APLIKASI

STEP BY STEP PANDUAN APLIKASI SIWASLU 2019 [UNTUK PENGAWAS TPS]

aplikasi siwaslu 2019.png
Image By : Drh. Imron Taufiq

Kursuskomputergratis.com – Aplikasi SIWASLU 2019 merupakan Sistem Pengawasan Pemilu 2019 online besutan BAWASLU RI yang berbasis aplikasi Andorid dan khusus diperuntukkan bagi pengawas TPS, Kecamatan, Kabupaten/Kota hingga ke Pengawas tingkat Provinsi. Aplikasi ini tergolong masih baru, penulis akan mencoba memaparkan panduan memasang aplikasi SIWASLU 2019 ini secara detail agar mudah dimengerti.

Sebelumnya penulis mengucapkan selamat bertugas kepada seluruh divisi badan penyelenggara PEMILU 2019 tidak terkecuali para pengawas TPS tingkat desa hingga provinsi semoga pesta demokrasi yang diagendakan pada 17 April 2019 nanti bisa berjalan dengan tertib, lancar, aman dan tentunya terkendali. Pastikan telah memahami SOP dan regulasi berdasarkan undang-undang yang berlaku sehingga selalu bisa bertindak secara procedural.

SIWASLU 2019 ini diharapkan bisa memberikan kontribusi positif bagi keberlangsungan Pemilu di Tanah Air, secara garis besar cara kerja aplikasi ini adalah mengkonversi laporan analog menjadi laporan digital sehingga sangat memungkinkan bisa melakukan transaksi data via online melalui jaringan internet untuk mempercepat pekerjaan dengan hasil yang lebih akurat serta lebih cepat dalam penyajian statistik data hasil Pemilu.

Memasang dan Mengunduh Aplikasi SIWASLU 2019

Silahkan unduh aplikasi SIWASLU 2019 di Play Store. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini tidak perlu menggunakan e-mail tetapi cukup menyiapkan KTP dan nomor telepon aktif sehingga sangat mudah dalam proses pemasangannya.

Pastikan ruang penyimpan data di smartphone tidak penuh sehingga pada proses pemasangan aplikasi tidak mengalami kendala. Lebih jelasnya silahkan ikuti panduan di bawah ini, perhatikan setiap langkahnya supaya tidak keliru !

Pertama

Buka Play Store di smartphone sobat. Di menu pencarian ketik “Siwaslu 2019” nanti banyak aplikasi yang berhubungan dengan pemilu, silahkan pilih aplikasi “SIWASLU 2019”. Berikut tampilannya :

download aplikasi siwaslu 2019.png

Gambar 1. Tampilan apliksi siwaslu di Google Play Store

Setelah menemukan aplikasi SIWASLU 2019. seperti pada gambar di atas kemudian klik “INSTAL”, untuk langkah selanjutnya tunggu hingga proses pada tahap ini selesai.

Kedua

Setelah aplikasi SIWASLU 2019 terpasang, silahkan buka aplikasinya di smartphone sobat maka akan muncul gambar seperti di bawah ini :

akses lokasi siwaslu2019

Gambar 2. Akses Lokasi

Aplikasi akan meminta izin akses lokasi, dalam langkah ini silahkan klik “IZINKAN” supaya semua fungsi aplikasi bisa bekerja secara optimal.

Ketiga

Setelah sobat mengizinkan aplikasi SIWASLU 2019 mengakses perangkat smartphone tersebut, selanjutnya akan muncul gambar seperti di bawah :

pilih tempat tugas siwaslu.png

Gambar 3. Memilih Posisi Penugasan

Pada tahap ini sobat bisa memilih posisi penugasan, jika bertugas sebagi pengawas TPS maka Klik “ PENGAWAS TPS”

Keempat

Setelah memilih “Pengawas TPS” selanjutnya sobat akan diminta melakukan registrasi, silahkan isi data sesuai petunjuknya.

registrasi aplikasi siwaslu 2019

Gambar 4. Halaman Registrasi Pengawas

Pada tahap ini akan diminta mengisi data diri seperti Nama Lengkap, Jenis Kelamin, Nomor HP, No TPS, Provinsi, Kabupaten/ Kota, Kecamatan, kemudian Kelurahan/Desa. Setelah mengisi semua data dengan benar kemudian Klik “SIMPAN”.

Kelima

Selanjutnya sistem pada aplikasi akan melakukan konfirmasi ulang untuk memastikan apakah data sudah terisi dengan benar atau tidak.

