APLIKASI

STEP BY STEP PANDUAN APLIKASI SIWASLU 2019 [UNTUK PENGAWAS TPS]

aplikasi siwaslu 2019.png
Image By : Drh. Imron Taufiq

Kursuskomputergratis.com – Aplikasi SIWASLU 2019 merupakan Sistem Pengawasan Pemilu 2019 online besutan BAWASLU RI yang berbasis aplikasi Andorid dan khusus diperuntukkan bagi pengawas TPS, Kecamatan, Kabupaten/Kota hingga ke Pengawas tingkat Provinsi. Aplikasi ini tergolong masih baru, penulis akan mencoba memaparkan panduan memasang aplikasi SIWASLU 2019 ini secara detail agar mudah dimengerti.

Sebelumnya penulis mengucapkan selamat bertugas kepada seluruh divisi badan penyelenggara PEMILU 2019 tidak terkecuali para pengawas TPS tingkat desa hingga provinsi semoga pesta demokrasi yang diagendakan pada 17 April 2019 nanti bisa berjalan dengan tertib, lancar, aman dan tentunya terkendali. Pastikan telah memahami SOP dan regulasi berdasarkan undang-undang yang berlaku sehingga selalu bisa bertindak secara procedural.

SIWASLU 2019 ini diharapkan bisa memberikan kontribusi positif bagi keberlangsungan Pemilu di Tanah Air, secara garis besar cara kerja aplikasi ini adalah mengkonversi laporan analog menjadi laporan digital sehingga sangat memungkinkan bisa melakukan transaksi data via online melalui jaringan internet untuk mempercepat pekerjaan dengan hasil yang lebih akurat serta lebih cepat dalam penyajian statistik data hasil Pemilu.

Memasang dan Mengunduh Aplikasi SIWASLU 2019

Silahkan unduh aplikasi SIWASLU 2019 di Play Store. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini tidak perlu menggunakan e-mail tetapi cukup menyiapkan KTP dan nomor telepon aktif sehingga sangat mudah dalam proses pemasangannya.

Pastikan ruang penyimpan data di smartphone tidak penuh sehingga pada proses pemasangan aplikasi tidak mengalami kendala. Lebih jelasnya silahkan ikuti panduan di bawah ini, perhatikan setiap langkahnya supaya tidak keliru !

Pertama

Buka Play Store di smartphone sobat. Di menu pencarian ketik “Siwaslu 2019” nanti banyak aplikasi yang berhubungan dengan pemilu, silahkan pilih aplikasi “SIWASLU 2019”. Berikut tampilannya :

download aplikasi siwaslu 2019.png

Gambar 1. Tampilan apliksi siwaslu di Google Play Store

Setelah menemukan aplikasi SIWASLU 2019. seperti pada gambar di atas kemudian klik “INSTAL”, untuk langkah selanjutnya tunggu hingga proses pada tahap ini selesai.

Kedua

Setelah aplikasi SIWASLU 2019 terpasang, silahkan buka aplikasinya di smartphone sobat maka akan muncul gambar seperti di bawah ini :

akses lokasi siwaslu2019

Gambar 2. Akses Lokasi

Aplikasi akan meminta izin akses lokasi, dalam langkah ini silahkan klik “IZINKAN” supaya semua fungsi aplikasi bisa bekerja secara optimal.

Ketiga

Setelah sobat mengizinkan aplikasi SIWASLU 2019 mengakses perangkat smartphone tersebut, selanjutnya akan muncul gambar seperti di bawah :

pilih tempat tugas siwaslu.png

Gambar 3. Memilih Posisi Penugasan

Pada tahap ini sobat bisa memilih posisi penugasan, jika bertugas sebagi pengawas TPS maka Klik “ PENGAWAS TPS”

Keempat

Setelah memilih “Pengawas TPS” selanjutnya sobat akan diminta melakukan registrasi, silahkan isi data sesuai petunjuknya.

registrasi aplikasi siwaslu 2019

Gambar 4. Halaman Registrasi Pengawas

Pada tahap ini akan diminta mengisi data diri seperti Nama Lengkap, Jenis Kelamin, Nomor HP, No TPS, Provinsi, Kabupaten/ Kota, Kecamatan, kemudian Kelurahan/Desa. Setelah mengisi semua data dengan benar kemudian Klik “SIMPAN”.

Kelima

Selanjutnya sistem pada aplikasi akan melakukan konfirmasi ulang untuk memastikan apakah data sudah terisi dengan benar atau tidak.

