasi BPJSTKU.jpg

Gambar 7. Navigasi verifikasi nomor telepon

Silahkan masukkan kode verifikasi pada kolom nomor (12) jangan sampai salah ketik karena proses akan gagal. Ada waktu sekitar 3 menit untuk melakukan verifikasi ini. Tekan KIRIM (13) untuk melanjutkan proses.

Ketiga

Halaman ini merupakan pemberitahuan status transaksi. Sistem akan menampilkan notifikasi bahwa perubahan nomor telepon telah berhasil atau malah gagal dilakukan karena ada beberapa metode yang salah, silahkan periksa kembali.

notifikasi perubahan nomor telepon aplikasi BPJSTKU.jpg

Gambar 8. Notifikasi proses perubahan nomor telepon

Jika status transaksi berhasil maka artinya perubahan nomor telepon sudah selesai dilakukan. Tidak ada action lain pada halaman ini, silahkan tekan OK untuk mengakhiri proses.

Sampai disini proses merubah data kontak BPJSTKU telah selesai dilakukan dan aplikasi siap digunakan kembali tentunya dengan data akses yang terbaru. Bila masih bingung dengan pembahasan ini atau masih ada yang perlu ditanyakan kepada Penulis silahkan ketik pertanyaannya di kolom komentar maka dengan senang hati Penulis akan berusaha menjawab pertanyaannya secara maksimal.

So, jangan sampi lupa email, nomor telepon dan password aplikasi BPJSTKU ya…

Kesimpulan

Merubah data kontak BPJSTKU wajib dilakukan apabila email aplikasi tidak dapat diakses lagi karena berbagai masalah teknis dan nomor HP yang digunakan juga sudah tidak aktif.

Untuk yang sering lupa password silahkan mencatatnya pada selembar kertas lalu simpan di tempat yang aman, jauh dari jangkauan orang lain seperti dalam brankas file dan sebagainya.

Email dan nomor telepon hanya bisa digunakan untuk satu aplikasi dan satu kali registrasi, jadi apabila melakukan perubahan nomor telepon dan email pastikan keduanya belum pernah digunakan pada aplikasi BPJSTKU.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

36 − = 29

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top