SEO

JANGAN NULIS HURUF KAPITAL PADA TAG JUDUL ARTIKEL BLOG

Jangan Nulis Huruf Kapital Pada Tag Judul Artikel Blog – Menjadi penulis artikel online seperti blogger tidak boleh buta terhadap ilmu SEO supaya bisa bertarung di mesin telusur sebagai arena pertempuran SEO yang tak pernah ada habisnya. Banyak para praktisi SEO yang sudah meraih kemenangan yang hasilnya pun tidak bisa dianggap remeh.
Dengan ilmu SEO, frekwensi keterlihatan artikel di mesin telusur menjadi lebih besar sehingga bisa lebih dekat dengan pengguna. Sobat harus tahu sebelum artikel ditemukan oleh pengguna maka salah satunya harus bergulat dulu di mesin telusur dengan pesaingnya, nah inilah yang menjadi alasan terkuat bahwa ilmu SEO itu penting karena merupakan senjata yang sangat ampuh untuk bisa berlaga di arena pertarungan konten online.

Yess, ada banyak hal yang harus menjadi pusat perhatian kita ketika membuat sebuah konten online selain membuat konsep yang unik dan menarik, yaitu sistematika tulisan atau jika dibangku sekolah akrab disebut sebagai kerangka karangan. Pada bagian ini kita dituntut untuk membuatnya dengan teknik SEO yang benar supaya nantinya artikel mudah dikenali oleh spider both pada mesin telusur.

Baca : Bagaimana Cara Membuat Artikel Seo ?

Di era human friendly ini ada dua poin penting yang tidak bisa dipisahkan dan menjadi hal yang wajib dilakukan oleh penulis artikel online adalah keunikan artikel dan optimasi SEO. Jika keduanya dapat terpenuhi maka dipastikan akan dekat dengan keberhasilan. Alasannya sederhana, sebuah artikel yang teroptimasi namun tidak unik maka tidak akan diklik oleh pengguna walau ada dihadapan mereka, begitu juga dengan konten unik tanpa optimasi maka konten tersebut kemungkinan bisa tenggelam di mesin telusur hingga sulit ditemukan pengguna.

Jika diperhatikan baik-baik, alur lalu lintas artikel online itu melalui beberapa titik untuk bisa sampai ke hadapan pengguna hingga bisa menghasilkan trafik yang bagus diantaranya adalah melalui mesin telusur. Untuk bisa menjadi yang pertama dalam indeks hasil pencarian mesin telusur, maka artikel harus mampu menembus algoritmanya dengan sekor SEO terbaik.

Baca : Cara Optimasi Artikel Seo Agar Sukses Di Halaman Pertama Google

Semakin sering menjadi yang pertama di hasil pencarian, maka potensinya pun semakin bagus terutama bagi sobat yang memanfaatkan trafik untuk mendapatkan penghasilan dari blog. Ilustrasinya seperti yang terlihat pada gambar berikut :

ilustrasi lalulintas konten online

Gambar1. Ilustrasi lalulintas konten online hingga menghasilkan provit

Gambar 1. ini menunjukan bahwa tingkat keberhasilan baik trafik ataupun provit bergantung kepada konten, SERPs (Search Engine Result Pages) dan visitor, jika itu semua sudah terpenuhi maka trafik dan penghasilan akan mengikuti.

Sekarang penulis hanya akan menjelaskan soal tag judul artikel blog supaya sobat lebih fokus mempelajarinya, untuk bab lain terkait tentang sistematika artikel SEO sudah penulis bahas sebelumnya. Mungkin sobat melihat judul pada artikel ini terlihat seperti penekanan, ya memang benar ! alasannya karena pentingnya memahami penulisan tag judul artikel blog agar tidak ditulis dalam huruf kapital jika tidak memiliki triknya.

Baca : Mengenal Header Tags Dan Fungsinya Pada Artikel SEO

Bagaimana Penulisan Tag Judul Artikel Blog Yang Baik Supaya Menjadi Lebih SEO ?

Judul merupakan bagian yang pertama kalinya dillihat oleh pengguna, buatlah sebuah judul dengan sigkat, padat, jelas, menarik perhatian dan usahakan jangan pakai huruf kapital. Mungkin ulasan ini sedikit nyeleneh dan tidak menutup kemungkinan akan dianggap sepele, pernahkah kalian mendengar percikan api di pom bensin bisa meledakan seluruh area pom tersebut ? padahal itu sebuah percikan yang sangat kecil tapi dampaknya gede.

Kembali ke topik, kali ini penulis akan mengajak sobat untuk menganalisa bagaimana dampak dari huruf kapital pada tag judul terhadap SEO. Kita tahu bahwa SEO itu identik dengan perlakuan mesin telusur, namun tidak luput juga dari peran pengguna, buktinya trafik organik sepenuhnya merupakan jejak dari mereka. Semakin tinggi trafik organik maka akan berdampak kepada visibilitas blog di mesin telusur buktinya DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority).

Baca : Optimasi Heading Tags Untuk Meningkatkan SEO On Page

Mungkin ada ratusan konten yang tidak diklik oleh pengguna meskipun ada di halaman pertama pencarian, disinilah perlunya improvisasi sang penulis. Tapi ternyata dibalik hal itu ada kendala teknis yang perlu dibenahi yaitu snippet, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :

Tag judul artikel.jpg

Gambar 2. Contoh dampak huruf kapital pada snippet

Gambar 2 merupakan contoh dua buah snippet yang ditampilkan oleh mesin telusur ke hadapan pengguna, snippet a belum dioptimasi sedangkan snippet b telah dioptimasi. Sepintas tidak ada masalah pada snippet a, namun setelah dibandingkan dengan snippet b ternyata snippet a jauh lebih buruk daripada snippet b.

Lihatlah tag judul pada snippet a dan bandingkan dengan tag judul pada snippet b. Pada snippet a tag judul tidak ditampilkan dengan sempurna karena menggunakan huruf kapital, sebaliknya pada snippet b terlihat tag judul tampil sempurna karena menggunakan huruf kecil.

Tentunya snippet b akan lebih dipahami maksudnya oleh pengguna karena terlihat dengan jelas judulnya, disinilah letak kekalahan pertarungan artikel yang tag judulnya kurang dioptimasi. Mulai sekarang sobat wajib mempertimbangkan penulisan tag judul artikel blognya agar optimal di mesin telusur untuk bisa mengundang perhatian pengguna.

Sebenarnya yang harus dipikirkan sobat adalah bagaimana membuat tag judul artikel pada snippet menjadi huruf kecil seperti pada snippet b di atas walaupun tag judul pada artikel menggunakan huruf kapital seperti pada situs ini. Penulis menggukan trik khusus untuk mengoptimalkan snippet-nya sehingga terlihat seperti snippet b.

Kesimpulan

Pada blog platform wordpress bisa menggunakan plugin yoast untuk pengoptimalan snippet, sebagai contohnya seperti pada gambar 2 di atas.

Bagi blog platform blogspot sebaiknya menulis tag judul artikel blog tersebut langsung dilakukan saat menulis artikel.

Tag judul artikel yang tidak tampil sempurna pada snippet bisa menyebabkan pengguna tidak tertarik sehingga perhatiannya beralih ke kompetitor lain.

Buatlah tag judul artikel yang mengandung kata kunci yang ditargetkan dan gunakan kalimat yang simpel namun cakupannya luas.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 53 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top