INTERNET

PANDUAN LENGKAP PENDAFTARAN SBMPTN 2018

Pendaftaran Sbmptn.jpg
CREATIVE BY KURKOM

Kursuskomputergratis.com – Pendaftaran SBMPTN tahun 2018 telah dibuka, waktunya lebih serius berjuang untuk menjadi generasi penerus bangsa yang hebat khususnya untuk sobat yang baru lulus SLTA agar dapat mengisi pembangunan negeri ini dengan sebaik-baiknya sesuai dengan amanah yang tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945.

Kencangkan ikat pinggang dan segera taklukan soal-soal ujian tes masuk ke perguruan tinggi negeri untuk memulai membangun masadepan yang lebih baik. Jangan lupa persiapkan dengan matang sebelum tempur, pelajari dengan teliti soal-soal ujian yang diprediksikan akan muncul pada saat ujian SBMPTN nanti.

Bahagiakan orang-orang yang sobat cintai khususnya orang tua dengan sebuah keberhasilan menempuh ujian SBMPTN. Jangan biarkan kesempatan ini berlalu begitu saja tanpa ada usaha, ajak teman-teman terdekat sesama calon peserta SBMPTN untuk bertukar fikiran dalam mempelajari soal-soal ujiannya.

Yang Harus Disiapkan Sebelum melakukan Pendaftaran Online SBMPTN Tahun 2018

Selain persiapan mental yang kuat, ada beberapa komponen yang harus disiapkan sebelum pelaksanaan ujian dimulai, diantaranya adalah kartu pelajar, nomor telepon aktif, email aktif dan alamat domisili sekarang dan pasfoto warna. Untuk foto tidak boleh sembarangan, berikut adalah persyaratannya :

  1. Pasfoto ukuran 4 cm x 6 cm dengan resolusi minimal 400 pixel x 600 pixel (± 250 dpi) dalam format JPG atau PNG.
  2. Pasfoto harus berwarna dengan latar belakang berwarna apa saja.
  3. Ukuran file Pasfoto tidak boleh melebihi 100 KB.
  4. Kualitas gambar harus cukup tajam dan fokus.
  5. Posisi badan dan kepala tegak sejajar menghadap kamera.
  6. Proporsi wajah antara 25%-50% dari foto.
  7. Tidak ada bagian kepala yang terpotong dan wajah tidak boleh tertutupi ornamen.
  8. Kepala terletak di tengah secara horisontal (jarak kepala ke batas kiri kurang lebih sama dengan jarak kepala ke batas kanan).

Berikut ini adalah contoh Pasfoto yang benar sesuai dengan instruksi panitia pelaksana SBMPTN :

contoh foto untuk SBMPTN.jpg

Gambar 1. Contoh foto yang benar untuk pendafataran online SBMPTN 2018

Langkah-Langkah Pendaftaran Online SBMPTN Tahun 2018

Ada beberapa langkah yang harus dikerjakan dengan teliti karena berkaitan dengan biodata kepesertaan yang wajib sesuai dengan data real seperti nama, NIK, NISN dan seterusnya. Perhatikan dengan cermat !

Pertama

Lakukan registrasi di website resmi penyelenggara SMPTN tahun 2018 yaitu di www.pendaftaran.sbmptn.ac.id untuk mendapatkan KAP dan PIN.

Registrasi KAV dan PIN SBMPTN.jpg

Gambar 2. Cara mendapatkan KAP dan PIN

Pilih Menu A yang berwana biru (1) untuk mendapatkan KAP dan PIN yang nantinya akan digunakan untuk mengakses formulir registrasi pendaftaran SBMPTN tahun 2018. Jika sudah punya KAP dan PIN silahkan pilih Menu B yang berwarna oren (2).

Kedua

Disini adalah formulir isian untuk mendapatkan KAP dan PIN, silahkan isi kolom yang sudah tersedia dengan data yang sesuai KTP.

data isian untuk KAV dan PIN SBMPTN.jpg

Gambar 3. Kolom isian untuk mendapatkan KAP dan PIN

Perhatikan langkah nomor 1, ceklis Ya untuk peserta bidik misi tetapi jika bukan maka ceklis Tidak dan lanjutkan dengan mengisi kolom nomor 2 – 4. Apabila sudah benar silahkan isi sandi captcha (5) dan tekan Daftar (6).

Ketiga

Lakukan pembayaran supaya KAP dan PIN bisa digunakan untuk daftar online, jika tidak melakukan pembayaran maka KAP dan PIN tersebut tidak bisa digunakan.

slip pembayaran KAP dan PIN.png

Gambar 4. Slip pembayaran biaya seleksi SBMPTN 2018

Seperti yang tertera pada gambar 4, bahwa pembayaran paling lambat tangal 27 April 2018 pukul 23:00 WIB, jadi pastikan tidak mengalami keterlambatan pembayaran supaya tidak terkendala saat akan mengikuti SBMPTN.