Konfirmasi data pribadi siwaslu.png

Gambar 5. Konfirmasi Data Pribadi

Periksa kembali data yang telah di-input ke aplikasi tadi, apabila sudah yakin tidak ada yang keliru maka tekan tombol “Ya” pada jendela pop-up seperti yang terlihat pada gambar 5. Sampai tahap ini proses pemasangan aplikasi telah selesai.

Konten Aplikasi SIWASLU 2019

Ada beberapa konten yang telah disiapkan dalam aplikasi ini, setelah berhasil melakukan registrasi dan masuk aplikasi maka konten tersebut akan langsung ditemukan user. Berikut ini adalah ringkasan fitur aplikasi SIWASLU 2019 :

Home

Disini bisa ditemukan e-book berisi panduan yang berkaitan dengan pengawasan pemilu, navigasi bantuan operator, jadwal kegiatan dan beberapa fitur pendukung lainnya.

homepage siwaslu 2019

Gambar 6. Dashbor Home Aplikasi SIWASLU 2019

Untuk menjalankan fitur-fitur pada halaman ini silahkan di klik saja gambar icon yang sudah tersedia dan hanya dengan satu klik saja maka akan langsung diarahkan ke fitur tersebut.

Navigasi AA.PS-1

Geser ke kanan satu tab dari menu Home. Halaman ini berisi formulir AA.PS-1, perhatikan gambar berikut !

formulir AA.PS-1 siwaslu 2019

Gambar 7. Formulir AA-PS.1

Gambar di atas adalah format Form AA.PS.1 , laporan ini dapat diisi ketika melakukan pengawasan hari tenang, di sini sobat tinggal ceklis pertanyaan YA/TIDAK. Jika terjadi sebuah kejadian misal kampanye caleg maka silahkan tambah keterangan khusus beserta melampirkan foto dokumentasinya.

Navigasi AA.PS-2

Geser ke kanan 1 tab dari menu AA.PS-1. Halaman ini berisi formulir AA.PS.2, perhatikan gambar berikut ini !

Formulir AA.PS-2 siwaslu 2019.png

Gambar 8. Formulir AA.PS-2

FORM AA.PS.2 diisi pada saat pengawasan persiapan pemungutan suara. Silahkan sesuaikan deskripsi kejadian yang ada di formulir dengan kejadian di lapangan dan isi sesuai data, ceklis YA/TIDAK.

Navigasi AA.PS-3

Geser ke kanan 1 tab dari menu AA.PS-2. Ini adalah halaman FORM AA.PS-3 yang merupakan formulir isian untuk hasil pengawasan perhitungan suara, berikut tampilannya :

Formulir AA.PS-3 siwaslu 2019.png

Gambar 9. Formulir AA.PS-3

Formulir ini berisi deskripsi pelanggaran pada saat pengawasan pemungutan suara, silahkan ceklis YA/TIDAK sesuai data kejadian yang sebenarnya.

Navigasi AA.PS-4

Geser ke kanan 1 tab dari menu AA.PS-3. Ini adalah halaman FORM AA.PS-4 yang merupakan formulir isian saat pengawasan perhitungan suara dan ketidaksesuaian.

Formulir AA.PS-4 siwaslu 2019.png

Gambar 10. Formulir AA.PS-4

Sama seperti formulir yang lainnya, disini juga tinggal klik/ceklis YA/TIDAK pada kolom deskripsi kejadian.

Navigasi AA.PS-5

Geser ke kanan 1 tab dari menu AA.PS-4. Ini adalah halaman formulir AA.PS-5 yang terbagi menjadi 5 halaman. yaitu untuk rekap perhitungan suara PILPRES, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota.

Formulir AA.PS-5 siwaslu 2019

Gambar 11. Formulir AA.PS-5

Silahkan digeser ke kanan untuk memilih formulir isian rekap perhitungan suara berdasarkan kategori baik itu PILPRES, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota, hati-hati jangan sampai salah ngeklik formulir supaya tidak membingungkan.

Akhir kata semoga review aplikasi SIWASLU 2019 ini bisa berguna buat teman-teman yang sedang melakukan persiapan tugas yang sangat mulia yaitu ikut serta membangun negeri dalam Penyelenggaraan Pemilu yang Demokratis, Bermartabat, dan Berkualitas.

Saya Sita, S.Pd. dari tim BAWASLU RI mengucapkan “Salam Bawaslu, bersama rakyat awasi pemilu, bersama bawaslu tegakan keadilan pemilu”.

Update :

Baca : Langkah Tepat Mengatasi Pembaharuan Aplikasi Siwaslu 2019 [Plus Video]

Editor : Usman, A.Md.

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google



124 Comments

124 Comments

  1. Irfan

    April 2, 2019 at 12:52 pm

    Smart, geulis, yang nulis teh

  2. oky

    April 12, 2019 at 2:22 pm

    Cara Panwascam mengetahui kalau PTPS sdh kirim laporan lwt mana ya?

