APLIKASI

PANDUAN LENGKAP APLIKASI BPJS KETENAGAKERJAAN [BPJSTK MOBILE]

Aplikasi BPJSTK Mobile.jpg

Kursuskomputergratis.com – Aplikasi BPJSTK Mobile merupakan salah satu implementasi dari wujud kepedulian pemerintah Indonesia terhadap warga negaranya yang berstatus sebagai pekerja. Semua pekerja baik itu penerima upah ataupun non penerima upah yang bekerja secara mandiri memiliki kesempatan untuk bisa mengoperasikan aplikasi BPJSTK Mobile dengan syarat terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Aplikasi BPJSTK Mobile ini mampu memanjakan pesertanya dengan memberikan informasi seputar JHT (Jaminan Hari Tua) tanpa harus pergi ke kantor BPJS Ketenagakerjaan karena ia merupakan perluasan dari media informasi pelayanan BPJS Ketenagakerjaan agar dapat diakses kapanpun dan dimanapun pada perangkat mobile yang dimiliki.

Dengan sistem yang sangat canggih ini, kini peserta tidak perlu menunggu blue print saldo JHT yang biasanya dibagikan setahun sekali, untuk mengetahui informasi saldo JHT cukup memasang aplikasi BPJSTK Mobile pada smartphone maka informasi saldo JHT bisa langsung didapatkan kapanpun membutuhkannya.

Fitur Aplikasi BPJSTK Mobile

Sebagai media informasi untuk masyrakat luas, aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang mumpuni sehingga bisa diandalkan keakuratannya karena back end-nya langsung dari provider BPJSTK itu sendiri dan menggunakan server milik pemerintah.

Pada tanggal 23 Mei 2017, Aplikasi BPJSTK Mobile ini diperbarui sehingga tampilan dan fiturnya lebih kece dibandingkan versi sebelumnya. Berikut ini adalah fitur aplikasi BPJSTK Mobile :

  1. Pendaftaran menggunakan data kependudukan
  2. Cek Saldo Jaminan Hari Tua (JHT)
  3. Simulasi Perhitungan Jaminan Hari Tua (JHT) secara online cepat dan akurat
  4. Informasi Program
  5. Informasi Kantor Cabang
  6. Informasi Pusat layanan dan Sosial Media
  7. Layanan Pengaduan

Untuk dapat menikmati fiturnya dengan sempurna maka harus menggunakan perangkat yang memadai yaitu minimalnya android versi 3.0.

Kapan Saya Bisa Menggunakan Aplikasi BPJSTK Mobile ?

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini pastikan sobat sudah terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dan memiliki KTP yang sesuai dengan database di BPJS Ketenagakejaan dan Disdukcapil. Selanjutnya silahkan download aplikasi BPJSTK Mobile di Google Playstore atau di APP Store.

Apabila tidak ada masalah dengan data kependudukan, maka aplikasi BPJSTK Mobile bisa digunakan dengan sempurna. Sebaliknya jika data antara di KTP dengan di database server BPJS Ketenagakerjaan tidak sama maka aplikasi tidak bisa berfungsi.

Apabila pemasangan aplikasi BPJSTK Mobile masih terkendala silahkan hubungi pusat layanan BPJS Ketenagakerjaan berikut ini :

Call : (021) 1500910
Page : http://www.bpjsketenagakerjaan.go.id
Email : mobile.support@bpjsketenagakerjaan.go.id

Cara Install dan Registrasi di Aplikasi BPJSTK Mobile

Setelah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang sah berdasarkan badan hukum dan tidak memiliki masalah dengan data kependudukan yang tercatat di BPJS Ketenagakerjaan kini saatnya memasang aplikasi BPJSTK Mobile pada perangkat smartphone yang sobat miliki. Perhatikan langkahnya dengan teliti :

Tahap Persiapan

Ada beberapa komponen yang dibutuhkan untuk penginstalan aplikasi BPJSTK Mobile, diantaranya adalah :

  1. KTP Elektronik
  2. Kartu JHT/Jamsostek aktif
  3. Nomor HP aktif
  4. Email aktif

Tahap Pemasangan Aplikasi

Silahkan download aplikasi BPJSTK Mobile langsung dari perangkat sobat lalu install. Silahkan ikuti langkah berikut ini secara berurutan :

1. Daftar Akun Baru

Daftar akun BPJSTK Mobile.jpg

Gambar 1. Daftar Akun

Pilih navigasi pendaftaran akun dengan mengklik Daftar Baru seperti yang ditunjukan oleh panah nomor 1 pada gambar di atas.