Keempat

Apabila sudah melakukan pembayaran, silahkan login kembali seperti pada langkah Pertama namun kali ini pilih Menu B yang berwarna oren. Penulis disini akan memberikan contoh pendaftaran real berdasarkan pengalaman sahabat kurkom saat ia melakukan pendaftaran SBMPTN tahun 2018 sehingga cocok buat sobat yang masih bingung mengisi kolom pendafatran online ini.

isi biodata peserta SBMPTN.png

Gambar 5. Halaman isian biodata peserta

Saat mengisi bagian ini silahkan siapkan KTP, Kartu Keluarga dan Kartu Pelajar untuk melihat data-data yang diperlukan supaya tidak terjadi kesalahan. Apabila alamat domisili sekarang berbeda dengan KTP maka pilih saja alamat domisili yang sekarang. Untuk nama orang tua/wali harap disamakan dengan yang ada di ijazah atau akta lahir. Apabila langkah 1-18 sudah selesai, tekan Simpan (19).

Kelima

Ini adalah halaman informasi pendidikan calon peserta SBMPTN silahkan diisi dengan benar.

informasi pendidikan peserta SBMPTN.png

Gambar 6. Informasi Pendidikan

Perhatikan kolom nomor 3, apabila nama sekolah tidak tercantum maka silahkan pilih saja SMTA LAIN-LAIN dan masukkan nama sekolahnya di kolom nomor 4. Jika kolom 1-8 sudah terisi semua, tekan Simpan (9).

Keenam

Pada halaman ini silahkan pilih program studi yang diminati dan tempat mengikuti ujian SBMPTN, disarankan untuk tempat mengikuti ujian supaya memilih yang terdekat dengan domisili peserta.

memilih program studi yang diminati.png


Gambar 7. Memilih program studi dan tempat ujian SBMPTN

Pilih tempat ujian yang sudah tersedia pada kolom nomor 1, untuk memilih program studi silahkan perhatikan kotak merah yang ditunjukan oleh nomor 2. Pastikan pilihan 1 adalah kampus yang ditarget sesuai dengan keinginan. Setelah yakin dengan pilihan 1,2 dan 3 maka selanjutnya tekan Simpan (3). 

Ketujuh

Periksa kembali semua data yang telah dimasukkan dari langkah Pertama hingga langkah Kelima, pastikan semua data harus sesuai dengan dokumen yang sah.

review biodata peserta SBMPTN.png

Gambar 7. Review data kepesertaan

Ini adalah langkah terakhir memproses data peserta, jika ditemukan kesalahan setelah melewati langkah ini maka tidak bisa lagi dirubah kecuali daftar ulang dengan membayar KAP dan PIN yang baru seperti pada langkah Pertama. Ceklis Saya Setuju ! (1) dan klik Kartu (2) jika semua data sudah benar.

Kedelapan

Ini adalah pilihan jenis ujian UTBC (Ujian Tulis Basis Cetak) atau UTBK (Ujian Tulis Basis Komputer), silahkan pilih sesuai selera. Untuk UTBK, komputer desktop disediakan oleh panitia ujian.

memilih jenis ujian SBMPTN.png

Gambar 8. Memilih jenis ujian

Tekan Kartu (2) apabila sudah menentukan pilihan ujian, ingat setelah langkah ini proses tidak bisa diulang sehingga tidak boleh ada yang keliru.

Kesembilan

Silahkan cetak kartu peserta ujian seleksi SBMPTN yang sudah tersedia. Berikut ini adalah penampakan bentuk kartu ujiannya :

contoh kartu peserta ujian seleksi SMBPTN.png

Gambar 9. Kartu Peserta ujian seleksi SBMPTN

Tekan Cetak (1) untuk mendapatkan kartu peserta tersebut. Sampai disini pendaftaran SBMPTN sudah selesai dilakukan, jangan lupa baca tata tertib kegiatan agar bisa memahami peraturan yang berlaku.

Kesimpulan

Pendaftaran SBMPTN harus dilakukan dengan teliti supaya tidak terjadi kesalahan pengisian data yang berakibat fatal.

Pilih lokasi ujian yang terdekat dengan domisili sobat agar lebih mudah dijangkau saat pelaksanaan ujian.

Apabila sudah melewati langkah Ketujuh (review data) maka proses pengisian data tidak bisa diulangi kecuali registrasi ulang dengan menggunakan KAP dan PIN yang baru (membayar lagi).

WAJIB DIKETAHUI

Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot kosong. Jadi apabila ada iklan yang kurang berkenan atau menyinggung perasaan anda harap informasikan kepada kami melalui formulir kontak web ini untuk selanjutnya akan kami sampaikan ke pihak Google



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top