    • Sita, S.Pd.

      April 13, 2019 at 10:49 pm

      Laporan PTPS dalam setiap kegiatan ada dua bentuk :

      1. Laporan lewat siwaslu langsung terpantau bawaslu RI
      2. Laporan manual berbentuk FORM-A

      FORM-A dikumpulkan di PKD-Panwascam

  3. Sandratobing

    April 13, 2019 at 8:10 am

    Kenapa setelah upgred app ini tidak bisa dibuka..mohon petunjuk mwengingat pemilu sudah dekat
    Terimah kasih

    • Sita, S.Pd

      April 14, 2019 at 12:32 am

      Kabarnya lagi ada perbaikan sampai 13 April 2019 jam 21:00 🙂

  4. Afri

    April 13, 2019 at 11:55 am

    Min mau login aja g bisa.ni apk serius gak yak.

    • Sita, S.Pd.

      April 13, 2019 at 10:45 pm

      Pastikan kuota data tersedia, mohon bersabar mengingat aplikasi siwaslu sedang diakses di seluruh Indonesia, dan aplikasi sedang tahap perbaikan sampai jam21:00 13 April 2019

      Aplikasi Siwaslu 2019 adalah aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh bawaslu RI untuk laporan pengawasan pemilu. Sudah disimulasikan dan disosialisasikan kepada semua pengawas se Indonesia

  5. Lalu Muhammad Syafii

    April 13, 2019 at 12:31 pm

    Mohon solusi. Gimana cara mengganti nomor TPS pada lokasi pengawasan pada aplikasi siwaslu???

    • Sita, S.Pd.

      April 13, 2019 at 10:41 pm

      Silahkan install ulang dan registrasi kembali. Registrasi masih bisa berlangsung sampai tanggal 15 April 2019 dan harap isi data dengan benar

  6. Muhardis

    April 13, 2019 at 5:59 pm

    Untuk sementara ini saya susah utk daftar ulang,selalu coba lg dn lg,sblmnya sdh pernah di install ada beberapa kali pembaharuan,tdk tau pasti install pertama terhapus.dan di install ulang.dibagian menu isi data sdh lengkap giliran simpan,slalu coba lgi,apakah daya sdh pnya password sendiri,terima kasih

    • Sita, S.Pd

      April 14, 2019 at 12:28 am

      Regstrasi masih bisa dilakukan sampai tanggal 15 April 2019, jika masih terus coba lagi maka periksa kembali data anda kemudian coba registrasi kembali di jam tenang (misal tengah malam) jangan di waktu kerja karena server banyak yang akses sehingga konekssinya menjadi lemot bahkan error mengingat hari ini tanggal 14 April 2019 Siwaslu sudah digunakan di seluruh Indonesia.

  7. Haeril

    April 14, 2019 at 1:19 am

    Min apabila tidak terjadi pelanggaran apa kejadian khusus harus di isi dan foto alat bukti

  8. Sita, S.Pd

    April 14, 2019 at 6:43 am

    isi kolom kejadian khusus “suasana aman dan kondusip tidak terjadi kampanye” tidak perlu melampirkan foto.

  9. Andriyani setiawati

    April 14, 2019 at 10:49 am

    Mohon pencerahannya min,saya sudah perbaharui aplikasi siwaslu akan tetapi yg muncul setelah saya klik pengisian pengawas kecamatan itu username dan setelah saya isi nama saya kok tidak bisa itu gimana min?

    • Usman West Java

      April 15, 2019 at 3:34 am

      Untuk username silakan di periksa kembali, pastikan memakai username yang telah di berikan oleh PANWAS Kecamatan

  10. Herizal

    April 14, 2019 at 12:31 pm

    Cara pengisian AA.PS1 utk PTPS di masa tenang, apakah pelaporan dilakukan per hari dari tgl 14-16 (3 hari) atau hanya cukup hanya sekali saja sampai deadline yg diberikan. Mohon pencerahannya. Trim’s yu

    • Sita, S.Pd

      April 15, 2019 at 3:36 am

      Untuk jadwal pelaporan nya silakan di lihat lagi, di halaman awal siwaslu ada jadwal yang bertanda jam nya.

  11. Dian

    April 14, 2019 at 1:42 pm

    APS 1 setelah di centang semua, lalu di klik SIMPAN ya?

