ADSENSE

JANGAN BACA TIPS OPTIMASI GOOGLE ADSENSE INI NANTI KETULARAN

Teknik OPtimasi Google Adsense.jpg
Creative by : Mas Usman

Kursuskomputergratis.com – Meraih yang terbaik dalam sebuah pencapaian adalah impian semua orang yang memiliki semangat maju kedepan, namun apalah daya ekspektasi terkadang tidak sesuai dengan realita seperti halnya dalam kisah dibalik cerita pilu para publisher Ads online sekelas Google AdSense sehingga mendorong penulis untuk berbagi tips tentang optimasi Google AdSense ini.

Bagi yang sudah menjadi sultan sebaiknya tidak membaca ulasan ini silahkan lanjutkan makan sayur kolnya. Namun bagi yang masih newbi level internasional silahkan ambil tikar jangan lupa kacang rebusnya lalu simaklah ulasan ini sampai kalian menjadi sukses, pesan penulis kalau kalian sudah berhasil maka jangan lupa bagi kacang rebusnya ya dan yang terpenting jangan lupa sama yang di atas.

Baca : Tips Sukses Mendapatkan Uang Jutaan Dari JV AdSense [Detail]

Harapan penulis setelah kalian membaca ulasan ini tidak semakin kebingungan, walaupun ulasan ini membingungkan tetapi setidaknya bisa merangsang keinginan untuk lebih maju lagi dari hari kemarin karena jika ingin sukses maka harus strike, harus banyak maju ke depan lalu bertindaklah dengan cermat seperti halnya yang dilakukan oleh orang-orang sukses terdahulu.

Jangan menjadikan uang sebagai parameter sebuah kesuksesan karena uang bukan segala-galanya tetapi sebesar apa dampak positifnya kepada orang lain dari hal yang kalian lakukan dan itulah sebagian kecil yang disebut sebuah kesuksesan, benefit akan menyusul kawan karena ketika kita berbuat baik maka kebaikan akan senantiasa bersama kita. Insya Allah.

Baca : Pengalaman 3 Juta Pertama Saya Dari Bisnis Di Internet

Langkah Penting Yang Tidak Boleh Dilewatkan Dalam Optimasi Google AdSense

Dari tahun ke tahun Google AdSense terus mengalami perubahan terutama kebijakan-kebijakannya yang berkaitan dengan konten dan iklan yang bisa memicu adanya pelanggaran sehingga selalu saja perlu dilakukan optimasi setiap ada perubahan kebijakan untuk menyesuaikan agar semua elemen dalam situs bisa steril dari pelanggaran tersebut.

Sejauh yang penulis ketahui tentang trik apa yang relevan untuk optimasi AdSense adalah dengan melakukan analisa data dari hasil konversi iklan dalam interval waktu tertentu lalu melakukan comparasi aple to aple minimal setiap sebulan sekali untuk mengetahui produktifitas iklan yang ada di halaman situs.

Setiap situs memiliki karakter yang berbeda-beda sehingga parameter keberhasilan dalam hal monetisasinya pun dipastikan berbeda pula. Perhatikan, begitu banyak trik optimasi AdSense dari berbagai macam sumber namun ending-nya pasti kebanyakan selalu mengajak untuk mengikuti pola optimasi yang dilakukan di situs tersebut. Iya nggak ?

Apakah Efektif Meniru Cara Optimasi AdSense dari Situs Lain ?

Berdasarkan penglaman penulis, cara ini kurang efektif. Tidak semua konsep optimasi yang serupa dengan situs lain bisa dijadikan sebagai acuan sepenuhnya karena fokus pengunjung di setiap situs berbeda karakter sehingga parameter optimasinya pun tidak sama tetapi untuk prinsip dasar optimasinya tetap sama yaitu menempatkan iklan pada titik konsentrasi pengunjung agar lebih berpeluang mendapatkan klik.

Contoh kita memasang 3 unit iklan dalam setiap halaman situs dengan karakter iklan yang berbeda, perhatikan iklan mana yang nilai konversinya paling besar diantara 3 iklan tersebut dan cari iklan yang nilai konversinya paling kecil, hal ini jika dilakukan pada situs lain pasti hasilnya tidak sama. Nah inilah yang menjadi alasan penulis untuk tidak mengikuti trik optimasi sepenuhnya dari pola situs lain.

Baca : Bagaimana Langkah Awal Untuk Meningkatkan Penghasilan Google AdSense

Jenis Optimasi Apa Saja Yang Memiliki Pola Berbeda Dengan Situs Lain ?

