INTERNET

OPTIMASI SNIPPET FACEBOOK DAN MENGATASI SNIPPET FACEBOOK ERROR KETIKA KONTEN DIBAGIKAN

mengatasi snippet facebook error

Optimasi Snippet Facebook Dan Mengatasi Snippet Facebook Error Ketika Konten Dibagikan – Selamat berjumpa lagi para pembaca yang budiman, pada pertemuan kali ini mas usman akan menjelaskan dua topik sekaligus yaitu tentang bagaimana melakukan optimasi snippet facebook dan mengatasi snippet facebook yang error ketika konten dibagikan ke facebook.

Snippet adalah hasil pencarian yang di-markup sehingga tampilannya menjadi unik dan menarik. Facebook secara otomatis akan merayapi konten saat konten tersebut dibagikan sehingga pada halaman facebook akan muncul judul, gambar thumbnail, dan deskripsi konten website/blog yang kita bagikan (share) itulah yang dimaksud snippet facebook.

Mengapa optimasi snippet facebook perlu dilakukan? Dan bagaimana caranya?

Snippet facebook dari sebuah blog sangat berpengaruh terhadap daya tarik pemirsa yang melihatnya, oleh karena itu untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka optimasi snippet facebook perlu untuk dilakukan supaya fungsi-fungsinya dapat berjalan dengan sempurna. Sebagai salah satu raksasa social networking, facebook memiliki banyak keunggulan yang dapat mendatangkan keuntungan terutama bagi para pelaku internet marketing. Saat ini facebook merupakan jejaring sosial yang paling ramai dikunjungi semua kalangan termasuk pembaca, oleh karena itu sangatlah cocok apabila kita melakukan promosi melalui facebook karena promosi melalui jejaring sosial merupakan hal yang wajib dilakukan oleh seorang blogger untuk mendatangkan visitor ke blog yang dimilikinya, sehingga blognya menjadi ramai dan tentunya hal ini akan berpengaruh kepada page rank blog yang dipromosikannya di mesin pencari (Seacrh Engine). Kegiatan promosi ini dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan fitur snippet facebook yang berisi informasi konten dari blog yang dipromosikan dengan cara membagikan konten tersebut ke akun facebook, halaman yang dikelola atau ke grup facebook yang sesuai dengan deskripsi blog.

Sebelum konten dipublish sebaiknya kita periksa judul dan gambar konten, apakah mengandung spam atau tidak karena judul dan gambar pada konten sangat berpengaruh pada langkah optimasi snippet facebook tersebut. Apabila konten mengandung spam maka optimasi snippet facebook tidak akan maksimal. Spam adalah penggunaan program berbentuk teks atau apapun yang dilakukan secara bertubi-tubi dan berlebihan sehingga otomatis tidak disukai penerimanya. Hindari penggunaan gambar yang mengarah kepada pornografi dan gunakanlah judul konten yang berkualitas SEO.

Lalu harus seperti apa snippet facebook yang baik Mas Usman?

Menurut pengetahuan saya yang belum seberapa ini, snippet facebook yang baik harus sesuai dengan deskripsi blog dan tentunya berisikan link yang langsung menuju ke konten. Snippet facebook terdiri dari snippet gambar dan snippet tulisan. Snippet gambar adalah berupa gambar yang berhubungan dengan konten kita, sedangkan snippet tulisan adalah deskripsi singkatnya termasuk judul konten. Snippet tidak mempengaruhi page rank sebuah blog tetapi membantu pengguna untuk dapat memilih sebuah hasil dengan informasi yang kita bagikan. Snippet dapat membuat informasi kita terlihat menarik sehingga dapat meningkatkan klik yang kita peroleh, oleh karena itu buatlah judul dan gambar yang menarik pada konten karena hal ini akan berpengaruh pada snippet .

Bayangkan jika link tersebut hanya berupa tulisan alamat URL saja mungkin pengguna yang melihatnya akan kabur duluan sebelum membukanya, oleh karena itu untuk dapat menarik minat pembaca agar mereka mau melihat konten yang kita promosikan maka kita harus membuat desain yang menarik pada link yang kita bagikan supaya pembaca penasaran dan akhirnya mereka mau berkunjung ke blog kita untuk melihat konten tersebut.

Apakah kita bebas membuat judul dan gambar pada konten agar snippet terlihat unik dan menarik?

Tentu saja tidak. Judul artikel yang sobat buat itu nantinya akan menjadi sebuah permalink yang akan menjadi link address dari konten yang kita bagikan. Buatlah judul artikel yang natural dan tidak mengandung spam sehingga dapat menghasilkan permalink yang bersahabat dengan jejaring sosial tersebut.

Bagaimana mengatasi snippet facebook yang error?

 

Ada banyak cara mengatasi snippet facebook yang error, seperti menambahkan scrip tertentu ke dalam template blog, mengurangi kata kunci yang berlebihan pada judul sampai memposting ulang konten dan mengganti permalink-nya. Cukup repot bukan? 😀

Dalam membagikan sebuah konten ke facebook, sobat harus berhati-hati karena bisa saja terjadi kesalahan dan snippet facebooknya menjadi error biasanya hal ini disebabkan karena facebook tidak dapat merayapi konten kita secara sempurna atau facebook tidak welcome dengan link yang kita bagikan karena menganggapnya sebagai spam atau ada bagian dalam artikel yang kurang bersahabat dengan facebook.

