INTERNET

PENGALAMAN 3 JUTA PERTAMA SAYA DARI BISNIS DI INTERNET

bisnis di internet

Pengalaman 3 Juta Pertama Saya Dari Bisnis Di Internet – Sukses meraih penghasilan tambahan dari internet merupakan ciri khas masyarakat kreatif yang hidup di era digital ini. Ada banyak sumber uang di internet yang mungkin bisa mencukupi kebutuhan perekonomian keluarga, tingggal pilih saja cara mendapatkannya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Kini ide kreatif mulai bermunculan untuk bisa mendapatkan uang dari internet, mulai dari usaha dibidang jasa, blogging hingga jualan segala jenis kebutuhan hidup sehari-hari. Tidak dapat dipungkiri lagi bisnis di internet sudah bisa dikatakan primadona bagi mayoritas pelaku usaha pasar menengah hingga kelas atas.

BACA : APLIKASI KOMPUTER INI DAPAT MENDATANGKAN UANG

Cara bisnis di internet kini semakin mudah, hingga orang awam pun bisa mempelajarinya dengan cepat, tidak heran kalau para pelaku usaha pasar di internet sekarang sudah tersebar di seluruh pelosok negeri sehingga sangat memudahkan para vendor barang atau jasa untuk bisa menembus pasar hingga sampai ke daerah-daerah.

Ada cara yang paling sederhana untuk bisa memulai bisnis di internet tanpa mengeluarkan modal yang besar yaitu cukup dengan sebuah Hp yang bisa terhubung ke internet untuk bisa bertransaksi menjual dan menerima produk yang dipasarkan.

Untuk meyakinkan sobat supaya bisa semangat memulai usaha di internet, penulis akan membagikan pengalaman pertama mendapatkan penghasilan sebesar 3 juta rupiah dalam sebulan hanya bermodalkan Hp butut saja.

Sebelumnya penulis tidak tertarik sedikitpun untuk berbisnis di internet, mengingat sangat padatnya aktivitas offline dan ditambah lagi mengurus website kesayangan. Siang dan malam nyaris tidak memiliki waktu untuk konsentrasi ke bidang lain selain aktivitas di kantor dan blogging.

BACA : JANGAN MAU BACA ARTIKEL INI ATAU KAMU AKAN JADI BLOGGER SUKSES

Berawal dari ketertarikan teman-teman di kantor terhadap sebuah jaket yang dibeli secara online, akhirnya penulis memutuskan untuk mencoba memasarkan produk yang sama terhadap mereka. Usaha penulis membuahkan hasil yang tidak terduga karena dalam waktu satu minggu berhasil menjual 40 jaket.

Pesanan terus mengalir setiap harinya hingga orang tidak dikenal pun ikut memesan jaket tersebut karena kebetulan kualitasnya bisa diandalkan dan harganya pun lumayan murah dan mengalahkan pasaran produk lokal. Berikut ini langkah yang penulis lakukan sehingga mendatangkan keuntungan dengan cepat :

Memulai bisnis di internet dengan cara menjadi dropshipper

Setelah mengetahui banyak yang tertarik dengan produk yang dibeli oleh penulis secara online tersebut, akhirnya penulis mencoba melakukan negosiasi dengan penjualnya untuk bisa ikut berpartisipasi menjadi penjual produk tersebut tanpa harus membelinya terlebih dahulu (akrab disebut dropshipper).

Dropshipper merupakan agen yang memasarkan produk dari pihak pertama langsung kepada pembeli. Dengan hanya bermodalkan informasi produk dan harga dari pihak pertama tersebut tanpa harus membelinya terlebih dahulu, jadi jelas tidak perlu modal besar bukan ?

Biasanya para penjual online selalu terbuka untuk memberikan peluang kepada dropshipper yang ada di berbagai daerah. Hal ini mereka lakukan untuk meningkatkan pangsa pasarnya. Para pengusaha online rupanya sangat senang dengan keberadaan dropshipper ini karena dinilai sangat membantu mereka.

Tidak semua pengusaha online itu bisa welcome terhadap dropshipper mungkin karena interval prosentase keuntungannya tidak terlalu besar. Jadi jika mau menjadi seorang dropshipper maka harus membidik vendor yang besar dan biasanya mereka mempunyai situs sendiri.