    • Sita, S.Pd

      April 15, 2019 at 3:38 am

      Jika hanya di centang tidak akan bisa tersimpan, tapi di bagian kolom kejadian khusus harus isi keterangan baru di simpan, misal jika di AAPS.1 centangnya tidak semua, maka keterangan di kolom kejadan khususnya tulias keterangan ” situasi masa tenang aman dan kondusip

  12. Rifai Yulianto

    April 15, 2019 at 2:03 am

    untuk android berapa ini kak?saya pake samsung note 3 android ktkat 4 ga tersedia.mohon pencerahan

  13. Dwi purnomo

    April 15, 2019 at 3:15 am

    Mbak, untuk siwaslu yg versi 1.3.0 apabila terjadi upload foto yg tidak di sengaja atau salah, apa yg harus kami lakukan?

    • Sita, S.Pd

      April 15, 2019 at 3:55 am

      Kembali ke halaman awal, ulangi kembali laporannya , foto akan otomatis terhapus

  14. Khusnul

    April 15, 2019 at 10:21 am

    Mbk, klau sudah kesimpan.. Kan warna tulisan yg semula berwarna orange akan berubah menjadi hitam… Setelah beberapa jam saya buka lagi.. Di aaps1 tulisan simpan berubah jadi warna orange lagi… Apakah saya harus mengisi data lagi di aaps1…

  15. muhammad junaidi

    April 15, 2019 at 10:48 am

    klu mau ganti data..misalnya no tps salah gimana cara??

    • Sita, S.Pd

      April 16, 2019 at 2:02 am

      Maaf ini sudah tidak bisa lagi, karena sudah limit waktu registrasinya sampai 15 April 2019

  16. Rosdam malik

    April 15, 2019 at 11:02 pm

    Klo aaps2 centang’nya tidak smua, kolom khusus’nya ditulis tidak, mohon pencerahan’nya terima kasih,,,

    • Sita, S.Pd

      April 16, 2019 at 2:04 am

      Kolom khusus di isi hanya ketika terjadi kejadian khusus. Misal pada “tanggal 16 April hujan”

  17. Lia

    April 15, 2019 at 11:19 pm

    Maaf mba..klo AAPS-1 terlanjur dikirim sebelum jam 12 tapi tanggalnya sudah tgl 14 itu gmna mba…

    • Sita, S.Pd

      April 16, 2019 at 2:06 am

      Jika Apps 1 sudah terlanjur terkirim padhal tanggalnya 14 itu tidak apa-apa, karena laporan untul AAPS 1 dr tanggal 14-16

  18. Anchak Artho

    April 16, 2019 at 11:13 am

    Mat malam. Mohon informasi untuk form ada PS2 dimana kalau C6 sudah dibagikan makan di poin 1a tentu dijawab tidak. Tapi jika ada C6 yg belum terdistribusi maka tidak bisa isi poin 1b.

    • Sita, S.Pd

      April 16, 2019 at 12:09 pm

      C6 yang tidak terdistribusikan dikembalikan ke PPS. untuk yang 1 itu jika tidak terdistribusi maka dikembalikan lagi ke ketua KPPS/desa jangan didiamkan.

      untuk poin 1a pilih “ya” terus foto berita acaranya terus di kejadian khusus diisi alasan kenapa c6 tidak terdistribusi.

  19. Tri Wahyuni

    April 16, 2019 at 11:19 am

    Mb,kolom jumlah C6 yg di aaps 2,bagaimana ngedit nyaa??

  20. Reza

    April 16, 2019 at 12:15 pm

    Utk poin 4 aaps2 diisi apa ? Soalnya pmbgian logistik ke tpa nnti tgl 17 pagi jam stngh 6 mnurut ppk

  21. Syifa syila

    April 16, 2019 at 2:38 pm

    Kalau apps2 salah mencet gambar gmn min. Tapi gambar masih berhubungan dengan logistik pemilu.

  22. sony

    April 16, 2019 at 2:40 pm

    Knapa data di apps 2 mbak susah buat tekan tombol simpan nyah udah berulang kali tetep ga bisa

    • Sita, S.Pd

      April 17, 2019 at 2:50 am

      Harap periksa koneksi internetnya…atau restart hp.

  23. Ita

    April 16, 2019 at 3:05 pm

    Kalo kita masukan data salah pada aaps2, dan ingin perbaiki bagaimana ya caranya

  24. moko sutriyat

    April 16, 2019 at 3:35 pm

    Maaf mbaa mau tanyaa kalo sudah isi aaps 2 trus input jumlah formulirnya yg dikembalikan salah apakah bisa di ulang lagi?

  25. Asel burhanudin

    April 16, 2019 at 3:52 pm

    Mohon maaf bu sampai detik ini laporan aa PS2 Belum terkirim juga padahal ko eksi internet sudah bagus itu bagaimana bu

    • Sita, S.Pd

      April 17, 2019 at 2:48 am

      Silahkan direstart dulu hp nya.

