APLIKASI

PANDUAN LENGKAP APLIKASI BPJS KESEHATAN [MOBILE JKN-KIS]

BPJS Kesehatan kini semakin dekat dengan masyarakat, sejak awal dirilisnya Aplikasi MOBILE JKN-KIS hingga sekarang telah banyak melakukan perubahan yang cukup signifikan dan membawa dampak positif kepada pelayanan publik. Dengan aplikasi MOBILE JKN-KIS masyarakat yang sudah menjadi peserta JKN-KIS bisa menikmati berbagai fitur penting terutama yang berkaitan dengan administrasi BPJS Kesehatan sehingga prosesnya menjadi lebih mudah dan praktis.

Pada tahun 2017 ini kembali BPJS Kesehatan meng-update aplikasi MOBILE JKN-KIS dengan menambahkan fitur Care Center dan Mobile Screening. Dengan fitur ini peserta bisa konsultasi dengan dokter dan pengecekan riwayat kesehatan sehingga tidak perlu ke klinik atau rumah sakit untuk meminta data riwayat kesehatannya. Jadi jangan sampai ketinggalan, kalau sudah memiliki android maka segera install aplikasi MOBILE JKN-KIS tersebut.

Dengan teknologi aplikasi MOBILE JKN-KIS, sobat juga bisa mengecek validasi kartu, pencetakan kartu, pengecekan tagihan iuran, perubahan alamat domisili dan Fasilitas kesehatan tingkat pertama. Saat ini aplikasi mobile JKN-KIS sudah tersedia untuk Android dan IOS. Khusus bagi PBPU (Peserta Bukan Penerima Upah)/Peserta mandiri bisa melakukan perubahan kelas iuran.

Apa Manfaat Aplikasi MOBILE JKN-KIS ?

Aplikasi MOBILE JKN-KIS memiliki banyak fitur yang dapat diakses oleh peserta sehingga manfaatnya sangat luar biasa. Supaya lebih memahami kegunaan dari aplikasi tersebut, berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing fitur terbaru yang ada dalam aplikasi MOBILE JKN-KIS :

Info JKN

Merupakan petunjuk teknis menjadi peserta JKN-KIS yang mencakup informasi pendaftaran, hak dan kewajiban, sanksi, fasilitas dan manfaat.

Lokasi

Untuk mencari lokasi faskes terdekat saat peserta berada diluar kota. Peserta bisa datang ke FKTP (Faskes Tingkat Pertama) yang bukan haknya maksimal 3 kali selama perjalanannya, namun jika peserta berpindah daerah disarankan pindah faskes saja.

Peserta

Pada fitur ini terdapat informasi peserta JKN-KIS diantarannya : Nama Peserta, Kelas, Status kepegawaian, tanggal lahir dan nama faskes yang ditunjuk.

Iuran

Fitur ini fungsinya khusus untuk PBPU (Peserta Bukan Penerima Upah)/peserta mandiri yaitu berisi informasi tagihan iuran kepesertaannya.

Catatan Pembayaran dan Denda

Fitur ini berisi informasi pembayaran peserta mandiri dan informasi denda yang diberikan jika ada keterlambatan pembayaran tagihan peserta.

Cek VA

Fitur ini berfungsi untuk mengetahui rekening pembayaran yang digunakan oleh PBPU (Peserta Bukan Penerima Upah/peserta mandiri.

Pelayanan

Merupakan informasi track record pelayanan faskes seperti data riwayat jenis penyakit yang diderita oleh peserta.

Skrining Riwayat Kesehatan

Fitur ini berfungsi untuk bisa melihat potensi risiko kesehatan peserta. Disini terdapat 47 pertanyaan yang terdiri atas kebiasaan dan aktivitas sehari-hari, penyakit yang pernah diidap, riwayat penyakit dalam keluarga peserta dan pola makan peserta. Apabila pertanyaan tersebut telah dijawab, maka peserta akan memperoleh hasil skrining riwayat kesehatan pada saat itu juga.