2. Masukan Email Ke Aplikasi

Masukan alamat email aktif yang tidak terkait dengan akun BPJSTK yang lain, disarankan pakai email baru supaya lebih gampang dalam memantau pesan masuk. Pastikan sobat tidak salah mengetik email yang didaftarkan karena nantinya ada kode verifikasi yang dikirim ke email tersebut. Setelah email dimasukan lalu tekan tombol SELANJUTNYA.

input email BPJSTK Mobile.jpg

Gambar 2. Cara memasukan email

3. Verifikasi Email

Tahap berikutnya adalah verifikasi email, pada bagian ini ada dua langkah yang harus dilakukan yaitu membuka email dan memasukan kode verifikasi yang dikirim ke email tersebut. Perhatikan gambar berikut ini :

Verifikasi Email BPJSTK Mobile.jpg

Gambar 3. Verifikasi Email

Masukan PIN Konfirmasi Layanan BPJS Ketenagakerjaan ke Aplikasi BPJSTK Mobile seperti yang terlihat pada gambar 3. Setelah itu tekan VERIFIKASI untuk menuju ke langkah selanjutnya. Apabila dalam 5-10 menit belum mendapatkan PIN Konfirmasi tersebut maka tekan tombol KIRIM ULANG.

4. Membuat PIN Baru

Siapkan kode unik yang mudah dihapal oleh sobat untuk membut PIN Aplikasi yang nantinya digunakan untuk beberapa transaksi salah satunya adalah cek saldo JHT.

Seting PIN Aplikasi BPJSTK Mobile.jpg

Gambar 4. Pengaturan PIN Aplikasi

Masukan PIN baru ke kolom nomor 5 dan 6, keduanya harus sama karena jika berbeda pasti akan ditolak oleh sistem pada aplikasi tersebut. Jika PIN sudah benar maka silahkan tekan tombol SELANJUTNYA .

5. Konfirmasi Kepesertaan

Pada tahapan ini sistem akan menanyakan apakah sobat merupakan peserta BPJS Ketenagakerjaan yang memiliki Nomor KPJ dan memiliki KTP Elektronik, tekan tombol YA, SAYA PESERTA jika jawabannya YA tapi jika jawabannya TIDAK maka tekan tombol BUKAN.

Konfirmasi kepesertaan BPJSTK.jpg

Gambar 5. Konfirmasi kepesertaan

Setelah tombol nomor 8 ditekan maka dalam beberapa detik sistem akan merender kepesertaan sobat dan memproses tahap selanjutnya.

6. Masukan nama peserta

Masukan nama sesuai dengan data KTP yang tercatat di Disdukcapil. Apabila nama yang dimasukan tidak sesuai dengan data di KTP maka nantinya sistem tidak akan mengidentifikasi kepesertaan sobat.

Memasukan nama peserta BPJSTK.jpg

Gambar 6. Input nama peserta

Pada tahapan ini pastikan nama sobat sudah tercatat dengan baik pada sistem di BPJS Ketenagakerjaan agar dapat di-render oleh peramban aplikasi.

7. Masukan Tanggal Lahir

Sama halnya dengan langkah nomor 6, sobat harus memasukan data dari KTP Elektronik yaitu tanggal lahir. Silahkan masukan tanggal lahir pada aplikasi.

Kolom tanggal lahir Aplikasi BPJSTK Mobile.jpg

Gambar 7. Input tanggal lahir

Sisem sudah menyediakan tanggal, bulan dan tahun, jadi sobat tidak perlu mengetiknya lagi tinggal di-scroll up atau down saja.

8. Masukan Nomor KTP Elektronik

Ini merupakan tahap terakhir mengambil data dari KTP untuk aplikasi BPJSTK Mobile. Silahkan masukan NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang sesuai dengan KTP Elektronik sobat.

Input NIK peserta BPJS Ketenagakerjaan.jpg

Gambar 8. Input NIK

Tekan tombol SELANJUTNYA apabila NIK yang sobat masukan sudah sesuai dengan data di KTP Elektronik.

