APLIKASI

PANDUAN MENGGUNAKAN APLIKASI BPJSTKU [UPDATE OKTOBER 2018]

panduan aplikasi BPJSTKU terbaru.jpg
Creative By Kurkom

Kursuskomputergratis.com – Menggunakan sebuah aplikasi yang berhubungan dengan masa depan merupakan salah satu hal yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari agar selalu terhubung dengan informasi terkini sehingga tidak ketinggalan zaman dan selalu menemukan cara termudah juga simpel untuk memecahkan suatu masalah terutama yang berhubungan dengan jaminan hari tua yang bisa diakses melalui aplikasi BPJSTKU.

Jangan pernah ragu untuk mencoba teknologi terobosan baru karena selalu saja ada kemudahan yang bisa didapatkan di dalamnya, seperti halnya pada aplikasi BPJSTKU ini karena memiliki seabreg fitur yang lebih canggih jika dibandingkan dengan aplikasi pendahulunya yaitu BPJSTK Mobile. Aplikasi ini memiliki fitur yang mumpuni dalam menyajikan informasi seputar BPJS Ketenagakerjaan.

Untuk sobat yang masih menggunakan aplikasi BPJSTK Mobile silahkan segera update ke aplikasi BPJSTKU supaya bisa menikmati berbagai fitur terbarunya. Sobat harus teliti sebelum memasang aplikasi BPJSTKU ini, pastikan tidak salah download sehingga tidak membingungkan saat menggunakannya karena penulis sempat melihat aplikasi serupa tetapi fiturnya tidak sama.

Baca :Begini Cara Menambahkan Kartu JHT Di Aplikasi BPJSTKU [Tambah KPJ]

Keuntungan Menggunakan Aplikasi BPJSTKU

Seperti yang telah disebutkan tadi di atas bahwa setiap teknologi terbaru pasti selalu ada kemudahan yang lebih mudah daripada versi sebelumnya, nah dengan menggunakan aplikasi BPJSTKU ini setiap peserta bisa dengan mudah dan cepat mendapatkan informasi seputar empat manfaat dari program BPJS Ketenagakerjaan yaitu jaminan kecelakaan kerja, jaminan pensiun, jaminan kematian dan jaminan hari tua.

Selain itu, beberapa pelayanan-pelayanan yang biasa dilakukan di kantor cabang kini bisa dilakukan melalui aplikasi BPJSTKU ini. Seperti pengecekn saldo JHT, cetak kartu peserta dan istimewanya dengan aplikasi BPJSTKU ini ternyata bisa mengajukan claim saldo JHT secara online melalui fitur CLAIM JHT pada aplikasi tersebut sehingga tidak perlu lagi ngantri di kantor cabang yang sangat melelahkan.

Dimana Saya Bisa Mendapatkan Aplikasi BPJSTKU ?

Aplikasi BPJSTKU sangat mudah didapatkan dan kerennya aplikasi cerdas besutan BPJS Ketenagakerjaan ini tersedia secara gratis. Yess, aplikasi ini bisa ditemukan dengan mudah di Google Play Store dan bisa di download tanpa ribet. Berikut ini adalah penampakan aplikasi BPJSTKU di Google Play Store, ingat pesan penulis jangan sampai salah download. Perhatikan dengan cermat !

Aplikasi BPJSTKU.png

Gambar 1. Penampakan aplikasi BPJSTKU di Google Play Store.

Jadi apabila tidak sama dengan gambar di atas maka dipastikan itu bukan aplikasi yang asli dari BPJS Ketenagakerjaan. Aplikasi ini berukuran sekitar 21 MB sehigga tidak terlalu banyak memakan storage penyimapanan data. Setelah memasang aplikasi silahkan langsung saja buat akun apabila sobat merupakan peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Baca :Panduan Daftar BPJS Ketenagakerjaan Dengan Menggunakan Aplikasi BPJSTKU [Peserta Mandiri]

Langkah – Langkah Membuat akun di Aplikasi BPJSTKU

Sebelum memulai registrasi di akun mohon siapkan terlebih dahulu dokumen yang diperlukan yaitu KTP yang masih berlaku, kartu BPJS Ketenagakerjaan, e-mail dan nomor telepon yang masih aktif. Sekedar saran dari penulis untuk e-mail sebaiknya menggunakan e-mail baru dan khusus untuk aplikasi ini supaya tidak terlalu banyak pesan yang masuk.

Untuk dapat membuat akun di aplikasi BPJSTKU silahkan perhatikan langkah-langkah berikut ini dengan teliti setiap tahapannya agar tidak terkendala !