Jika hasil skriningnya memiliki resiko rendah, maka akan diberi saran untuk menjaga pola hidup sehat, tetapi apabila resikonya sedang atau tinggi diabetes melitus, maka akan diberi nomor legalisasi atau nomor skrining sekunder dan akan diarahkan ke FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) terdaftar untuk memperoleh tindak lanjut dari tim medis.

Ubah Data Peserta

Disini peserta bisa melakukan perubahan data apabila ada ketidak sesuaian termasuk perubahan faskes sesuai dengan keinginan, untuk perubahan data diri harus beradasarkan data KTP yang berlaku.

Kartu Peserta

Apabila ingin mencetak kartu peserta baru, bisa dilakukan disini dengan cara menekan tombol email di pojok kiri layar, kemudian system akan mengirimkan softcopy E-ID ke email yang dipilih peserta untuk diunduh dan dicetak.

Pendaftaran Peserta

Khusus untuk calon PBPU (Peserta Bukan Penerima Upah)/peserta mandiri yang belum terdaftar di JKN-KIS tidak perlu pergi ke kantor BPJS, cukup mengisi formulir pendaftarannya disini, pastikan KTPnya sudah sesuai dengan data di Disdukcapil dan sudah siap membayar iuran dengan mekanisme pembayaran autodebet di Bank yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

adapun persyaratannya adalah :

Nomor Kartu Keluarga
NIK
Nomor Handphone
Nomor rekening tabungan (BNI, BRI, Mandiri)
Alamat domisili (untuk pengiriman kartu)
Alamat email

Pengaduan Keluhan

Disini peserta bisa menyampaikan keluhannya dengan menghubungi 1500400 (telepon berbayar) terkait pelayanan BPJS Kesehatan, selain itu juga peserta dapat konsultasi dengan dokter umum tanpa batasan waktu. Konsultasi bisa dilakukan pada jam kerja yaitu senin-jumat mulai pukul 07:00-20:00 waktu setempat.

Pengaturan

Peserta bisa melakukan pengaturan akunnya disini, termasuk merubah password.

Bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi MOBILE JKN-KIS ?

Aplikasi ini didesain dengan navigasi yang sangat mudah, tampilannya pun sangat sederhana dan tidak membingungkan. Temukan dan unduh aplikasi ini di Google Playstore, ketik Mobile JKN pada kolom pencarian lalu mulailah memasang pada perangkat.

Berikut ini logo aplikasi MOBILE JKN-KIS di Google PLaystore :

logo aplikasi JKN-KIS.jpg

Gambar 1. Logo Aplikasi JKN-KIS

Setelah aplikasi terpasang, mulailah mengisi form registrasi, untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan petunjuk di bawah ini :

Navigasi awal Aplikasi JKN-KIS

Gambar 2. Panduan Memilih Navigasi Registrasi di Halaman Muka

Pilih Navigasi Pendaftaran Peserta Baru (nomor 1) apabila belum menjadi peserta BPJS Kesehatan (JKN-KIS), apabila sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan silahkan pilih Pendaftaran Pengguna Mobile (Nomor 2).

Formulir Registrasi Pengguna Mobile JKN-KIS.jpg

Gambar 3. Cara Mengisi Formulir Registrasi Pengguna Mobile

Isi kolom nomor 1-8 dengan data yang valid, untuk nomor 2 dan 3 wajib sesuai dengan KTP. Setelah lengkap silahkan tekan tombol Register (nomor 9).

Notofikasi Registrasi JKN-KIS.jpg

Gambar 4. Notifikasi Registrasi Telah Berhasil

Jika pengisian pada Gambar 3. tidak ada yang salah maka tampilannya akan seperti pada gambar 4 ini. Silahkan tekan OKE lalu buka email yang didaftarkan tadi untuk mendapatkan kode verifikasinya.