  26. Rais

    April 16, 2019 at 4:28 pm

    Untuk pengisian aaps2 batas waktunya jam brapa ?

    • Sita, S.Pd

      April 17, 2019 at 2:47 am

      silahkan dicek kembali di panduan..:)

  27. Dwi wahyuni

    April 16, 2019 at 4:39 pm

    Selamat malam..
    Mhn info bagaimaa edit foto yg terlanjur disimpan. Apakah bisa dihapus ? Terima kasih.

    • Sita, S.Pd

      April 18, 2019 at 3:32 am

      Iya. data sudah terlapor tp bs diinput kembali

  28. Karminiasih

    April 16, 2019 at 7:10 pm

    Mbk klu ngisi AAPS 2 trs ada pberitahuan data sdh diinput itu apa itu ksudnya datanya sdh msuk?

    • Sita, S.Pd

      April 17, 2019 at 2:42 am

      Iya betul. Itu artinya data sudah masuk.

  29. Ema

    April 16, 2019 at 9:35 pm

    mohon infonya , apabila pengisian AA.PS2 tidak bisa disimpan bagaimana? Padahla koneksi internet ada.. Apakah jika instal ulang aplikasi akan registrasi seperti awal kembali? Terimakasih

    • Sita, S.Pd

      April 17, 2019 at 2:43 am

      Silakan restar hp , atau matikan hp ketika terjadi kendala tidak bisa menyimpan SIMPAN

  30. Agushamzah

    April 17, 2019 at 2:02 am

    Kalo terhapus saat pendaftaran siwaslu di tutup solusinya gimana.?

  31. Itta Qi

    April 17, 2019 at 2:05 am

    Kalau kita salah input data di AAPS 2 apa bisa di rubah ya? Kalau bisa bagaimana cara nya?

  32. Rosdam malik

    April 17, 2019 at 5:34 am

    Klo misal’nya ada dpk, kejadian khususnya gmna tuh mbk kan cm pake ktp doang, mohon pencerahan’nya,,, terima kasih

  33. Rosdam malik

    April 17, 2019 at 6:02 am

    Mohon pencerahan mbk, klo ada dpk kejadian khususnya ditulis apa ya bu, terima kasih

    • Sita, S.Pd

      April 18, 2019 at 3:28 am

      Tulis saja keterangan dari poin-poin yg di ceklisnya

  34. Lina Bekti Utami

    April 17, 2019 at 9:51 am

    Apa ada cara menghapus foto yang sudah teraploud karena salah aploud??

    • Sita, S.Pd

      April 18, 2019 at 3:27 am

      Coba klik lambang edit di atas sebelah kanan, bergambar buku, jika tidak bisa maka input data hanya berlaku 1 kali

  35. Rosdam malik

    April 17, 2019 at 1:44 pm

    Mohon pencerahannya bu, plano DPR RI sm DPD ko ga bs diupload, knp ya bu,??

    • Sita, S.Pd

      April 18, 2019 at 3:26 am

      Pastikan C1 plano lembar pertamanya ikut terupload.

  36. Agus waluyo

    April 17, 2019 at 2:01 pm

    Bagaimana cara mengedit data yang sudah terlanjur masuk?

  37. Dede hayati

    April 17, 2019 at 3:14 pm

    Selamat malam..
    Mhn info bagaimaa edit foto yg terlanjur disimpan. Apakah bisa dihapus ? Terima kasih.

    • Sita, S.Pd

      April 18, 2019 at 2:43 am

      Tidak bisa di hapus mba ,input berlaku satu kali

  38. Halimatus

    April 17, 2019 at 11:05 pm

    Bak kalau data sudah di imput tapi diriwayat tidak centang itu bagaimana y?

    • Sita, S.Pd

      April 18, 2019 at 2:43 am

      Input anda tidak berhasil, ulangi

  39. Irma nurmayanti

    April 18, 2019 at 12:19 am

    Maaf bu yang saya aaps5 yang presiden sudah disimpannya dan ada tulisan data sudah pernah diinput.solusinya seperti apa

    • Sita, S.Pd

      April 19, 2019 at 9:56 am

      Terus aplod sampai di histori centang biru

  40. Arin

    April 18, 2019 at 1:09 am

    Mau tanya bu,, untuk input AA. PS-5 DPD
    Kolom gambar ada 5 untuk c1_Plano DPD,, sedang plano cm ada 4,,, kolom yg ke 5 diisi foto apa ya bu terimakasih

    • Sita, S.Pd

      April 18, 2019 at 2:42 am

      Di isi C1 plano lembar pertamanya

  41. Andi Yusri

    April 18, 2019 at 4:32 am

    Dari tadi pagi saya simpan… Koq gag bisa ya… Muncul peringatan data load… Silahkan menunggu 1 jam lagi

  42. Murtadho

    April 18, 2019 at 8:36 am

    Mau tanya bu, AAPS 5 yang DPR RI C1 Plano sudah tak apload lengkap 18 gbr,,,setelah itu tak simpan, jawabanya kok nunggu 1 jam lagi, pdahal tak tunggu lebih dari 3 jam, tetep sama jawabanya 1 jam lagi

    Itu gmana bu?