Konfirmasi data pribadi siwaslu.png

Gambar 5. Konfirmasi Data Pribadi

Periksa kembali data yang telah di-input ke aplikasi tadi, apabila sudah yakin tidak ada yang keliru maka tekan tombol “Ya” pada jendela pop-up seperti yang terlihat pada gambar 5. Sampai tahap ini proses pemasangan aplikasi telah selesai.

Konten Aplikasi SIWASLU 2019

Ada beberapa konten yang telah disiapkan dalam aplikasi ini, setelah berhasil melakukan registrasi dan masuk aplikasi maka konten tersebut akan langsung ditemukan user. Berikut ini adalah ringkasan fitur aplikasi SIWASLU 2019 :

Home

Disini bisa ditemukan e-book berisi panduan yang berkaitan dengan pengawasan pemilu, navigasi bantuan operator, jadwal kegiatan dan beberapa fitur pendukung lainnya.

homepage siwaslu 2019

Gambar 6. Dashbor Home Aplikasi SIWASLU 2019

Untuk menjalankan fitur-fitur pada halaman ini silahkan di klik saja gambar icon yang sudah tersedia dan hanya dengan satu klik saja maka akan langsung diarahkan ke fitur tersebut.

Navigasi AA.PS-1

Geser ke kanan satu tab dari menu Home. Halaman ini berisi formulir AA.PS-1, perhatikan gambar berikut !

formulir AA.PS-1 siwaslu 2019

Gambar 7. Formulir AA-PS.1

Gambar di atas adalah format Form AA.PS.1 , laporan ini dapat diisi ketika melakukan pengawasan hari tenang, di sini sobat tinggal ceklis pertanyaan YA/TIDAK. Jika terjadi sebuah kejadian misal kampanye caleg maka silahkan tambah keterangan khusus beserta melampirkan foto dokumentasinya.

Navigasi AA.PS-2

Geser ke kanan 1 tab dari menu AA.PS-1. Halaman ini berisi formulir AA.PS.2, perhatikan gambar berikut ini !

Formulir AA.PS-2 siwaslu 2019.png

Gambar 8. Formulir AA.PS-2

FORM AA.PS.2 diisi pada saat pengawasan persiapan pemungutan suara. Silahkan sesuaikan deskripsi kejadian yang ada di formulir dengan kejadian di lapangan dan isi sesuai data, ceklis YA/TIDAK.

Navigasi AA.PS-3

Geser ke kanan 1 tab dari menu AA.PS-2. Ini adalah halaman FORM AA.PS-3 yang merupakan formulir isian untuk hasil pengawasan perhitungan suara, berikut tampilannya :

Formulir AA.PS-3 siwaslu 2019.png

Gambar 9. Formulir AA.PS-3

Formulir ini berisi deskripsi pelanggaran pada saat pengawasan pemungutan suara, silahkan ceklis YA/TIDAK sesuai data kejadian yang sebenarnya.

Navigasi AA.PS-4

Geser ke kanan 1 tab dari menu AA.PS-3. Ini adalah halaman FORM AA.PS-4 yang merupakan formulir isian saat pengawasan perhitungan suara dan ketidaksesuaian.

Formulir AA.PS-4 siwaslu 2019.png

Gambar 10. Formulir AA.PS-4

Sama seperti formulir yang lainnya, disini juga tinggal klik/ceklis YA/TIDAK pada kolom deskripsi kejadian.

Navigasi AA.PS-5

Geser ke kanan 1 tab dari menu AA.PS-4. Ini adalah halaman formulir AA.PS-5 yang terbagi menjadi 5 halaman. yaitu untuk rekap perhitungan suara PILPRES, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota.

Formulir AA.PS-5 siwaslu 2019

Gambar 11. Formulir AA.PS-5

Silahkan digeser ke kanan untuk memilih formulir isian rekap perhitungan suara berdasarkan kategori baik itu PILPRES, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota, hati-hati jangan sampai salah ngeklik formulir supaya tidak membingungkan.

Akhir kata semoga review aplikasi SIWASLU 2019 ini bisa berguna buat teman-teman yang sedang melakukan persiapan tugas yang sangat mulia yaitu ikut serta membangun negeri dalam Penyelenggaraan Pemilu yang Demokratis, Bermartabat, dan Berkualitas.

Saya Sita, S.Pd. dari tim BAWASLU RI mengucapkan “Salam Bawaslu, bersama rakyat awasi pemilu, bersama bawaslu tegakan keadilan pemilu”.

Update :

Baca : Langkah Tepat Mengatasi Pembaharuan Aplikasi Siwaslu 2019 [Plus Video]

Editor : Usman, A.Md.

124 Comments

124 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

35 − 28 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top