Verifikasi Aplikasi JKN-KIS.jpg

Gambar 5. Cara Memasukan Kode Verifikasi Ke Aplikasi JKN-KIS

Masukan kode verifikasi yang didapat dari email ke kolom Kode Verifikasi [nomor 1], kemudian tekan tekan Verif (nomor 2). Apabila kode verifikasi tidak masuk ke email dalam waktu 5 menitan, maka silahkan kirim ulang dengan menekan tombol nomor 3.

Notifikasi Verifikasi JKN-KIS Telah Berhasil.jpg

Gambar 6. Notifikasi Verifikasi Telah Berhasil

Apabila tidak ada masalah maka akan ada notifikasi verifikasi telah berhasil, tekan OKE dan selanjutnya silahkan Login.

Home Page Aplikasi JKN-KIS.jpg

Gambar 7. Home Page Aplikasi JKN-KIS

Gambar 7. di atas adalah tampilan pada landing page aplikasi MOBILE JKN-KIS, silahkan pilih fitur yang dibutuhkan dengan mengklik navigasi yang telah disediakan.

Kesimpulan

Menggunakan aplikasi MOBILE JKN-KIS dapat mempermudah pengurusan administrasi BPJS Kesehatan, karena bisa dilakukan tanpa harus pergi ke kantornya.

Pergantian Faskes hanya bisa dilakukan setelah 3 bulan, apabila belum 3 bulan maka sistem secara otomatis akan menolak.

Untuk perpindahan ke faskes baru karena alasan pindah domisili, silahkan datang langsung ke kantor BPJS terdekat apabila belum 3 bulan di faskes yang lama.

Apabila kebingungan mendaftar peserta baru, silahkan minta panduan operator di 1500400 (pangilan berbayar)

Aplikasi MOBILE JKN-KIS bisa didapatkan secara gratis di Google Playstore, silahkan unduh dan install untuk mendapatkan manfaatnya.

Semua produk BPJS Kesehatan telah diganti mereknya menjadi Kartu Indonesia Sehat (KIS), jadi tidak ada lagi jamkesmas, jamkesda, KJP dan sejenisnya.

Pendaftaran calon Peseta Penerima Upah belum bisa didaftarkan melalui aplikasi JKN-KIS karena masih harus melalui perusahaan tempat peserta bekerja.

CATATAN PENTING

Demi membantu program pemerintah "Menuju Indonesia Sehat" kami mohon sobat luangkan waktu untuk menyebarkan ulasan ini di facebook atau di jejaring sosial lainnya agar bisa sampai ke seluruh lapisan masyarakat di Indonesia sehingga mereka tidak kesulitan lagi mengurus kartu BPJS Kesehatannya dan terhindar dari penipuan yang merugikan.


WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google



25 Comments

25 Comments

  1. nabil fachrezi

    Juli 30, 2017 at 12:22 am

    Salut deh untuk program terbaru ini. Semakin mempermudah masyarakat untuk mengurus bpjs, karna mengingat kegunaan bpjs yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat

  2. Heni ida irawan

    Agustus 23, 2017 at 8:06 am

    Apakah bisa masuk ke jkn mobile lebih dr 1 peserta bpjs untuk 1 email dan nomer tlpn,karena anggota keluarga saya ada 3,,mohon informasinya?

  3. Usman West Java

    Agustus 23, 2017 at 9:27 am

    Bisa bu, dengan catatan masih 1 kartu keluarga. Hal ini berlaku untuk PBPU (Peserta Mandiri) ataupun penerima upah itu bisa akses di akun yang sama dengan email yang sama. Jadi apabila Ibu dan keluarga tercatat dalam kartu keluarga yang sama maka ini akan otomatis bisa terindex di akun/aplikasi terdaftar.

  4. Dini

    Oktober 7, 2017 at 11:49 am

    Untuk fitur “pelayanan” apa tidak bisa melihat riwayat anak saya? Disini hanya terlampir riwayat saya saja, sementara anggota lain nya tidak bisa, mohon jawabannya.