Penjual online yang welcome terhadap dropshipper kebanyakan dari toko online yang besar, seperti tokopedia, bukalapak, blibli dan toko online lainnya. Silahkan sobat lakukan negosiasi terhadap mereka dengan penjelasan yang menjanjikan.

Sebagai contohnya, sobat memiliki suatu forum besar atau komunitas, maka ini akan menjadi poin penting bagi keberlangsungan bisnis sobat menjadi seorang dropshipper. Informasikan kepada pihak pertama (vendor) bahwa sobat memiliki relasi yang luas supaya permohonan menjadi dropshipper-nya disetujui. Tahapan ini adalah yang penulis lakukan.

Perlu diketahui bahwa menjadi dropshipper itu tidak mudah walaupun tidak memerlukan modal yang besar tetapi butuh kejujuran yang besar antara pihak penjual sama dropshipper-nya ini. Penjual yang jujur akan memberikan komisi sesuai perjanjian awal yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Disini dropshipper diberi kebebasan oleh penjual pertama untuk mengkalibrasi harga barang yang akan dijual kepada end user secara langsung. Contohnya begini : penulis mendapatkan informasi harga jaket dari penjual pertama seharga Rp. 50.000 kemudian menjualnya kepada end user seharga Rp.90.000, jadi kauntungannya adalah Rp. 40.000 (keuntungan bersih).

Dalam waktu satu bulan penulis berhasil menjual jaket sebanyak 78 Pcs dengan laba bersih Rp. 40.000/Pcs. Jadi Alhamdulillah dalam sebulan berhasil mengumpulkan uang tambahan sekitar 3 juta, lumayan kan buat nambah uang lelah.

Dropshipper mendapatkan komisi dari pihak pertama setiap terjadi sekali transaksi (conversi). Komisi biasanya diakumulasikan dalam waktu satu bulan atau bahkan seminggu dan dibayarkan dengan cara ditransfer ke rekening.

Strategi pemasaran

Mau tau bagaimana caranya penulis berhasil menjual jaket sebanyak 78 Pcs dalam waktu satu bulan ?

Dalam berbisnis online maupun offline itu memerlukan skill marketing yang handal. Penulis membuat grup di BBM untuk terhubung dengan end user secara langsung dan membuat halaman facebook untuk menyimpan katalog produk yang dijual sekaligus menjaring pembeli (end user).

Mempersiapkan katalog produk semenarik mungkin itu adalah keharusan dalam berbisnis online, jadi yang penulis lakukan adalah memilih kualitas produk yang bagus dan murah kemudian membuat katalognya yang menarik perhatian pembeli.

Memilih produk yang berkualitas merupakan langkah yang penulis lakukan untuk mendapatkan conversi dengan cepat, alhasil usaha penulis berbuah manis karena pembeli terus berdatangan. Awalnya penulis tidak tau mereka datang dari mana, karena bukan anggota grup di BBM saja. Setelah diteliti ternyata mereka adalah yang mendapatkan referensi dari anggota grup yang ada di BBM.

Dari kejadian tersebut penulis mulai memahami bahwa sukses dan tidaknya sebuah promosi dalam berbisnis adalah bergantung kepada kualitas produknya, jika kualitasnya bagus maka pembeli akan kembali lagi dengan mengajak teman terdekatnya untuk berbelanja dan itulah yang dialami penulis sehingga kebanjiran order dalam waktu yang cepat.

Itulah pengalaman penulis mendapatkan 3 juta pertama dari bisnis di internet dengan cara menjadi dropshipper sehingga bisa menambah uang saku setiap bulannya. Sebetulnya masih banyak cara lain yang bisa menghasilkan uang dari internet, silahkan dicoba-coba saja yang paling sobat minati.

BACA : BAGAIMANA MEMULAI CARI UANG DI INTERNET DENGAN BERIKLAN GOOGLE ADSENSE ?

Kesimpulan

Jalinlah hubungan pertemanan sedekat mungkin dengan penjual (pihak pertama), pilih diantara mereka yang sekiranya cocok diajak kerjasama dengan kita.

Pilih produk yang banyak dibutuhkan di sekitar kita, dan perhatikan kualitas produk tersebut karena jika kualitasnya jelek maka pembeli jadi kapok.