9. Masukan Nomor KPJ

Nomor KPJ merupakan nomor kepesertaan di BPJS Ketenagakerjaan atau kalau dulu namanya JAMSOSTEK. Nomor ini tercantum pada kartu peserta, lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini :

Kartu JHT versi lama dan versi terbaru.jpg

Gambar 9. Bentuk kartu peserta jaminan sosial tenaga kerja versi lama dan versi terbaru

Pada gambar 9. Terlihat yang ditandai dengan kotak merah bertuliskan NOMOR KPJ adalah letak nomor KPJ. Jadi supaya sobat tidak bingung penulis perlihatkan bentuk kartu peserta versi lama dan baru. Untuk kartu versi baru sudah dilengkapi dengan NIK KTP.

Untuk memasukan nomor KPJ Perhatikan langkah berikut ini :

Input nomor KPJ.jpg

Gambar 10. Input Nomor KPJ

Perlu sobat ketahui bahwa kartu BPJS Ketenagakerjaan ada 2 jenis yaitu kartu JHT (Jaminan Hari Tua) dan kartu Jaminan Pensiun. Nah, yang dimasukan ke aplikasi ini adalah nomor KPJ yang tercantum pada kartu JHT biasanya terdiri dari 11 digit (kombinasi huruf dan angka). Jika nomor KPJ sudah dimasukan dengan benar maka silahkan tombol SELANJUTNYA.

10. Masukan Nomor HP

Pada langkah ini gunakan nomor HP yang aktif karena nantinya akan ada kode verifikasi yang dikirim dari server.

Input Nomor Handphone ke Aplikasi BPJSTK Mobile.jpg

Gambar 11. Input Nomor HP

Sebelum memasukan nomor HP pastikan tidak ada gangguan sinyal pada HP yang digunakan oleh nomor tersebut agar kode verifikasinya bisa langsung diterima karena akan dikirim via SMS oleh server BPJSTK.

11. Verifikasi Handphone

Ini adalah proses terakhir registrasi pada Aplikasi BPJSTK Mobile. Server akan mengirimkan kode verifikasi melalui SMS dan silahkan masukan kode verifikasi tersebut ke Aplikasi BPJSTK Mobile seperti yang terlihat pada gambar berikut ini :

Verifikasi Nomor Hanphone Aplikasi BPJSTK Mobile.jpg

Gambar 12. Verifikasi Nomor HP

Untuk mengakhiri proses pendaftaran akun BPJSTK Mobile silahkan tekan tombol VERIFIKASI apabila kode verifikasi sudah diketik dengan benar pada kolom aplikasi (lihat nomor 17).

Sampai dengan langkah ini proses pembuatan akun BPJSTK Mobile telah selesai dilakukan, jika tidak ada masalah dengan data yang sudah dimasukan ke aplikasi maka sobat akan langsung diarahkan ke halaman utama Aplikasi seperti yang terlihat pada gambar berikut ini :

Landing Page Aplikasi BPJSTK Mobile.jpg

Gambar 13. Landing Page Aplikasi BPJSTK Mobile

Harap diperhatikan bahwa password untuk login aplikasi bisa sobat gunakan juga untuk membuka informasi saldo JHT karena fitur tersebut diproteksi dengan password.

Kesimpulan

Akun pada Aplikasi BPJSTK Mobile hanya bisa digunakan untuk satu peserta saja. Jadi apabila ingin menambahkan peserta lainnya maka harus membuat akun baru.

Email peserta hanya bisa untuk membuat satu akun saja, apabila email tersebut telah terdaftar di server BPJSTK Mobile maka pendaftaran berikutnya akan ditolak.

Aplikasi BPJSTK Mobile hanya bisa digunakan untuk cek saldo JHT dan informasi seputar JHT, jadi tidak bisa digunakan untuk mendaftarkan peserta baru yang namanya belum tercatat di database BPJS Ketenagakerjaan.

CATATAN :

Tutorial ini dibuat untuk membantu pemerintah mensosialisasikan penggunaan Aplikasi BPJSTK Mobile agar para pekerja penerima upah ataupun non penerima upah khsususnya yang ada di Indonesia semakin mudah untuk mengetahui informasi tentang kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan. Sempatkan waktu beberapa menit untuk menyebarkan informasi ini semampunya.

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google



24 Comments

24 Comments

  1. MOHAMAD ZAELANI

    Februari 10, 2018 at 3:30 pm

    di aplikasi saya tidak muncul foto…data sudah lengkap cek saldo sudah bisa..tapi foto e_ktp nya tidak muncul.mohon di tanggapi

  2. Usman West Java

    Februari 11, 2018 at 11:00 am

    Untuk foto profile akun BPJSTK di aplikasi yang tampil bukan foto dari KTP namun foto profile dari email yang digunakan. AGar pada profile aplikasi muncul foto yang sesuai foto kita silahkan edit foto profile yang ada di email tersebut.