Jawab : tata letak iklan dan jenis iklan yang digunakan. Jenis iklan dan penempatannya jika mengikuti pola standar yaitu atas, tengah dan bawah artikel (saran Google) namun tidak disebutkan secara eksplisit apa saja ukuran yang tepat untuk di atas, di tengah dan di bawah artikel karena hal tersebut sangat bergantung dari hasil eksperimen dari traffic valid.

Dari contoh penempatan 3 buah unit iklan yang disebutkan di atas pasti akan diketahui iklan mana yang produktif dan sebaliknya yang tidak menghasilkan sama sekali, untuk mengetahuinya silahkan download laporan unit iklan dalam sebulan, mulailah memperhatikan pendapatan dari setiap unit iklan untuk menjadi dasar analisis performa iklan.

Berikut adalah contoh penerapan teknik analisa data dari performa iklan bulanan :

analisis konversi iklan adsense.png

Gambar 1. Contoh cara analisa data konversi iklan hari dengan menggunakan MS Excel

Traffik ini menunjukkan perolehan iklan dalam 30 hari, secara keseluruhan memang pedaptannya sangat minim. Mulailah melakukan optimasi dari iklan dengan revenue terendah yaitu IDR 422 dengan kode
iklan KHO-MATCHED.

Pantau kembali unit iklan KHO-MATCHED, mungkin perlu custom skin iklan untuk mendorong viewbility-nya atau atur ulang tata letak unit iklan tersebut. Perhatikan juga jumlah perolehan kliknya, apabila banyak klik namun revenue-nya kecil sebaiknya copot saja iklan tersebut karena kemungkinan hanya akan menambaah nilai invalid klik yang berdampak buruk terhadap reputasi akun AdSense.

Berdasarkan hasil penelitian yang selama ini penulis lakukan, jika nilai konversinya sangat kecil misalkan Rp. 1 dan kliknya sangat banyak maka ada kemungkinan itu adalah klik yang tidak disengaja sehingga akan menambah angka fraud click (klik tidak sah) dan inilah hal yang wajib dihindari oleh setiap publisher Google AdSense.

Baca : Batasan Maksimal Traffic Tidak Valid, Jika Lebih Bisa Dibanned

Tentukan Format Iklan dari Hasil Eksperimen

Dalam hal ini, tidak semua format iklan yang telah kita gunakan pada halaman situs performanya bisa maksimal karena tidak langsung teroptimasi dengan sempurna terutama tata letak dan tampilan unit iklan yang bisa mengalihkan perhatian pembaca seperti menggunakan warna yang mudah terlihat sehingga bisa menghasilkan konversi klik.

Perlu data akurat untuk menentukan format iklan yang matching di area konten dan solusinya adalah dengan memanfaatkan fitur Eksperimen Google AdSense. Fitur ini akan melakukan eksperimen pada unit iklan secara otomatis dengan parameter data dari track pengunjung dan hasilnya akan menentukan format iklan yang potensial untuk unit iklan tersebut.

Fitur Eksperimen Google Adsense.png

Gambar 2. Fitur Eksperimen Google AdSense

Mesin eksperimen Google AdSense akan melakukan tracking iklan setiap saat dalam waktu berjalan pada traffic valid (selama fitur dinyalakan/digunakan) kemudian akan melakukan komparasi data iklan yang kita buat dengan iklan yang ditentukan oleh mesin dan hasil akhirnya adalah kesesuaian format iklan di area tersebut.

Eksperimen Google AdSense akan berjalan dalam waktu yang tidak sebentar, jika situs sobat memiliki viewer banyak dalam sehari misalkan 10KPV maka eksperimen tidak akan memakan waktu lama, dari yang sudah saya lakukan pada web dengan view 1000 PV/day fitur ini bisa bekerja selama 90 hari untuk mendapatkan hasil optimasi yang aktual.

Inilah yang menjadi alasan terkuat penulis untuk tidak mencopot iklan sembarangan, apalagi yang sudah teroptimasi oleh Google AdSense menggunakan fitur eksperimen ini karena waktu pengerjaannya sangat panjang dan sayang banget kalau dilepas begitu saja sehingga perlu waktu lagi untuk optimasi unit iklan yang baru.