Dropshipper bertanggung jawab terhadap kepuasan end user, jadi harus memberikan pelayanan yang prima supaya mereka puas dan merekomendasikan produk kita kepada komunitasnya.

Jangan melakukan chat di grup untuk betransaksi, lebih baik japri saja langsung dengan pembeli supaya anggota yang lain tidak terganggu.

Buat testimoni dari pembeli tentang kepuasan mereka terhadap produk yang dibelinya, kemudian share testimoni tersebut di grup media sosial untuk meningkatkan daya tarik pembeli lainnya.

Modal yang dibutuhkan untuk berbisnis di internet dengan menjadi dropshipper hanya HP yang bisa koneksi internet dan kuota internet bulanan saja, jadi kita tidak perlu sewa ruko atau sewa alat lainnya.

Carilah produk yang langka dimana orang lain sulit menemukannya dan jangan membocorkan kepada pembeli dari mana kita mendapatkan produk tersebut.

Mintalah kepada pihak pertama (penjual) untuk mengatasnamakan kita di alamat pengirimnya dan merahasiahkan alamat pihak pertama kepada end user.

Semoga bermanfaat
Salam sukses

9 Comments

9 Comments

  1. SEO Anyaran

    April 15, 2017 at 1:32 pm

    Wih memang dropshipping ini menjadi sesuatu yang menjanjikan untuk menghasilkan uang dari internet. Pengalaman semacam ini harus dipelajari.

  2. fadil muhaimin

    April 23, 2017 at 10:58 pm

    Mas, kalau ada teman sy minta untuk dibelikan sebuah baju di salah satu toko online…apakah sy harus menaikkan harganya?..apakah itu baik dlm berusaha?

  3. Den Adit

    April 23, 2017 at 11:17 pm

    Wah kalo bisa 3 juta perbulan mending jadi dropsiper aja full time karena dilakukan pun cukup mudah namun jika memnag kurangnya pergaulan dengan teman sekitar saya rasa akan menguras tenaga menawarkan barang sana sini . Kuncinya menurut saya adalah mempunyai koneksi luas di bidangnya untuk menawarkan produk tersebut

  4. Rehanfirdaus

    April 23, 2017 at 11:29 pm

    Sekarang untuk menjadi dropshipper sudah lumayan susah mas, jika belum terkenal, biasanya orang akan suuzon kepada kita, jadi untuk menjadi dropshipper sekarang harus menyebarkan promosi dan testimoni

  5. Asmirizani

    April 23, 2017 at 11:41 pm

    Ternyata dropship dapat menguntungkan dnegan cepat. Barang cepat laris dan teman bertambah. Mungikn cara ini bisa dicontoh bagi teman teman yang ingin berbisnis.

  6. Usman West Java

    April 24, 2017 at 12:21 am

    kalau saya metodenya bukan begitu mas, mungkin kronologinya seperti itu tetapi akad jual belinya ada di tangan saya. Contohnya ya itu dropshipper. Kalau ada yang minta dibelikan ya jangan di lebihkan kecuali kita dalam keadaan bisnis.

  7. Usman West Java

    April 24, 2017 at 12:24 am

    betul mas, promosi dan terus promosi, yang paling mantap pakai fitur promosi berbayar dari medsos.

  8. Usman West Java

    April 24, 2017 at 12:27 am

    nah testimoni sangat membantu sekali mas rehan, kemudian loyalitas terus tingkatkan terutama di media sosial

  9. Boy Riyanto

    April 24, 2017 at 6:29 am

    Baru tau saya tentang jual beli,strateginya dan untungnya
    Mungkin nanti saya coba untuk menjadi dropshipper,semoga aja laris and dapet untung
    Terimakasih mas usman atas artikelnya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Blog ini adalah tentang seni blogging dan pengembangan web. Tujuan saya adalah untuk mengajar dan belajar. Fokus saya adalah pada kualitas, tutorial komprehensif dan bukan kuantitas. Saya menghargai masukan dan dukungan.

BERLANGGANAN INFO TERBARU

Assalamu'alaikum wr.wb.

Masukan alamat email sobat untuk berlangganan Informasi dari website ini setiap harinya.

Bergabung dengan 34 pelanggan lain

PROGRAM TERBARU KAMI

To Top