  3. edi karnadi

    Februari 18, 2018 at 2:14 am

    Kenapa saya tidak dpat masuk pdhal dulu sya bisa masuk cek saldo jht saya. Sekarang sya masukan email sya beserta pin nya ternyata null error kata nya mohon bantuan nya

  4. Usman West Java

    Februari 18, 2018 at 2:32 am

    Biasanya apabila kepesertaan sudah tidak aktif maka tidak lagi dapat mengakses akun aplikasi ini, namun apabila masih jadi peserta aktif tapi tidak bisa buka akun silahkan periksa lagi email dan password yang digunakan. Kalau masih belum ketemu juga minta direset data aplikasi ke kantor BPJS ketenagakerjaan di kota anda.

    solusi kedua silahkan reinstall aplikasi di HP Bapa dan lakukan registrasi seperti pertama kali daftar nanti biasanya ada notifikasi nomor telah terdaftar. Setelah itu login dengan nomor kartu yang sudah bapa daftarkan dan lakukan reset password. ingat bapa harus bisa login ke email tersebut untuk mendapatkan password baru.

  5. Retno

    Februari 27, 2018 at 1:34 pm

    Saya bukan peserta BPJSTK, namun mengapa saya dapat sms berisikan kode konfirmasi rekrutmen bpjstk? Mohon penjelasannya terima kasih.

  6. Usman West Java

    Februari 28, 2018 at 1:37 am

    mungkin itu iklan, atau ada peserta yang salah memasukkan nomor telepon, diabaikan saja.

  7. Maman.Rusman

    Maret 18, 2018 at 1:35 am

    Kenapa setelah d up grade ke versi baru no kpj yg tadinya 3 malah hilang 1 ya,bagaimana cara menambahkany lagi di aplikasi BPJSTKU yang baru ?,terima kasih

  8. Usman West Java

    Maret 20, 2018 at 4:13 am

    mungkin kartu bpjstk sebelumnya sudah tergabung saldonya ke kartu bpjstk yg baru, untuk menambahkan nomor kepesertaan silahkan mengikuti panduan yang sama seperti menambahkan peserta baru pa.

  9. Jumnedi

    April 2, 2018 at 4:07 am

    Cara nambah no kpj gmana dsini.saya ada no kpj 4 tapi yg mincul cuma 3, klu aplikasi bpjs ketenagakerjaan yg lm sya tau,,mohon petunjuknya

  10. Usman West Java

    April 2, 2018 at 8:48 am

    untuk model yang baru,,coba buka LIHAT KARTU kemudian perhatikan di ujung kanan atas gambar kartu ada tanda (+) nah tekan yang itu, itu adalah navigasi tambah KPJ. saran saya sih gabungin saja dulu ke kantor bpjs ketenagakerjaan biar tidak banyak kartu.

  11. Arianto samiden

    Mei 4, 2018 at 12:05 pm

    Gimana cara nya ganti no hp lama dngan no hp baru??

  12. Usman West Java

    Mei 5, 2018 at 2:55 am

    no hp lama harus aktif dulu, dia ada verifikasi ke nomor hp lama. atau dicoba saja langsung edit di setingan aplikasinya. Kalau masih mentok juga telepon ke customer service bpjstk saja untuk minta bantu reset data

  13. Ani Suminar

    Mei 5, 2018 at 4:47 pm

    Malam,,,mau minta bantuannya saya kan baru menambahkan kartu bpjs lama saya buat cek saldo,nah kalo saya mau cek kartu bpjs baru saya yg awalnya sudah tersimpan gimana y,,soalnya skrang klo stiap login yg muncul jdi selalu bpjs lama saya yg baru saya tambahkan,,mohon petunjuknya

  14. Usman West Java

    Mei 5, 2018 at 10:44 pm

    hallo, jika kedua kartu tersebut sudah tersimpan di aplikasi seharusnya tidak hilang. Coba perhatikan di layar yang menampilkan kartu, biasanya bisa di slide (geser kanan /kiri) kalau layar smartphone anda touch screen silahkan gulir/usap layar ke arah kiri/kanan. jika opsi ini tidak berhasil, sebaiknya telepon customer servicenya atau datang ke kantor bpjstk terdekat untuk dilakukan penggabungan saldo. Perlu diketahui jika kita melakukan mutasi saldo, maka yang akan berlaku adalah kartu lama sedangkan kartu JHT yang baru akan ditarik oleh BPJSTK.