Pertama

Jalankan aplikasi BPJSTKU yang sudah terpasang pada smartphone sobat dan pastikan tidak ada gangguan koneksi internet supaya tidak terkendala.

home page aplikasi bpjstku.png

Gambar 2. Home Page aplikasi BPJSTKU

Klik Profile (nomor 1) di pojok kanan bawah layar. Akan muncul notifikasi pemberitahuan seperti ini: Perhatian. Layanan ini khusus untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan, silahkan Login jika sudah memiliki akun atau lengkapi data kepesertaan Anda untuk dapat mengakses layanan ini. Klik saja LANJUTKAN untuk menuju ke langkah selanjutnya.

Kedua

Pada tahap ini ada dua pilihan navigasi yaitu lanjutkan login atau buat akun. Silahkan pilih sesuai keperluan. Untuk membuat akun perhatikan gambar berikut ini !

membuat-akun-baru-BPJSTKU.png

Gambar 3. Halaman login aplikasi BPJSTKU

Silahkan pilih navigasi BUAT AKUN (nomor 2) selajutnya sobat akan diarahkan ke halaman registrasi pembuatan akun baru. Di sini pastikan sobat sudah berstatus sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dan sudah memiliki kartu peserta.

Ketiga

Pada langkah ini silahkan siapkan e-mail aktif. Usahakan e-mail yang digunakan tidak terintegrasi dengan aplikasi lain sehingga pesan yang masuk hanya dari BPJS Ketenagakerjaan saja.

input nama pada aplikasi BPJSTKU.png

Gambar 4. Kolom input nama dan e-mail pdaaplikasi BPJSTKU

Masukkan nama lengkap sobat sesuai data KTP (nomor 1) dan alamat e-mail yang sudah disiapkan khusus untuk aplikasi ini (nomor 2). Kode verifikasi akan dikirim ke e-mail yang telah didaftarkan, jadi pastikan alamat e-mail tidak salah dan selain itu e-mail tersebut juga nantinya akan menjadi username sobat untuk login ke aplikasi BPJSTKU. Jika sudah selesai silahkan klik SELANJUTNYA.

Keempat

Ini adalah tahap verifikasi aplikasi BPJSTKU. Sistem akan mengirim kode verifikasi ke alamat e-mail yang telah didaftarkan pada langkah ketiga di atas untuk memastikan bahwa sobat adalah benar pendaftar baru dengan alamat e-mail tersebut. Silahkan periksa pesan masuk pada kotak e-mail tersebut dan temukan 6 digit angka yang dikirim dari BPJS Ketenagakerjaan.

verifikasi email aplikasi BPJDTKU. png

Gambar 5.Verifikasi e-mail aplikasi BPJSTKU

Masukkan kodeverifikasi kedalam kolom Kode Verifiksi (nomor 6) lalu klik VERIFIKASI (nomor 7), apabila sobat tidak mendapati kode verifikasi dalam kotak e-mail maka silahkan klik KIRIM ULANG (nomor 8).

Kelima

Disni sobat harus menyiapkan 6 digit angka untuk PIN aplikasi. Siapkanlah angka yang mudah diingat sehingga pada saat login tidak mengalami masalah lupa PIN dan itu akan sangat merepotkan karena navigasi untuk mereset PIN hanya tersedia di dalam aplikasi, jadi untuk melakukan reset PIN itu harus login terlebih dahulu. Solusi lupa PIN saat ini hanya bisa diselesaikan oleh customer service 1500910 silahkan telepon saja nomor tersebut.

pengaturan PIN aplikasi BPJSTKU.png

Gambar 6. Pengaturan PIN Aplikasi BPJSTKU

Masukkan PIN yang sudah sobat siapkan maksimal enam digit angka pada kolom PIN Aplikasi (nomor 9) dan masukkan sekali lagi PIN tersebut ke dalam kolom Konfirmasi PIN Aplikasi (nomor 10). Saat memasukkan PIN ke dalam dua kolom PIN di atas jangan sampai keliru. Selanjutnya PIN akan digunakan untuk login aplikasi dan beberapa navigasi validasi data dalam aplikasi. Kalau sudah silahkan klik SELANJUTNYA.

Keenam

Selanjutnya sistem akan melakukan konfirmasi kepesertaan sobat. Tidak ada data yang perlu dimasukkan pada tahapan ini tetapi hanya konfirmasi saja.

konfirmasi peserta bpjs Ketenagakerjaan

Gambar 7. Konfirmasi kepesertaan

Setelah pop up di atas muncul maka silahkan klik saja YA, SAYA PESERTA (nomor 12) untuk menuju ke tahap selanjutnya.