  5. Usman West Java

    Oktober 8, 2017 at 9:22 am

    Apabila anak ibu tidak memiliki riwayat penyakit yang cukup beresiko mungkin tidak akan dicantumkan di situ, untuk informasi riwayat kkesehatan anggota yang lainnya silahkan menghubungi langsung ke customer servicenya di nomor yang ada di aplikasi.

  6. herie

    Oktober 20, 2017 at 1:17 pm

    aplikasinya sulit utk no hp ko gak bisa ters masuk

  7. Usman West Java

    Oktober 20, 2017 at 1:38 pm

    coba dipasangnya saat sinyaal Hpnya bagus, pakai android V.3 lancar pa.

  8. lulut

    Oktober 24, 2017 at 10:53 am

    Mas dulu saya udah pernah daftar tp saya hapus aplikasinya terus sekarang mau Pasang Baru lg Soalnya saya lupa email yg pertama tp gak bisa Jawabanya nomer anda sudah terdaftar solusinya gmn ya mas makasih

  9. Usman West Java

    Oktober 25, 2017 at 5:06 am

    silahkan hubungi 1500400 dan beritahukan kepada mereka masalahnya apa. setau saya jika nomor kepesrtaan BPJSKES sudah teregistrasi maka tidak bisa lagi membuat akun baru di aplikasi JKN KIS. selain menghubungi operator bisa juga datang langsung ke kantor BPJSKES nya untuk melakukan edit data di server, bawa KTP dan Kartu BPJSKES nya.

  10. Ryan Adi Nugroho

    Oktober 25, 2017 at 7:29 pm

    Mau tanya nih, saya klo registrasi mobile nya kok keterangan tanggal lahir salah terus ya? Sudah di cek dgn benar tetap saja “tanggal lahir

  11. lina parwati

    Oktober 26, 2017 at 8:44 am

    kalau ubah faskes lwat mobile jkn, apa bisa aktiv secara langsung di faskes yg baru? trus bagaimna dengan pencetakan kartunya? seandainya mencetak dengan e id yg di kirim ke email, apa bisa valid?

  12. Usman West Java

    Oktober 26, 2017 at 2:15 pm

    untuk fitur yang ada di Aplikasi JKN-KIS insya Allah sudah berfungsi dengan baik bu Lina, jika kita hendak pindah faskes itu sudah bisa dan kartu bisa dicetak via email dan itu valid, jadi meskipun tidak pakai blanko kartu asli itu tidak masalah. Untuk perpindahan faskes dilakukan sesuai prosedur di BPJS Kesehatan (setelah 3 Bulan di faskes yang pertama) dan itu tidak bisa langsung aktiv hari itu. apabila ibu mengalami kendala bisa menghubungi 1500400

  13. Usman West Java

    Oktober 26, 2017 at 2:19 pm

    Hallo bapa Ryan, Untuk mengatasi masalah tersebut silahkan bapa ke kantor BPJS dulu dan samakan data KTP bapa dengan data di server BPJSKes, setelah itu baru bisa dilakukan registrasi di JKN-Mobile KIS

  14. hasanuddin

    Oktober 30, 2017 at 2:35 pm

    Bagaimana cara buka aplikasi JKN mobile kalau lupa pasword, ini terjadi karena hp d instal ulang

  15. Usman West Java

    Oktober 30, 2017 at 2:50 pm

    Silahkan tekan Reset Password yang ada di bawah navigasi login dan masukan email anda yang bisa anda akses karena password baru akan dikim ke email tersebut

  16. Hendra

    November 2, 2017 at 9:25 am

    Kenapa selalu error saat memasukkan email dan no HP? Koneksi internet bagus, selalu stuck di 80%

  17. Usman West Java

    November 2, 2017 at 1:09 pm

    sebaiknya bapa hubungi pusat informasi dan bantuan teknis di 1500400. Aplikasi tersebut minimal harus menggunakan android Versi 3. apabila tidak ada masalah dengan hardware yang digunakan silahkan hubungi pusat bantuan teknis.

  18. Reno

    November 10, 2017 at 7:47 am

    Halo pak Usman,

    terima kasih tutorialnya sangat membantu sekali.