Libatkan Iklan Tautan

Iklan ini terlihat sangat sederhana bahkan penulis sempat tidak menyukai bentuk iklan ini yang kurang mentereng, tapi siapa sangka kalau iklan tautan sangat produktif dan hampir 70 persen pendapatan situs ini dari iklan tautan/iklan link.

contoh iklan tautan Google AdSense.png

Gambar 3. Iklan Tautan/Iklan Link

Lakukan eksperimen yang serius pada iklan ini dengan menempatkannya di berbagai posisi, mulailah dengan posisi atas artikel namun jika kecepatan muat halaman blog kalian kurang maka tempatkan di tengah artikel.

Untuk penempatan iklan ini penulis memilih di pertengahan artikel karena dari hasil eksperimen AdSense fokus pembaca paling tinggi situs ini ada di tengah artikel. Poin tambahan untuk iklan ini jika ditempatkan di tengah artikel maka akan lebih nge-blend sehingga iklan lebih relevan dan bisa mencuri perhatian pembaca.

Jalankan Instruksi Optimasi Dari Google AdSense

Rupanya Google AdSense tidak tinggal diam, mereka terus memantau perkembangan akun setiap saat. Inilah pentingnya menginisialisasi setiap unit iklan dan pastikan tidak ada duplikasi unit iklan dalam setiap halaman situs sehingga hal ini akan memudahkan proses optimasi.

optimasi Google AdSense.png

Gambar 4. Petunjuk Optimasi Berdasarkan Analisis Google AdSense

Google AdSense akan memberikan informasi setiap unit iklan yang memerlukan perhatian pemilik akun tersebut untuk dilakukan pengoptimalan, biasanya berkaitan dengan keterlihatan iklan, skin iklan atau hal lainnya yang mendukung peningkatan performa iklan agar menjadi lebih baik.

Jika diperhatikan, bot AdSense selalu me-render setiap unit iklan yang baru dipasang di halaman situs dan melakukan komparasi data berdasarkan minat audiens kemudian menampilkan hasil yang relevan untuk pengoptimalan unit iklan tersebut seperti yang terlihat pada gambar 4.

Kurangi Custom Iklan dan Template Jika Posisi Iklan sudah Matching

Inventori iklan dan komponen pendukungnya harap selalu diperhatikan, penulis pernah menemukan beberapa blog yang mengalami penurunan pendapatan secara signifikan pasca custom template dan unit iklan padahal traffic sudah kembali normal tetapi CPC turun nyaris 60 persen.

Sebaiknya fikir dua kali sebelum memutuskan re-custom template dan unit iklan apabila sebelumnya sudah matching karena dampaknya bisa mengurangi pendapatan dalam waktu yang cukup panjang. Apabila sudah terlanjur re-custom maka ditingkatkan saja frekuensi update kontennya dan jangan lupa lakukan promosi konten di tempat yang tepat.

Unit iklan boleh dicopot apabila sudah dinyatakan tidak produktif lagi berdasarkan data yang valid yaitu dari laporan performa unit iklan sekurang-kurangnya selama 30 hari dengan mempertimbangkan viewbility-nya apabila kecil semisal 25 persen maka wajib melakukan analisa data untuk mengetahui penyebabnya.

Pertahankan Kecepatan Muat Halaman

Untuk poin ini kalau bisa tingkatkan, jadi jangan dipertahankan saja. Seakan sudah menjadi hukum alam bahwa kacepatan akses halaman situs pasti disukai pengguna. Dengan halaman muat yang cepat maka waktu promosi situs akan bertambah, baik itu dari sisi iklan ataupun dari kontennya.

Baca : Cara Mempercepat Loading Blog

Kecepatan akses halaman akan sangat berpengaruh kepada impressi iklan menjadi lebih cepat munculnya sehingga produktifitasnya meningkat dan tentunya bisa berdampak kepada jumlah konversi klik karena bisa tampil lebih cepat di hadapan pengguna.

Saran penulis silahkan melakukan analisa data secara berkala untuk memastikan performa situs bekerja dengan baik dan optimal dengan selalu melihat display hasil analisa Pagespeed Insights yang telah disiapkan oleh Google untuk mengukur kecepatan akses situs.

Kesimpulan

Optimasi Google AdSense memerlukan data yang akurat untuk menentukan performa setiap unit iklan yang ada di halaman situs.

Gunakan tag name yang berbeda untuk setiap unit iklan supaya proses optimasi bisa lebih fokus karena data hasil analisis pasti lebih akurat.

Karakter pembaca setiap situs berbeda-beda tergantung warna konten, mereka ada yang fokus di tengah artikel bahkan di akhir artikel.

Apabila frekuensi keterlihatan iklan (viewbility) di bawah 40 persen maka sebaiknya tinjau kembali penempatan unit iklan tersebut, biasanya penempatannya tidak pas.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top