Ketujuh

Mulailah memasukkan biodata sesuai dengan data di e-KTP sobat. Lakukan dengan teliti supaya tidak terjadi permasalahan yang menghambat proses registrasi.

input nama pada aplikasi.png

Gambar 8. Kolom untuk memasukkan nama sesuai KTP

Pada kolom Nama Lengkap (nomor 13) silahkan masukkan nama sesuai dengan data yang tertera di e-KTP. Apabila nama sudah diketik dengan benar silahkan klik SELANJUTNYA (nomor 14).

Kedelapan

Pada halaman ini sistem akan meminta data tanggal kelahiran sobat. Harap masukkan sesuai data e-KTP.

input tanggal lahir pada aplikasi BPJSTKU.png

Gambar 9. Kolom untuk memasukkan tanggal kelahiran

Seperti yang terlihat pada gambar di atas silahkan masukkan tanggal, bulan dan tahun kelahiran sobat pada kolom yang sudah disediakan (nomor 15). Ingat isi data sesuai dengan yang tertera di e-KTP jangan sampai salah. Setelah itu klik SELANJUTNYA (nomor 16)

Kesembilan

Pada langkah ini sistem akan meminta nomor KTP sobat. Nomor KTP merupakan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

input nomor KTP BPJSTKU.png

Gambar 10. Kolom untuk memasukkan NIK

Masukkan NIK pada kolom yang sudah tersedia (nomor 17) sesuai dengan data yang tertera di e-KTP jangan sampai kurang atau salah angka karena cukup beresiko, jumlah angka pada NIK semuanya ada 16 digit. Setelah itu lalu klik SELANJUTNYA (nomor 18).

Kesepuluh

Siapkan kartu Jamsostek untuk menyelesaikan langkah ini karena sistem akan meminta nomor kepesertaan sobat yang tertera pada kartu Jamsostek (kartu BPJS Ketenagakerjaan).

input KPJ aplikasi BPJSTKU.png

Gambar 11. Kolom untuk memasukkan nomor KPJ.

Sama halnya dengan memasukkan NIK, memasukkan nomor KPJ juga harus benar-benar teliti jangan sampai salah angka karena akan ditolak oleh sistem. Silahkan masukkan nomor KPJ (kolom 19) jika sudah selesai klik SELANJUTNYA (nomor 20).

Kesebelas

Ini adalah tahap akhir. Pada langkah ini sistem akan mengirim kode verifikasi ke nomor handphone yang telah didaftarkan lalu silahkan lakukan verifikasi dengan memasukkan kode verifikasi tersebut ke jendela pop up verifikasi nomor handphone pada aplikasi BPJSTKU. Lalu klik LANJUTKAN.

Setelah langkah ini selesai sobat tinggal menunggu beberapa saat. Sistem akan memproses pendaftarannya dan akan berhasil apabila seluruh data-data kependudukan yang diinput sesuai dengan data yang tersimpan di database BPJS Ketenagakerjaan.

Apabila proses registrasi tidak berhasil maka silahkan ulangi dari langkah pertama dengan lebih cermat dan teliti lagi manatau ada data yang salah input atau salah ketik sehingga tidak cocok dengan data yang ada di BPJS Ketenagakerjaan.

Baca : Cara Mencetak Kartu BPJSTK Menggunakan Aplikasi BPJSTKU

Kesimpulan

Aplikasi BPJSTKU bisa juga digunakan untuk daftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk peserta mandiri. Apabila sobat seorang karyawan maka silahkan lakukan registrasi sesuai dengan panduan ini.

Agar proses registrasi tidak terkendala, pastikan e-mail dan nomor telepon masih aktif supaya bisa selalu terhubung.

Nomor telepon dan e-mail yang sudah terdaftar tidak dapat didaftarkan lagi di akun yang baru karena hanya bisa untuk satu akun saja.

Aplikasi BPJSTKU saat ini baru tersedia untuk pengguna Andorid saja sedangkan untuk pengguna IOS masih belum bisa menggunakannya.

Silahkan hubungi pusat bantuan di 1500910 (telepon berbayar) untuk panduan langsung dari petugas BPJS Ketenagakerjaan.

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google



1 Comment

1 Comment

  1. Masirwin

    Oktober 17, 2018 at 5:47 am

    Cus download

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top