Saya akan memberikan sebuah contoh kasus sebuah snippet facebook yang error dan bagaimana saya mengatasinya. Perhatikan gambar berikut :

Snippet Facebook, snippet error

Gambar di atas merupakan salah satu kasus kegagalan sebuah snippet facebook yang tidak dapat berfungsi dengan baik. Permasalahan seperti ini biasanya terjadi karena hasil perayapan facebook yang kurang sempurna seperti yang sudah saya sebutkan tadi, penyebabnya adalah adanya link buruk pada konten web yang kita bagikan tersebut akhirnya ditolak oleh facebook, kurang lebihnya seperti itu sob. Pada kasus yang saya alami ini tidak semua konten yang ada di blog saya menjadi error snippet facebooknya ketika di-share, tetapi hanya satu konten saja sedangkan snippet facebook pada konten yang lainnya tetap normal. Snippet facebook pada konten yang saya bagikan mengalami error 404 dimana snippet deskripsi konten dan snippet gambarnya tidak dapat tampil tetapi link-nya berfungsi sehingga tampilannya tidak sempurna seperti yang saya harapkan . Hal ini kelihatannya sepele tapi cukup melelahkan dalam mengatasinya dan kalau dibiarkan berlarut-larut pasti akan merugikan karena konten yang di-share ke facebook terkesan ngawur. Saya menanyakan permasalahan ini ke beberapa master yang sudah berpengalaman mengatasi snippet facebook yang error dan setelah muter-muter akhirnya saya mendapatkan beberapa solusi yang intinya ada scrip yang harus ditambahkan ke dalam template blog saya, setelah saya mencoba memasukkan beberapa scrip tersebut ternyata tidak ada perubahan.

Selanjutnya saya mulai menganalisa link yang ada dalam konten dan akhirnya saya memutuskan untuk memeriksa tautan permanen (permalink) konten tersebut dengan menggunakan sharing debugger yang merupakan salah satu tool yang disediakan oleh facebook develovers untuk mendapatkan informasi saat konten dari sebuah situs web dibagikan ke facebook atau jejaring sosial lainnya. Untuk dapat menggunakan tool ini caranya tidak begitu sulit, kita hanya tinggal memasukkan URL konten ke dalam kolom debug yang sudah disediakan kemudian klik tombol Debug. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar berikut ini :

Dari gambar di atas terlihat ada lima informasi yang saya dapatkan dari hasil debug. Pada informasi Kode Tanggapan Buruk terdapat keterangan URL returned a bad HTTP response code, kurang lebih maksudnya URL tidak bagus, sepertinya ada kesalahan penulisan URL yang mengakibatkan server tidak dapat mengenal request dari blog saya. Berbekal dari informasi ini, saya langsung memperbaiki URL dari konten yang akan saya bagikan tersebut. Untuk dapat mengganti URL maka tautan permanen (permalink) pada konten tersebut harus dirubah. Merujuk pada petunjuknya mas Hasby Nur Anan tentang cara merubah tautan permanen pada blogspotmaka saya segera merubah tautan permanennya dengan merubah judul konten walaupun sebenarnya ada pilihan Custom Permalink, karena saya khawatir kalau judul konten tersebut mengandung spam atau terkesan berlebihan. Alhamdulillah setelah saya merubah tautan permanennya akhirnya masalahnya teratasi dan snippet facebook dari konten saya yang tadinya error menjadi normal seperti yang lainnya. Silahkan sobat Perhatikan gambar berikut ini :

Snippet facebook

Pada gambar di atas terlihat snippet facebook yang sempurna sesuai dengan yang diharapkan dan tidak ngawur lagi seperti sebelumnya. Demikian sob, cara mengatasi snippet facebook yang error semoga bermanfaat khususnya bagi blogger pemula seperti saya. Saran saya apabila sobat melakukan reposting konten karena megalami hal yang sama seperti di atas, sebaiknya sobat jangan melakukan Fecth ke google dan bing terlebih dahulu karena dikhawatirkan akan percuma jika mengalami masalah ini . Pastikan semua snippet di jejaring sosial tidak error setelah itu silahkan lakukan Fetch ke google dan bing. Apabila dalam akun facebook sobat terdapat malware yang berbahaya maka alangkah baiknya sobat menumpas malware tersebut karena sangat mengganggu aktifitas sobat di facebook termasuk mempromosikan blog.

Apabila ada kekurangan dalam tulisan saya mohon untuk dimaklumi ya sob karena masih tahap belajar, sampai jumpa dipembahasan selanjutnya. 😀

3 Comments

3 Comments

  1. Area tips Bang Irwan

    November 19, 2016 at 3:28 am

    Ya jelas dengan cara tersebut snippet fb akan dengan mudah di atasi namun sebenarnya janganlah membagikan artikel berlebihan di fb karena ujungnya adalah SPAM. Fb dapat menilai dengan otomatis setiap artikel yang diterbitkan. Jadi ada baiknya sehari 3 link aktif yang dimasukkan di fb

  2. Usman West Java

    November 19, 2016 at 10:12 am

    ya, snippet harus tampil unik jangan sampe error,

    soal memasang link menurut saya hal itu berlaku untuk link yang tidak direspon sama pengguna gan, jika linknya banyak direspon oleh pengguna maka tidak dikategorikan SPAM sepertinya sah-sah saja memasang link aktif lebih dari 3 dengan syarat link terjadi reaksi positif dari pengguna di facebook tersebut. tapi saya masih mendalami soal ini,,

  3. jaya Purnama

    Juni 22, 2017 at 5:00 am

    mantap mas, punya saya langsung lancar jaya, terimakasih ilmunya 🙂

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 34 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top