    Apakah ada juga tutorial untuk pindah faskes ?
    Beserta contoh tampilan notifikasi / emailnya bila faskes berhasil diganti ataupun gagal diganti karena faskes tujuan sudah penuh?

    Terima kasih sekali lagi.

  19. Usman West Java

    November 10, 2017 at 12:40 pm

    Assalamu’alaikum
    Yth.Bp Reno

    sebelumnya saya haturkan terimakasih sudah mempercayai ulasan ini.

    Untuk perpindahan faskes saya belum membuat tutorialnya, saat ini sedang dalam masa penelitian saya dan akan saya share kalau sudah ada hasilnya agar masyarakat bisa memahami dengan baik prosedur pindah faskes melalui aplikasi.

    Apabila bapa reno mau mencoba perpindahan faskes silahkan pilih saja fitur Ubah Fasilitas Kesehatan Pertama yang ada pada aplikasi JKN-KIS Mobile kemudian pilih provinsi lalu pilih kota/Kabupaten, kemudian selang beberapa detik silahkan klik Fasilitas Kesehatan, selanjutnya akan muncul data faskes dengan disertai jarak faskes tersebut ke tempat bapa reno, jangan lupa aktifkan dulu fitur GPS pada smartphone bapa.

    Perpindahan faskes bisa dilakukan sesuai ketentuan BPJSKES yaitu kalau sudah berlangsung 3 bulan di faskes pertama baru bisa pindah. Apabila faskes yang dituju penuh maka kemungkinan ada notifikasi ke email. Kalau perpindahan faskesnya berhasil maka di aplikasi akan muncul faskes yang dikehendaki. Semoga membantu.

  20. Hodrik Isman

    November 14, 2017 at 5:49 am

    Saya sudah instal aplikasinya tapi setelah isi data untuk registrasi padahal sudah benar valid tapi selalu gagal ya? Keterangannya “Transaksi belum dpt di proses, Silahkan coba beberapa saat lagi” terus. Itu bagaimana ya?

  21. Usman West Java

    November 14, 2017 at 6:02 am

    Sebelumnya pastikan dulu bapa sudah terdaftar secara resmi sebagai peserta JKN KIS/BPJS Kesehatan, baru setelah itu bapa bisa mendaftar di Aplikasi JKN-KIS MObile. Namun apabila bapa sudah terdaftar dan tetap tidak bisa melanjutkan proses registrasi di aplikasi JKN KIS itu ada beberapa kemungkinan :

    1. Server sedang dalam keadaan tidak stabil, coba lakukan penginstalan di pagi hari dan pastikan tidak ada gangguan signal.
    2. Clear cache android/ios yang bapa gunakan untuk menginstal aplikasi
    3. Kalau masih kesulitan sebaiknya hubingi 1500400 (tlp CSO/berbayar) untuk bantuan penginstalan.
  22. Eko susianto

    November 20, 2017 at 2:35 am

    Sy sdh daftar jkn kis mobil sebagai peserta baru dan sukses,selanjutnya gmn,trims

  23. Usman West Java

    November 20, 2017 at 8:31 am

    silahkan gunakan sesuai keperluan, simpan alamat email,password dan nomor telepon yang digunakan. Bapa selanjutnya bisa menggunakan aplikasi tersebut sesuai kebutuhan, seperti pindah faskes, cek tagihan, riwayat berobat di faskes yang digunakan.

  24. Andri

    November 27, 2017 at 12:25 pm

    Apakah email bisa di ganti pak. Karena kasus saya salah masukan email sehingga kode verifikasi tidak terkirim

  25. Usman West Java

    November 27, 2017 at 10:29 pm

    untuk recover email sebaiknya minta bantuan customer service 1500400, karena kode verifikasi tetep akan dikirim ke email yang pertama, hal itu dilakukan jika tidak bisa lagi mengganti email pada aplikasi maka email pertama harus dihapus dari server pusat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 53 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top