SEO

OPTIMASI HEADING TAGS UNTUK MENINGKATKAN SEO ON PAGE

Optimasi heading tags

Optimasi Heading Tags Untuk Meningkatkan Seo On Page – Keberadaan Heading tags dalam sebuah artikel merupakan salah satu penentu peringkat yang lebih baik pada indexing mesin telusur. Dengan kata lain, jika hal ini tidak diperhatikan maka artikel tersebut kemungkinan akan kurang familiar (friendly) dengan mesin telusur tersebut sehingga visibilitasnya rendah.

Heading tags memiliki berbagai atribut untuk membuat situs menjadi semakin mudah digunakan oleh mesin telusur ketika melakukan perayapan untuk mengindeks struktur dan isi dokumen web tremasuk entri blog.

Dalam praktiknya, kebanyakan pengguna tidak ingin menghabiskan waktunya pada hasil indeks pencarian dan segera mengklik yang menurut mereka itu adalah konten yang relevan dengan kebutuhannya.

Terlepas dari itu, ada beberapa hal lainnya yang perlu diketahui tentang Heading tags :

Tujuan menggunakan Heading tags

Dalam sebuah artikel, menggunakan Heading tags bertujuan untuk pengkategorian artikel dengan judul yang berbeda sehingga menjadi user friendly dan akan memudahkan pengguna memahami dengan cepat tentang gagasan dalam situs dengan hanya membaca sub judul.

Kita percaya dan yakin kalau penggunaan Heading tags itu sangat penting karena membawa pengaruh besar terhadap daya tarik pengunjung yang melihatnya. Penggunaan phrase yang tepat memungkinkan artikel bisa berada di puncak indeks mesin telusur, karena artikel menjadi lebih SEO.

Pada pembahasan sebelumnya, penulis telah memperkenalkan tag H1 dan peranannya dalam artikel yang sangat penting dan jangan sampai terlupakan setiap kali sobat menggunakannya pada judul halaman web. Cobalah untuk membuat tag H1 yang dapat memberikan gambaran secara keseluruhan tentang halaman web dalam satu kesempatan.

Baca : Mengenal Header Tags Dan Fungsinya Pada Artikel Seo

Ingat, jarang sekali pengguna yang melihat tag H1 (judul) secara berulang-ulang, mereka hanya melihat beberapa detik saja, setelah itu melakukan tindakan. Jika judulnya tidak menarik maka pastinya dilewatkan sama mereka, jadi sangat jarang ada kesempatan kedua untuk judul yang biasa-biasa saja.

Baca : Penyebab Artikel Menjadi Tidak SEO

Hirarki

Hirarki adalah sistematika konten yang dibuat secara teratur untuk memahami perihal yang kompleks dimana hal tersebut diuraikan secara terperinci. Jadi, membuat sebuah hirarki dalam topik artikel merupakan cara yang tepat untuk mendapatkan respon yang cepat dari pengguna ketika mereka surfing.

Idealnya sebuah hirarki pada halaman web adalah seperti ini : H1 diikuti H2, H2 diikuti H3, H3 diikuti H4, H4 diikuti H5 dan H5 diikuti oleh H6. Sebaiknya sobat menggunakan hirarki tersebut agar optimasi SEO On Page-nya menjadi lebih baik.

Penerapan Kata Kunci Pada Optimasi Heading Tags

Kata kunci (keyword) adalah sebuah komponen yang wajib ada dalam sebuah artikel karena keberadaannya bisa menjadi penentu visibilitas situs, oleh karena itu mayoritas para praktisi SEO tidak membantah soal komponen yang begitu penting ini. Siapapun yang melakukan optimasi kata kunci pada tag judul dengan baik maka akan mendapat peringkat yang menjanjikan di mesin telusur.

Dalam penerapan terbaiknya, tag judul (H1) yang ideal harus memiliki kandungan kata kunci yang difokuskan, jika hal ini diterapkan maka halaman tersebut akan mendapat perhatian khusus dari mesin telusur dalam meproses referensi yang relevan dengan pencarian pengguna.

Riset penggunaan kata kunci di tag judul yang penulis lakukan pada tahun 2017 ini, hasilnya masih sama dengan tahun sebelumnya, yaitu penerapan kata kunci pada tag judul masih valid dan sangat berpengaruh kepada peringkat halaman di indeks hasil pencarian Google.

Semakin fokus tag judul pada kata kunci maka hasil indeks akan semakin bagus dengan catatan didukung oleh uraian yang berkualitas. Jadi, usahakan tag judulnya berupa kata kunci yang ditargetkan. Sebagai contoh, penulis membuat artikel dengan judul : MANFAAT KEYWORD DENSITY DALAM KONTES SEO DI SERP hingga kini masih bertahan di halaman pertama, silah ketik saja di Google untuk membuktikannya.

Usahakan kata kunci yang difokuskan berada pada kalimat pertama dari tag judul, perhatikan contoh penerapan kata kunci berikut ini :

Kata kunci : MANFAAT KEYWORD DENSITY
Judul artikel : MANFAAT KEYWORD DENSITY DALAM KONTES SEO DI SERP

Pada contoh di atas terlihat penerapan kata kunci yang difokuskan ada pada kalimat pertama tag judul (MANFAAT KEYWORD DENSITY) diikuti dengan keterangan (DALAM KONTES SEO DI SERP). Menurut penulis, ini adalah cara yang sangat efektif dalam optimasi SEO on page.

Frekuensi Menggunakan Heading Tag H1

Beberapa praktisi SEO menyebutkan bahwa jumlah penggunaan Heading tag H1 dalam satu halaman hanya dianjurkan 1 tag saja, apabila lebih maka akan berdampak buruk pada kualitas SEO dari halaman tersebut.

Heading tag H1 wajib digunakan pada setiap halaman situs, karena tag H1 pada umumnya adalah judul dalam sebuah postingan.

Kesimpulan

Usahakan dalam subjudul menggunakan kata kunci yang ditargetkan, sehingga spider bot akan lebih mudah merayapi konten.

Heading Tags digunakan hanya untuk membuat judul dan subjudul saja, bukan untuk membuat huruf besar atau huruf tebal.

Idealnya jumlah kata kunci dalam judul atau subjudul adalah 1 phrase dan maksimalnya 2 phrase.

Manfaatkan H2-H6 untuk penempatan kata kuci sekunder yang merupakan turunan dari kata kunci yang difokuskan.

3 Comments

3 Comments

  1. Pingback: Bagaimana Cara Membuat Artikel SEO ? ~ kursus komputer gratis

  2. Pingback: Cara Optimasi Artikel SEO Agar Sukses di Halaman Pertama Google

  3. Pingback: Jangan Menulis Huruf Kapital Pada Tag Judul Artikel Blog

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 34 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top