SEO

CARA OPTIMASI ARTIKEL SEO AGAR SUKSES DI HALAMAN PERTAMA GOOGLE

Optimasi Artikel SEO

Cara Optimasi Artikel Seo Agar Sukses Di Halaman Pertama Google – Kekuatan SEO dari sebuah artikel blog merupakan faktor pendongkrak peringkatnya di mesin telusur menjadi lebih baik. Mungkin terlintas di benak sobat rasa ingin tahu kenapa sebuah artikel yang berada di puncak indeks hasil pencarian mesin telusur sulit untuk disaingi oleh artikel kita.

Salah satu alasan terkuat blogger mengapa harus meningkatkan kualitas artikel SEO pada blognya adalah agar artikelnya memiliki visibilitas yang lebih baik, semakin mudah ditemukan pengguna pada mesin pencarian dan bisa lebih unggul dalam persaingan dengan artikel blog kompetitor. Dengan begitu artikel akan semakin dekat dengan jangkauan pengguna dan memiliki potensi mendapatkan trafik yang tinggi.

Bagaimana cara meningkatkan kualitas artikel SEO agar menjadi lebih baik ?

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan sebuah artikel berada di puncak hasil indeks pencarian mesin telusur dan peringkatnya sulit untuk dikalahkan, diantaranya adalah usia domainnya yang sudah berkarat, backlink yang berkualitas, optimasi SEO on page, kelengkapan data dalam artikel dan masih banyak lagi.

Baca : Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo ?

Perlu sobat ketahui bahwa diantara yang tadi disebutkan di atas, optimasi SEO on page memiliki peranan sangat penting untuk mempertahankan peringkat artikel atau bahkan meningkatkannya. Karena hal tersebut dapat memperkuat sistematika artikel menjadi lebih baik sehingga membentuk hirarki yang sesuai dengan kaidah artikel SEO.

Selain itu, optimasi SEO on page bisa juga dikatakan sebagai pelopor dari keberhasilan berkompetisi di arena pergulatan SEO dan sekaligus pendongkrak dari kualitas artikel. Dengan optimasi SEO on page, artikel bisa menjadi terlihat lebih elegan karena struktur judul dan subjudulnya menjadi lebih baik.

Baca : Optimasi Heading Tags Untuk Meningkatkan SEO On Page

Berikut ini adalah langkah yang perlu dilakukan untuk mendongkrak artikel SEO agar menjadi lebih baik :

Tambahkan multimedia yang berhubungan dengan topik artikel (video dan infografis)

Sebuah informasi yang akurat dan jelas akan lebih SEO friendly atau bahkan human friendly, karena user akan lebih menyukai topik tulisan kita yang bisa dinilai lebih informative. Dengan begitu mereka akan dengan sendirinya merekomendasikan tulisan kita kepada sahabat atau komunitas mereka.

Tambahkan video berdurasi pendek dan mudah dimengerti secara cepat dan akurat, karena biasanya pengguna lebih menyukai video daripada bacaan yang panjang. Apabila memungkinkan, buatlah info grafik sebagai perbandingan data secara visual.

Perhatikan minimal Jumlah kata dalam sebuah artikel

Penulis yang cerdas pasti mengerti akan situasi ini, banyak beginner yang mempertanyakan berapa minimal jumlah kata yang ideal dalam satu topik artikel blog supaya enak dibaca dan tidak membosankan pembaca.

Dari hasil pengamatan penulis dengan berpedoman pada salah satu plugin SEO yang mendunia (yoast), jumlah minimal kata dalam sebuah artikel adalah 300, idealnya adalah sekitar 900 kata (words) sehingga tidak terlalu pendek dan tidak terlalu panjang.

Apabila banyak topik yang harus diuraikan dan itu sangat menarik, maka dalam situasi seperti ini artikel bisa ditulis dengan jumlah kata yang tidak terbatas dengan catatan harus dilengkapi visualisasi yang menarik (gambar atau video) agar tidak monoton.

Gunakan gambar artikel yang berukuran kecil

Gambar yang digunakan dalam artikel memiliki peranan yang sangat penting untuk memikat ketertarikan pengguna, sehingga perlu dibuat semenarik mungkin. Namun, sekali lagi jangan berlebihan dalam memanfaatkan situasi ini dengan menggunakan gambar yang berukuran besar yang melebihi kaidah penulisan artikel SEO.

Idealnya, ukuran gambar dalam sebuah artikel SEO adalah 800×600 dengan kapasitas yang tidak melebihi 50 KB supaya bisa menghemat kapasitas halaman. Ukuran gambar yang terlalu besar dipercaya dapat mengganggu kinerja halaman ketika dimuat.

Optimalkan kecepatan pemuatan halaman artikel

Apa yang sobat rasakan ketika sedang membuka sebuah halaman yang sangat lemot ?