    • Sita, S.Pd

      April 19, 2019 at 9:57 am

      Terus di coba bu, kalau bisa ngisinya jam 1 malam biar lowong

  43. Rhetno Sugiarti

    April 18, 2019 at 1:31 pm

    Mohon maaf mau tanya.. kalau setiap menyimpan selalu mohon tunggu load data tunggu 1 jam.. trus dicoba tidak bisa.. dicoba 1 jam kemudian tetap tidak bisa.. padahal koneksi internet stabil. Tolong arahannya. Trima kasih

  44. Chandro aquino sianturi

    April 18, 2019 at 2:53 pm

    Kenapa aa-ps5 c1 plano dpr dpd dprd- provinsi dan dprd-kabupaten tidak bisa di kirim mbak

    • Sita, S.Pd

      April 19, 2019 at 9:58 am

      Terus di coba mba sampai berhasil, server siwaslu sedang menerima banyak laporan jd loading

  45. Agung

    April 18, 2019 at 3:13 pm

    Tanya bu, aaps5 kolom dprri dah di isi dr lembar 1 sampai terakhir 18 lembar kok g bisa di simpan bu,, keterangannya (mohon tunggu load data silahkan tunggu 1 jam lg).. Padahal nyobanya dr pg sampe sore g jg berhasil.. Mohon pencerahannya buuu

    • Sita, S.Pd

      April 19, 2019 at 7:55 am

      Terus di coba sampai berhasil bu, karena server gangguan terlalu banyak menerima data, jadi mohon sabar untuk terus memantu siwaslu sampai berhasil

  46. Arye bowo

    April 18, 2019 at 4:40 pm

    Kenapa Waktu menginput data ada tulisan data sdh pernah diiput tapi dihistori tetap ditanda silang tolong jelaskan?

  47. Hanna

    April 18, 2019 at 6:38 pm

    Ini untuk form AA.PS-3 apa sudah tidak bisa di isi yah?

  48. Venny

    April 18, 2019 at 11:42 pm

    Saya sudah download sejak seminggu yang lalu. Pas saya buka lalu pilih pengawas kabupaten malah yang keluar langsung layar log in user. Padahal saya belum daftar. Kenapa bisa begitu ya bu? Dan bagaimana cara medaftarkan usernya?

    • Sita, S.Pd

      April 19, 2019 at 7:47 am

      Untuk pengisian AAPS 5 17-16 Mei 2019, silakan lihat jadwal , jika tidak bisa silakan di coba terus sampai berhasi

  49. Rika

    April 18, 2019 at 11:48 pm

    Mulai kemarin ngisi aaps 5 (DPR) tidak bisa balasanx aploaded.padahal sudah dicoba mengisi jam 00-jam 05.apakah karena waktu sudah lewat 2hr?mihon penjelasanx.terima kasih

    • Sita, S.Pd

      April 19, 2019 at 7:54 am

      Untuk pengisian AAPS 5 17-16 Mei 2019, silakan lihat jadwal , jika tidak bisa silakan di coba terus sampai berhasil

  50. Alex Asikin

    April 19, 2019 at 1:21 am

    C1 dpd kog g bisa ya sistem minta 5 pafahal c1 dpd cm 4

    • Sita, S.Pd

      April 19, 2019 at 7:51 am

      Yang satunya lagi adalah lembar pertamanya bu, belum termasukan

  51. Iwanisiara

    April 19, 2019 at 1:39 am

    Mohon bantuanya buk. Jika aplikasi siwaslu terapus bagai mana caranya kembali ke aflikasi siwaslu yanng lama yang telah terisi data..

    • Sita, S.Pd

      April 19, 2019 at 7:50 am

      Untuk pengawas kabupaten user sudah di atur dr sekretarait pengawas kabupaten, silakan minta ke sekretariat kab/kot anda sendiri

  52. Nur azlina

    April 19, 2019 at 3:41 am

    Mohon bantuannya buk, knapa ya tidak bisa login lagi ke siwaslu? Siwaslu saya ter uninstal buk.