  15. Anton

    Mei 11, 2018 at 10:36 am

    Pak Usman, mohon dibantu saya tidak bisa tambah no KPJ..
    untuk “untuk model yang baru,,coba buka LIHAT KARTU kemudian perhatikan di ujung kanan atas gambar kartu ada tanda (+)” ini tsaya cek tidak ada tanda panah nya..

    terima kasih sebelumnya

  16. Usman West Java

    Mei 13, 2018 at 11:03 pm

    saya sempat mencoba hal ini, memang ada sedikit perbedaan dan setelah saya perhatikan apabila kita memiliki dua KPJ yang masih aktif maka fitur tambah KPJ baru bisa diguakan. Apabila anda memiliki dua KPJ yang masih aktif tetapi tidak dapat menambahkan KPJ lama atau KPJ yang baru ke aplikasi maka saya rasa salahsatu KPJ anda tidak aktif atau telah digabungkan saldonya oleh perusahaan tempat anda bekerja ke KPJ lama sehingga KPJ yang baru tidak aktif lagi. Langkah terakhir sebaiknya anda datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan untuk memastikan keatifan KPJ yang anda miliki.

  17. irwan maulana

    Mei 21, 2018 at 2:45 am

    Pak Usman, mohon dibantu saya tidak bisa tambah no KPJ..
    untuk “untuk model yang baru,,coba buka LIHAT KARTU kemudian perhatikan di ujung kanan atas gambar kartu ada tanda (+)” ini tsaya cek tidak ada tanda panah nya.. semua kartu nya tidak aktif ,, gmn caranya,,?? sya ngerjakan nya di laptop pakai aplikasi,, apa harus mengerjakan nya di HP atau gmn,??

    terima kasih sebelumnya

  18. Usman West Java

    Mei 22, 2018 at 12:10 am

    hallo irwan, untuk fitur tersebut anda harus login dengan akun yang memiliki lebih dari 1 KPJ aktif, apabila KPJ tersebut tidak atif maka tidak bisa melihat fitur tersebut. memang ada banyak penanya soal ini, saya membahas tutorialnya di ulasan terbaru tentang cara menambahkan KPJ silahkan dicek.

  19. sandi gunawan

    Juni 11, 2018 at 6:09 pm

    Bagai mana cara mengatasi lupa no pin terus no lama saya hangus

  20. Usman West Java

    Juni 13, 2018 at 3:37 am

    silahkan datang ke kantor bpjs kesehatan terdekat untuk minta reset data aplikasi atau kalau mau cepat hubungi 1500400 lalu siapkan KTP yang digunakan untuk pendaftaran aplikasi tersebut.

  21. junaedi

    September 25, 2018 at 2:54 am

    pak usman,,mau tanya kalau ganti email di bpjsku gimana caranya yah

    salam

  22. Usman West Java

    September 27, 2018 at 2:42 am

    Pastikan masih bisa akses email lama, buka menu Profile lalu pilih PENGATURAN . di halaman tersebut silahkan pilih ganti email, namun apabila ingin ganti email karena email lama tidak bisa dibuka maka sebaiknya hubungi pusat bantuan nanti akan mereka bantu reset data servernya.

  23. mulgani

    Oktober 16, 2018 at 1:23 pm

    Sya lupa kta sndi akun bpjstk sya, tpi stiap klik lupa pin lalu isi form yg ad salikklik slanjutny sllu muncul tulisa missing your credential post header, lalu saya hrus bgaimana buat akun bru pun tdak bsa..
    Kbetulan yg buatin akun wktu it tman.

  24. Usman West Java

    Oktober 16, 2018 at 1:37 pm

    untuk kasus lupa PIN sejauh yang saya ketahui hanya bisa dilakukan dengan bantuan operator di 1500910 (telepon berbayar)karena navigasi reset password tidak tersedia di luar aplikasi dan yang ada hanya navigasi lupa akun saja. Mintalah bantuan ke operator pada jam kerja mereka silahkan siapkan KTP dengan KPJ nya solanya nanti akan ada verifikasi kepemilikan akun.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top