Penulis yakin pasti jawabannya rekatif dan bisa jadi ketika menemukan hal ini langsung berpindah ke situs lain yang lebih responsive. Nah, situasi seperti ini harusnya menjadi bahan pertimbangan sobat ketika membuat sebuah artikel supaya tidak lemot ketika dimuat.

Untuk mengoptimalkan kecepatan halaman ketika dimuat, kurangi penggunaan gambar dalam ukuran besar karena hal ini hampir sebagian besar pemicu halaman menjadi tidak fast time loading karena kapasitas halaman tersebut otomatis menjadi besar. Selain itu, apabila terdapat banyak widget maka segera kurangi penggunaan widget yang tidak efektif.

Sobat bisa cek kapasitas halaman di gtmetrix.com, biasanya apabila kapasitasnya lebih dari 3 MB indikator score-nya merah. Pada posisi ini sebaiknya kurangi kapasitas halaman. Google menyarankan kecepatan muat sebuah halaman adalah 3 ms, setidaknya halaman situs memiliki kecepatan muat yang tidak terlalu jauh dari rekomendasi Google.

Baca : Cara Mempercepat Loading Blog

Buat meta judul artikel kurang dari 65 karakter

Dari riset yang dilakukan penulis untuk meyakinkan teori bahwa judul artikel yang pendek lebih SEO daripada judul yang sangat panjang ternyata membuahkan hasil. Judul yang pendek terbukti lebih memiliki peringkat di mesin telusur. Oleh karena itu, buatlah judul yang simple dan usahakan tidak melebihi 65 karakter.

Dalam pembuatan judul, kata kunci jangan sampai terlupakan agar judul tersebut dapat teroptimasi dengan baik. Buatlah judul yang menarik perhatian pengguna, karena berdasarkan penelitian ternyata judul yang menarik lebih cenderung mendapat klik dari pengguna daripada judul yang biasa-biasa saja.

Baca : Tips Katro Tentang Cara Memikat Pengunjung Supaya Ogah Keluar Dari Blog Kita

Perhatikan contoh judul berikut ini dan bandingkan reaksi sobat setelah membaca kedua judul ini : contoh judul yang biasa-biasa saja : CARA MELUPAKAN MANTAN, contoh judul yang unik : CARA MELUPAKAN MANTAN DALAM WAKTU 5 DETIK LANGSUNG BABLAS.

Kira-kira kalau sobat membutuhkan tips cara melupakan mantan dan menemukan kedua judul di atas maka judul mana yang diklik ? penulis yakin mayoritas pasti memilih judul yang unik daripada judul yang biasa-biasa saja.

Buat meta deskripsi artikel kurang dari 150 karakter

Sebelum memposting artikel jangan lupa membuat deskripsi artikel, dibagian ini penempatan kata kunci utama juga jangan sampai terlupakan. Biasanya pada platform blogspot ataupun wordpress kolom isian deskripsi sudah disiapkan dan itu diisi tepat sebelum memposting artikel.

Buatlah deskripsi singkat tentang artikel yang dibuat, kalimat tersebut mewakili isi daripada artikel. Biasanya deskripsi ini akan muncul pada snippet di halaman pencarian dan lagi-lagi harus dibuat menarik supaya ada potensi klik.

Buat link internal ke artikel terkait

Maksud dari poin ini adalah membuat link internal yang mengarah ke artikel lain yang relevan dengan topik yang sedang dibahas. Internal link maksudnya adalah link yang merujuk ke artikel lain yang ada dalam situs web tersebut.

Saat ini, sobat harus waspada dalam membuat internal link karena apabila tidak relevan maka bisa dinilai pelanggaran oleh Google. Mungkin beberapa tahun kebelakang hal ini tidak menjadi masalah sebelum munculnya algoritma Fred. Fred kini mendepak artikel yang mengandung link tidak relevan, baik itu internal link ataupun external link.

Buat link external ke situs yang berkualitas tinggi dan relevan

Poin ini tidak terlalu diperlukan, namun apabila ada yang sangat berguna untuk dijadikan referensi maka tidak ada salahnya kalau diterapkan karena bisa menjadi poin tambahan. Selain itu, merekomendasikan topik dari situs lain untuk memperkuat ulasan yang dibuat bisa meningkatkan kepercayaan dan wawasan pengguna.

Kesimpulan

Sesuaikan judul dengan ulasan, apabila judulnya menarik maka ulasannya pun wajib menarik supaya pembaca tidak kecewa setelahnya.

Apabila sobat menggunakan web self hosting maka video yang dicantumkan pada artikel usahakan di hosting sendiri, sehingga halaman tidak terlalu lemot ketika dimuat.

Hindari ulasan yang bertele-tele, perhatikan setiap kalimat yang dibuat dan ukur seberapa besar bobot manfaatnya. Jangan menggunakan kalimat yang tidak penting dengan maksud supaya artikel terlihat panjang.

Waspada, seluruh link yang ada dalam artikel dapat mengurangi kecepatan halaman ketika dimuat, jadi buatlah seperlunya saja.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 55 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top