    • Sita, S.Pd

      April 19, 2019 at 7:42 am

      Laporan masih di buka tapi hanya untuk AAPS5

    • Sita, S.Pd

      April 19, 2019 at 7:44 am

      Terus coba lagi buk, sampai bisa, kita semua sedang rebutan masuk ke siwaslu

  53. Mila

    April 19, 2019 at 4:12 am

    Mohon bantuannya untuk aplikasi Siwaslu Pengawas TPS, pengisian AA.PS-1, AA.PS-2 dan AA.PS-3 ketika di save muncul tulisan ‘pengisian selesai’ tapi belum berhasil. Apakah sudah ditutup laporannya?

  54. Leo

    April 19, 2019 at 5:47 am

    Kalo pemasukan data tidak sesuai jadwal apa tidak bisa di upload?

    • Sita, S.Pd

      April 19, 2019 at 7:41 am

      Karena jadwal sudah selesai, untuk tanggal 17-16 Mei hanya untuk pengisian AAPS 5

  55. Nuriah

    April 19, 2019 at 7:17 am

    Mohon maaf Bu. Untuk isian masa tenang hingga pemungutan suara .knp slalu ada pengisian telah selesai .pdhl masih x d riwayat

  56. Lia

    April 19, 2019 at 12:04 pm

    Maaf bu mau tanya
    Saya tinggal menggisi aaps5 tp aplikasi terhapus.trus registrasi lagi kok sulit ya.apa masih bisa

    • Sita, S.Pd

      April 21, 2019 at 4:26 am

      Meski sulit,Masih bisa registrasi kembali bu, silakan input data yg kemarin belum. Mohon bersabar semua orang sedang sulit masuk dan menginput data siwaslu. Terus pantau siwaslu hingga berhasil.

  57. Surati

    April 19, 2019 at 12:39 pm

    Bu mo tanya saat ini sy sdg meng-upload AAPS 5 knp selalu gagal.. sinyal bagus oke… punya teman teman jga sukses..di riwayat input juga tidak ada data inputan . kosong.apa artinya data yang sy kirim tsb termasuk registrasi saya. Gagal. Pdhl waktu pengiriman sebelum Aaps5 itu berhasil semua…

    • Sita, S.Pd

      April 21, 2019 at 4:25 am

      Tidak ada masalah dengan koneksi atau hp ibu,Mohon bersabar bu, terus coba ulangi lagi sampai AAPS 5 berhasil semua.

  58. Ali murtadho

    April 19, 2019 at 6:18 pm

    Maaf bu, mohon bantuannya
    Saya udah instal dan isi data2 sesuai prosedur, tapi setelah sampai tahap pengiriman AA PS 5 yg banyak foto C plano selalu gagal padahal jaringan penuh, saya uninstal lalu instal lagi malah ga bisa login lagi, mohon segera ditanggapi…

    • Sita, S.Pd

      April 20, 2019 at 10:43 pm

      Silakan konsultasi dengan anggota sekretariat Panwascam setempat

  59. Ireni

    April 19, 2019 at 6:44 pm

    Kalau aplikasi kehapus trus instal ulang. Lalu dihistori sudah tidak ada data. Apakah harus upload ulang? Saya belum upload yg dpd dan dpr prov. Mohon bantuannya

    • Sita, S.Pd

      April 21, 2019 at 4:35 am

      Cukup upload data DPD dan DPRD Provinsi saja

  60. Umayyah

    April 19, 2019 at 8:51 pm

    Untuk PTPS. saya selalu gagal upload file AAPS 5. “silahkan coba lagi” begitu selama 3 hari ini. Aplikasi sudah update ver 1.4.0. Bagaimana solusinya ya bu? Apa akan ada masalah kalo coba install ulang?

    • Sita, S.Pd

      April 20, 2019 at 10:42 pm

      Mohon bersabar untuk terus coba lagi, pastikan menggunakan koneksi internet yang bagus terus clear cache/histori hp anda.

  61. Eka oktaviana

    April 19, 2019 at 9:28 pm

    Maf siwaslu sya krn pembaruan jdi sya uninstal, jdi install lgi, tpi tdk bisa registrasi gmna ya dta yg sudah masuk n yg blm selesai aaps-5c dan aaps-5d tolong gmna caranya biar bisa ke buka lagi yaaaa

    • Sita, S.Pd

      April 20, 2019 at 10:40 pm

      Ketika siwaslu registrasi kembali, maka lanjutkan pengisian AAPS yang belum terisi, jangan mengisi lagi dari awal

  62. Vina

    April 19, 2019 at 11:04 pm

    Data sudah diinput, uploaded, tp belum centang biru bagaimana?

