ADSENSE

CARA MEMASANG IKLAN GOOGLE ADSENSE DI DALAM ARTIKEL [5 UNIT]

Iklan Google AdSense.jpg

Kursuskomputergratis.com – Memahami cara memasang iklan Google AdSense merupakan hal yang wajib dikuasai oleh seorang blogger yang ingin mencoba mencari peruntungan dari bisnis Ads online sekelas Google AdSense atau penyedia iklan lainnya karena optimasi iklan harus selalu update minimalnya sebulan sekali sehingga penempatan iklan tidak terkesan serampangan.

Berdasarkan beberapa percobaan yang penulis lakukan terlahir sebuah kesimpulan bahwa memasang iklan Google AdSense di dalam artikel memang sangat produktif sebagaimana yang telah dikatakan oleh para praktisi AdSense sebelumnya.

Beruntung saat ini Google AdSense tidak membatasi jumlah penempatan unit iklan dalam artikel, namun hal ini bukan berarti kita bebas memasangnya dalam jumlah yang tidak wajar karena hal ini justru bisa berdampak kurang bagus terutama kecepatan memuat halaman akan menjadi lemot.

Untuk membekali pengetahuan sobat dalam hal memasang iklan Google AdSense khususnya para pemula, penulis akan mencoba fokus pada pembahasan mengenai penempatan beberapa unit iklan di dalam artikel. Metode ini tidak begitu sulit untuk dilakukan namun beberapa pemula mengalami kesulitan ketika me-render kode HTML dalam template karena terdapat kode yang sama dan sulit untuk dibedakan.

Bagaimana Cara Memasang Script Iklan Google AdSense di Dalam Artikel ?

Caranya tidak begitu sulit, yaitu hanya memodifikasi kode <data:post.body/> yang ada dalam template, namun cara ini memerlukan ketelitian supaya tidak salah tempat. Mulailah masuk ke dalam template dan cari kode : <data:post.body/> tersebut.

Pada langkah ini banyak yang keliru dan bingung memilih kode tersebut karena jumlahnya lebih dari satu, untuk mencarinya silahkan tekan Ctrl+F kemudian ketik <data:post.body/> pada search box lalu tekan Enter. Perhatikan gambar berikut ini :

mencari kode sesuai keinginan.jpg

Gambar 1. Cara mencari kode yang diinginkan

Lakukan percobaan dulu dengan mencopot kode <data:post.body/> satu persatu, jangan lupa tekan Simpan tema kemudian lihatlah hasilnya pada halaman blog. Jika langkahnya benar maka akan tampil seperti terlihat pada gambar berikut ini :

Tampilan halaman tanpa deskripsi artikel.jpg

Gambar 2. Tampilan konten tanpa deskripsi (hanya Judul)

Karena kode <data:post.body/> untuk deskripsi artikel telah dihapus maka yang akan tampil pada halaman hanyalah judulnya saja (lihat yang beri tanda panah). Jika tampilannya sudah seperti itu maka sobat telah berhasil menemukan kode <data:post.body/> yang akan dimodifikasi, tetapi jika belum berubah juga maka kembalikan kode <data:post.body/> yang telah dihapus tadi ke dalam template dan hapus kode <data:post.body/> yang lain dan begitu seterusnya.

Setelah kode <data:post.body/> yang tepat sudah ditemukan, silahkan hapus dan ganti dengan script berikut ini :

<div style="float:left; margin-left:0px;margin-right:20px;margin-bottom:15px">
KODE IKLAN UKURAN 300X250 
</div>
<p></p>
<div expr:id='&quot;post1&quot; + data:post.id'/>
<div class='googlepublisherads' style='margin:20px 0'>
<center>
<p></p>
KODE IKLAN TAUTAN
<p></p>
KODE IKLAN IN-ARTICLE
</center>
</div>
<div expr:id='&quot;post2&quot; + data:post.id'><data:post.body/></div>
<script type='text/javascript'>
var obj0=document.getElementById(&quot;post1<data:post.id/>&quot;);
var obj1=document.getElementById(&quot;post2<data:post.id/>&quot;);
var s=obj1.innerHTML;
var t=s.substr(0,s.length/2);
var r=t.lastIndexOf(&quot;&lt;br&gt;&quot;);
if(r&gt;0) {obj0.innerHTML=s.substr(0,r);obj1.innerHTML=s.substr(r+4);}
</script>
<p></p>
KODE IKLAN TAUTAN
<p></p>
KODE IKLAN RESPONSIF

Silahkan tempatkan masing-masing kode unit iklan Google AdSense yang telah di-PARSE sesuai dengan petunjuk di atas.

Mengapa Kode Iklan Adsense Yang Akan Dipasang Ke Dalam Postingan Harus Di Parse Dulu ?

Agar kode iklan AdSense bisa menyatu dengan artikel maka harus diuraikan menjadi karakter enteties dalam kode HTML sehingga pada saat blog sedang dirayapi oleh peramban web atau browser tidak terjadi kesalahan/error. Parse iklan AdSense bisa dilakukan dengan menggunakan tool online, saat ini banyak tool online yang menyediakan jasa parsing code iklan secara gratis.

Untuk hasil dari praktek pada ulsan ini silahkan lihat disini.

Kesimpulan

Memasang kode iklan AdSense dengan metode ini hanya untuk artikel yang panjang yaitu sekitar 1000 kata, apabila jumlah kata dalam ulasan dibawah 300 maka gunakan 2 unit iklan saja supaya seimbang atara konten dengan iklan.

Metode ini merupakan hasil riset yang penulis lakukan selama beberapa bulan dan hasilnya lumayan karena sudah melalui perhitungan yang matang dan berdasarkan arahan dari para praktisi senior.

4 Comments

4 Comments

  1. Akbar

    November 3, 2017 at 7:50 pm

    kalau memasang 5 unit iklan pada 1 halaman itu ga melanggar kebijakan adsense ya min..??

  2. Usman West Java

    November 4, 2017 at 3:59 am

    Tidak mas, itu kebijakan lama. Saat in tidak dibatasi hanya saja jangan menempatkan iklan lebih banyak daripada konten.

  3. Rahayu Asda

    November 17, 2017 at 10:54 am

    mas saya sudahnyari data post body yang ketemu hanya satu, tapi setelah di simpan isi artikel nggak hilang masih seperti semula, bagaimana itu

  4. Usman West Java

    November 18, 2017 at 2:37 am

    struktur template berbeda-beda, silahkan dicoba saja satu persatu karena biasanya data:post.body tersebut lebih dari satu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 55 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top