  63. Laila

    April 20, 2019 at 6:22 am

    Mbak @mila @nuriah sama kejadiannya dgn saya mbak. AAPS-1,2,3,4 ada tulisan “prngisian selesai” padahal diberanda masih tanda “x” 😦 tapi diAAPS-5 saya berhasil memasukkan data dgn sempurna. Gimana itu ya? Apakah data saya dianggap lengkap?

    • Sita, S.Pd

      April 21, 2019 at 4:25 am

      Data anda sudah di anggap lengkap, karena pengisian AAPS1234 jadwalnya 14-17 April. Sedangkn AAPS5 17-16 Mei 2019.

  64. Agustin

    April 20, 2019 at 10:00 am

    Data sudah diinput dan ke save tapi mo edit dan liat data tidak bisa gimana ya

  65. Agustin

    April 20, 2019 at 10:01 am

    Data Ap.5 B sudah diinput dan ke save tapi mo edit dan liat data tidak bisa gimana ya

    • Sita, S.Pd

      April 21, 2019 at 4:36 am

      Jika ingin melihat data silakan lihat di history, tapi untuk mengedit data tidak bisa.

    • Sita, S.Pd

      April 21, 2019 at 4:36 am

      Jika ingin melihat data silakan lihat di history, tapi untuk mengedit data tidak bisa. Data yang sudau di input tidak bisa di edit, tapi bisa di lihat datanya di history centang biru, klik tombol panah sampai terlihat data kitam

  66. Yeni gransiska

    April 20, 2019 at 10:22 am

    Tolong admin kenapa sudah diperbarui,siwaslunya susah mau ngisi aa.ps 1,2,3..enggak mau tersimpan diriwayat.padahal,jawaban pengisian telah selesai.gimana tu admin…

  67. Nur Puji hastuti

    April 20, 2019 at 10:00 pm

    Maaf buk misal ngisi aaps 5 ad yg sakah bagabagai solusiy

    • Usman West Java

      April 20, 2019 at 10:37 pm

      aaps 5 tidak bisa diedit lagi kalau sudah disubmit. jangan khawatir kan masih ada manualnya.

  68. Malfika kinanda

    April 21, 2019 at 4:01 am

    Maaf admin mau tanya. Bagaimana cara menghapus foto yg udh di input??

    • Sita, S.Pd

      April 21, 2019 at 4:37 am

      Data yg sudah di input, tidak bisa di hapus, atau di ganti.

  69. Tika

    April 21, 2019 at 7:45 am

    Maaf bu mau tanya.. Bagaimana jika kita ingi menyimpan aaps-5 yg dpr ri (contohnya) tetapi tidak bisa karena tulisanya data sudah di input ..pdhal saya lihat di riwayat belum ter centang biru (masih silang merah) .. Mohon penjelasanya

  70. Artika

    April 21, 2019 at 7:46 am

    Maaf bu mau tanya.. Bagaimana jika kita ingi menyimpan aaps-5 yg dpr ri (contohnya) tetapi tidak bisa karena tulisanya data sudah di input ..pdhal saya lihat di riwayat belum ter centang biru (masih silang merah) .. Mohon penjelasanya

  71. Siti

    April 21, 2019 at 12:22 pm

    Mau tanya saya belum isi apps 5. Karena susah terkirim saya update lagi dan ternyata sulit masuk

  72. M.Mubaedi

    April 21, 2019 at 6:00 pm

    Jika mau mbukak photo yg sudah tersimpan caranya gmna

  73. Dwi handayani

    April 22, 2019 at 9:04 am

    Kalau mengisi data aaps 5 setelah dikonfirmasi ada ket dara sudah pernah diinput tapi dicek diriwayat tdk ada inputan, bagaimana solusinya

  74. Mila Yunita

    April 23, 2019 at 4:50 pm

    Maaf mau tanya pada AA.PS-5A data selalu tidak bisa tersimpan, dan ada keterangan “data sudah diinput”. Padahal belum ada tanda centang biru, bagaimana solusinya agar data bisa tersimpan dan tercentang biru

  75. Mila Yunita

    April 23, 2019 at 4:59 pm

    Mau tanya untuk AA.PS-5A kenapa tidak bisa tersimpan. Sudah saya coba beberapa kali tapi tetep tidak bisa dan ada keterangan “data sudah diinput”. Padahal di histori juga tidak ada dan belum tercentang biru

  76. Nanang

    April 25, 2019 at 11:42 am

    Maaf admin klo misal hapus aplikasi siwaslu lalu di install lg dan masukan data yg sama lg knapa hasilnya id nya jd berubah dan alhasil data sebelumnya ga ada
    Mhn petunjuknya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top